cover
Contact Name
Rudi Sugiono Suyono
Contact Email
Rudi Sugiono Suyono
Phone
-
Journal Mail Official
untanjtst@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 14123576     EISSN : 26218429     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi peneliti yang hendak mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk studi literatur, peneltian, dan pengembangan teknologi sebagai bentuk penerapan metode, algoritma, maupun kerangka kerja. Melalui penulisan Jurnal Teknik Sipil yang terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahun. Redaksi Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura mengundang para profesional dari dunia usaha, pendidikan dan peneliti untuk berpartisipasi mengembangkan profesi serta menyebarluaskan perkembangan ilmu dalam bidang Teknik Sipil termasuk geoteknik, transportasi, struktur, sumberdaya air dan lingkungan dengan penekanan khusus pada pengurangan resiko bencana termasuk pendekatan sosio-teknik untuk penanggulangan.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021" : 15 Documents clear
BETON BERPORI PRECAST Indrayadi, M; Sutandar, Erwin; Supriyadi, Asep
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.51318

Abstract

Dengan semakin berkembangnya pembangunan-pembangunan di Indonesia membuat berkurangnya lahan-lahan hijau. Ditambah dengan kurangnya kesadaran masyarakat akan lingkungan merupakan suatu masalah yang harus diperhatikan. Beton berpori yang menjadi salah satu solusi dalam konstruksi perkerasan, turap beton, dinding penahan tanah merupakan produk yang dapat dikatakan berhasil dalam memenuhi harapan sebagai konstruksi yang ramah lingkungan. Untuk perkerasan jalan maka beton berpori harus mempunyai kekuatan ≥ 30 MPa. Oleh karena itu perlu adanya penelitian untuk mix design dari beton berpori dengan menggunakan metode ACI 522R-10 Report on Pervious Concrete dengan kuat tekan rencana awal 25 MPa. Adapun caranya adalah dengan variasi aggregate kasar dan ditambah selicafume sebesar 15% darri berat beton. Variasi ini dibagi menjadi 6 untuk menemukan campuran yang bisa melebihi kuat tekan 30 MPa dan permabilitasnya masih memenuhi syarat untuk beton berpori. Pengujian benda uji meliputi uji berat volume,   kuat tekan, kuat tarik belah, modulus elastisitias beton, porositas, absorbsi, dan permeabilitas. Dari penelitian,   didapat hasil   berat volume beton berpori 1.974,14 kg/m3 sampai dengan 2.187,83 kg.m3 dimana beton berpori termasuk beton ringan. Nilai kuat tekan rata-rata beton berpori adalah 20,089 "“ 46,978 Mpa. Nilai kuat tarik belah beton berpori 8,968-19,127 Mpa. Nilai rata-rata Nilai rata-rata porositas antara 8,307 "“ 13,097 %.   Nilai rata-rata absorpsi antara 3,452 "“ 5,444%. Nilai rata-rata permeabilitas antara 0,003-0,49 cm3/det. Dari penelitian ini dapat disimpulkan kuat tekan untuk prekerasan jalan sebesar 30 MPa. Dimana kuat tekan yang dihasilkan diatas 30 MPa adalah Variasi A1 (menggunakan batu 0,5/0,5 cm dan 1/1 cm) dan Variasi B0 (Menggunakan batu 0,5/0,5 cm).
ANALISIS PERBANDINGAN PERILAKU STRUKTUR GEDUNG DENGAN KOLOM KOMPOSIT DAN KOLOM NON KOMPOSIT Nursani, Rosi; Al Huseinny, Mohammad Syarif
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.50218

