cover
Contact Name
E Sutandar
Contact Email
Erwin_sutandar@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
fanypuspabella@student.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/jelast.v9i1.53691
Core Subject : Engineering,
Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Kota Pontianak termasuk ke dalam daerah dengan gempa ringan. Setiap perancangan bangunan di Kota Pontianak saat ini harus memperhitungkan parameter gaya gempa. Sehingga dilakukan perhitungan struktur gedung 7 lantai Sekolah Santu Petrus untuk mendapatkan dimensi komponen struktur yang tahan terhadap beban gempa. Perancangan gedung ini merupakan struktur beton bertulang dengan Sistem Rangka Pemikul Momen dan dimodelkan dengan bantuan program analisis struktur. Struktur dianalisis terhadap beban yang bekerja pada gedung tersebut. Pada analisis pengaruh gempa, gedung ini termasuk kategori desain seismik KDS D, maka dalam analisisnya akan mengikuti persyaratan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Hasil kontrol perilaku struktur terdapat ketidakberaturan struktur tipe 2 dan 3 serta ketidakberaturan vertikal struktur tipe 2. Dimensi struktur pelat lantai setebal 100 mm, balok induk 300/600 mm dan 450/800 mm, balok anak 300/600 mm dan 200/400 mm, serta kolom persegi 700/700 mm dan kolom bundar diameter 700 mm. Fondasi yang digunakan adalah fondasi dalam tiang pancang karena sesuai dengan kondisi tanah di Kota Pontianak.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021" : 22 Documents clear
ANALISIS PENGARUH HUBUNGAN TATA GUNA LAHAN DENGAN DEBIT BANJIR PADA KAWASAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA BERBASIS GIS Meisy Artha Rahima Utami; - Kartini; Danang Gunarto
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.51471

Abstract

Kawasan Universitas Tanjungpura terletak di pusat kota Pontianak, pada umumnya penggunaan lahan adalah perkantoran dan fasilitas pendidikan, dan beberapa infrastruktur lainnya. Tinjauan ini dimaksudkan untuk menghitung debit banjir yang mengalami rencana perubahan lahan berbasis data Geographics Information System (GIS) menggunakan ArcGIS 10.4. Metode perhitungan debit banjir pada penelitian ini menggunakan metode rasional. Dalam menentukan besaran intensitas curah hujan yang terjadi pada wilayah penelitian menggunakan metode mononobe. Peta tata guna lahan untuk kondisi saat ini menggunakan peta tata guna lahan Orthomosaic Untan 2020 dan peta tata guna lahan untuk kondisi rencana menggunakan peta lahan Masterplan Untan 2021.  Untuk kondisi lahan saat ini, diperoleh luas lahan terbuka 22,917 ha, perkerasan 14,951 ha, perkantoran 14,294 ha, hutan bervegetasi 9,482 ha, semak belukar 8,770 ha, taman 3,842 ha, kebun 0,120 ha  dan kondisi lahan rencana diperoleh luas lahan terbuka 29,440 ha, perkerasan 15,336 ha, taman 12,338 ha, perkantoran 11,045 ha, hutan bervegetasi 6,250 ha. Hasil analisis perhitungan debit banjir tertinggi untuk periode ulang 5 tahun berada pada segmen saluran S14 untuk lahan Orthomosaic Untan 2020 dan lahan Masterplan Untan 2021 diperoleh sebesar 2.950 m3/s dan 2.797 m3/s.Kata kunci : Debit Banjir, Geographics Information System, Tata Guna Lahan
PERBANDINGAN RANCANGAN METODE PELAKSANAAN PEMANCANGAN FONDASI TIANG PANCANG PRATEGANG PENAMPANG PERSEGI BERDASARKAN ALAT PANCANG GUNA MENGGANTIKAN PENGGUNAAN CERUCUK KAYU HUTAN Albert Stanley Michelim; Riyanny Pratiwi; Rafie Rafie
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.52335

