cover
Contact Name
Mawardi Djamaluddin
Contact Email
mawardidjamaluddin@iain-ternate.ac.id
Phone
+6281274212020
Journal Mail Official
jurnalforamadiahi@iain-ternate.ac.id
Editorial Address
Jl. Lumba-Lumba No.8, RT.001/RW.03, Dufa Dufa, Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara 97727, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman
ISSN : 18581021     EISSN : 26142732     DOI : 10.46339/foramadiahi
Core Subject : Religion, Education,
FORAMADIAHI is a peer-reviewed journal on education,especially Islamic Education, share knowledge and information about research report on whole aspects of Islamic education integrated with all sciences, publicate qualified articles to show the development of Moslem scholars publications. FORAMADIAHI specifies on all education aspects in the Moslem world, and the purpose is to spread genuine works and latest issues on the subjects. All articles will be reviewed by some experts before published. Author is fully ressponsible for the content of article.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023" : 8 Documents clear
Peran Guru Dalam Bimbingan Belajar Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini Sari, Yulia Novita; Ahsan, Sukria
Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : IAIN Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46339/foramadiahi.v15i2.1147

Abstract

Learning interest is very essential for students in implementing the learning process at school, as well as students in early childhood. This study aims to determine the role of teachers in implementing tutoring to increase early childhood learning interest. The teaching and learning process requires students who have a sense of interest, attention and love for the lessons delivered by the teacher. Sometimes students do not have interest in the learning process. This research is descriptive qualitative research, the methods used for data collection are interviews, documentation and observation.  The results of this study shows that there are students at the early childhood education level who have a low request to learn. In the learning process, there are students seem getting bored, do not pay attention to the teacher's explanation in class, having less participation and activeness in teaching and learning process. In this case, teacher play very important role to carry out tutoring to increase students' interest in learning.
Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan Terapi Istigfar: Mampukah Mengurangi Kecemasan? Nihayah, Sholihun; Prabawa, Abi Fa'izzarahman
Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : IAIN Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46339/foramadiahi.v15i2.1143

Abstract

Pola pengasuhan orang tua memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan kesehatan mental anak. Pola pengasuhan yang baik berkontribusi pada kesehatan mental positif, sementara pola asuh yang kurang baik dapat meningkatkan risiko gangguan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan menggunakan terapi istigfar sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kecemasan. Jenis penelitian ini menggunakan desain kuantitatif pre-eksperimental dengan one group pretest posttest design, melibatkan 3 siswa dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria kecemasan tinggi dan beragama Islam. Instrumen penelitian menggunakan skala kecemasan adaptasi dari teori Holmes (1991) dengan 33 item dan reliabilitas (.874). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling CBT menggunakan terapi istigfar efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan akibat pola asuh ketat orang tua (p = .002; p<.05).
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Nurmawaddah, Andi
Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : IAIN Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46339/foramadiahi.v15i2.1167

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision), baik sebelum ataupun sesudah diterapkan. Penelitian ini berusaha untuk merespon kesulitan siswa dalam mempelajari bahasa arab karena menekankan kemampuan hafalan dan juga proses pembelajaran yang dilakukan masih didominasi dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, yaitu penelitian pre-experimental dengan desain penelitian Intact-Group Comparison. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pemberian tes (Pretest-Posttest). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa yang berjumlah 54 orang. Dari data yang diperoleh diketahui bahwasanya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terjadi peningkatan penguasaan bahasa Arab bagi siswa. 
Kajian Makna Teks Serta Nilai Pendidikan Akhlak dalam Hikayat Kalilah wa Dimnah (Analisis Linguistik Semantik) rahmat, rahmat; Khasanah, Mushokhikhul; Baharudin, Baharudin
Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : IAIN Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46339/foramadiahi.v15i2.1105

Abstract

Penelitian ini membahas penggalian nilai-nilai etika dan moral dalam Hikayat Kalilah wa Dimnah dengan pendekatan linguistik semantik dalam karya sastra Arab klasik. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pesan-pesan moral yang terkandung dalam kisah-kisah sastra ini dan menjelaskan bagaimana pengajaran nilai-nilai tersebut dapat berdampak pada perkembangan karakter dan pemahaman etika generasi muda. Metode penelitian melibatkan analisis mendalam terhadap teks Hikayat Kalilah wa Dimnah, studi perbandingan dengan nilai-nilai etika universal, serta pemahaman konteks budaya. Penemuan nilai-nilai etika dan moral kemudian diaplikasikan dalam konteks pendidikan formal dan non-formal untuk mendorong perkembangan karakter yang holistik, termasuk pemikiran kritis, empati, kebijaksanaan, dan integritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hikayat Kalilah wa Dimnah memiliki potensi besar sebagai sumber pembelajaran yang bermakna dalam pengembangan moral dan etika generasi muda.
Aktualisasi Ilmu Nahwu dalam Kehidupan Sehari-hari Zen, Hamdy M
Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : IAIN Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46339/foramadiahi.v15i2.1218

