cover
Contact Name
E Sutandar
Contact Email
Erwin_sutandar@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
fanypuspabella@student.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/jelast.v9i1.53691
Core Subject : Engineering,
Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Kota Pontianak termasuk ke dalam daerah dengan gempa ringan. Setiap perancangan bangunan di Kota Pontianak saat ini harus memperhitungkan parameter gaya gempa. Sehingga dilakukan perhitungan struktur gedung 7 lantai Sekolah Santu Petrus untuk mendapatkan dimensi komponen struktur yang tahan terhadap beban gempa. Perancangan gedung ini merupakan struktur beton bertulang dengan Sistem Rangka Pemikul Momen dan dimodelkan dengan bantuan program analisis struktur. Struktur dianalisis terhadap beban yang bekerja pada gedung tersebut. Pada analisis pengaruh gempa, gedung ini termasuk kategori desain seismik KDS D, maka dalam analisisnya akan mengikuti persyaratan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Hasil kontrol perilaku struktur terdapat ketidakberaturan struktur tipe 2 dan 3 serta ketidakberaturan vertikal struktur tipe 2. Dimensi struktur pelat lantai setebal 100 mm, balok induk 300/600 mm dan 450/800 mm, balok anak 300/600 mm dan 200/400 mm, serta kolom persegi 700/700 mm dan kolom bundar diameter 700 mm. Fondasi yang digunakan adalah fondasi dalam tiang pancang karena sesuai dengan kondisi tanah di Kota Pontianak.
Arjuna Subject : -
Articles 38 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022" : 38 Documents clear
ANALISIS PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI KELURAHAN SUNGAI JAWI Yudistira Syahreza; Firsta Rekayasa Hernovianty; Vetty Puryanti
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.52351

Abstract

Kelurahan Sungai Jawi mengalami peningkatan jumlah penduduk dan ekonomi  sehingga menyebabkan perubahan lahan terus terjadi, namun dengan ketersediaan lahan yang terbatas menggeser pembangunan di pusat kota semakin bergerak ke arah yang lebih luas. Hal ini terjadi disebabkan oleh lokasi Kelurahan Sungai Jawi yang strategis dekat dengan pusat kota, namun pertumbuhan penduduk menyebabkan permintaan lahan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan lahan di Kelurahan Sungai Jawi. Pendekatan penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis overlay untuk melihat besaran luas lahan yang dianalisis pada tahun 2017-2019, dan 2019-2021. Output yang dihasilkan dari analisis ini adalah luas lahan dan persentase perubahan penggunaan lahan di Kelurahan Sungai Jawi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa besaran perubahan lahan tertinggi selama 5 tahun terakhir dari tahun 2017 hingga 2021 terdapat pada jenis penggunaan lahan permukiman seluas 81,01 Ha atau 11,54% dari seluruh luas lahan disusul dengan jenis penggunaan lahan perdagangan dan jasa sebesar 16,54 Ha atau 2,36%. Pembangunan terus terjadi kearah selatan menuju arah luar kota seperti di jalan (Jalan Ujung Pandang, Jalan Suka Mulya, Jalan Petani, dan Jalan Ampera). Hal ini sejalan dengan apa yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pergeseran perkembangan kota dari lahan non terbangun ke terbangun mengarah ke luar kota.Key Words: Kelurahan Sungai Jawi, penggunaan lahan, perubahan lahan
ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA ALAM DI DESA MUNGGUK KECAMATAN NGABANG KABUPATEN LANDAK Adinda Rizky Ifada; Agustiah Wulandari; Chairunnisa Chairunnisa
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.53695

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berperan penting sebagai penggerak perekonomian suatu daerah. Desa Mungguk merupakan salah satu desa yang dikenal dengan objek-objek wisata alamnya. Air Terjun Setegung sebagai salah satu destinasi wisata alam yang belum terkelola secara optimal dan Aek Merah yang memiliki daya tarik yang mulai dikelola. Namun, objek-objek wisata tersebut memiliki permasalahan pada aksesibilitas dan kualitas sarana prasarana yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat kelayakan pengembangan potensi objek wisata alam Air Terjun Setegung dan Aek Merah di Desa Mungguk. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuisioner dan studi literatur. Berdasarkan hasil identifikasi  karakteristik kawasan wisata, diketahui bahwa Air Terjun Setegung dan Aek Merah memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata alam di Kecamatan Ngabang. Hal ini tak terlepas dari keberadaan objek-objek wisata tersebut yang cukup strategis bila diukur dari Ibukota Kabupaten Landak (Kota Ngabang). Berdasarkan hasil analisis skoring menggunakan pedoman analisis Objek dan Daya Tarik Daerah Wisata Alam (ODTWA) Direktorat Jendral Tahun 2003, diketahui bahwa Air Terjun Setegung dan Aek Merah sama-sama memperoleh skor >66,67 persen. Artinya objek-objek wisata tersebut tergolong dalam klasifikasi kelas kelayakan tinggi atau layak untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata alam
PERENCANAAN STRUKTUR TAHAN GEMPA HOTEL 17 TINGKAT MAKASSAR Willy Wirata; Faisal Faisal; Gatot Setya Budi
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.53970

