Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5, No 2 (2024)"
:
10 Documents
clear
Implementation of Project-Based Learning in English Learning to Improve Students’ Vocabulary Mastery
Rahma, Ghaniyya Wafda
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.258
This research was carried out based on the many students facing difficulties in expanding and enriching their vocabulary. Traditional learning approaches that are often used in teaching vocabulary are often monotonous and less attractive to students, which can lead to boredom and helplessness. For this reason, this study aims to improve students' vocabulary mastery skills using Project-Based Learning. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The subjects of this study were students in class 7E at SMPN 1 Getasan for the 2022/2023 academic year. The results of the data analysis in this study, that PjBL in learning material part of body and physical appearance can improve students' vocabulary mastery. This can be proven by the increased understanding of students' vocabulary from 5.4% to 81% in the first cycle and 100% in the second cycle. Learning using PjBL also increases the enthusiasm of students with evidence that in making projects students explore their knowledge more and contemplate their understanding with the various media they are interested in.
Efektifitas Media Video dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah
Biantoro, Oktio Frenki
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.247
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan jenis Studi Kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama: Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data mengikuti pendekatan yang dijelaskan oleh Miles Huberman. Teknik Triangulasi diterapkan untuk memastikan keabsahan datanya. Penggunaan media video dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah merupakan sebuah inovasi dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Efektivitas penggunaan media video ini terbukti dalam meningkatkan pemahaman materi dengan menyajikan informasi secara visual dan audio, meningkatkan retensi informasi, membantu siswa memahami konsep yang kompleks, memberikan gambaran visual yang jelas dan konteks praktis, serta meningkatkan keterlibatan siswa dengan format yang menarik, animasi, dan narasi. Selain itu, penggunaan media video juga memungkinkan siswa untuk belajar mandiri dengan fleksibilitas waktu dan tempat. Implikasi dari penggunaan media video dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah sangat signifikan. Pertama, media video memperkaya metode pengajaran yang ada dengan menambah dimensi visual dan audio. Kedua, penggunaan media video meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh. Ketiga, media video juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, karena menyajikan materi dengan format yang menarik dan interaktif. Terakhir, penggunaan media video mempermudah proses evaluasi, karena memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
Penerapan Model Problem Based Learning berbantu Card Game terhadap Tingkat Berpikir Komputasi Siswa Kelas V
Santi, Lia Manika;
Putriani, Ida;
Rarasati, Ida Putri
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.225
Penelitian ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa, terutama mengingat peringkat rendah kemampuan matematika siswa Indonesia menurut hasil PISA 2018. Strategi relevan dalam upaya ini adalah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan permainan kartu dalam pembelajaran matematika. Melalui desain kuasi eksperimental dengan Non-Equivalent Control Group Design, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang didukung oleh permainan kartu berhasil meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa kelas V secara efektif. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan nilai mencapai 29,11 dan N-gain sekitar 57,46%. Di kelas kontrol, peningkatan kurang signifikan dengan selisih sekitar 25,58 dan N-gain sekitar 46,59%. Kesimpulannya, penerapan model PBL dengan dukungan Card Game secara signifikan lebih berhasil dalam memperkaya kemampuan berpikir komputasi siswa dibandingkan teknik pembelajaran konvensional. Rekomendasi penelitian ini mencakup integrasi model PBL dengan teknologi, seperti penggunaan platform digital untuk meningkatkan interaktifitas dan keterlibatan siswa. Kontribusi akademiknya adalah konfirmasi efektivitas model PBL dengan pendekatan permainan kartu dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa serta memberikan landasan bagi pengembangan metode pembelajaran matematika yang inovatif.
Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV
Krisnamurti, Cyrenia Novella;
Rahayu, Septiana Regilta
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.237
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ploso yang berjumlah 6 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri Ploso melalui model pembelajaran Project Based Learning. Peningkatan keterampilan sosial pada Siklus I sebesar 17% dengan kondisi awal 56% menjadi 73% Peningkatan pada Siklus II sebesar 23% dengan kondisi awal 56% menjadi 82%. Berdasarkan hasil observasi di kelas terlihat peningkatan pada Siklus I sebesar 33% dengan kondisi awal 35% menjadi 80%. Berdasarkan hasil wawancara siswa dan guru keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri Ploso meningkat.
Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Karakter Bertanggung Jawab Pada Anak
Anindito, Fakhri Raza;
Barus, Gendon
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.248
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pola asuh demokratis orang tua dalam mendidik karakter bertanggung jawab pada anak; mengidentifikasi item skala pola asuh demokratis orang tua dalam membentuk karakter tanggung jawab mana saja yang capaian skornya belum optimal; menghitung tingkat tanggung jawab anak di SD Negeri Mayangan; mengidentifikasi item skala karakter tanggung jawab mana saja perolehan skornya belum optimal; dan mengeidentifikasi apakah pola asuh demokratis orang tua berkorelasi terhadap karakter anak yang bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 51 siswa di SD Negeri Mayangan. Pengambilan data memakai skala Pola Asuh Demokratis Orang tua (24 item valid dengan nilai reliabel α 0,843) serta skala Karakter Bertanggung Jawab (18 item valid dengan nilai reliabilitas α 0,853). Teknik analisis menggunakan teknik deskriptif kategorisasi, uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa (59%) mempersepsikan pola asuh demokratis orang tua pada kategori baik (skor tinggi). Tidak ditemukan satu pun item skala pola asuh orang tua pada kategori sedang, rendah dan sangat rendah. Sebagian besar 32 (63 %) murid SD yang diteliti memiliki karakter bertanggung jawab pada kategori tinggi. Terdapat 2 item pada skala karakter bertanggung jawab dengan capaian skor pengukuran belum optimal yakni berada pada kategori sedang. Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dengan karakter bertanggung jawab pada anaknya.
Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan
Waruwu, Marinu
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.236
Penelitian ilmiah bertujuan untuk memecahkan setiap permasalahan dalam kehidupan manusia. Namun tak sedikit penelitian ilmiah kurang memberikan dampak pada persoalan-persoalan riil hidup manusia. Hal tersebut dapat terjadi karena prosedur penelitian yang dilakukan kurang mendalam dan bukan berdasarkan analisis masalah. Pendekatan penelitian kualitatif merupakan salah satu alternatif jawaban untuk menemukan solusi dan kebenaran ilmiah. Pendekatan penelitian kualitatif menekankan pada kedalaman pemahaman terhadap masalah sosial yang dihadapi manusia. Data penelitian disajikan secara deskriptif atau naratif dengan menekankan pada kemampuan pemahaman dan kemampuan interpretasi terhadap fenomena sosial. Teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan forum group discussion. Analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian terhadap literatur menunjukkan bahwa metode penelitian kualitatif memiliki konsep deskriptif-naratif, bersifat holistik dan mendalam, fleksibel dan interpretatif, menekankan pada pemaknaan dan proses aktivitas partisipan, terstruktur dan berkelanjutan, dan menghargai aneka sudut pandang yang beragam.
Efforts to Improve Teacher Competence With the Implementation of A Pesantren-Based Multiple Intellegences-Based Learning Model
Munzaini, Muhammad;
Amirudin, Yoyok
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.235
The purpose of this Best Practices study was to improve teacher competence by implementing a multiple intellegences-based learning model at Bina Insani Islamic Junior High School Susukan Pesantren-Based School. The type of research used is qualitative with a descriptive approach. Data were collected through in-depth interviews, participatory observation, and document review. The collected data were analysed using qualitative data analysis techniques. The results show that the application of multiple intelligences at Bina Insani Susukan Islamic Junior High School involves three stages, namely input, process, and output. Input involves preparing students to face new challenges and applying multiple intelligence research (MIR). The output includes learning from the learning process, focusing on cognitive, psychomotor, and effective skills. Evaluation involves consultation, observation, and feedback to understand the quality of the plan and the effectiveness of the learning process. However, the application of multiple intelligence in Pondok Pesantren Bina Insani Susukan is still conservative/traditional, although it has developed various sports teams and clubs. The overall learning approach in this school lacks a comprehensive and structured approach.
