cover
Contact Name
Tohir Solehudin
Contact Email
jpg@uika-bogor.ac.id
Phone
+6282110975474
Journal Mail Official
jpg@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
ISSN : 27221504     EISSN : 27211002     DOI : 10.32832/jpg
Core Subject : Education,
Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru" : 17 Documents clear
RECONSTRUCTION OF ONLINE LEARNING (CHALLENGES AND REINFORCEMENT OF LEARNING EVALUATION) Muhlis Fajar Wicaksana; Sri Marmoah; Farida Nurhasanah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v5i4.14784

Abstract

The SPADA Learning Machine System (LMS) of Bantara Sukoharjo Univet is an effort to optimize the teaching system during the COVID-19 pandemic. The aim of this research is to identify barriers and provide projections for strengthening online teaching in universities during the pandemic. A qualitative-descriptive approach is used in this research. The research sample focused on the Teaching and Education Faculty (FKIP) of Bantara Sukoharjo University was taken using a purposive sampling technique. Data collection was carried out through observation, interviews, and questionnaires. The data was then analyzed using three stages: data reduction, presentation, and drawing conclusions. Data source triangulation was applied to validate the data. The results of this study reveal several challenges in online learning, including (1) lecturers' limitations in mastering the SPADA system; 2) a lack of lecturer creativity in using SPADA in teaching; 3) inadequate materials or modules for online teaching; and 4) inadequate assessment instruments in the online teaching evaluation system. In addition, the projected strengthening of online teaching includes 1) a peer mentoring tutorial system for lecturers; 2) online discussions regarding periodic online teaching systems; and 3) the availability of tutorial guides for novice lecturers to operate SPADA LMS. This research concludes that teacher training experiences challenges in implementing SPADA LMS. Alternative solutions to these challenges must be formulated to maximize the implementation of online learning at universities.
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN MEDIA e-LKPD LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Azizah, Sonia; Dewi, Nurul Kusuma; Sutantri, Siti
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui hasil implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model PjBL berbantuan e-LKPD pada gasil belajar IPA kelas VII C SMP N 14 Madiun tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan subjek peserta didik berjumlah 25 orang di kelas VII C. Indikator keberhasilan apabila ketuntasan klasikal hasil belajar melampaui 85%. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan dari fase prasiklus ke siklus I dari presentase sebesar 32% dengan rerata nilai 43,2 menjadi 60% dengan rerata nilai 76,4. Peningkatan yang terjadi pada siklus II terjadi mencapai 88% dengan rerata nilai 82,8 sehingga penelitian dinyatakan berhasil pada siklus II karena presentase ketuntasan hasil belajar IPA telah melampaui indikator ketuntasan klasikal sebesar 85%. Sehingga penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PjBL berbantuan e-LKPD bisa meningkatkan hasil belajar IPA kelas VII C SMPN 14 Madiun.
PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Jefri Andrian Rio Saputra; Ivayuni Listiani; Gelis Imam Walpaijin
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v5i4.15102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media visual dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 2 pada materi satuan waktu di SDN Plancungan, Slahung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah penggunaan media visual dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi satuan waktu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media visual dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media visual. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest yang berisi soal-soal terkait materi satuan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa kelas 2 pada materi satuan waktu. Siswa yang terpapar dengan media visual menunjukkan peningkatan minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media visual. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dan memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi satuan waktu. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dengan Metode Presentasi Melalui Youtube Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di Mi Negeri 1 Banyumas Toni Agung Prasetio
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v5i4.15711

Abstract

Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan salah satu kompetensi yang wajib dikembangkan oleh pendidik kepada peserta didik. Kemampuan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik yang dikenal dengan salah satu kemampuan abad 21. Namun dalam praktiknya masih banyak pendidik yang belum memfasilitasi dengan baik supaya kemampuan ini data tumbuh dan berkembang dengan optimal. Salah satu cara sebagai model alternatif pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan berkomunikasi pada saat sekarang adalah menggunakan metode presentasi yang dipadukan dengan pemanfaatan media sosial, salah satunya adalah youtube. Untuk itu peneliti mengangkat sebuah penelitian terkait meningkatkan kemampuan komunikasi dengan metode presentasi melalui youtube pada mata pelajaran IPAS Kelas V di MI Negeri 1 Banyumas. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa presentasi dalam bentuk video peserta didik yang diunggah ke youtube dapat meningkatkan minat dan kemampuan berkomunikasi peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan pada manusia.
PEMBIASAAN MENERAPKAN EMPAT KATA AJAIB UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SOPAN DAN SANTUN DI MADRASAH IBTIDAIYAH Anriani, Titi; Sumedi
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v5i4.15747