Abstract

Perencanaan gedung hotel 17 tingkat di Makassar direncanakan dengan menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) tanpa dinding geser. Direncanakan juga dengan konsep Strong Column Weak Beam yang mana saat terjadi gempa akan terbentuk sendi plastis pada balok sehingga dibutuhkan desain kolom yang kuat dari balok. Perencanaan menggunakan struktur beton bertulang yang mengacu pada SNI 2847:2013 dan SNI 1726:2012. Perhitungan gaya dalam dan pengecekan syarat gempa pada struktur akan dibantu dengan software analisa struktur. Berdasarkan hasil perhitungan, untuk pelat lantai diperoleh ketebalan pelat 120 mm. Penulangan pelat lantai 1–17 menggunakan wiremesh M8–150 dan M12–100. Untuk balok diperoleh, balok B1 (250x400) menggunakan tulangan lentur D13 dan tulangan geser Ø10 serta Ø8. Balok B2 (350x500), balok B3 (350x700) dan Tie Beam (350x800) menggunakan tulangan lentur D16 dan tulangan geser Ø10 serta Ø13. Untuk kolom diperoleh, kolom utama 750x750, 700x700, 650x650 dengan tulangan 20D25, 20D20 dan 20D18. Untuk kolom lift 500x500 tulangan 20D16, kolom tangga 550x550 dan 450x450 tulangan 12D20 dan 12D18. Untuk pondasi digunakan pondasi tiang pancang. Penulangan pilecap P1 (2800x2800x800) dan P2 (2200x3000x750) mengunakan tulangan bawah D19 dan tulangan atas D13 jarak 110 mm. Pilecap P3 (2200x2200x600) dan P4 (1000x2000x600) menggunakan tulangan yang sama hanya jaraknya 150 mm. Kata Kunci    :  Perencanaan Hotel, Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK), Strong Column Weak Beam
PENGARUH PEMBANGUNAN DAN BEROPERASINYA TERMINAL KIJING PELABUHAN PONTIANAK TERHADAP KINERJA RUAS JALAN SUI DURI – BATAS KOTA MEMPAWAH Tiara Okti Riani; Said Said; S. Nurlaily Kadarini
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.52885

Abstract

Salah satu proyek strategis nasional di Kalimantan Barat adalah pembangunan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak. Pembangunan terminal dengan kapasitas besar ini berpotensi menimbulkan dampak terhadap kinerja lalu lintas ruas Jalan Sui. Duri – Batas Kota Mempawah. Kinerja lalu lintas terhadap ruas jalan dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Survei lalu lintas merujuk kepada Pedoman Survei Pencacahan Lalu Lintas oleh Direktorat Jenderal Bina Marga (2004), dengan menggunakan klasifikasi kendaraan menurut MKJI (1997). Analisis dampak terhadap ruas jalan di sekitar Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak menggunakan metode analisis bangkitan perjalanan. Dalam analisis bangkitan perjalanan kendaraan barang, pelabuhan yang dipilih sebagai pembanding adalah di Terminal Dwikora Pelabuhan Pontianak. Tahapan analisis terdiri dari analisis volume lalu lintas, kecepatan arus bebas, kapasitas ruas jalan, derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, dan tingkat kinerja ruas jalan. Analisis pada kondisi eksisting tahun 2021 menghasilkan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,46 dan tingkat pelayanan jalan yaitu LOS C. Pada masa konstruksi tahun 2021 diperoleh nilai DS sebesar 0,56 dan tingkat pelayanan jalan yaitu LOS C. Pada masa operasional tahun 2025 saat beroperasinya kawasan tersebut nilai DS meningkat menjadi 1,27 yang melebihi batas maksimum DS > 0,75 dengan tingkat pelayanan LOS F. Pada masa proyeksi 5 tahun setelah beroperasi tahun 2030 diperoleh nilai DS sebesar 1,43 dan tingkat pelayanan menjadi LOS F. Persentase pertambahan volume lalu lintas akibat bangkitan pergerakan yang ditimbulkan oleh kendaraan berat yaitu klasifikasi Kendaraan Berat Menengah (MHV) dan Truk Besar (LT) pada masa konstruksi sebesar 4,89% yang memberikan pengaruh 23,06% dari total arus keluar masuk kendaraan. Pada masa operasional sebesar 54,5% dari total arus lalu lintas pada ruas Jalan Sui. Duri – Batas Kota Mempawah serta memberikan pengaruh 43,3% dari total arus keluar masuk kendaraan di kawasan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak pada masa operasional tahun 2025.Kata Kunci: Bangkitan, Dampak, Kinerja Lalu Lintas, MKJI 1997, Terminal Kijing.
EVALUASI SARANA PENYEBRANGANAN SUNGAI (PENJAJAP – SUNGAI BATANG) KABUPATEN SAMBAS Christianus Francisko; Heri Azwansyah; Sumiyattinah Sumiyattinah2
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.53759

