cover
Contact Name
E Sutandar
Contact Email
Erwin_sutandar@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
fanypuspabella@student.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/jelast.v9i1.53691
Core Subject : Engineering,
Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Kota Pontianak termasuk ke dalam daerah dengan gempa ringan. Setiap perancangan bangunan di Kota Pontianak saat ini harus memperhitungkan parameter gaya gempa. Sehingga dilakukan perhitungan struktur gedung 7 lantai Sekolah Santu Petrus untuk mendapatkan dimensi komponen struktur yang tahan terhadap beban gempa. Perancangan gedung ini merupakan struktur beton bertulang dengan Sistem Rangka Pemikul Momen dan dimodelkan dengan bantuan program analisis struktur. Struktur dianalisis terhadap beban yang bekerja pada gedung tersebut. Pada analisis pengaruh gempa, gedung ini termasuk kategori desain seismik KDS D, maka dalam analisisnya akan mengikuti persyaratan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Hasil kontrol perilaku struktur terdapat ketidakberaturan struktur tipe 2 dan 3 serta ketidakberaturan vertikal struktur tipe 2. Dimensi struktur pelat lantai setebal 100 mm, balok induk 300/600 mm dan 450/800 mm, balok anak 300/600 mm dan 200/400 mm, serta kolom persegi 700/700 mm dan kolom bundar diameter 700 mm. Fondasi yang digunakan adalah fondasi dalam tiang pancang karena sesuai dengan kondisi tanah di Kota Pontianak.
Arjuna Subject : -
Articles 60 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023" : 60 Documents clear
KARAKTERISTIK RUANG PUBLIK RAMAH ANAK DI KOTA PONTIANAK Simbolon, Yumna Azzah; Wulandari, Agustiah; Hernovianty, Firsta Rekayasa
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.70140

Abstract

Kota Pontianak sudah memiliki tiga taman yang ditetapkan sebagai ruang publik terbuka ramah anak yaitu Taman Alun Kapuas, Taman Digulis, dan Taman Catur. Ruang publik ramah anak merupakan salah satu fasilitas yang dibutuhkan anak untuk memenuhi kebutuhan ruang yang menstimulasi proses tumbuh kembangnya, sehingga harus memiliki komponen atau fasilitas yang dapat memadai. Namun, masih terdapat permasalahan yang terlihat pada taman tersebut seperti adanya sampah berserakan, pencemaran asap rokok, dan kurangnya fasilitas pendukung. Hal ini mengindikasikan perlunya memperhatikan penerapan konsep ruang publik ramah anak di Kota Pontianak termasuk melihat kondisi dari ruang publik tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik ruang publik ramah anak di Kota Pontianak. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data lalu dideskripsikan hasil analisis data tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh Taman Alun Kapuas sudah baik dalam keamanan, namun masih kurang dalam memiliki fasilitas bergerak aktif anak yang dapat dimanfaatkan secara gratis. Taman Catur sudah memiliki berbagai permainan dan papan informasi yang menarik dan beragam, namun Taman Catur hanya memiliki pagar berupa vegetasi, sehingga masih kurang dalam memberikan keselamatan. Taman Digulis sudah memiliki beragam alat bermain yang mendukung aktivitas bergerak aktif anak, namun masih kurang dalam penyediaan fasilitas berlindung yang nyaman terutama saat kondisi hujan.Key Words: karakteristik, kota layak anak, ruang publik ramah anak
EVALUASI KEBERADAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOSS) SMPN 01 DIJALAN MERDEKA TIMUR KECAMATAN SEKADAU HILIR KABUPATEN SEKADAU Alwi, Bhasori; Akhmadali, Akhmadali; Azwansyah, Heri
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.68916

