cover
Contact Name
Zulkarnaini
Contact Email
jkp@ejournal.unri.ac.id
Phone
+628127679365
Journal Mail Official
jkp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru.
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Kebijakan Publik
Published by Universitas Riau
ISSN : 19780680     EISSN : 26555204     DOI : http://dx.doi.org/10.31258/jkp.10.1.p.1-8
Jurnal Kebijakan Publik contains articles and scientific papers in the form of research and non-research results, both in government institutions or in the community. This journal focuses on the theoretical and practical study of public policy starting from the formulation, implementation, and evaluation of policies carried out by the government in dealing with the changing needs and demands of society. Therefore, the publication of this journal as a scientific media regarding issues of public policy, both in the form of legislation, legal government, regional regulations, policy government, and government programs and actions. The publication of this journal aims to disseminate theoretical and practical studies in the field of public policy throughout higher education, government institutions, non-governmental at the central, provincial, and city/district levels.
Articles 371 Documents
MOTIVASI, DIKLAT, DAN KINERJA PELAYANAN KESEHATAN Rounald Romieza
Jurnal Kebijakan Publik Vol 4, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46730/jkp.4.2.p.224-227

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untukmenganalisis pengaruh motivasi dan pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja perawat dalampelayanan kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pratomo Rokan Hilir secara parsial dansimultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif di mana yang pengambilan sampel memakaimetode Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 48 responden. Hasil penelitian menunjukkanbahwa motivasi dinilai sudah baik, tapi belum optimal seperti yang diharapkan seperti indikatorkebutuhan fisiologis masih adanya pegawai yang menilai rendah. Demikian juga dengan kebutuhanesteem yang dinilai pegawai belum mencapai apa yang diharapkan pegawai untuk dijadikan motivasi.Sementara pendidikan dan pelatihan kerja pegawai dinilai sudah cukup baik, namun hal ini belumsesuai dengan apa yang ditargetkan karena yang diharapkan adalah pegawai dapat menggunakanhasil pendidikan dan pelatihan dalam pekerjaan sehingga hasil pekerjaan lebih efektif.Kata Kunci: motivasi, pendidikan dan pelatihan, kinerja pegawai, pelayanan kesehatan
INOVASI KEBIJAKAN PUBLIK DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA Elsi, Sutri Destemi; Bafadhal, Faizah; Ahmad, Rahman
Jurnal Kebijakan Publik Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jkp.11.2.p.71-76

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan serta menganalisis inovasi kebijakan dan pelayanan publik Pemerintah Desa Tanjung Lanjut Kabupaten Muaro Jambi khususnya dalam pengembangan BUMDes sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Inovasi kebijakan publik adalah sebuah keniscayaan yang harus dilakukan untuk mengatasi problematika yang hadir di tengah masyarakat. Dalam sudut pandang kajian kebijakan publik dan pelayanan publik dapat tergambar bahwa Pemerintah Desa Tanjung Lanjut telah mengembangkan beberapa strategi pengembangan BUMDes yang mengantarkan desa ini menjadi desa percontohan di Kabupaten Muaro Jambi meskipun harus menghadapi berbagai hambatan. Namun demikian pada dasarnya hambatan itu akan melahirkan sebuah konsep baru dalam proses kebijakan dan pelayanan publik. 
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM ALOKASI DANA Oni Nugrianti; Zulkarnaini '
Jurnal Kebijakan Publik Vol 4, No 01 (2013)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46730/jkp.4.01.p.87-92

Abstract

Through Community Empowerment Program Allocation. The purpose of thisstudy is to investigate and analyze the factors that influence the empowerment of rural communitiesthrough village fund allocation (ADD) in District Central Kuantan Kuantan District Singingi. Thisresearch was conducted in the Central District of Kuantan Kuantan District Singingi, where theinformant is research officer involved in the ADD program, community leaders and prominentscholars who know the ADD program. Data collected by interview and observation techniques,after the data was collected and then analyzed using qualitative descriptive analysis. The resultsshow the effectiveness of community empowerment through ADD program in District CentralKuantan Kuantan District Singingi still not running smoothly or less effective, while the dominantfactor influencing factor is fear.
PELAKSANAAN MANAJEMEN APARATUR PEMERINTAH Rosalia, Yunita
Jurnal Kebijakan Publik Vol 7, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jkp.7.1.p.%p