Abstract

Jumlah pertumbuhan penduduk di wilayah Kabupaten Sambas menyebabkan aktivitas dan mobilitas masyarakat relatif meningkat setiap tahunnya. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan sarana transportasi yang memadai untuk masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kebutuhan armada dan menganalisis tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja angkutan sungai di perlintasan Penjajap – Sungai Batang Kabupaten Sambas. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei langsung kelapangan dengan mewawancarai penumpang dan pihak pengelola jasa angkutan penyeberangan guna mendapatkan data seperti karakteristik penumpang, kemampuan membayar, rata-rata jumlah penumpang per hari, biaya penyeberangan, dan mengetahui kapasitas angkutan yang beroperasi. Berdasarkan responden, segi keselamatan di lokasi penelitian, pihak pengelola tidak menyiapkan pelampung sebagai alat bantu ketika ada kecelakaan pada motor air, sedangkan ketersediaan unit motor air sudah cukup, untuk keselamatan dan manfaat ekonomi. Hasil analisis untuk 5 tahun mendatang (2025) dengan persentase perkembangan penumpang sebesar 5,1 % per tahun dan analisa jumlah rata-rata tahun 2025 sehingga didapat jumlah muatan rata- rata per hari angkutan sungai di tahun 2025 adalah sebanyak 1.738 penumpang, dengan load faktor rata-rata sebesar 0,8. Perlu dilakukan penambahan 2 armada motor air menjadi 14 motor air yang beroperasi dengan jumlah rit 3 rit/hari, sehingga penyeberangan angkutan sungai (Penjajap - Sungai Batang) Kabupaten Sambas bisa beroperasi dengan maksimal. Kata kunci: Angkutan Penyeberangan Sungai, Kabupaten Sambas.
PERENCANAAN PEMBUATAN JALAN TAMBANG PADA MINE DEVELOPMENT AND SGA PLANT PROJECT PT. ANTAM TBK, KOMODITAS BAUKSIT, KABUPATEN MEMPAWAH, PROVINSI KALIMANTAN BARAT Aditya Ramadhani Setiawan; Syahrudin Syahrudin; M. Khalid Syafrianto
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.52339

Abstract

Mine Development and SGA Plant Project PT. ANTAM Tbk saat ini sedang dalam tahap konstruksi. Oleh karena itu diperlukan perencanaan jalan tambang yang sesuai dengan standar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat perencanaan jalan tambang dan menghitung desain geometri jalan sehingga dapat dilalui oleh dump truck Hino FM 260 JD. Metode yang digunakan adalah metode pengamatan dan pengukuran langsung dilapangan. Pengolahan dan analisis data berupa pemetaan topografi existing jalan dan perhitungan rencana geometri jalan tambang. Hasil survey awal diperoleh kondisi exsisting jalan tambang dengan panjang jalur ± 4.845 m dan lebar 2-10 meter data ini didapatkan dari pemetaan topografi jalan menggunakan alat total station. Rancangan geometri jalan tambang berdasarkan metode AASTHO yaitu lebar jalan lurus 9 m sedangkan pada tikungan 15 m, jari-jari tikungan minimum 36 m dengan radius putar 8,5 m maka superelevasi maksimal yang diperoleh adalah 0,05 dengan beda tinggi 75 cm, kemiringan melintang dengan beda tinggi 20 cm serta rimpul pada gear 1 16,5% dan gear 2 10,08%. Jalan tambang masih membutuhkan penyesuaian pada pelebaran yaitu maksimum 15 m dan grade jalan maksimum sebesar 12,77 %. Maka perhitungan volume penggalian sebesar 1.106 m­­3 dan volume penimbunan 2.991 m­­3 sehingga perusahaan memerlukan 1.885 m­­3 untuk penimbunan jalan. Kata kunci : Perencanaan, Geometri, Jalan Angkut Tambang.
KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA AKTIVITAS PELEDAKAN (BLASTING) PT. BORNEO BINTANG PASIFIK JOB SITE CV. MENTARI MANDIRI KOTA SINGKAWANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT Anisya Permata Sari; Azwa Nirmala; Septami Setiawati
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.52856