Abstract

Nahwu science is a branch of knowledge in Arabic that discusses Arabic grammar, including sentence structure, types of words, and grammatical rules in that language. Nahwu is very important in understanding and mastering Arabic grammar well, so that someone can understand thetexts of the Koran, hadith and other Arabic literature. Some general problems in nahwuscience are: Some concepts in nahwu are abstract and require in-depth understanding,such as the concepts of isim and fi'il, as well as the relationship between the two. This canbe a challenge for beginners. Understanding nahwu science is often closely related toArabic vocabulary. Learners need to have adequate knowledge of the vocabulary andmeaning of words in Arabic to be able to fully understand the sentence structure.Punctuation in Arabic sentences has a very important role in determining meaning.Differences in the use of punctuation marks, such as the waqaf sign (stop sign) and thetanwin sign, can significantly influence the meaning of a sentence. This researchdescribes the concept of actualizing Nahwu knowledge in everyday life, focusing onaspects of I'rob and mabni and discussing the logical implications of Nahwu concepts,such as being at the top, and starting from the bottom, being at the forefront, andmaintain decisions. Through real case analysis, the author explains how these conceptscan be applied to shape character, understand social life, and create positive change.Through the science of nahwu, it can help in understanding the grammatical structure ofthe Al-Qur'an. By understanding the rules of nahwu, readers can more deeplyunderstand the meaning and context of the verses of the Qur'an.
Implemetasikan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Komunitas Keluarga Mualaf Tobelo Kabupaten Halmahera Utara Minabari, Khalid Hasan; Miradj, Safri; Naemuddin, Rusdi; Rachim, Zaitun A; Saumur, Amanan Soleman
Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : IAIN Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46339/foramadiahi.v15i2.1052

Abstract

Berbicara tentang Pendidikan Islam tentunya tidak lepas dari bagaimana pencapaian pendidikan untuk memajukan Islam dan mencapai cita-cita masyarakat Islam secara umumnya yaitu “Rahmatan lil ‘alamin”. Berbagai asumsi pendidikan telah dipilih dan di adopsi oleh seseorang, sekelompok orang, atau lembaga pendidikan akan berfungsi memberikan dasar rujukan konseptual dalam rangka pendidikan yang dilaksanakannya. Secara umum, dapat dikatakan bahwa falsafah pendidikan adalah memberikan dasar pijakan atau titik tolak bagi seseorang, sekelompok orang atau lembaga dalam rangka pembinaan keluarga berdasakan pada nilai-nilai Islam. Penelitian ini mencoba melihat aspek nilai-nilai dalam pendidikan islam yang yang ditanamkan pada komunitas mualaf ini dalam mendidik anak-anaknya. Dari latar belakang yang dikemukakan, maka peneliti dapat merumuskan permasalahanya dalam penelitian ini sebagai berikut:Bagaimana uapaya mengimplementasikan nilai-nilai Pendidikan islam dalampada komunitas mualaf tobelo? Upaya yang dilakukan oleh kementerian agama Halmahera Utara dalam menananmkan Pendidikan islam dalam keluarga mualaf untuk membentuk keluarga ?. Jenis pendekatan studi kasus ini merupakan jenis pendekatan yangdigunakan untuk menyelidiki dan memahami sebuah kejadian atau masalah yang telahterjadi dengan mengumpulkan berbagai macam informasi yang kemudian diolah untukmendapatkan sebuah solusi agar masalah yang diungkap dapat terselesaikan.Lokasi yang akan menjadi tempat penelitian yaitu Tobelo Kabupaten Halmahera Utara Penelitian ini di rencanakan dilaksanakan pada bulan Maret  sampai Juni 2023. Lokasi yang penelitian ini dipilih karena berdekatan dengan tempetat tinggal peneliti, sehingga mempermudah peneliti dalam pengambilan data. Penerpan pendidikanAgamapadakeluargamualafdiTobelo – Kab. Halmahera Utara, orang tua mualaf mengajarkan pendidikanagama terutama dalam hal ibadah, dengan cara mengajak shalat berjamaa‟ahbersamamembimbinganak-anakuntukshalatberjama‟ahdimasjidmenyekolahkan anak ke Lembaga Pendidikan Islam, mendatangkan guru mengaji kerumah, sertamengajikananak-anak ke TPQ.Orangtuamualafmendidikanakmenggunakan metodeketeladanan, pembiasaan, nasehat, reward (penghargaan) dan hukuman.
Nilai-Nilai Tradisi Rabas Sowan di Bulan Ramadhan Pada Masyarakat Desa Talapao Kecamatan Malifut Perspektif Pendidikan Islam Abdullah, Rofandi T H.; buamona, nurmala; Kamaluddin, Nurain
Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : IAIN Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46339/foramadiahi.v15i2.1028