Abstract

Penggunaan kayu hutan sebagai bahan konstruksi khususnya tiang pancang, membuka peluang kepada penebang tidak berizin memasarkan kayu hasil hutan mereka yang mana permintaannya cukup besar akan tetapi merusak lingkungan. Di sudut pandang manajemen konstruksi kayu hutan merupakan produk alam yang hampir tidak diolah hanya dibersihkan dari cabang dan langsung digunakan. Dengan membandingkan metode pelaksanaan berdasarkan alat pancangannya dari segi biaya dan waktu dan tentunya setiap metode memiliki kesesuaiannya sendiri dalam hal alternatif pengganti cerucuk. Metode yang akan dikaji dari metode rancangan pemancangan adalah dengan menggunakan Drop Hammer Rig 500 Kg dan 1 Ton, Hydraulic Crawler Post Driver 6500 Kg dan Tripod 250 Kg dari segi Waktu dan Biaya dengan studi kasus rumah tipe 36, tipe 150 dan ruko 2 tingkat. Dari hasil perhitungan biaya dan produktivitas alat dan waktu untuk masing-masing studi kasus, disimpulkan penggunaan tiang pancang pracetak 10x10 cm dan 15x15 cm berpenampang persegi dapat menggantikan cerucuk kayu hutan dari segi biaya, waktu dan metode pelaksanaannya. Sehingga menjadi alternatif peralihan. Kata Kunci : Biaya, Cerucuk, Metode Pelaksanaan, Pracetak, dan Waktu
PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK KONSTRUKSI WATERFRONT CITY (Studi Kasus: Proyek Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan Kawasan Parit Nanas Kecamatan Pontianak Utara) Agus Hidayat; M. Indrayadi; Safaruddin M Nuh
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.51366

Abstract

Selama pelaksanaan pekerjaan proyek, kompleksitas masalah menyebabkan banyak proyek yang tidak selesai sesuai rencana. Baik itu tepat waktu, kualitas atau biaya, dan terkadang overbudget, untuk mengatasinya harus memiliki manajemen biaya, kualitas dan waktu yang baik. Perencanaan, pengendalian biaya dan waktu adalah ruang lingkup manajemen proyek konstruksi secara keseluruhan. Selain dari segi kualitas, kinerja proyek juga dapat dievaluasi dari segi biaya dan waktu. Proyek yang saya tinjau ialah Proyek Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan Kawasan Parit Nanas Kecamatan Pontianak Utara. Proyek ini adalah proyek struktur berupa bangunan waterfront city yang memiliki konsep pembangunan daerah pesisir air baik itu tepi sungai, pantai, ataupun danau. Dalam skripsi ini Saya akan menghitung RAP(Rencana Anggaran Pelaksanaan) pada proyek tersebut menggunakan bantuan aplikasi Microsoft project. Selain biaya, saya juga akan menganalisa waktu  yang digunakan pada proyek tersebut agar proyek tersebut tidak mengalami kerterlambatan. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan durasi pelaksanaan selama 182 hari dengan jumlah kebutuhan sumber daya yang biayanya tidak melebihi anggaran biaya yaitu sebesar Rp 7.116.433.702,00. Bobot harga satuan hasil perhitungan lebih besar dari pada bobot harga satuan pendekatan kontraktor pelaksana yaitu 0,69 > 0,60. Kata kunci : Konstruksi, Perencanaan Pelaksanaan, Sumber daya.
KAJIAN PERBAIKAN SISTEM IRIGASI DAERAH RAWA KAPUAS KECIL II, KECAMATAN SUNGAI KAKAP, KABUPATEN KUBURAYA - Harnita; Johnny MT.S; Vivi Bachtiar
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.51845