Abstract

Kolom merupakan salah satu komponen struktur utama dalam sebuah bangunan gedung yang berfungsi sebagai pemikul beban dari bagian atas dan meneruskannya sampai ke pondasi. Kekuatan sebuah gedung sangat didipengaruhi oleh kekuatan kolom. Kolom harus memiliki kapasitas yang baik diantaranya tahan terhadap bahaya tekuk akibat pembebanan. Desain kolom menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan agar memiliki kapasitas yang sesuai dengan pembebanan. Dalam perkembangan saat ini, kolom tidak hanya menggunakan material beton atau baja saja akan tetapi banyak digunakan material komposit baja-beton. Material komposit baja-beton digunakan dengan tujuan untuk mendapat kombinasi keuntungan dari kedua material yaitu baja dan beton sehingga dapat meningkatkan kapasitas kolom. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku gedung dengan menggunakan kolom komposit dan non komposit. Penelitian dilakukan dengan memodelkan gedung yang sama dengan variasi kolom yang berbeda yaitu kolom dengan menggunakan material beton, baja dan komposit beton-baja. Gedung yang dimodelkan merupakan gedung 6 lantai dengan dimensi, peruntukan gedung dan pembebanan yang sama yaitu gedung rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolom komposit pada penelitian ini memiliki kapasitas terhadap momen dan geser yang lebih besar dari pada kolom nonn komposit
ANALISIS KONDISI PERKERASAN JALAN METODE IRI DAN RCI MENGGUNAKAN APLIKASI ROADROID JALAN KUBANGRAYA, PEKANBARU Adiman, Edi Yusuf
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.50320

Abstract

Pertumbuhan ekonomi disuatu daerah sangat bergantung pada aksesibilitas dan mobilitas   infrastruktur jalan raya. Ruas Jalan Kubang Raya, Kota Pekanbaru merupakan jalan nasional yang menjadi konektivitas antara daerah Panam dengan daerah lainnya. Beban kendaraan yang overload dan volume lalu lintas yang padat akan mempengaruhi kondisi perkerasan jalan, sehingga pemeliharaan berkala harus direalisasikan agar kondisi jalan tetap terawat dan nyaman untuk dilalui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi perkerasan ruas jalan Kubangraya, Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan aplikasi Roadroid dan menggunakan metode (IRI) untuk mendapatkan nilai kerataan permukaan jalan. Ad interim itu dalam menilai keadaan jalan menggunakan metode (RCI).   Dari Perhitungan menggunakan aplikasi Roadroid pada jalan Kubangraya, Pekanbaru didapatkan hasil analisa metode IRI : STA 0 + 00 "“ STA 0 + 12000 = IRI rata-rata sebesar 14.24, kondisi jalan adalah buruk. STA 0 + 12000 "“ STA 0 + 00 = IRI rata-rata sebesar 14.48, kondisi jalan adalah buruk. Hasil analisa metode RCI: STA 0 + 00 "“ STA 0 + 12000 = RCI rata-rata sebesar 2.81, kondisi jalan adalah rusak berat, STA 0 + 12000 "“ STA 0 + 00 = RCI rata-rata sebesar 2,77, kondisi jalan adalah rusak berat.
STUDI KOEFISIEN KUAT TEKAN BETON GEOPOLIMER PADA BERBAGAI UMUR Aryanto, Aryanto; Faisal, -; Sutandar, Erwin; Herwani, -
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.50662

Abstract

Paper ini menyajikan hasil penelitian secara eksperimental mengenai pemanfaatan limbah pembakaran batubara pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Suralaya berupa fly ash. Material ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan beton Geopolimer. Pengaruh molaritas larutan alkali activator terhadap kuat tekan beton yang dihasilkan dipelajari dalam riset ini. Penggunaan larutan sodium silikat dan sodium hidroksida dipilih sebagai larutan aktivatornya. Molaritas larutan sodium hidroksida yang digunakan adalah   10 M, 12 M dan 14 M. Benda uji dibuat berupa silinder beton berdiameter 10 cm dengan tinggi 20 cm sebanyak 3 buah setiap variabel sehingga total benda uji adalah 27 buah. Perawatan benda uji dilakukan pada suhu ruang dengan ditutup plastik untuk menghindari penguapan pada benda uji. Pembahasan di fokuskan pada koefisien kuat tekan beton geopolimer umur 7 dan 14 hari terhadap umur 28 hari.   Dari hasil analisa diketahui koefisien kuat tekan beton geopolimer diperoleh berturut-turut 65.5 %, 84.8%, dan 100% untuk Beton NaOH 10 M. Kemudian beton dengan konsentrasi larutan sodium hidroksida (NaOH) 12 M berturut-turut 49.8 %, 80.4%, dan 100%. Selanjutnya capaian kuat tekan beton dengan konsentrasi NaOH 14 M pada umur 7, 14, dan 28 hari terhadap kuat tekan umur 28 hari berturut-turut adalah 59.6 %, 88.5%, dan 100%.
ANALISIS EFEKTIVITAS PANJANG SEGMENTASI BATANG VERTIKAL PADA RANGKA KANOPI BAJA KANTILEVER Manurung, Sondang Sylvia; Violeta, Iona; Maulina, Syarifah Melly
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.50663