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) perlu diperhatikan pada kegiatan aktivitas peledakan oleh suatu peusahaan. Karena pada kegiatan aktivitas peledakan dapat terjadi potensi kecelakaan kerja yang bisa berakibat pada kualitas kinerja perusahaan dan pekerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi potensi bahaya risiko, tingkat risiko dan merekomendasikan pengendalian risiko pada kecelakaan kerja pada kegiataan peledakan khususnya di PT. Borneo Bintang Pasifik job site CV. Mentari Mandiri. Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk analisis data yaitu metode job safety analysis (JSA) dengan tahapan mengidentifikasi potensi bahaya risiko, penilaian risiko dan pengendalian risiko. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu terdapat 49 potensi bahaya dan 61 risiko dari 10 aktivitas peledakan. Dari hasil analisis tingkat risiko terdapat 5 tingkat penilaian dengan hasil substansial tingkat risiko yang besar yaitu 56,1% dengan 35 risiko, priority 1 tingkat risiko sebesar 24% dengan 15 risiko, very high tingkat risiko sebesar 10% dengan 6 risiko, priority 3 tingkat risiko sebesar 8% dengan 5 risiko dan Acceptable tingkat risiko paling kecil yaitu 2% dengan 1 risiko. Rekomedasi pengendalian risiko didapatkan eliminasi sejumlah 8,1%, substitusi sejumlah 2,7%, engineering sejumlah 13,5%, administrasi sejumlah 40,5% dan Alat Pelindung Diri (APD) sejumlah 35,1%.Kata Kunci: JSA, K3, Peledakan
PERENCANAAN STRUKTUR BETON BERTULANG GEDUNG 7 LANTAI TAHAN GEMPA LOKASI JALAN LETJEND SUPRAPTO KOTA PONTIANAK Adella Pratiwi; Asep Supriyadi; Faisal Faisal
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.53620

Abstract

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan maka peraturan yang mengatur tentang konstruksi bangunan juga terus diperbarui dengan menyesuaikan perkembangan zaman. Hal tersebut dapat terlihat pada peraturan terbaru yang menunjukkan bahwa Kota Pontianak termasuk dalam zona gempa ringan berdasarkan SNI 1726-2019 sehingga setiap bangunan di Kota Pontianak memerlukan perhitungan parameter gaya gempa agar tidak menimbulkan dampak kerugian yang besar. Maka dari itu akan dilakukan perhitungan struktur beton bertulang gedung 7 lantai tahan gempa Jalan Letjend Suprapto Kota Pontianak dimana struktur direncanakan dengan Sistem Rangka Pemikul Momen dan dibatasi hanya untuk perencanaan struktur atas bangunan (pelat lantai, balok, kolom) serta struktur bawah bangunan (fondasi). Analisis struktur dilakukan dengan bantuan program analisis struktur dengan dimensi struktur yang digunakan adalah pelat lantai dengan tebal 110 mm, balok induk 550/800 mm, 600/900 mm, dan 350/600 mm, balok anak 400/700 mm, 350/600, dan 250/450 mm serta kolom K1 700×700 mm. Gedung ini termasuk dalam KDS D sehingga sistem struktur pemikul gaya seismik yang digunakan adalah Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Pada struktur tersebut terdapat ketidakberaturan vertikal tipe 2. Berdasarkan hasil analisis perhitungan dalam merencanakan tulangan setiap komponen struktur sudah memenuhi persyaratan yang terdapat pada Standar Nasional Indonesia (SNI).Kata kunci: sistem rangka pemikul momen khusus, struktur gedung tahan gempa, SNI 1726-2019
ANALISIS HUBUNGAN KUAT GESER DAN INDEKS KOMPRESI (Cc) TANAH LUNAK KOTA Sigit Satria; Ahmad Faisal; R M Rustamaji
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.54278