Abstract

Penelitian ini membahas tentang infrastruktur irigasi yang berada di DIR Kapuas Kecil II, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kuburaya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di wilayah tersebut di mana infrastruktur irigasi mengalami kerusakan yang di sebabkan oleh faktor kelalaian dalam operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif-induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerusakan irigasi disebabkan karena pemeliharaan jaringan irigasi yang buruk, belum adanya operasi dan pemeliharaan rutin dari instansi yang menangani jaringan irigasi. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa kondisi tanggul kolektor terjadi longsor sedang pada tebing sungai dan rekomendasi yang harus dilakukan pada tanggul yaitu dengan cara pemeliharaan tanggul berupa pembersihan tanggul secara rutin dan untuk kondisi jaringan irigasi utama DIR Kapuas Kecil II dapat di klasifikasikan sedang dengan nilai indeks sebesar 2,62 dan fungsi jaringan 53,77%, adapun untuk rekomendasi/tindakan dalam perbaikan jaringan irigasi utama dengan melakukan pemeliharaan berkala dan perbaikan berupa penggalian sedimen pada saluran, perbaikan tanggul yang mengalami penurunan dan melakukan  perbaikan dan penggantian konstruksi bangunan air yang mengalami kerusakan. Kata Kunci: Perbaikan Irigasi, Sistem Irigasi.
ANALISIS PENATAAN DAN KEBUTUHAN PARKIR KENDARAAN STUDI KASUS PARKIR INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK Novia Tri Mariani; Slamet Widodo; Heri Azwansyah
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.52326

Abstract

Fasilitas parkir yang cukup memadai diperlukan untuk mendukung berbagai kegiatan perkuliahan di kampus Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Sebagian besar staf, dosen dan mahasiswa kampus Institut Agama Islam Negeri Pontianak menggunakan kendaran pribadi baik itu kendaraan roda dua (Motor) maupun roda empat (Mobil). Untuk mengetahui permasalahan yang di temukan, maka penelitian ini bertujuan untuk menata lahan parkir dengan mengetahui karakteristik dan kebutuhan parkir saat ini di kampus Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Metode penelitian ini pertama melakukan studi literature, indentifikasi ketersediaan lahan parkir yang ada di kampus Institut Agama Islam Negeri Pontianak, serta melakukan survei lapangan dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Kemudian dilanjutkan dengan analisis dan pengolahan data, didapatkan data kebutuhan parkir saat ini masing-masing untuk kendaraan roda dua (Motor) dan roda empat (Mobil) sebanyak 2.667 petak parkir dan 64 petak parkir, petak parkir yang disediakan sebanyak  petak parkir untuk kendaraan roda dua sebanyak 2.665 dan 46 petak parkir untuk kendaraan roda empat. Ini berarti kebutuhan petak parkir kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat untuk saat ini belum mengcukupi maka harus di tata ulang dengan penambahan lahan.Kata kunci : Analisis kebutuhan lahan parkir, Fasilitas parkir, Kebutuhan lahan parkir, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Penataan lahan parkir
FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN KAWASAN PERMUKIMAN KELURAHAN SIANTAN TENGAH KECAMATAN PONTIANAK UTARA Hafiz Auliandri; Agustiah Wulandari; Anthy Septianti
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.51720

Abstract

Perubahan penggunaan lahan yang terjadi setiap tahun menyebabkan perkembangan kawasan permukiman Kelurahan Siantan Tengah dari tahun 2014-2019 terjadi cukup pesat. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat 6 (enam) faktor yang mempengaruhinya. Atas dasar itu penelitian ini bertujuan untuk mencari luasan perubahan lahan yang terjadi dan melihat faktor yang paling mempengaruhi. Adapun faktor-faktor yang ditemukan menjadi pengaruh perkembangan  sesuai  dengan  variabel  penelitian  terdahulu  yaitu  sosial  demografi,  aksesibilitas,  ketersediaan fasilitas umum sarana dan prasarana, aktivitas ekonomi dan nilai lahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik overlay untuk mencari perubahan lahan yang terjadi dan teknik skoring untuk melihat faktor yang paling mempengaruhi. Melalui teknik overlay ditemukan bahwa permukiman merupakan penggunaan lahan yang paling besar mengalami perubahan dari tahun 2014-2019, sedangkan untuk tingkatan faktor yang paling mempengaruhi perubahan yang terjadi yaitu (1) nilai lahan, (2) sosial demografi,  (3) aktivitas ekonomi, (4) fasilitas umum sarana, (5) aksesibilitas dan (6) fasilitas umum prasarana. Kata kunci: Kelurahan Siantan Tengah, nilai lahan, perkembangan permukiman, perubahan lahan
RENCANA KEBUTUHAN DAN PENATAAN LAHAN PARKIR SEKOLAH TINGGI AGAMA KATOLIK NEGERI (STAKatN) PONTIANAK Nadhea Bucksy; Heri Azwansyah; Sumiyattinah Sumiyattinah
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.52342