Abstract

Pemasangan kanopi untuk bangunan-bangunan sederhana lazimnya memanfaatkan material konstruksi yang praktis seperti baja ataupun baja ringan. Bahkan pemasangannya pun seringkali dipercayakan kepada tenaga kerja yang hanya mengandalkan pengalaman kerja namun tidak memiliki pengetahuan mumpuni mengenai konstruksi yang dikerjakannya tersebut. Hasilnya adalah rangka pemikul kanopi yang understrength ataupun overstrength. Akibatnya, timbul banyak permasalahan di kemudian hari. Oleh karena itu, gagasan studi analisis mengenai panjang segmentasi batang vertikal pada rangka baja kanopi ini dilakukan dengan harapan supaya aplikasi pemasangan rangka kanopi baja kantilever dilakukan secara efektif, efisien, dan ekonomis namun tetap mengutamakan aspek keamanan secara struktural. Model struktur yang ditinjau dalam penelitian ini berupa rangka batang kantilever (jepit-bebas) dengan panjang bentang total 3 m. Rangka batang kantilever disimulasikan dengan 5 model yang berbeda jumlah segmentasinya. Analisis pemodelan sederhana rangka batang 2 dimensi menggunakan software ETABS dibantu dengan perhitungan manual. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa penambahan segmentasi batang vertikal pada rangka baja kanopi kantilever dapat menghasilkan nilai lendutan yang semakin kecil yang berarti juga kekakuan struktur rangka menjadi lebih besar namun peningkatan jumlah kebutuhan material relatif konsisten. Dengan kata lain, pada titik tertentu, peningkatan nilai kekakuan struktur rangka batang kantilever ini tidak diimbangi dengan efektivitas kebutuhan material.
ANALISA EFEKTIVITAS ASURANSI CONTRACTOR ALL RISK DENGAN PENDEKATAN CONTRACTOR STATISFACTION CONCEPT Astuti, Pertiwi Kusuma; Ernawati, Rieska; Fitriana, Mira
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.50362

Abstract

Setiap proyek konstruksi sering dihadapkan pada berbagai macam potensi risiko yang bisa berdampak pada kesuksesan proyek. Semakin tinggi tingkat kompleksitas suatu proyek, semakin besar pula tingkat risiko yang terjadi (Priscillia, 2014). Karakteristik unik dari proyek menyebabkan  tingginya  probabilitas risiko dan klaim, yang mungkin terjadi selama  proses pembangunan. Oleh karena itu proyek konstruksi memerlukan penanganan khusus.  Untuk melindungi keberlangsungan proyek secara memadai maka perlu dikembangkan prosedur atau program asuransi yang terencana dengan baik, yang mencakup semua hal-hal yang dinilai vital. Guna meminimalisasi konsekuensi buruk yang mungkin muncul, maka pihak-pihak yang terkait dengan proyek konstruksi harus memandang manajemen risiko sebagai bagian integral dari manajemen proyek secara keseluruhan (Wena, 2015). Berdasarkan pasal penggantian kerugian ditegaskan bahwa kontraktor harus bertanggungjawab dan mengganti kerugaian kepada pihak lainnya terhadap kehilangan, pengeluaran-pengeluaran, dan klaim untuk kehilangan atau kerusakan  atas hak milik tidak bergerak, orang yang luka, dan kematian yang disebabkan oleh tindakan-tindakan atau kelalaiannya sendiri. Hal-hal yang dijamin dalam asuransi tertuang dalam polis atau sertifikat asuransi.  Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Contractor Statisfaction Concept  untuk mengukur tingkat kepuasan kontraktraktor (sebagai konsumen) dalam penggunaan asuransi konstruksi Contractor All Risk.  Dilakukan identifikasi jenis risiko yang dapat di pertanggungkan pada asuransi konstruksi Contractor All Risk sehingga dapat diketahui sejauh mana efektivitas asuransi konstruksi pada proyek konstruksi.
KAJIAN STRUKTUR PERKERASAN DAN SALURAN DRAINASE RUAS JALAN PUSPAHIYANG KABUPATEN TASIKMALAYA Prima, Gary Raya; Sari, Novia Komala
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.50219