Abstract

Implementation Government Personnel Management. This study aims to investigatethe implementation of government personnel management at the City District Office TembilahanIndragiri Hilir. The data used in this study are primary and secondary data. The data is compiledfrom observations and interviews with officials at the City District Office Tembilahan Indragiri Hilirwith the duties and functions of the City District Office Tembilahan Indragiri Hilir. Technical analysisin this research is qualitative data that has been obtained in the study were collected, then groupedto serve as an input to be used as evidence in the implementation of scientific writing. Furtherconfirmation of the other informants conducted to obtain valid data. Once the data is processed,further discussion of the qualitative data in the form of descriptive analyzes carefully. Data analysiswas performed inductively, that analysis by drawing conclusions on the data collected from thegeneral form or reasoning to reach conclusions about all the elements - elements that do not studyexamined / investigated. The results showed that the implementation of government personnelmanagement at Head Office Tembilahan City has basically been running well but not fully achievedas objectives. It can be seen from the Head of the management planning apparatus or its staff, thelevel of understanding of the duties and functions of the apparatus in accordance with applicableregulations, the level of sensitivity of job duties with the results achieved, and the priority of thetasks and urgent work and consistency between the tasks and functions of each - each section withthe activities carried out by the Head Office of the City Tembilahan.
EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK PT. PLN WILAYAH RIAU CABANG PEKANBARU Okta Rukmana
Jurnal Kebijakan Publik Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46730/jkp.1.2.p.%p

Abstract

In order to improve public welfare and enlight nations, electricity power is part of importantproduct for a country. As one of benefecial natural resources which is dominate society, electricity powerwas needed to enrich the society. In case of coverage the need of electricity power fairly and encourage thecapability of a country in supply of electricity power, the license can be given to the government companyto provide electricity power based on the license of electriciy power. In order to increase sustainabledevelopment whis is has environment perspective in electricity sector, it was needed optimal and effecienteffort in using domestic energy resources that has “go green” symbol and effecient technology to guaranteeelectricity supply. The existence of electricity is most influence of the society activity. Because of that, thegovernment has to arrange a policy which is conduct the company in provide electricity power.
PERENCANAAN KINERJA TAHUNAN MELALUI PENILAIAN EVALUASI LAKIP Fairus, T Muhamad; Andriani, Seno
Jurnal Kebijakan Publik Vol 5, No 3 (2014)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jkp.5.3.p.97-104

Abstract

Tujuan penelitian iniadalah mengetahui perencanaan kinerja tahunan melalui penilaian evaluasi Lakip Tahun 2012 diKabupaten Siak dan faktor-faktor yang menghambatnya. Penelitian ini dinilai dari pelaksanaanLakip Tahun 2012 di Kabupaten Siak dan berdasarkan pendapat Dona Rema tentang penilaianevaluasi Lakip yang ditinjau dari masukan, keluaran, hasil, manfaat dan dampak. Penelitian inidilaksanakan di Kabupaten Siak. Dimana yang menjadi informan penelitian adalah Kepala Dinas,Kepala Kantor dan Kepala Badan sebagai informasi kunci dan Sekretaris Daerah, Asisten Daerahsebagai informan pelengkap. Dimana tehnik penentuan informan penelitian yang digunakan adalahpurposive sampling yaitu pemilihan informan penelitian berdasarkan tujuan penelitian. Dalammelakukan pengumpulan data digunakan metode observasi dan wawancara kepada informanpenelitian. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptifkualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa perencanaan kinerja tahunan melalui penilaianevaluasi Lakip 2012 di Kabupaten Siak adalah baik. Kemudian proses perencanaan kinerja yangdinilai melalui evaluasi Lakip 2012 yang ditinjau dari masukan (input), keluaran (output), hasil(outcome), manfaat (benefit) dan dampak (impact) sudah terlaksana dengan baik. Selanjutnyafaktor-faktor yang menghambat perencanaan kinerja tahunan melalui penilaian evaluasi Lakip 2012di Kabupaten Siak, yaitu keterbatasan SDM yang terlibat dalam pengelolaan kegiatan,kekurangmatangan pihak SKPD dalam menetapkan rencana kegiatan dan belum optimalnyapelaksanaan fungsi koordinasi, integrasi, sinergi dan sinkronisasi antar SKPD.Kata Kunci: perencanaan, perencanaan kinerja, evaluasi kinerja
KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN TERPADU Andi Putra; Chalid Sahuri
Jurnal Kebijakan Publik Vol 4, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46730/jkp.4.2.p.175-178