Abstract

Tanah lunak merupakan suatu jenis tanah kohesif yang memiliki sifat sangat kurang menguntungkan dalamkonstruksi yaitu kuat geser yang rendah dan kompresibilitasnya yang besar. Dalam penelitian ini bertujuan untukmengetahui korelasi kuat geser maksimum (τ) dengan indeks kompresi (Cc). Untuk pengujian menggunakan 21sampel yang di antaranya 7 sampel di fakultas teknik universitas tanjungpura, 7 di jalan perdana, dan 7 di jalankaret. Pengujian mekanis didapat nilai kuat geser 0,064 – 0.158, nilai indeks kompresi berada dinilai 0,781 – 1,296.Sedangkan untuk data sekunder nilai kuat geser berada dinilai 0,059 – 2,240, nilai indeks kompresi berada dinilai0,170 – 1,977. Setelah data diperoleh kemudian diolah sehingga mendapat persamaan berikut beserta gabungandari data tanah sekunder, data tanah primer : Cc = -2,621(τ) + 1,312 dengan koefisien korelasi sebesar 0,555, datatanah primer + sekunder : Cc = -0,442(τ) + 1,236 dengan koefisien korelasi sebesar 0,640, data tanah konsistensisangat lunak : Cc = -1,475(τ) + 1,609 dengan koefisien korelasi sebesar 0,564, data tanah konsistensi lunak Cc =-0,045(τ) + 1,078 dengan koefisien korelasi sebesar0,830, data tanah konsistensi sedang Cc = -0,185(τ) + 0,978dengan koefisien korelasi sebesar 0,599. Dari seluruh hasil perhitungan yang didapat, menunjukkan bahwa nilaikorelasi berada dinilai cukup kuat hingga sangat kuat.
IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK POTENSI WISATA PERDESAAN BALEK KAMPOENG DI DESA KALIMAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP Vicky Andika; Riska Aprillia Ayuningtyas; Gusti Zulkifli Mulki
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i1.52354

Abstract

Keberadaan objek wisata Balek Kampoeng tidak diragukan lagi tentu berdampak luas bagi desa dan masyarakat sekitarnya yang hidup dari hasil pertanian, perkebunan, perikanan, dan sebagainya. Yang paling jelas dampaknya adalah terciptanya lapangan kerja dan lapangan usaha. Berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan wisata ini seperti pendanaan, sarana dan prasarana, promosi yang kurang maksimal dan juga pandemi COVID-19. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu apa saja karakteristik potensi yang dimiliki Wisata Perdesaan Balek Kampoeng di Desa Kalimas dengan tujuan teridentifikasinya karakteristik potensi Wisata Perdesaan Balek Kampoeng di Desa Kalimas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pihak terkait dengan Wisata Perdesaan Balek Kampoeng seperti pengelola, masyarakat, pemerintah. Variabel yang diamati yaitu daya tarik wisata dan pelaku wisata. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa wisata Balek Kampoeng sudah memiliki daya tarik wisata yaitu atraksi wisata, aksesibilitas, fasilitas, dan pelayanan tambahan. Pelaku wisata terdapat dari masyarakat dan pemerintah yang sudah berpartisipasi dalam pengembangan wisata perdesaan balek kampoeng, untuk pihak swasta belum terdapat kerjasama.Kata Kunci: Desa Kalimas, pengembangan, strategi, wisata perdesaan

Page 1 of 4 | Total Record : 38


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2025): JeLAST Edisi Agustus 2025 Vol 12, No 2 (2025): JeLAST Edisi Juni 2025 Vol 12, No 1 (2025): JeLAST Edisi Februari 2025 Vol 11, No 4 (2024): JeLAST Edisi Desember 2024 Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024 Vol 11, No 2 (2024): JeLAST Edisi Juni 2024 Vol 11, No 1 (2024): JeLAST Edisi Februari 2024 Vol 10, No 4 (2023): JeLAST Edisi Desember 2023 Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023 Vol 10, No 2 (2023): JeLAST Edisi Juni 2023 Vol 10, No 1 (2023): JeLAST Edisi Februari 2023 Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022 Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022 Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022 Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022 Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021 Vol 8, No 2 (2021): JeLAST Juni 2021 Vol 8, No 1 (2021): JeLast Edisi Februari 2021 Vol 7, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2020 Vol 7, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2020 Vol 7, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2020 Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019 Vol 6, No 2 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2019 Vol 6, No 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2019 Vol 5, No 3 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2018 Vol 5, No 2 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2018 Vol 5, No 1 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2018 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017 Vol 3, No 3 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2016 Vol 2, No 2 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2016 Vol 1, No 1 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI FEBRUARI 2016 Vol 2, No 2 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI JUNI 2015 Vol 3 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN Vol 3, No 2 (2014): VOL 3 NO 2 DESEMBER 2014 Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Edisi Februari 2014 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil UNTAN Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan More Issue