Abstract

ABSTRAK  Jalan Merdeka Kecamatan Sekadau Hilir sendiri memiliki panjang 5,3 km. Jalan Merdeka Timur Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau merupakan daerah yang kebutuhan akan transportasinya semakin meningkat. Pelaksanaan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan salah satu penanggulan untuk menurunkan tingkat kecelakaan yang terjadi pada anak "“ anak sekarang ini. Hal ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi pejalan kaki yang mayoritas adalah anak "“ anak yang sedang bersekolah. Penerapan ZoSS sendiri dilakukan pada ruas jalan di area sekolah yang memiliki arus lalu lintas cukup tinggi dan rentan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu dilakukanlah Evaluasi Keberadaan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) SMPN 01 dijalan Merdeka Timur Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.Penelitian dilakukan dengan metode yang mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997, Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK 3236/AJ 403/DRJD/2006 dan metode kuesioner guna melengkapi penelitian ini. Analisis yang dilakukan berupa analisis kondisi fasilitas perlengkapan jalan, analisis karakteristik jalan, analisis kecepatan kendaraan, analisis perilaku pengguna jalan, analisis efektivitas ZoSS dan analisis pemahaman pengguna jalan.Kondisi fasilitas perlengkapan yang tidak lengkap dan belum sesuai dengan standar yang di tentukan. Kecepatan rata "“ rata kendaraan yang melewati Zona Selamat Sekolah pada waktu operasi ZoSS belum memenuhi izin kecepatan yaitu 30 km/jam. Kecepatan rata"“rata pada saat operasi ZoSS yaitu 31,667 km/jam. Maka dapat disimpulkan bahwa perilaku pengemudi belum selamat dan perilaku penyebrang (khusus siswa) masih belum selamat/aman. Berdasarkan hasil nalisis masyarakat memiliki pemahaman yang baik tentang ZoSS namun pada kenyataannya masyarakat tidak mematuhi dan tidak menerapkan dalam berlalu lintas.
KAJIAN K3 DENGAN METODE PHA PADA KEGIATAN PELEDAKAN TAMBANG BATU DI PT. LABU MINING KABUPATEN SINTANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT Shando Irwandinata, Ade Irfan; Nirmala, Azwa; Aprillia, Ricka; Sutrisno, Hendri
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.68257

Abstract

PT. Bukit Labu Mining adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batu andesit dengan metode peledakan untuk melakukan proses pembongkaran batu. Proses kegiatan peledakan di PT. Bukit Labu Mining perlu dilakukan analisa potensi risiko dengan melakukan penilaian bahaya dan tingkat risiko pada kegiatan peledakan sehingga potensi risiko dapat dikendalikan. Berdasarkan metode penelitian PHA mengidentifikasi di mana kejadian kecelakaan yang mungkin terjadi dan memberikan estimasi tingkat keparahan setiap kejadian kecelakaan tersebut. Berdasarkan hasil identifikasi risiko pada setiap tahapan peledakan di perusahaan, ditemukan 47 jenis potensi bahaya yang berisiko menimbulkan 59 risiko dapat terjadi disebabkan oleh jenis mesin atau peralatan yang digunakan, sikap dan cara kerja pekerja, kondisi lapangan dan ketertiban dalam instruksi kerja. Estimasi frekuensi 27 very unlikely, 10 remote, 10 occasional, 1 probable dan 11 frequent. Estimasi konsekuensi 21 minor, 13 major, 3 critical, dan 22 catastrophic. Berdasarkan hasil kategori risiko pada setiap tahapan peledakan di PT. Bukit Labu Mining, didapatkan 3 risiko persentase 5% kategori high, 43 risiko persentase 73% kategori medium dan 13 risiko persentase 22% katagori low. Pengendalian Eliminasi berjumlah 3 persentase 6%, pengendalian Substitusi berjumlah 0 persentase 0%, pengendalian Rekayasa Teknik berjumlah 21 persentase 46%, pengendalian Administrasi berjumlah 7 persentase 15%, pengendalian APD berjumlah 15 persentase 33%.Kata Kunci: Frekuensi, Konsekuensi, Peledakan, PHA
ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO HAULING BAUKSIT DI PT. MANDARA PRIMA NUSANTARA, DESA KUALA BUAYAN, KECAMATAN MELIAU, KABUPATEN SANGGAU, KALIMANTAN BARAT Tanema, Wilhelmus Wylie Wilbert; Syahrudin, Syahrudin; Herlambang, Yoga
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.66548

