cover
Contact Name
Prof. Dr. Suwarto, M.Pd
Contact Email
suwartowarto@yahoo.com
Phone
+6281329275915
Journal Mail Official
suwartowarto@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Letjend Sujono Humardani No. 1 Jombor Sukoharjo 57521
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 2715095X     EISSN : 26865041     DOI : https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi pendidikan menjadi fokus jurnal ini. 1. Media pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Pendekatan Pembelajaran 4. Strategi Instruksional 5. Metode Intruksional 6. Teknik Pengajaran 7. Taktik Pengajaran
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 32 No 2 (2023): July" : 17 Documents clear
Efektivitas Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Letter Bagi Anak Cerebral Palsy Nurhastuti, Nurhastuti; Luke, Moriarti Warjean
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.3629

Abstract

Pelitian ini bertujuan membantu anak untuk bisa membaca permulaan dengan pola KVKV menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Letter bagi anak Cerebal Palsy. Menggunakan metode SSR (Single Subject Research) dengan pola A-B-A2. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan dengan A1 (sebelum Intervensi) sebanyak 5 kali dan anak mendapat poin stabil 30%, B(Intervensi) 7 kali dan anak mendapat poin stabil 88% dan A2 (Setelah dilakukan intervensi) anak mendapatkan poin stabil 92%. Hal ini menunjukkan ada perubahan atas kemampuan membaca permulaan anak Cerebal Palsy Menggunakan media Pembelajaran Sandpaper Letter. Kata -kata Kunci: Membaca Permulaan Pola KVKV, Media Pembelajaran Sandpaper Letter, Cerebal Palsy.
Management of Internalization of Environmental Concern in Youth Organization Rosyid, Ahmad; Hanik, Nur Rokhimah; Wiharti, Tri
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.3646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen internalisasi kepedulian ingkungan pada anggota karang taruna Andeta Taman Kulon Wiroko Trtomoyo Wonogiri. 2) Program dan pelaksanaan kegiatan kepedulian lingkungan dalam skala mingguan dan bulanan bagi anggota katang taruna Andeta Taman Kulon Wiroko Tirtomoyo Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian berada di Dusun Taman Kulon Wiroko Tirtomoyo Wonogiri. Subyek penelitian ini adalah ketua karang taruna Andeta Taman Kulon, sekretaris dan dua anggota karang taruna. Sedangkan Ketua RT dan Kepala Dusun sebagai informan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Dari perencanaannya dilakukan pada setiap rapat rutin bulanan karang taruna yakni setiap malam minggu di awal bulan. Pengorganisasian SDM saat kegiatan dengan melibatkan seluruh anggota dan menunjuk seksi kebersihan sebagai penangung jawab. Pelaksanaan kegiatan kepedulian lingkungan ada yang bersifat mingguan dan bulanan. Pengawasan dilakukan oleh ketua karang taruna dan Kepala Dusun. Evaluasi ini dilakukan pada saat rapat rutin dibulan berikutnya. 2) Kegiatan karang taruna Andeta Taman Kulon sebagai bentuk internalisasi kepedualian lingkungan yakni memungut sampah rumahan yang dilaksanakan satu kali dalam seminggu dan sapu bersih lingkungan di 3 RT dan masjid yang masing-masing satu kali dalam sebulan. Kata-kata Kunci:  manajeman, kepedulian lingkungan, karang taruna 
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran IPA dengan Metode Mind Mapping Nopita, Dina; Susanti, R. Hariyani; Aramudin, Aramudin
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.3657

