Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, researchers and practitioners of elementary education around the world to submit scholarly articles to be published through this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar"
:
10 Documents
clear
Menguatkan Motivasi Belajar: Peran Orang Tua selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar
Larasati, Destia;
Wafiqni, Nafia
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.23779
The purpose of this study was to know the relationship between the role of parents and the learning motivation of fourth grade students at SDN Semanan 08. This study uses a quantitative method with a correlation design. This research was conducted at SDN Semanan 08 with a sample of 32 students. Data collection technique was carried out using a questionnaire instrument on the role of parents and learning motivation with a Likert scale model. The data analysis techniques used in this research are validity test, reliability test, descriptive statistical test, normality test, linearity test and hypothesis testing. The results of this study indicate that there is a significant relationship between the role of parents and students' learning motivation with a calculated r value of 0.830 > 0.349 (r table), then H0 is rejected, H1 is accepted. It can be concluded that the role of parents is very influential in the learning motivation of fourth grade students at SDN Semanan 08.
Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Pkn Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa
Udiansyah, Fahmi Nur;
Slam, Zaenul
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.26669
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penggunaan media audio visual pada pembelajaran PKn dalam materi nilai-nilai pancasila dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini digunakan adalah studi kasus dengan 3 tahapan yaitu; mengamati persiapan guru kelas V dalam penggunaan media audio visual, pelaksanaan penggunaan media audio visual yang dilakukan guru dan hasil keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V dalam penggunaan media audio visual. Adapun subjek penelitian ini berupa 23 siswa kelas V MI Al Ikhlas Cipadu. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi selama penelitian berlangsung. Penggunaan media audio visual yang dilakukan guru kelas V MI Al Ikhlas Cipadu sudah baik dan hasil berpikir kreatif siswa kelas V bahwa dari 23 siswa mencapai berpikir kreatif yang meliputi indikator keterampilan berpikir kreatif yaitu kelancaran (90%), keluwesan (94%), originalitas (91%) dan elaborasi (91%).
Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kecepatan dan Debit di Sekolah Dasar
Nabila, Andayati;
Suryaningsih, Tri
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.33672
Penelitian ini berfokus pada analisis kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan soal cerita kecepatan dan debit kelas V UPTD SDN Mekarjaya 14 Depok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi pada peserta didik serta deskripsi evaluasi model CIPP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik masuk kedalam kategori yang cukup baik karena tidak ada peserta didik yang masuk kedalam kategori sangat memiliki kemampuan literasi numerasi, namun pada kategori memiliki kemampuan literasi numerasi yaitu 35%. Adapun kategori peserta didik yang cukup memiliki kemampuan literasi numerasi sebesar 30% dan 25% peserta didik pada kategori kurang memiliki kemampuan literasi numerasi, sedangkan yang tidak memiliki kemampuan literasi numerasi sebanyak 10%. Dengan hasil observasi menggunakan evaluasi model CIPP pada aktivitas pembelajaran sudah efektif.
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Materi FPB Dan KPK di Sekolah Dasar
Fujianti, Fahda;
Fauzan, Fauzan;
Arifin, Fatkhul
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.33753
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cidokom 03 pada kelas IV yang diambil semple sebanyak 33 siswa dari jumlah populasi 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed metode (Metode Campuran) deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi FPB dan KPK berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika yaitu Translation, Interpretation dan Exstrapolasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah sebanyak 10 butir soal essay pada materi FPB dan KPK. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa secara keseluruhan berdasarkan hasil rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 64.40% termasuk ke dalam kategori sedang. Urutan penguasaan berdasarkan indikator mulai dari prolehan tertinggi indikator translation 7,51%, indikator interpretation 6,54%, dan prolehan indikator terendah ekstrapolasi 2,00%. Sehingga secara keseluruhan berdasarkan hasil rata-rata pencapaian indikator adalah 5,35% dengan kategori cukup. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep pada penelitian ini di sebabkan karena faktor dari diri individu itu sendiri dan faktor keluarga dan lingkungan sekolah. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Matematika, FPB dan KPK
Hubungan Literasi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Sekolah Dasar
Rosita, Rosita;
Arif, Khairan Muhammad;
Suryaningsih, Tri
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.33765
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan literasi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Al-Fath Cirendeu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Al-Fath Cirendeu dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas IV dan jumlah sampel 65 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Hasil analisis data literasi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah memperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Al-Fath Cirendeu.