Abstract

PT. Mandara Prima Nusantara adalah perusahaan yang bergerak di  bidang pertambangan bauksit dan bergerak di bidang usaha pengangkutan untuk mengangkut bauksit dari tambang (mine site) ke dermaga (pelabuhan). perusahaan menerapkan manajemen risiko dalam aktivitas transportasi Studi awal ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya, melakukan penilaian risiko dan menentukan tingkat risiko dalam aktivitas tertentu untuk mengetahui penerapan tindakan manajemen risiko kesehatan dan keselamatan kerja yang telah dilakukan.Metode yangkdigunakankdalam penelitian ini adalah HIRADC (Hazard Identification, Risk Assessment and Determine Control). Dimulai dengan pengidentifikasi risiko dan potensi bahaya, dilanjutkan dengan pengumpulan data dari wawancara dengan responden dan geometri jalan. Selain itu, dilakukan pengolahan data untuk menilai tingkat risiko, kemudian membuat rekomendasi pengendalian risiko bagi perusahaan. penilaian risiko terhadap 14 potensi risiko menunjukkan terdapat 8 risiko sedang dan 6 risiko tinggi. Berdasarkan penilaian risiko kegiatan hauling di PT. Mandara Prima Nusantara, Manajemen Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja berjalan dengan baik. Namun demikian, tetap perlu diterapkan langkahlangkah pengendalian risiko yang termasuk dalam kelompok risiko tinggi untuk meminimalkan tingkat risiko pada kegiatan hauling perusahaan. Rekomendasi pengendalian risiko berdasarkan OHSAS 18001 bagi perusahaan ialah pengendalian administratif dengan 2 rekomendasi dikarenakan pelaksanaan yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Engineering control 12 rekomendasi, eliminasi dengan 0 rekomendasi substitusi dengan 0 rekomendasi, dan APD 0 rekomendasi.
ANALISA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DRILLING DI PT. HANSINDO MINERAL PERSADA KECAMATAN SUNGAI PINYUH KABUPATEN MEMPAWAH KALIMANTAN BARAT Mariana, Dina; MS, Murad; Purwoko, Budhi
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.68314

Abstract

PT. Hansindo Mineral Persada (PT. Hansindo) salah satu perusahaan yang berkiprah dibidang pertambangan batu granit. PT. Hansindo melakukan penambangan batu granit di Desa Peniraman, Kecamatam Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Pengeboran artinya aktivitas yang pertama kali dilakukan pada suatu kegiatan peledakan batuan sebagai akibatnya pekerjaan ini mengandung risiko bagi setiap elemen yang terlibat. Oleh karena itu perlu dilakukan analisisi potensi bahaya karena masalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) harus mendapatkan perhatian, agar dapat meminimalkan potensi bahaya dan risiko kecelakaan akibat kerja. Tujuan penelitian melakukan identifikasi potensi bahaya dan risiko pada psroses drilling dengan penelitian kualitatif teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan pengisian kuesioner dan menggunakan metode HIRARC dengan waktu lebih kurang 30 hari untuk melakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko dan melakukan upaya pengendalian risiko, dalam meminimalisir potensi bahaya dan risiko kecelakaan. berdasarkan hasil observasi dan kuesioner terdapat 7 kegiatan drilling dan 17 potensi bahaya dan risiko, dan 18 rekomendasi pengendalian bahaya dan risiko yang penerapannya berdasarkan OHSAS 18001:2007 berupa eliminasi, substitusi, engineering control, admistratif dan alat pelindung diri.
PENGARUH PEMBANGUNAN DUPLIKASI JEMBATAN KAPUAS 1 TERHADAP KINERJA PERSIMPANGAN JL. TANJUNGPURA "“ JL. SULTAN HAMID II "“ JL. IMAM BONJOL "“ JL. PAHLAWAN KOTA PONTIANAK Saputra, Andhika Sahid; Widodo, Slamet; Mukti, Elsa Tri
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.68718