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memudahkan semua orang dalam mengakses informasi, begitupun dengan anak-anak sekolah dasar. Dan seiring berjalannya waktu kemajuan tersebut mengakibatkan kemerosotan moral atau karakter yang ditandai dengan menurunnya sopan santun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiasaan menerapkan empat kata ajaib untuk meningkatkan karakter sopan dan santun siswa madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan langsung di MIN 3 Sinjai, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Untuk memperoleh data yang akurat, dilakukan triangulasi data. Teknik pengumpulna data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (reduction drawing), penyajian data (data display), dan verifikasi data (consullution drawing). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan telihat bahwa dengan melakukan pembiasaan empat kata Ajaib meningkatkan sopan santun peserta didik di MIN 3 Sinjai ini terlihat dari kesopansantunan sudah terlihat pada anak ketika mereka berbicara dengan guru atau orang yang lebih dewasa atau lewat di depan orang.
Perencanaan PERENCANAAN INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI MTS PERSIS 112 BOGOR Ilman Irwansyah; Maemunah Sa'diyah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan dan Inovasi adalah bagaikan mata uang yang saling melengkapi satu sama lain, karena perencanaan adalah suatu yang menjadi dasar untuk melakukan aktivitas kerja, seperti membentuk struktur tertentu yang dibutuhkan juga hal lainnya. Sedangkan inovasi adalah proses untuk mewujudkan suatu produk baru atau pengembangan suatu produk, dan hal ini perlu direncanakan dengan baik, matang dan berorientasi pada tujuan pendidikan Islam di Madrasah. Kurikulum pendidikan Islam adalah seperangkat pemikiran pendidikan Islam yang tersusun rapi untuk mewujudkan generasi Islami dan peradaban Islam yang tinggi yang semua ilmunya berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits Nabi Saw dengan materi, media dan metode dalam pelaksanaannya. Generasi Islam zaman Nabi Saw. dan masa setelahnya adalah contoh yang baik untuk dilihat, dipelajari dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, mereka adalah prototype yang disiapkan untuk menjadi cerminan dalam kehidupan terbaik, termasuk dalam membangun pendidikan Islam yang ideal. Madrasah Tsanawiyah Persis 112 Bogor adalah lembaga pendidikan yang berusaha menawarkan dan memberikan kurikulum pendidikan Islam yang ideal untuk jenjang menengah pertama dengan tetap mendasari pada pendidikan Islam dengan melakukan inovasi dan pengembangan kurikulum pesantren Persis dan kurikulum Departemen Agama RI. Inovasi yang berusaha dilakukan adalah melakukan kerjasama-kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan tinggi, pemerintah daerah maupun masyarakat, sebagai suatu usaha integral kurikulum pendidikan Islam yang Rahmatan lil-Alamin dan dikenal dengan kurikulum khas tafaqquh fid-din. Kata kunci: Inovasi, Kurikulum, Pendidikan Islam
KOMPARASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM WASATIAH PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Ubaidah; Maemunah Sa'diyah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum dipersiapkan dan dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan, yakni mempersiapkan peserta didik agar mereka dapat hidup di masyarakat. Kurikulum tradisional dulu lebih banyak terfokus pada mata pelajaran dengan sistem penyampaian dan penuangan, lain halnya sekarang ini kurikulum lebih banyak diorientasikan pada dimensi-dimensi baru seperti kecakapan hidup, pegembangan diri, pengembangan ekonomi dan industri, era globalisasi dengan berbagai permasalahannya, jika berbicara tentang pendidikan dan tujuan pendidikan tidak akan jauh dari perkembangan kurikulum. Kurikulum adalah bagian terpenting dalam sebuah pembelajaran di dunia pendidikan. Jika dilihat dari kacamata standar nasional pendidikan, kurikulum adalah bagian dari standar isinya. Isi adalah pokokpikiran yang menjadi pijakan dan pedoman dalam menyusun kegiatan pembelajaran di sekolah. Tanpa adanya kurikulum, maka sekolah-sekolah akan bingung ke arah mana pembelajaran itu dibawa. Hal ini berkaitan dengan tujuan pembelajaran dan apa yang ingin dicapai. Tidak hanya perguruan tinggi saja yang memang harus memiliki kurikulum ini, namun setiap tingkatan pendidikan dari mulai PAUD, SD, SMP, dan SMA. Kurikulum merdeka adalah sebuah kurikulum yang baru diterapkan pada satuan pendidikan, menyusun kurikulum baru tidak mudah bagi setiap guru. Hal ini menjadi suatu problem yang sering dihadapi oleh para guru anak usia dini setiap kali kurikulum berganti. Namun, pada setiap Lembaga pendidikan kurikulum merdeka belum wajib untuk diterapkan khususnya pada pendidikan anak usia dini. Sedangkan kurikulum wasatiah ini idealnya diterapkan mulai anak usia dini agar nanti dapat menghasilkan lulusan yang unggul baik dari kualitas spiritual maupun keunggulan secara intelektual.
Perencanaan Keuangan Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMA Qur'an Wahdah Cibinong) Sholahuddin; Maemunah Sa'diyah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v5i4.16177