Abstract

Tingginya angka penggunaan kendaraan bermotor menyebabkan masalah dalam mengatur dan menyediakan lahan parkiraan terutama pada perguruan tinggi salah satu perguruan tinggi yang mempunyai permasalahan mengenai kebutuhan lahan parkir yaitu Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak dikarenakan perguruan tinggi ini masih dalam tahap pembangunan sehingga belum ada ketersediaannya lahan parkir yang memadai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kebutuhan lahan parkir serta perencanaan layout parkir. Metode dalam penelitian ini yang pertama yaitu studi literature, mengidentifikasi masalah yang ditemukan, observasi lapangan. Setelah itu dilakukan survei lapangan untuk pengumpulan data primer, berhubungan dengan adanya COVID-19 maka untuk mendapatkan data primer menggunakan kuesioner yang berbentuk link yang  dibagikan menggunakan media online kepada seluruh mahasiswa, karyawan dan dosen di Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak.  Setelah dilakukan pengolahan dan analisa data diperoleh kebutuhan ruang parkir di Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak, untuk kendaraan roda 2 dibutuhkan 245 petak parkir dan untuk kendaraan roda 4 dibutuhkan sebanyak 11 petak parkir, sedangkan perencanaan petak parkir di Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak, untuk kendaraan roda 2 sebanyak 300 petak parkir dan untuk kendaraan roda 4 sebanyak 30 petak parkir, maka perencanaan lahan parkir sudah mencukupi kebutuhan.Kata kunci : karakteristik parkir, kebutuhan parkir, parkir turn over, petak parkir
Dampak Covid-19 Terhadap Transportasi Laut di Pelabuhan Dwikora Pontianak Tri Wahyu Pambudiono; Muhammad Meddy Danial; Arfena Deah Lestari
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.60138

Abstract

Aktivitas Pelabuhan Dwikora Pontianak sempat terhenti sejenak akibat dampak Covid-19. Pemerintah sempat mengeluarkan perintah agar akses pelabuhan ditutup sementara untuk menghindari mata rantai penularan Covid-19. Penutupan akses pelabuhan hanya berlaku untuk angkutan penumpang ke seluruh destinasi yang akan berangkat dari Kalbar, sedangkan untuk aktivitas bongkar muat barang tetap berjalan. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap transportasi laut di Pelabuhan Dwikora Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan deskriptif dan analisis data penumpang 2019-2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak Covid-19 menyebabkan aktivitas transportasi laut di Pelabuhan Dwikora Pontianak mengalami penurunan jumlah kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang. Untuk jumlah kedatangan kapal penumpang terjadi penurunan pada periode 2020 sebesar 69% menjadi 63% pada periode 2021, sedangkan jumlah keberangkatan kapal penumpang mengalami penurunan pada periode 2020 sebesar 73% menjadi 79% pada periode 2020 dengan tolak ukur periode 2019. Hal ini membuktikan bahwa pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap transportasi laut di Pelabuhan Dwikora Pontianak.
HUBUNGAN KOEFISIEN KONSOLIDASI (Cv) DAN INDEKS KOMPRESI (Cc) DENGAN NILAI KUAT TEKAN BEBAS PADA TANAH LUNAK YANG DIMODIFIKASI DENGAN MATERIAL PASIR Lita Tri Hartini; R. M. Rustamaji; Ahmad Faisal
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.52527