Abstract

ABSTRAKSimpang Jl. Tanjungpura "“ Jl. Sultan Hamid II "“ Jl. Imam Bonjol "“ Jl. Pahlawan merupakan persimpangan terpadat di kota Pontianak, Serta penghubung jembatan Kapuas 1 yang membuat pergerakan pada simpang mencapai puncaknya pada jam-jam sibuk. Hambatan dan kemacetan lalu lintas yang terjadi pada simpang akan mempengaruhi kapasitas jalan yang bersangkutan dan tingkat pelayanan pada simpang akan menurun. Pengaturan arus lalu lintas yang baik sangat diperlukan dalam upaya membantu pergerakan kendaraan pada persimpangan agar tidak terjadi konflik yang berlebihan antar kendaraan. Maka dari itu, peneliti melakukan analisis kinerja simpang pada kondisi eksisting serta bagaimana kinerja simpang jika duplikasi jembatan Kapuas 1 mulai beroperasi dalam waktu 5 tahun yang akan datang (2023-2028). Metode yang digunakan pada analisa simpang bersinyal untuk mengetahui kinerja simpang bersinyal kondisi eksisting dan proyeksi 5 tahun dengan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 dan Software VISSIM. Survei dilakukan selama tiga hari yaitu hari Sabtu, Minggu dan Senin. Setelah dilakukan analisa diperoleh tingkat kinerja simpang terbaik yaitu alternatif kedua, Dengan nilai Derajat Kejenuhan Pendekat Utara Dj = 0,67, Barat Dj = 0,58, Selatan Dj = 0,73, Timur Dj = 0,81. Dan Menggunakan Software VISSIM diperoleh tingkat pelayanan simpang LOS C.  Kata kunci : Alternatif Proyeksi Simpang Bersinyal,Derajat Kejenuhan, VISSIM
Perhitungan Struktur Bangunan Gedung Kantor di Kabupaten Mempawah Ala, Bob; Elvira, Elvira; Faisal, Faisal
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.67992

Abstract

Standar-standar dalam konstruksi bangunan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga dalam merencanakan konstruksi bangunan perlu mengikuti standar yang terbaru sesuai peraturan. Berdasarkan standar yang terbaru, wilayah Kabupaten Mempawah termasuk dalam zona gempa, sehingga gaya akibat gempa perlu dipertimbangkan dalam merancang struktur bangunan agar tidak terjadi kegagalan struktur yang merugikan. Sehingga diputuskan akan dilakukan perancangan struktur Bangunan Gedung Kantor di Kabupaten Mempawah menggunakan material utama beton bertulang dan akan dirancang elemen berupa balok, kolom, pelat, joint, dan fondasi. Digunakan program analisa struktur dalam analisa dan ukuran elemen-elemen yang digunakan adalah 110 mm untuk ketebalan pelat lantai; 300/600 mm untuk balok induk; 250/500 mm dan 300/500 mm untuk balok anak; 500/500 untuk kolom; serta   pile cap fondasi tiang pancang F1 1000/1800/600 dan F2 1800/1800/600. Untuk tulangan pelat lantai pada lantai 1-8 digunakan wiremesh M8-100 mm dan untuk tulangan pelat lantai pada atap digunakan wiremesh M8-200 mm. Untuk tulangan balok digunakan tulangan longitudinal D16 mm dan tulangan tranversal ∅10. Untuk tulangan kolom digunakan tulangan longitudinal 16D19 mm dan tulangan tranversal ukuran ∅10. Untuk tulangan yang digunakan pada hubungan balok kolom (HBK) digunakan tulangan tranversal 3∅10-50 mm. Untuk tulangan pile cap fondasi digunakan tulangan lentur D25 mm. Struktur banngunan ini masuk kategori KDS C. Dengan demikian digunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah (SRPMM). Perancangan mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI).
ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN DI SWALAYAN MITRA ANDA KOTA PONTIANAK Septianingsih, Dwi Anggun; Azwansyah, Heri; Mukti, Elsa Tri
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.69699

