Articles
20 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024"
:
20 Documents
clear
Sosialisasi Bijak Komunikasi Di Media Sosial Pada Anak Binaan PKBM Mitra Buruh Nusantara
Pramelani Pramelani;
Wulan Muhariani;
Taqwa Sejati
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.145
Kegiatan pengabdian masyarakat diselenggarakan oleh para dosen dan para mahasiswa di PKBM Mitra Buruh Nusantara. Kegiatan rutin setiap semester ini dilakukan dengan tema dan mitra yang berbeda. Berdasarkan kebutuhan dari peserta PKBM yakni berkaitan dengan pengetahuan media sosial untuk kalangan muda. Melihat situasi yang ada oleh panitia pengambilan tema yang menarik dan bermanfaat adalah dengan judul Bijak Komunikasi Di Media Sosial: Kaum Muda Anti Hoax Dan No Hate Speech. Metode pengabdian kepada masyarakat ini melewati tiga tahapan seperti persiapan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi dari kegiatan ini. Persiapan berdasarkan survey di lapangan mitra dan pelaksanaan sesuai dengan agenda yang sudah disiapkan. Evaluasi yang didapatkan adalah para peserta yaitu anak binaan PKBM Mitra Buruh Nusantara beserta kepala mitra mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermanfaat dan diharapkan dapat melakukan kegiatan pengabdian pada semester berikutnya. Manfaat yang diambil dari peserta berupa pengetahuan tentang bagaimana dapat melawan anti hoaks serta ujaran kebencian di media sosial
Meningkatkan Kesadaran Menabung Sejak Dini Kepada Siswa MI Al-Khairiyah Pulokencana
Fajar Hayyin;
Dewi Surani
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.147
Menabung adalah salah satu kebiasaan positif yang sebaiknya diajarkan sejak usia dini karena memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan bijak dalam mengelola keuangan. Kebiasaan menabung lebih dari sekadar menyimpan uang, tetapi juga merupakan cara untuk melatih siswa dalam perencanaan finansial dan mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang baik. Artikel ini mendeskripsikan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dengan tujuan mengedukasi siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Khairiyah di Desa Pulokencana, tentang pentingnya menabung. Edukasi ini dirancang dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, sehingga materi mudah diserap dan dipahami oleh siswa-siswa MI Al-Khairiyah. Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan kepada siswa-siswa tentang konsep dasar menabung, tetapi juga mendorong mereka untuk mulai membangun kebiasaan positif yaitu menabung dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa, yang terlihat dari kemampuan mereka dalam menjelaskan pentingnya menabung dan menyusun tujuan menabung yang sederhana. Sehingga membantu siswa-siswa mengembangkan kebiasaan yang bermanfaat bagi masa depan mereka. Menabung adalah salah satu kebiasaan positif yang sebaiknya diajarkan sejak usia dini karena memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan bijak dalam mengelola keuangan. Kebiasaan menabung lebih dari sekadar menyimpan uang, tetapi juga merupakan cara untuk melatih siswa dalam perencanaan finansial dan mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang baik. Artikel ini mendeskripsikan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dengan tujuan mengedukasi siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Khairiyah di Desa Pulokencana, tentang pentingnya menabung. Edukasi ini dirancang dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, sehingga materi mudah diserap dan dipahami oleh siswa-siswa MI Al-Khairiyah. Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan kepada siswa-siswa tentang konsep dasar menabung, tetapi juga mendorong mereka untuk mulai membangun kebiasaan positif yaitu menabung dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa, yang terlihat dari kemampuan mereka dalam menjelaskan pentingnya menabung dan menyusun tujuan menabung yang sederhana. Sehingga membantu siswa-siswa mengembangkan kebiasaan yang bermanfaat bagi masa depan mereka.