Abstract

Jalan Puspahiang merupakan jalan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk menghubungkan Desa Puspahiang, Desa Puspasari, Desa Sukasari dan Desa Mandalasari. Jalan Puspahiang memiliki trase jalan asli ± 10 km (2 arah, 2 lajur tanpa median) dan lebar jalan 3,5 m. Saat ini kondisi ruas jalan tersebut sudah sangat rusak, baik perkerasan maupun saluran drainase. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu fungsi dari jalan tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji dan menganalisis kekuatan serta fungsi dari struktur perkerasan dan saluran drainase pada ruas jalan tersebut.Metode yang digunakan Untuk mengkaji kekuatan perkerasan, dilakukan dengan cara membandingkan nilai Indeks Tebal Perkerasan (ITP) Eksisting terhadap nilai Indeks Tebal Perkerasan (ITP) berdasarkan beban lalu lintas yang ada saat ini. Sedangkan untuk menganalisis saluran drainase dilakukan dengan cara membandingkan kapasitas debit saluran (Qs) yang ada dengan debit rencana (Qr).Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa   nilai ITP eksisting = 7,1 dan ITP saat ini = 7,9 (ITP Eksisting ITP saat ini), artinya bahwa kondisi struktur perkerasan sudah tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu diperlukan perbaikan struktur perkerasan berupa over lay. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan yang diperlukan yaitu lapis pondasi bawah 10 cm, lapis pondasi atas 20 cm, dan lapis permukaan 9,5 cm. Sedangkan untuk saluran drainase diperoleh debit rencana (Qr) sebesar   0,546 m3/det, maka perlu direncanakan saluran drainase yang bisa menampung debit tersebut. Dari hasil perhitungan diperoleh saluran drainase berbentuk segi empat dari beton berdimensi 0,40 m x 0,768 m dengan debit saluran (Qs) sebesar 0,586 m3/det.  Kata kunci: Jalan, struktur perkerasan, saluran drainase.
INTENSITAS CURAH HUJAN DAN FLUKTUASI MUKA AIR TANAH DI KAWASAN LAHAN GAMBUT DI JALAN REFORMASI KOTA PONTIANAK Kurniasari, Ercita; Nurhayati, Nurhayati; Akbar, Aji Ali
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.59211

Abstract

Kota Pontianak adalah sebuah kota yang terkenal dengan julukan Kota Khatulistiwa karena berada di atas garis khatulistiwa, selaras dengan hal tersebut Kota Pontianak memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan kemarau. Kedua musim tersebut dipengaruhi oleh curah hujan. Pemasangan alat pengukur curah hujan manual yang terdiri dari sebuah wadah tabung dengan corong diatasnya, diletakkan setinggi 1,50 meter dari permukaan tanah agar tidak terganggu dan tidak dipengaruhi oleh air yang masuk selain air hujan memperlihatkan pengukuran yang dilaksanakan selama 7 hari musim kemarau dan 3 hari musim hujan curah hujan tertinggi yang terjadi pada hari kelima di musim hujan dan curah hujan terendah pada hari keempat di musim hujan. Kuantitas curah hujan sangat mempengaruhi tinggi muka air tanah di lokasi penelitian. Terlihat bahwa dinamika fluktuasi muka air tanah bergantung pada curahan curah hujan pada lokasi penelitian. Pola curah hujan di lahan gambut Jl. Reformasi Kota Pontianak adalah monsunal yaitu pola hujan dengan perbedaan yang sangat jelas antara musim hujan dengan musim kemarau. Kondisi tersebut menyebabkan elevasi muka air tanah mengalami fluktuasi. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan membangun pintu air untuk mempertahankan elevasi muka air tanah lokasi penelitian ini tepat pada ketinggian tertentu.
ANALISIS PENGENDALIAN BANJIR DI KAWASAN PERTANIAN DESA TIANG TANJUNG KABUPATEN LANDAK Jamelius, Jamelius; Nurhayati, Nurhayati; Akbar, Aji Ali
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.59212