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuidan menganalisis kualitas pelayanan perizinan terpadu dan aspek-aspek yang mempengaruhinyapada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kabupaten Siak.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana responden penelitian diambil darimasyarakat yang telah pernah dan sedang mengurus perizinan sebanyak 100 orang diambil secaraaccidental sampling dan pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkankualitas pelayanan pada BPMP2T Kabupaten Siak sudah terselenggara dengan baik dan aspekakseptabilitas, aspek kontinuitas, aspek akuntabilitas, aspek teknikalitas dan aspek profitabilitas,merupakan aspek yang mempengaruhi kualitas pelayanan.Kata Kunci: kualitas pelayanan, prinsip pelayanan, aspek pelayanan
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI Kusumawardani, Anindita; Yuliani, Febri; Adianto, Adianto
Jurnal Kebijakan Publik Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jkp.11.1.p.19-24

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sifat penelitian adalah deskriptif explanatory research. Explanatory research yaitu untuk menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara variabel dengan variabel yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kompensasi finansial terhadap kinerja pegawai berada pada kategori sangat kuat. Hal ini menandakan bahwa dengan adanya pemberian kompensasi finansial yang baik maka kinerja pegawai akan tetap terjaga karena para pegawai merasakan sangat dihargai oleh organisasinya. Selain itu pegawai menganggap organisasi telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan perhatian kepada mereka dalam bekerja. Pada nilai koefisien korelasi ditemukan nilai sebesar 0,857 sehinga hal ini termasuk pada kategori sangat kuat. Artinya, terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel kompensasi finansial dan kinerja pegawai.
KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA Suryadi '; M.Y. Tiyas Tinov
Jurnal Kebijakan Publik Vol 4, No 01 (2013)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46730/jkp.4.01.p.31-36

Abstract

The purpose of this study isto investigate and analyze the influence of principal leadership on student achievement at SMANegeri 1 Benai Singingi Kuantan District. This study was conducted at SMA Negeri 1 BenaiSingingi Kuantan District, where the population and the sample is the school committee, board ofeducation, teachers, school staff, parents and pupils. The data was collected by distributingquestionnaires and observation techniques, once the data is collected and then analyzed usingquantitative descriptive analysis. The result showed that the leadership of the principal SMANegeri 1 Benai was pretty good and held student achievement is quite good as well. While theinfluence exerted by the variable X (the leadership of principal) to variable Y (student achievement)is quite strong.
IMPLEMENTASI PERDA NO. 09 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT, PUSAT PERBELANJAAN, DAN TOKO SWALAYAN Museliza, Virna; Nesneri, Yessi
Jurnal Kebijakan Publik Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jkp.10.1.p.9-16

Abstract

Implementasi Perda No. 09 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Swalayan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Peraturan Daerah Kota Pekanbaru No. 09 tahun 2014 tentang Pengelolaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Swalayan dan kendala-kendala implementasinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian Analisis Implementasi Peraturan Daerah Kota Pekanbaru nomor 09 tahun 2014 ada 4 (empat) indikator penelitian yaitu Pada Penataan, segi penentuan lokasi sudah sesuai dengan Rencana Umum TataRuang Setempat; Pemberdayaan sudah berdasarkan visi dan misi dan mengadakan pelatihan khusus kepada pengelola dalam hal pelatihan untuk menjaga kebersihan dan keamanan pasar, agar tetap higienis dan cara mengelola pedagang agar berjualan dengan tertib dalam kios serta tercipta manajemen yang profesional dan Pembinaan, meningkatkan kompetensi pedagang pasar yakni dengan melakukan pelatihan tentang tata cara melayani pembeli dan telah melakukan sosialisasi; sedangkan Pengawasan belum mengacu kepada Peraturan Daerah Kota Pekanbaru nomor 09 tahun 2014 tentang pengelolaan pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko swalayan dikarenakan belum beroperasinya secara optimal, sedang dilaksanakan renovasi, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru belum melaksanakan inspeksi secara langsung dan laporan hasil Pengawasan belum di laporkan kepada Walikota dan DPRD. Kendala pada 1). Penataan, Sempitnya lokasi pasar; 2). Pemberdayaan, sulitnya melakukan pembinaan disiplin kepada para pedagang;3). Pembinaan, sulitnya mendapatkan sumber alternatif pendanaan, serta tidak efektifnya hasil sosialisasi; dan 4). Pengawasan, tidak efektifnya pengawasan yang dilakukan, masyarakat yang punya kios/los disewakan kepada pedagang lain dengan harga sewa yang mahal, pengawasan dalam penarikan uang retribusi pedagang.

Page 1 of 38 | Total Record : 371