Abstract

Tanah lunak merupakan jenis tanah yang sulit untuk dimanfaatkan dalam pembangunan karena memiliki daya dukung rendah dan penurunan yang lambat karena ukuran butirnya yang halus. Mendirikan bangunan diatas tanah lunak akan mengakibatkan beberapa permasalahan diantaranya masalah daya dukung dan penurunan. Salah satu cara untuk mengatasinya perlu dilakukan penelitian tentang perilaku tanah lunak di Kota Pontianak dengan uji konsolidasi dan uji kuat tekan bebas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pencampuran pasir terhadap tanah lunak serta mengetahui hubungan antara nilai Cc vs qu, dan Cv vs qu yang divariasi campuran pasir. Dari hasil penelitian didapat bahwa pengaruh pasir terhadap tanah lunak terjadi peningkatan pada nilai Cv dan nilai qu serta penurunan pada nilai (Cc). Dari hasil perhitungan regresi dan korelasi didapat hubungan antara (Cc) dan (qu) untuk tanah gabungan y = -0,1901x + 0,784 dengan nilai r = 0,6408. Syarat persamaan matemasis qu vs Cc dimana nilai Cc > 0, atau qu < 4,124 kg/cm² untuk menghindari adanya nilai negatif pada Cc. Hubungan antara (Cv) dan (qu) laboratorium pada tanah gabungan adalah y = 0,0002x + 0,0008 dengan nilai r = 0,1696. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara nilai koefisien konsolidasi dan indeks kompresi terhadap nilai kuat tekan bebas.Kata Kunci: Konsolidasi, Kuat Tekan Bebas, Pasir, Tanah Lunak
PENGARUH CAMPURAN LIMBAH BATU BARA (FLY ASH) TERHADAP SIFAT PLASTISITAS TANAH BERDASARKAN UJI CASAGRANDE Amanta Suci Arti Hayati; R. M. Rustamaji; Ahmad Faisal
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v8i3.51475

Abstract

Dalam pembangunan suatu konstruksi, tanah adalah aspek utama yang akan ditinjau, guna mengetahui keadaan tanah agar pembangunan diatasnya aman, dan kokoh. Tanah di Jalan Karet, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak diketahui dalam klasifikasi tanah berdasarkan USCS menunjukan tanah tersebut tanah lanau anorganik dengan plastisitas tinggi. Plastisitas yang tinggi membuat tanah tersebut mudah mengalami perubahan, dan daya dukung rendah. Permasalahan tanah terutama dapat dilakukan stabilisasi dengan memanfaatkan limbah batu bara (fly ash). Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh variasi campuran fly ash dan waktu pemeraman terhadap tanah, dan besar perubahan nilai dan sifat plastisitas tanah, serta kriteria tanah yang ditinjau. Variasi fly ash yang digunakan yaitu 5%, 10%, 20% 40%, dengan waktu pemeraman tanah, 0, 7 , 14, dan 28 hari. Hasil menunjukan nilai batas cair, mengalami penurunan terbesar pada tanah kadar campuran fly ash 40% dengan curing 28 hari yaitu 38,282% (persentase penurunan dari tanah asli 39,536) dan indeks palstisitas dari sampel uji tanah yang mengalami penurunan terbersar pada sampel dengan kadar campuran fly ash 40% dengan curing 28 hari yaitu 11,878% (persentase penurunan dari tanah asli 59,819%). Kata kunci : batas cair, fly ash, indeks plastisitas, sifat plastisitas tanah

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2025): JeLAST Edisi Agustus 2025 Vol 12, No 2 (2025): JeLAST Edisi Juni 2025 Vol 12, No 1 (2025): JeLAST Edisi Februari 2025 Vol 11, No 4 (2024): JeLAST Edisi Desember 2024 Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024 Vol 11, No 2 (2024): JeLAST Edisi Juni 2024 Vol 11, No 1 (2024): JeLAST Edisi Februari 2024 Vol 10, No 4 (2023): JeLAST Edisi Desember 2023 Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023 Vol 10, No 2 (2023): JeLAST Edisi Juni 2023 Vol 10, No 1 (2023): JeLAST Edisi Februari 2023 Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022 Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022 Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022 Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022 Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021 Vol 8, No 2 (2021): JeLAST Juni 2021 Vol 8, No 1 (2021): JeLast Edisi Februari 2021 Vol 7, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2020 Vol 7, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2020 Vol 7, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2020 Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019 Vol 6, No 2 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2019 Vol 6, No 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2019 Vol 5, No 3 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2018 Vol 5, No 2 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2018 Vol 5, No 1 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2018 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2017 Vol 3, No 3 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2016 Vol 2, No 2 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2016 Vol 1, No 1 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI FEBRUARI 2016 Vol 2, No 2 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI JUNI 2015 Vol 3 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN Vol 3, No 2 (2014): VOL 3 NO 2 DESEMBER 2014 Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Edisi Februari 2014 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil UNTAN Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan More Issue