Abstract

Wilayah Desa Tiang Tanjung yang ada di Kabupaten Landak merupakan salah satu desa yang memiliki permasalahan banjir di lahan pertanian yang tidak kunjung selesai. Faktor curah hujan yang tinggi dan kemungkinan adanya aktifitas pertambangangan ilegal menjadi pemicunya. Dampak dari kegiatan pertambangan ilegal dapat mengganggu struktur tanah dan kemampuan tanah untuk menyimpan air termasuk bahaya longsor yang dapat menyebabkan banjir bandang didaerah tersebut. Permasalahan banjir sangat merugikan masyrakat karena merusak tanaman pertanian dan menyebabkan aktivitas pengguna jalan nasional terganggu. Karakteristik hidrologi di hulu Sungai Mempawah Desa Tiang Tanjung diperlukan agar dapat menentukan keputusan yang tepat dalam menangani permasalahan banjir. Ruang lingkup dalam kajian analisis hidrologi ini adalah melakukan uji konsistensi menggunakan metode Rescaled Adjusted Partial Sum (RAPS), melakukan pengujian model distribusi hujan dengan pengujian statistik dan pengujian chi kuadrat, menghitung nilai waktu konsentrasi saluran dengan metode Kirprich, menghitung nilai intensitas hujan dengan metode Mononobe, menghitung debit banjir rencana dengan metode rasional. Didapat Debit total di Sungai Mempawah untuk periode ulang 2 tahun adalah 1,7536 m3/s, periode ulang 5 tahun adalah 2,8284 m3/s, periode ulang 10 tahun adalah 3,7335 m3/s dan intensitas hujan periode ulang 2 tahun sebesar 3,8596 mm/jam, periode ulang 5 tahun sebesar 6,2251 mm/jam, periode ulang 10 tahun sebesar 8,2171 mm/jam. Akibatnya ruas penampang pada sta 0+200, 0+400, 0+600, 0+700, 2+300, 2+500 diperlukan perbaikan penampang sungai. Untuk sta.   0+200, 0+400, 0+600, 2+300, 2+500 dilakukan peninggian pada dinding sungai, sedangkan untuk sta. 0+700 dilakukan peninggian dinding dan lebar dasar sungai dengan mempertahankan kemiringan saluran yang ideal.
ANALISIS ANGKUTAN SEDIMEN PADA SALURAN DRAINASE PERKOTAAN (STUDI KASUS PARIT BANGKA) Talaga, Riasinir Prisca Pitaria; Nurhayati, Nurhayati
Jurnal Teknik Sipil Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jtst.v21i2.59210