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1). Bagaimana tata cara Rabas Sowan pada  masyarakat Desa Talapao Kecamatan Malifut; (2). Bagaimana nilai-nilai tradisi Rabas Sowan di bulan ramadhan pada masyarakat Desa Talapao dalam prespektif  pendidikan Islam; (3). Bagaimana hikmah yang terkandung dalam tradisi Rabas Sowan di bulan ramadhan pada masyarakat Desa Talapao Kecamatan Malifut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang proses penilaianya menghasilkan data deskriptif yaitu berupa data tertulis dari orang dan perilaku yang dapat di amati, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder, data yang berasal dari sumber pertama atau di ambil secara langsung  dan data yang tidak langsung, pada sumbernya atau melalui orang lain, dokumentasi dan catatan tertulisdan yang relevan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1).tata cara dalam pelaksanaan kegiatan Rabas Sowan, dimulai dari menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan,seperti,pohon pisang,tebuh, tulang daun kelapa, kertas minyak, balon, ketupat dan kue andara (kue tradisional), kemudian dihias dijadikan pohon Sowan, setelah itu dirabas (rampas) tepat jam 18:00 (2). Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan dalam tradisi Rabas Sowan seperti nilai pendidikan syariah pada kegiatan sedekah dan doa, nilai pendidikan akhlak ditemukan pada seluruh rangkaian kegiatan, karena sesuai dengan tujuan pendidikan akhlak, jika dilihat dari aspek  nilai pendidikan aqidah, maka tidak di temukan sesuatu hal yang menyimpang dari tradisi Rabas Sowan ini, dalam hal ini boleh boleh saja dilakukan selama tidak bertentangan denga Al-Qur’an dan Hadits.(3).hikmah yang terkandung didalamnya; (1) Anak-anak dapat mengetahui malam ke 27 Ramadhan adalah malam lailatul qadar (malam pancona, (2).Anak dibawah umur sudah bisah berpuasa, (3). Akhlak anak mulai tertanam dalam diri, (5). Mengajarkan smangat dan pentingnya berjuang dalam mengejar mimpi, (6). anak dapat mengetahui pentingnya bersedekah, (7). Dapat menjalin silaturahmi antara sesama umat Muslim.  
Peribahasa Tradisional Ternate Sarana Pendidikan Perdamaian: Implikasinya untuk Kurikulum Ilmu Pendidikan Bahasa dan Ilmu Sosial nurbaya, nurbaya
Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : IAIN Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46339/foramadiahi.v15i2.1117

Abstract

Permasalahan seperti tawuran, krisis antar agama, perceraian dan tingkat kejahatan yang tinggi banyak terjadi di Negara Indonesia khusunya diwilayah Ternate Maluku Utara. Dengan demikian, perlu dilakukan berbagai strategi dalam mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi peribahasa tradisional Ternate yang memiliki nilai pendidikan perdamaian dan bagaimana implikasinya dalam kurikulum pendidikan Bahasa Indonesia dan Ilmu sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan peribahasa tradisional Ternate yang memiliki nilai sosialisasi untuk hidup berdampingan secara damai dengan berbagai bentuk perbedaan budaya, suku dan agama. Oleh karena itu, disarankan untuk mengadaptasi peribahasa Ternate ke dalam komponen pendidikan perdamaian pada materi bahasa dan sastra Indonesia serta ilmu sosial di sekolah formal maupun informal di Maluku Utara. Bagitu juga direkomendasikan bagi perguruan tinggi yang memiliki program studi ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia maupun ilmu sosial humaniora agar memperkenalkan musik, lagu, peribahasa dan puisi tradisional ke dalam kurikulum untuk mengajarkan komponen pendidikan kewarganegaraan dan perdamaian. Hal tersebut berlaku karena Indonesia khususnya Ternate Maluku Utara adalah wilayah multi-bahasa dan multi-budaya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8