Abstract

Pasar swalayan merupakan salah satu pusat perbelanjaan sangat erat kaitannya dengan masalah perparkiran. Penyediaan lahan parkir sangat berpengaruh terhadap kinerja jalan dikarenakan swalayan Mitra Anda ini terletak di pinggir jalan kota Pontianak. Tujuan penelitian untuk mengetahui indeks dan kebutuhan lahan parkir saat ini. Metode penelitian ini menggunakan cara survei langsung di lapangan, setelah itu data yang diperoleh dapat diolah, untuk mendapatkan   nilai volume kendaraan,akumulasi kendaraan, durasi parkir, pergantian parkir, kapasitas parkir, indeks parkir, dan kebutuhan ruang parkir. Area parkir direncanakan untuk kendaraan roda dua sebanyak 187 SRP dengan indeks 46 %. Dan untuk area parkir kendaraan roda empat sebanyak 68 SRP dengan indeks parkir 59 %. Sehingga dengan perencanaan ruang parkir tersebut kebutuhan pengunjung swalayan Mitra Anda terhadap ketersediaan petak parkir saat ini sudah mencukupi dengan indeks parkir yang cukup optimal.Kata kunci: Mitra Anda, Parkir, Satuan Ruang Parkir.
STUDI PENGARUH PENGGUNAAN PELICAN CROSSING TERHADAP PANJANG ANTRIAN KENDARAAN (STUDI KASUS JALAN GAJAH MADA PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT) Pribadi, Ramadhan; Kadarini, S Nurlaily; Mukti, Elsa Tri
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.68804

Abstract

ABSTRAKJalan Gajah Mada merupakan salah satu jalan terpadat di Kota Pontianak dan merupakan jalan dengan tata guna lahan di sekitar kawasan perhotelan, komersial dan fasilitas umum lainnya. Selain itu terdapat fasilitas penyeberangan orang seperti zebra cross dan pelican crossing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pemodelan tundaan dan panjang antrian pada jalur kendaraan menggunakan analisis regresi linier dan mengetahui pengaruh dari pelican crossing berdasarkan hasil pemodelan. Pengambilan data penelitian ini dilakukan secara observasi langsung ke lokasi penelitian. Data penelitian yang diambil merupakan data primer berupa survei jumlah penyeberang, survei jumlah kendaraan terhenti, tertunda, dan panjang antrian kendaraan. Lokasi penelitian ini berada di Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak, Kalimatan Barat.Berdasarkan Analisis dan pembahasan, model yang mewakili perbandingan panjang antrian (Y) dengan jumlah kendaraan terhenti (X1) adalah Y = 2,24 + 2,86X1 dan panjang antrian (Y) dengan jumlah penyeberangan (X2) adalah Y = 6,43 + 0,21X2. Untuk model yang mewakili perbandingan hubungan antara tundaan (Y) dengan variabel bebas yang sama adalah Y = 1,80 + 0,11X1 dan Y = 2,07 - 0,01X2. Panjang antrian maksimum sebesar 22,3 meter dengan tundaan maksimum sebesar 7,78 detik.Jalan Gajah Mada merupakan salah satu jalan terpadat di Kota Pontianak dan merupakan jalan dengan tata guna lahan di sekitar kawasan perhotelan, komersial dan fasilitas umum lainnya. Selain itu terdapat fasilitas penyeberangan orang seperti zebra cross dan pelican crossing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pemodelan tundaan dan panjang antrian pada jalur kendaraan menggunakan analisis regresi linier dan mengetahui pengaruh dari pelican crossing berdasarkan hasil pemodelan. Pengambilan data penelitian ini dilakukan secara observasi langsung ke lokasi penelitian. Data penelitian yang diambil merupakan data primer berupa survei jumlah penyeberang, survei jumlah kendaraan terhenti, tertunda, dan panjang antrian kendaraan. Lokasi penelitian ini berada di Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak, Kalimatan Barat.Berdasarkan Analisis dan pembahasan, model yang mewakili perbandingan panjang antrian (Y) dengan jumlah kendaraan terhenti (X1) adalah Y = 2,24 + 2,86X1 dan panjang antrian (Y) dengan jumlah penyeberangan (X2) adalah Y = 6,43 + 0,21X2. Untuk model yang mewakili perbandingan hubungan antara tundaan (Y) dengan variabel bebas yang sama adalah Y = 1,80 + 0,11X1 dan Y = 2,07 - 0,01X2. Panjang antrian maksimum sebesar 22,3 meter dengan tundaan maksimum sebesar 7,78 detik.
ANALISIS PENGARUH KONDISI DRAINASE TERHADAP KINERJA PERKERASAN JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Bintara dan Jalan Teuku Umar di Kecamatan Sintang) Kurniadi, Arif; Basalim, Said; sumiyattinah, sumiyattinah
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v10i3.69080