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metode Mind Mapping dalam pembelajaran IPA bagian sistem pencernaan manusia di kelas V SDN 2 Rawa Laut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa dari pra-siklus hingga siklus kedua. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali siklus, yang melibatkan 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus, dengan peningkatan rata-rata 60%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping merupakan alternatif yang efektif bagi pembelajaran IPA bagian sistem pencernaan manusia di kelas V SDN 2 Rawa Laut. Kata-kata Kunci:  Mind Mapping, peningkatan hasil belajar, pembelajaran IPA
Analisis Soal HOTS Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023 nurbayti, Hania; Suwarto, Suwarto; Purwanto, Agus
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.3803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal dan karakteristik soal tipe HOTs ditinjau bentuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi serta berbasis permasalahan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu metode campuran atau Mixed Methods Research (MMR). deskriptif kuantitatif untuk mengetahui persentase dari hasil analisis soal dalam tipe HOTs dan LOTs yang sesuai dengan ketentuan taksonomi Bloom dan untuk mengetahui persentase dari karakteristik dari soal tipe HOTs, deskripsi kualitatif untuk menjelaskan dan memberikan makna dari data kuantitatif yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal penilaian akhir semester gasal mata pelajaran biologi kelas X tahun ajaran 2022/2023 dengan persentase sebesar 42,5% HOTs deskripsikan menurut tabel kriteria kesesuaian soal-soal berbasis HOTs “setengah” dari soal-soal penilaian akhir semester gasal mata pelajaran biologi kelas X tahun ajaran 2022/2023 berbasis HOTs serta karakteristik soal tipe HOTs dengan persentase 71% menunjang berpikir tingkat tinggi, 29% berbasis masalah kontekstual dideskripsikan tabel kriteria kesesuaian soal yang menunjang untuk mengukur berpikir tingkat tinggi “sebagian besar” dari karakteristik soal HOTs sedangkan soal yang berbasis masalah kontekstual dideskripsikan “kurang dari setengah” dari karakteristik soal HOTs. Kata-Kata Kunci: HOTs, Penilaian Akhir Semester, Karakteristik HOTs
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang Tinova, Annisa; Ardisal, Ardisal
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.3817

Abstract

Penulis terinspirasi untuk melakukan penelitian ini karena tantangan yang dihadapi oleh siswa tunagrahita ringan yang kesulitan dalam mengidentifikasi huruf konsonan (d, f, h, j, r, t, v, dan y). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengenalan konsonan siswa tunagrahita ringan kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Kota Padang melalui penggunaan video animasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR) dengan pola A1, B, A2, dan menggunakan metode analisis visual grafis dengan cara memasukkan data kedalam bentuk grafik yang kemudian dianalisis berdasarkan fase (A1, B, A2). Subjek penelitian adalah seorang siswa tunagrahita ringan di kelas V SLB Himah Miftahul Jannah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi memberikan peningkatan terhadap kemampuan mengenal huruf konsonan siswa dilihat dari fase baseline (A1) yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, didapatkan skor 13%, 13%, 13%, dan 13%. Pada fase intervensi (B) yang dilakukan sebanyak 9 kali pertemuan, skor meningkat menjadi 25%, 38%, 50%, 63%, 63%, 75%, 88%, 88%, dan 88%. Selama fase baseline kedua (A2) yang dilaksanakan selama 4 kali pertemuan, skornya adalah 83%, 88%, 88%, dan 88%. Berdasarkan perolehan data yang didapatkan disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf konsonan siswa tunagrahita ringan meningkat setelah menggunakan video animasi dalam pembelajaran. Kata-kata Kunci: Kemampuan mengenal huruf konsonan, video animasi, siswa tunagrahita ringan 
Pembelajaran Strategi Sosial dengan Mengintegrasikan Teknik Two Stay Two Stray dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara Sahalluddin, Muhammad; Susanto, Dias Andris; Sukmaningrum, Rahmawati
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.3862