Abstract

Perencanaan keuangan memiliki peran penting dalam kemajuan pada sebuah lembaga Pendidikan Islam, banyaknya dana tidak akan cukup jika tidak dilakukan perencanaan yang baik, begitu pula dana yang sedikit bisa mencukupi jika dilakukan perencanaan yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perencanaan keuangan di SMA Qur’an Wahdah Cibinong terkait sumber dana, proses perencanaan keuangan dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Dalam penelitian ini, peneliti memilih menggunakan metode kualitatif dengan mengedepankan pendekatan lapangan (field research). Dalam penelitian ini, peneliti mengamati objek penelitian secara utuh dan apa adanya, baik dengan pengamatan langsung, wawancara, maupun mengakaji objek penelitian sehingga memperoleh data secara mendalam terkait dengan perencanaan keuangan di SMA Qur’an Wahdah Cibinong Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan keuangan di SMA Qur’an Wahdah Cibinong terdiri dari tiga tahapan, pertama terkait sumber dana yang berasal dari pemerintah, orang tua, zakat, dan wakaf. Tahapan kedua terkait proses perencanaan yang dilakukan dengan melibatkan seluruh bidang-bidang terkait dan dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip keuangan yaitu, keadilan, transparansi, efesiensi, akuntabilitas, tolong menolong, dan ibadah. Tahapan terakhir yaitu evaluasi sebagai bahan pertimbangan pada perencanaan keuangan di tahun ajaran yang akan datang.
Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Ni Komang Diah Eka Parwati; Ni Komang Intan Cahyani Trinita; Ni Komang Mulyantini; Ni Komang Sri Rahayu; Ni Komang Sunia Tri Andani; Ni Made Ayu Basita Indria Nigraha; Basilius Redan Werang
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v5i4.16595

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 2 Seririt menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan langsung, dan studi literatur. Hasil observasi menunjukkan bahwa meskipun sekolah memiliki fasilitas fisik yang memadai, masih terdapat kendala utama terkait rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran masih terbatas, dan program literasi serta numerasi belum berjalan secara efektif. Namun, terdapat potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan program literasi yang lebih terstruktur, penggunaan teknologi yang lebih efektif, dan peningkatan fasilitas serta lingkungan kelas yang lebih menarik. Dengan kerjasama antara pihak sekolah dan program Kampus Mengajar, diharapkan tantangan-tantangan ini dapat diatasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Kata Kunci : teknologi informasi dan komunikasi; motivasi belajar; literasi
ANALISIS TOPIK BINATANG SEBAGAI MATERI DALAM MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Rifqi Amalia; Betty Yulia Wulansari; Muhammad 'Azzam Muttaqin
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v5i4.17013

Abstract

Kurikulum merdeka (kumer) sebuah program pendidikan yang memuat berbagai pembelajaran yanoptimal sehingga diharapkan anak-anak mempunyai kemampuan dan keterampilan yang beragam. Guru juga memiliki hak kebebasan dalam menentukan materi belajar yang beragam, sehingga pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. Topik binatang sering dianggap sukar untuk dicermati dan dipahami disebabkan konsep yang luas pada tpik binatang, serta kosakata asing atau latin sehingga mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam memahami. Materi topik binatang merupakan hal yang dekat dengan lingkungan anak. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan materi topik binatang sebagai referensi guru dalam membuat modul ajar kurikulum merdeka. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Dari hasil analisis peneliti menemukan materi topik binatang yang meliputi: binatang cacing, moluska, serangga, ikan, amfibi, burung, dan mamalia dapat disampaikan pada anak usia dini dengan kata-kata yang mudah dipahami dan dicerna. Di samping itu pembelajaran topik binatang dapat di integrasikan dengan pembelajaran yang menyenangkan dan pengalaman belajar secara langsung. Sehingga anak-anak akan semakin tertarik untuk mengamati dan mempelajarinya.

Page 1 of 2 | Total Record : 17