Uji Kelayakan Rancangan Media Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi CapCut Pada Mata Pelajaran Tik
Surani, Dewi;
Inggit Eka Wahyuni;
Fajar Hayyin
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.148
Penelitian ini fokus pada tujuan untuk merancang video pembelajaran menggunakan aplikasi CapCut dan mengetahui apakah media video pembelajaran layak atau valid. Diharapkan video pembelajaran yang menggunakan aplikasi CapCut ini akan meningkatkan daya serap dan minat siswa terhadap mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Menggunakan metode Research and Development (R&D) dimana secara spesifik menggunakan model 4-D, yang terdiri dari pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Siswa kelas VIII SMPIT Bina Bangsa adalah subjek dari penelitian ini. Data dikumpulkan melalui uji validasi atau kelayakan yang terdiri dari kuesioner yang diberikan kepada pakar media dan pakar materi. Hasil akhir dari uji kelayakan berdasakaran penilaian dua pakar media mencapai 97,00%, yang dianggap sangat layak, dan penilaian satu pakar materi mencapai 90,00%, yang dianggap sangat layak. Dengan demikian, video yang telah dibuat dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Strategi Dinamis Menggunakan MongoDB untuk Analisis Sentimen Terhadap Komentar YouTube Pilkada Gubernur Indonesia 2024
Asro Asro;
Alwin Hartono Limaran;
Agung Wicaksono;
Patah Herwanto
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.149
Penelitian ini mengkaji penggunaan MongoDB dalam melakukan analisis sentimen terhadap komentar YouTube terkait Pilkada Gubernur Indonesia 2024. Studi ini mengumpulkan 40,396 komentar melalui YouTube Data API, yang kemudian diproses menjadi 27,102 komentar relevan setelah melalui tahapan preprocessing yang menyeluruh, meliputi case folding, tokenisasi, normalisasi, dan stemming. Tiga algoritma analisis sentimen digunakan dalam penelitian ini: Naive Bayes, Logistic Regression, dan Support Vector Machine (SVM). Di antara ketiganya, Logistic Regression menunjukkan kinerja terbaik dengan tingkat akurasi mencapai 91.39%. Analisis ini memberikan wawasan berharga tentang sentimen publik, secara efektif menangkap sikap dan opini terhadap calon gubernur. Untuk meningkatkan interpretasi hasil, penelitian ini menggunakan teknik visualisasi data seperti Word Cloud dan grafik frekuensi. Representasi visual ini memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang frekuensi dan konteks penggunaan kata-kata kunci, sehingga membantu dalam pengembangan strategi komunikasi politik yang efektif dan responsif. Penelitian ini berkontribusi dalam bidangnya dengan mendemonstrasikan potensi MongoDB dalam memproses dan menganalisis data media sosial skala besar untuk analisis sentimen politik. Temuan-temuan ini memiliki implikasi signifikan untuk memahami tren pemilih dan membentuk kampanye politik dalam konteks Pilkada Gubernur Indonesia 2024.
Prototype Model Pengembangan Aplikasi E-learning Berbasis Ruang Kelas Realitas Maya Dengan Teknologi Metaverse
Chandra Dwipa;
Sawali Wahyu
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.150
Perkembangan zaman yang semakin maju dan situasi yang terus berubah mendorong manusia untuk berinovasi dan memperbaharui kecanggihan teknologi. Dalam dunia pendidikan, inovasi ini melahirkan suatu teknologi pembelajaran jarak jauh yang disebut e-learning. Dengan teknologi ini, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih fleksibel. Berdasarkan hasil survey menggunakan System Usability Scale (SUS) terhadap e-learning yang berjalan saat ini di Universitas Esa Unggul menunjukkan bahwa sistem e-learning ini mendapatkan score 63.8 dengan kategori Adjevtive Ratings D dan berada dalam kategori Low Marginal. Berdasarkan hasil wawancara narasumber, disampaikan bahwa sistem e-learning saat ini perlu adanya pengembangan pada forum yang lebih interaktif dan tampilan yang terus menerus ditingkatkan dari sisi pengalaman pengguna. Model pengembangan e-learning yang diusulkan menggunakan e-learning berbasis metaverse, dengan mengembangan metaverse dalam kegiatan belajar mengajar akan meningkatkan pembelajaran menjadi lebih interaktif. Tujuan penelitian ini menghasilkan model prototipe e-learning berbasis metaverse 3D dengan menggunakan pendekatan prototyping. Hasil pengujian System Usability Scale terhadap prototipe metaverse e-learning mendapatkan score SUS yaitu 76.4 yang berarti dalam kategori Adjevtive Ratings B dan berada dalam kategori Good. Dengan demikian pengembangan aplikasi e-learning berbasis metaverse ini dapat bermanfaat untuk pengguna yaitu mahasiswa dalam memanfaatkan dari sisi fitur dan kegunaannya untuk meningkatkan interaktif pada proses pembelajaran.