Abstract

Untuk memperoleh pemahaman dan demi tercapainya tujuan dari suatu pembelajaran maka diperlukan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Begitu pula dengan empelajari Bahasa Inggris, perlu digunakannya strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Para ahli mengemukakan beberapa strategi pembelajaran (Language Learning Strategy) khususnya dalam menguasai kemampuan berbicara, strategi tersebut antara lain : strategi kognitif, strategi afektif dan strategi sosial. Dari ketiga strategi tersebut strategi sosial lebih dominan untuk digunakan dalam mengasah kemampuan berbicara (speaking). Strategi sosial lebih mengutamakan pada kemampuan sosial pembelajar, oleh sebab itu model pembelajaran kooperatif dengan model two stay two stray digunakan pada penelitian ini guna melihat dan mengamati dengan jelas seberapa jauh strategi sosial ini digunakan oleh peserta didik. Terdapat tiga kategori peserta didik yaitu rendah (low level student), sedang (middle level student) dan tingi (high level student) dalam pembelajaran Bahasa Inggris peminatan di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 6 Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yang berisi tentang penjelasan detil mengenai data yang dipaparkan dan dirancang tidak menggunakan data statistic. Adapaun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan juga wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LLS tidak menggunakan strategi sosial dalam proses pembelajaran, sedangkan MLS menggunakan strategi sosial namun belum terlalu optimal dan HLS menggunakan strategi sosial dalam proses pembelajaran dengan sangat baik. Kata-kata Kunci:  Strategi sosial, Keterampilan Berbicara (speaking), Two Stay Two Stray 
Strategi Pengembangan Motivasi Belajar dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di SDN BLOK I Cilegon Pribadi, Reksa Adya; Balqis, Hanifah Aulia; Halisa, Siti Nur
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.3939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan motivasi belajar dalam pengembangan Kurikulum Merdeka di SDN Blok I Cilegon. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV A SDN Blok I Cilegon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan motivasi belajar dalam pengembangan Kurikulum Merdeka, di antaranya: 1) Menyesuaikan cara belajar anak, 2) Memanfaatkan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 3) Melakukan pendekatan kepada peserta didik, dan 4) Pengoptimalan active learning. Motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Maka dari itu, guru sudah seharusnya dapat menerapkan strategi untuk memotivasi belajar mereka. Kata-kata Kunci:  Motivasi Belajar; Kurikulum Merdeka; Strategi Guru
Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Dan Hasil Belajar Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Annaba, Toriq Lurie; Efendi, Rissal
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.3970

Abstract

Game online dapat diartikan sebagai program permainan yang tersambung melalui jaringan internet yang dapat dimainkan kapan saja, dimana saja, game onine bisa dimainkan bersamaan  dan dapat dimainkan oleh siapaun termasuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap prestasi dan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dan dianalisa menggunakan Solutions Statistical Product and Service. Responden pada penelitian ini sebanyak satu kelas yaitu kelas tujuh (VII) di SMP Negeri 9 Salatiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa frekuensi intensitas bermain game online oleh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga cenderung rendah yaitu sebanyak 16 responden dan frekuensi dampak bermain game online sebanyak 12 responden serta analisa hasil belajar tergolong rendah, yakni sebanyak 17 responden. Berdasarkan hasil kuisioner dan hasil nilai raport, disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga dapat dikatakan bahwa tidak memiliki ketergantungan pada game online . Kata-kata Kunci : pengaruh, intensitas, game online, prestasi, hasil belajar.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PODCAST DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS ULASAN DI KELAS VIII SMPN 17 BANDUNG Maulana, Muhamad Fikri; Nugraha, Eggie; Fauziyyah, Desti Fatin
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.4098

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kemampuan peserta didik sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran menyimak teks ulasan yang berfokus pada struktur dan kaidah kebahasaan dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media podcast. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebelum diterapkan pembelajaran, peserta didik belum mampu dalam menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan, kecuali hanya 2 peserta didik dari kelas eksperimen yang mencapai nilai di atas KKM, sedangkan sisanya masih di bawah KKM sebanyak 27 peserta didik; dan setelah diterapkan pembelajaran, peserta didik sudah mampu dalam menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan, dengan 19 peserta didik dari kelas eksperimen yang mencapai nilai di atas KKM, sementara 10 peserta didik lainnya masih di bawah KKM. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media podcast di kelas VIII SMPN 17 Bandung berhasil menunjukkan perbedaan dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata-kata Kunci:  Menyimak, Teks Ulasan, Model Problem Based Learning, Podcast
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Painan Sintia, Alsa; Ramadhan, Syahrul
JURNAL PENDIDIKAN Vol 32 No 2 (2023): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v32i2.4126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain one group pretest-posttesti. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII 6 SMPN 1 Painan yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa rata-rata hasil posttest siswa sebesar 82,69, yang menunjukkan adanya peningkatan dari rata-rata pretest. Hasil uji hipotesis  menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal itu menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Painan.  Kata-kata Kunci:  Membaca Pemahaman, Kooperatif Tipe CIRC, Teks Deskripsi

Page 1 of 2 | Total Record : 17