Pendidikan Nilai di Era Digital: Tantangan dan Peluang
Ma'arif, Alwi Ilqam;
Nursikin, Mukh.
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.254
Era digitalisasi membawa pengaruh yang mendalam dalam pendidikan nilai, sehingga merubah paradigma pendidikan nilai dalam menghadapi tantangan yang signifikan sekaligus peluang yang luar biasa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana teknologi digital dapat digunakan secara efektif untuk mendukung pendidikan nilai, serta mengeksplorasi strategi yang dapat diadopsi oleh pendidik dan institusi pendidikan untuk mengatasi hambatan yang muncul dalam konteks digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode tinjauan pustaka. Tinjauan ini akan membantu dalam memahami konsep-konsep kunci, teori, dan temuan penelitian sebelumnya yang relevan, serta dalam mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan yang ada. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital dapat berfungsi sebagai alat yang efektif dalam mendukung pendidikan nilai, asalkan digunakan dengan strategi yang tepat. Implikasinya adalah teknologi digital dapat menjadi alat yang efektif dalam menyampaikan nilai-nilai moral dan etika kepada siswa jika digunakan dengan pendekatan yang tepat dan dukungan yang memadai.
Pengembangan Media Pop Up Book Tata Surya terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Febriyanti, Linda;
Widiyono, Aan
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.238
Penelitian pengembangan ini di lakukan karena adanya kesulitan dari siswa dalam memahami materi tata surya pada kegiatan proses pembelajaran sehingga rendahnya hasil belajar yang di peroleh siswa, hal ini terjadi Ketika pada proses pembelajaran yang menerapkan media pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop up book untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dalam mata pelajaran IPA. Penelitian pengembangan media ini menggunakan penelitian pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang merupakan bentuk penelitian pengembangan. Penelitian ini melibatkan pembuatan buku pop-up yang berfokus pada tata surya, yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar di kelas enam. Paradigma ADDIE terdiri dari lima tahap berbeda: analisis, desain, pengembangan, implementasi maupun evaluasi. Penelitian ini di lakukan 26 siswa kelas VI SDN 3 Krapyak Jepara. Validasi ahli media di dasarkan pada penilaian yang di lakukan oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli media 1 memperoleh nilai 88,8%, validasi ahli media 2 memperoleh 82,2% dan validasi ahli materi memperoleh 80% sehingga menempati media pembelajaran yang sangat layak. Nilai rata-rata pretest sebesar 66,36% dengan jumlah siswa tuntas 11 dan nilai rata-rata pottest 81,7% degan siswa tuntas sebanyak 26. Uji t di gunakan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran yang di gunakan, hasil uji t menujukan sig (t-tailed) 0,000 ( 0,05) maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sampel t-test terdapat perbedaan nilai hasil yang berarti antara kelompok pretest dan posttest. Dari hasil data tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan anatara sebelum dan sesudah menggunakan media pop up book.
Efektivitas Media Komik Digital terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 3 Kawak
Wafa, Nilna Maulidatul;
Wiranti, Dwiana Asih
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 2 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59698/afeksi.v5i2.249
Sebagai sarana untuk meningkatkan cakrawala ilmiah dan informasi siswa yang terus berkembang, pemahaman membaca adalah keterampilan yang penting untuk dikembangkan. Pemahaman membaca siswa masih buruk dan belum adanya media pendukung pembelajaran. Siswa tidak sepenuhnya terlibat dalam proses pembelajaran karena pendekatan ceramah dan terbatasnya penggunaan materi pembelajaran (karena keterbatasan waktu dan biaya), sehingga berdampak pada nilai mereka karena mereka gelisah dan tidak memperhatikan di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas IV SDN 3 Kawak memahami komik digital sebagai salah satu jenis media. Tiga puluh siswa kelas empat SDN 3 Kawak berpartisipasi dalam penelitian ini. Observasi, wawancara, angket, dan tes (baik sebelum dan sesudah tes) digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Kita dapat menyimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima berdasarkan hasil uji-t sampel berpasangan yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 25 sig (2-tailed), karena nilai uji-t adalah 0,000 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa bervariasi secara signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media komik digital.