ENTERPRISE VALUE DARI SUDUT PANDANG TOBINS’Q
Martini, Martini;
Rismawandi Rismawandi
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.154
Sektor industri yang berperan penting sebagai upaya peningkatan ekonomi serta pembangunan berkelanjutan di dunia salah satunya adalah sektor pertambangan. Walaupun memiliki peranan cukup penting, indistri ini dihadapkan dengan sebuah tantangan dalam mengelola berbagai dampak negatif yang dapat mencemari lingkungan dan sosial. Konflik yang kemungkinan dapat muncul konflik terhadap masyarakat sekitar yang disebabkan adanya perbedaan cara pandang atau persepsi tentang sumber daya alam di sekitar masyarakat. Pandangan para penanam modal terkait tingkat keberhasilan perusahaan dilihat dari bagaimana enterprise value (EV). Penelitian ini bertujuan menganalisis efek atau dampak dari harga saham, profitabilitas dan kebijakan hutang atas enterprise value yang diukur dari sudut pandang Tobins’Q pada usaha industri pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2023. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa enterprise value yang diukur dengan tobins’Q dipengaruhi secara signifikan oleh harga saham dan kebijakan hutang dengan arah yang positif dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap enterprise value yang diukur dengan tobins’Q.
Pembentukan Kader Seroja (Kesehatan Reproduksi Remaja) Untuk Mencegah Pernikahan Dini Di SMPN 2 Singosari
Diadjeng Setya Wardani;
Sri Andarini;
Ratna Diana Fransisca;
Nur Aini Retno Hastuti
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.157
Pernikahan dini merupakan salah satu masalah sosial yang berdampak luas pada kehidupan remaja, termasuk pada aspek kesehatan reproduksi, pendidikan, dan kesejahteraan ekonomi. Upaya pencegahan pernikahan dini memerlukan strategi yang komprehensif, salah satunya melalui pemberdayaan remaja sebagai agen perubahan di lingkungan mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kader SEROJA (Kesehatan Reproduksi Remaja) di SMPN 2 Singosari, Kabupaten Malang, sebagai langkah preventif untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemampuan remaja dalam mencegah pernikahan dini. Metode yang digunakan adalah peer group discussion dan pelatihan intensif kepada para kader remaja yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Kader SEROJA dilatih untuk menjadi fasilitator diskusi, penyuluh, dan penggerak di kalangan teman sebaya. Program ini melibatkan guru, orang tua, dan tenaga kesehatan untuk memastikan dukungan yang menyeluruh. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pembentukan kader SEROJA secara signifikan meningkatkan pemahaman remaja tentang kesehatan reproduksi dan risiko pernikahan dini. Para kader juga mampu menyebarluaskan informasi kepada teman sebaya mereka, menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pencegahan pernikahan dini. Hasil post-test setelah diberikan perlakuan, sebagian besar siswa memiliki sikap baik (85%), dan sebagian besar siswa menyadari pentingnya melanjutkan studi (90%). Kesimpulan: Pembentukan kader SEROJA di tingkat sekolah efektif untuk meningkarkan pengetahuan dan sikap siswa/remaja dalam menyikapi pernikahan dini di SMPN 2 Singosari.