Abstract

Perkerasan jalan merupakan bagian utama jalan yang berfungsi menjadi pelayan utama transportasi. Penelitian ini meninjau bagaimana pengaruh variabel kondisi drainase terhadap perkerasan jalan. Penelitian dilakukan pada ruas Jalan Bintara dan Jalan Teuku Umar di Kecamatan Sintang, yang keduanya merupakan Jalan Kabupaten dengan ukuran lebar 5 meter. Penilaian perkerasan jalan mengacu pada hasil nilai IRI Roadroid, sedangkan pengukuran kondisi drainase diperoleh dengan cara pengamatan di lapangan. Dari 20 segmen penelitian, diperoleh 13 segmen jalan berkriteria baik (65%) dan 7 segmen berkriteria sedang (35%). Sedangkan dari hasil survei kondisi drainase, didapatkan drainase berkondisi baik; 3 segmen (15%), sedang; 4 segmen (20%), buruk; 7 segmen (35%), serta tidak ada drainase sejumlah 6 segmen (30%). Setelah dilakukan uji regresi linier sederhana, didapatkan persamaan Y = 3,142 + 0,072 X. Analisis data pada SPSS menunjukkan hasil bahwa pengaruh kondisi drainase terhadap perkerasan jalan tidak begitu signifikan. Hal tersebut diketahui dari nilai thitung (0,181) nilai ttabel (2,100), nilai signifikansi (0,859) melebihi taraf signifikansi 0,05, dan nilai Rsquare sebesar 0,002. Maka dapat disimpulkan perkerasan Jalan Bintara dan Jalan Teuku Umar lebih dipengaruhi oleh beberapa faktor lain. Faktor tersebut dapat berupa aspek perencanaan, nilai CBR, muatan, maupun curah hujan. Kata Kunci: Drainase, Perkerasan, Regresi Linier Sederhana.

Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2025): JeLAST Edisi Agustus 2025 Vol 12, No 2 (2025): JeLAST Edisi Juni 2025 Vol 12, No 1 (2025): JeLAST Edisi Februari 2025 Vol 11, No 4 (2024): JeLAST Edisi Desember 2024 Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024 Vol 11, No 2 (2024): JeLAST Edisi Juni 2024 Vol 11, No 1 (2024): JeLAST Edisi Februari 2024 Vol 10, No 4 (2023): JeLAST Edisi Desember 2023 Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023 Vol 10, No 2 (2023): JeLAST Edisi Juni 2023 Vol 10, No 1 (2023): JeLAST Edisi Februari 2023 Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022 Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022 Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022 Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022 Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021 Vol 8, No 2 (2021): JeLAST Juni 2021 Vol 8, No 1 (2021): JeLast Edisi Februari 2021 Vol 7, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2020 Vol 7, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2020 Vol 7, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2020 Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019 Vol 6, No 2 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2019 Vol 6, No 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2019 Vol 5, No 3 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2018 Vol 5, No 2 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2018 Vol 5, No 1 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2018 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017 Vol 3, No 3 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2016 Vol 2, No 2 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2016 Vol 1, No 1 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI FEBRUARI 2016 Vol 2, No 2 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI JUNI 2015 Vol 3 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN Vol 3, No 2 (2014): VOL 3 NO 2 DESEMBER 2014 Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Edisi Februari 2014 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil UNTAN Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan More Issue