Abstract

Saluran drainase Parit Bangka berada di antara parit di Jalan Tanjung Harapan sampai dengan Jalan Perdana dan parit di Jalan Parit Haji Husin 1 sampai dengan Jalan Parit Haji Husin 2 Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kecamatan Pontianak Selatan berpotensi mengalami pendangkalan akibat terjadinya pengendapan atau penumpukkan sedimen dari limbah rumah, air hujan maupun air buangan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui karakteristik dan besarnya jumlah angkutan sedimen. Metode yang digunakan yaitu data primer (lebar penampang saluran, kedalaman saluran, kecepatan aliran, sampel sedimen melayang, sampel sedimen dasar dan pengamatan tinggi air yang dipengaruhi oleh pasang surut. Metode yang digunakan dalam perhitungan angkutan sedimen melayang yaitu metode sesaat dan metode Meyer Petter Muller. Besaran angkutan sedimen layang pada pasang perbani di stasiun I berkisar antara 0,009 "“ 0,0030 kg/detik, pasang Purnama berkisar antara 0,004 "“ 0,020 kg/detik. Pada stasiun II pasang perbani berkisar antara 0,001 "“ 0,012 kg/detik, pasang purnama berkisar antara 0,001 "“ 0,008 kg/detik. Stasiun III sedimen layang pasang perbani berkisar antara 0,00230 "“ 0,00787 kg/ detik, pasang purnama berkisar antara 0,0010 "“ 0,0068 kg/detik. Pada stasiun IV pada saat pasang perbani angkutan sedimen layang sebesar 0,0017 kg/detik, pasang purnama sebesar 0,00052 kg/detik. Pada stasiun V pada saat pasang perbani angkutan sedimen layang sebesar 0,00010 kg/detik dan pasang purnama sebesar 0,00086 kg/detik. Besaran angkutan sedimen dasar saat pasang perbani dan purnama untuk stasiun I, II, III, IV dan V dihitung menggunakan metode Meyer Peter Muller berkisar sebesar antara 0,018 "“ 33,671 kg/detik.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 25, No 3 (2025): Vol 25, No 3 (2025): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI AGUSTUS 2025 Vol 25, No 2 (2025): Vol 25, No 2 (2025): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI MEI 2025 Vol 25, No 1 (2025): Vol 25, No 1 (2025): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2025 Vol 25, No 4 (2025): Jurnal Teknik Sipil: Vol 25, No. 4, November 2025 Vol 24, No 4 (2024): Vol 24, No 4 (2024): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI NOVEMBER 2024 Vol 24, No 3 (2024): Vol 24, No 3 (2024): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI AGUSTUS 2024 Vol 24, No 2 (2024): Vol 24, No 2 (2024): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI MEI 2024 Vol 24, No 1 (2024): Vol 24, No 1 (2024): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2024 Vol 23, No 4 (2023): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI NOVEMBER 2023 Vol 23, No 3 (2023): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI AGUSTUS 2023 Vol 23, No 2 (2023): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI MEI 2023 Vol 23, No 1 (2023): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2023 Vol 22, No 2 (2022): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2022 Vol 22, No 1 (2022): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2022 Vol 22, No 1 (2022) Vol 21, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2021 Vol 21, No 1 (2021): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2021 Vol 20, No 2 (2020): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2020 Vol 20, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2020 Vol 19, No 2 (2019): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019 Vol 19, No 1 (2019): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2019 Vol 18, No 2 (2018): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2018 Vol 18, No 1 (2018): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2017): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2017 Vol 17, No 1 (2017): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017 Vol 16, No 2 (2016): JURNAL TEKNIK SIPIL VOL 16 NO 2 EDISI DESEMBER 2016 Vol 16, No 1 (2016): JURNAL TEKNIK SIPIL VOL 16 NO 1 EDISI JUNI 2016 Vol 15, No 2 (2015): JURNAL TEKNIK SIPIL VOL 15 NO 2 EDISI DESEMBER 2015 No 1 (2015): JURNAL TEKNIK SIPIL VOL 15 EDISI JUNI 2015 Vol 14, No 2 (2014): Jurnal Teknik Sipil Edisi Desember 2014 Vol 14, No 1 (2014): Jurnal Teknik Sipil Edisi Juni 2014 Vol 13, No 2 (2013): Edisi Desember 2013 Vol 13, No 1 (2013): Edisi Juni 2013 Vol 12, No 1 (2012): JURNAL TEKNIK SIPIL VOL 12 NO 1 EDISI JUNI 2012 Vol 12, No 2 (2012): Edisi desember 2012 Vol 11, No 2 (2011): JURNAL TEKNIK SIPIL VOL 11 NO 2 EDISI DESEMBER 2011 Vol 11, No 1 (2011): Edisi Juni 2011 Vol 10, No 2 (2010): Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Untan Volume 10 No 2 Des - 2010 Vol 10, No 1 (2010): Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Untan Volume 10 No 1 Juni - 2010 Vol 9, No 2 (2009): Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Untan Volume 9 No 2 Des - 2009 Vol 9, No 1 (2009): Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Untan Volume 9 No 1 Juni - 2009 Vol 8, No 1 (2008): Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Untan Volume 8 No 1 Juni - 2008 More Issue