S Sosialisasi Stop Cyberbullying di Lingkungan Sekolah pada SMK Kebangsaan
Purwanto Purwanto;
Ahmad Pudoli;
Mardi Hardjianto;
Devit Setiono;
Sri Wahyuningsih
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.158
Tingginya kasus cyberbullying kalangan pelajar.kesadaran akan bahaya cyberbullying. Pelajar tidak menyadari dampak negatif dari tindakan mereka di dunia maya.minimnya tentang literasi digital. Menyebarkan informasi palsu atau komentar bernada kebencian. Dalam kurikulum sekolah atau tidak diterapkan secara konsisten.pengaruh lingkungan sosial dan teknologi lingkungan yang permisif untuk melakukan atau membenarkan tindakan cyberbullying. Peran guru dan orang tua guru dan orang tua mengenai edukasi tentang bahaya cyberbullying. Edukasi ini dengan metode ceramah atau penyuluhan. Di lakukan pula diskusi kelompok.melatih pelajar untuk saling berbagi pandangan, dan mencari solusi bersama. Diberikan pelatihan literasi digital tentang bagaimana menggunakan media sosial secara etis, melindungi privasi,dan melaporkan tindakan cyberbullying.Memanfaatkan video, infografis, atau modul pembelajaran interaktif untuk menjelaskan bahaya cyberbullying dan cara pencegahannya. Metode partisipatif membuat peraturan kelas atau kelompok anti-bullying.peningkatan pengetahuan pelajar. Perubahan sikap. Pengurangan kasus cyberbullying.dukungan guru dan orang tua : edukasi tidak hanya diterapkan kepada siswa, tetapi juga melibatkan guru dan orang tua. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang mendapat dukungan pengawasan lebih baik dari orang tua dan guru memiliki risiko lebih rendah untuk terlibat dalam cyberbullying. Edukasi memiliki peran yang sangat penting dalam mengurangi cyberbullying di kalangan pelajar. Pelajar dapat memahami dampak negatif cyberbullying, mengenali bentuk-bentuknya, serta membangun sikap empati dan tanggung jawab dalam berinteraksi di dunia maya.program edukasi yang efektif, seperti seminar, diskusi interaktif, kampanye anti-cyberbullying, dan pelatihan literasi digital, terjadi peningkatan kesadaran, perubahan sikap, dan pengurangan perilaku negatif di media sosial.
Meta-Analisis Mengunakan Metode PRISMA: Penerapan Teknologi Pendidikan Pada Usaha Digital Printing
Muahammad Ardi Fajar
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.163
Teknologi Pendidikan sebagai ilmu terapan yang dapat membantu khalayak ramai jika praktekan dalam kehidupan sehari-hari salah satu contohnya di bidang usaha Digital Printing. Abstrak adalah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat. Namun demikian masyarakat kurang terampil dalam menerapkan teknologi pendidikan dalam dunia usaha dan selama ini teknologi pendidikan selalu terikat pada proses pemecahan permasalahan disekolah, oleh karena itu perlunya membantu menyebarkan informasi seputar teknologi pendidikan terkhusus usaha Digital Printing yang nantinya juga akan membantu kesjahteraan masyarakat, penelitian ini akan menggunakan analisis bibliometri menggunakan metode PRISMA. Dari proses analisis menggunakan VOSviewer terdapat 53 artikel yang terindeks Google Schoolar dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir yaitu dari tahun 2014-2024, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tren penelitian penerapan Teknologi pendidikan dalam usaha Digital Printing mengalami peningkatan secara signifikan dan didukung oleh COVID-19 yang melibatkan setiap usaha dilakukan secara digital. Oleh karena itu, penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan Teknologi Pendidikan dalam bidang usaha Digital Printing bagi masyarakat untuk meningkatkan keseahteraan bersama
Digitalisasi Informasi Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Larangan Berbasis Web
Painem Painem;
Hari Soetanto;
Anidnya Putri Pradiptha;
Joko Christian Chandra;
Rusdah Rusdah
KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024
Publisher : DRPM Universitas Budi Luhur
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36080/kresna.v4i2.164
Sekolah Menengah Kejuruan menghadapi tantangan dalam menyampaikan informasi secara efektif kepada siswa, guru, dan pihak terkait. Metode konvensional seperti pengumuman kertas sering kali kurang responsif terhadap kebutuhan komunitas sekolah yang dinamis, sehingga menimbulkan keterlambatan dan ketidakjelasan informasi. Untuk mengatasi masalah ini, digitalisasi informasi berbasis web diusulkan sebagai solusi untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi penyebaran informasi. Platform web yang dikembangkan akan menyediakan fitur-fitur seperti kalender akademik, informasi program kejuruan, serta pengumuman penting, dan didukung dengan pelatihan staf untuk pengelolaannya. Diharapkan solusi ini dapat memperkuat komunikasi, meningkatkan partisipasi kegiatan, dan menjadi model bagi institusi pendidikan lain dalam era digital ini.