Integrasi Metode Everyone Is A Teacher Here dan Video Scribe untuk Memahami Teks Nonfiksi secara Kritis
Kamila, Diva;
Iska, Zikri Neni
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.33812
The purpose of this study was to determine and examine the effect of applying the Everyone Is A Teacher Here method to students' critical thinking skills in understanding video scribe-based nonfiction texts for class V SDN Sukabumi Selatan 06 Pagi Jakarta Barat. The data collection technique uses a question instrument in the form of a descriptionconsisting of 10 valid and reliable questions. Data analysis techniques for the normality test used the Kolmogorov-Smirnov technique, for the homogeneity test used the Levene test with testing criteria based on mean, and for the t-test for hypothesis testing. In the experimental class, the average pretest score was 53.37 and the posttest average score was 72.57. Meanwhile, in the control class, the average pretest score was 48.95 and the posttest average score was 54.11. Based on the results of hypothesis testing with tcount 6.300 and ttable 1.67, it can be concluded that Ha is accepted or there is an effect of applying the Everyone Is A Teacher Here method to students' critical thinking skills in understanding nonfiction text based on video scribe class V SDN Sukabumi Selatan 06 Pagi Jakarta Barat
Pengaruh Penggunaan Media Menghitung dengan Stik Ice Cream Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II
Nurfajriah, Nurfajriah;
Rosdiana, Rosdiana;
Basam, Fajri
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.35089
The objectives of this research are 1) Describe the results of Mathematics learning before using ice cream stick media for class II students at MI Ulil Albab Simpasai. 2) Describe the results of Mathematics learning after using ice cream stick media for class II students at MI Ulil Albab Simpasai. 3) Analyzing the influence of mathematics learning outcomes using ice cream sticks on class II students at MI Ulil Albab Simpasai. The type of research used in this research is pre-experimental design research with a one group pretest-post test type design. Based on the results of descriptive analysis of student learning outcomes before using ice cream stick media in class II MI Ulil Albab, they obtained a maximum score of 60 and a minimum of 40 with an average of 49.64 and the results of descriptive analysis of student learning outcomes after using the media Ice cream sticks obtained a maximum score of 95 and a minimum of 50 with an average of 79.64. Based on the results of descriptive analysis and the normalized gain test, the results showed that the use of ice cream stick media had a significant effect on student learning outcomes with an average value of 0.59 or n-gain >0.3 in the medium category.
Keterampilan Berbicara Siswa dalam Pembelajaran Tematik: Analisis dan Penerapan
Oktaviana, Ninda Dwi;
Fauzan, Fauzan
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.35146
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri Limo 02. Penelitian ini dilakukan di kelas II A Semester ganjil tahun 2022 yang bertempat di SD Negeri Limo 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II A. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas II A Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri Limo 02 sudah termasuk kategori baik. Hasil pengamatan menunjukkan siswa kelas II A sudah baik dalam menyampaikan secara lisan mengenai cerita pengalaman. Keterampilan berbicara mencakup aspek pelafalan yang memperoleh siswa menggunakan kata tepat, aspek ketepatan pengucapan siswa dalam berbicara sehingga dapat memudahkan pendengar, aspek intonasi siswa berbicara dengan lantang dan sikap gerak tubuh siswa sudah mampu menyesuaikan yang diceritakan. Terdapat faktor penyebab kesulitan siswa dalam keterampilan berbicara. Faktor tersebut terdiri dari faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal kurangnya apresiasi siswa serta guru dan faktor internal diantaranya: 1) siswa sulit mengucapkan kata-kata baku, 2) tidak percaya diri seperti takut salah, ragu-ragu dan mengulang perkataan saat ketika berbicara. Dengan demikian, dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran tematik sangat pentingKata kunci: Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Tematik
Pengembangan E-Modul IPAS sebagai Inovasi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka
Febriani, Nabilla;
Widiyanto, Rohmat
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.35291
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) pada Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas IV SDN 01 Pengasinan serta mengetahui respon peserta didik terhadap E-Modul yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE E-Modul yang telah divalidasi dan diuji pada 30 peserta didik kelas IV SDN 01 Pengasinan. E-Modul divalidasi berdasarkan aspek kelayakan materi, media dan pembelajaran, sedangkan proses implementasi berdasarkan uji keterbacaan pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk E-Modul yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar penunjang dalam proses pembelajaran IPAS.
Integrasi Model RADEC - Literasi Sains dalam Modul Ajar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
Herianingtyas, Nur Luthfi Rizqa;
Muyassaroh, Izzah;
Kartini, Julita
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15408/elementar.v3i2.37848
Pendidikan di era saat ini menuntut adanya perubahan paradigma dalam metode pengajaran guna menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan model RADEC(Read, Answer, Discuss, Explain, and Create)-literasi sains dalam modul ajar guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental. Sampel penelitian ini melibatkan 60 siswa kelas V SD. Adapun instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data dikumpulkan melalui tes awal, perlakuan menggunakan modul ajar, dan tes akhir untuk mengukur perubahan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa Model RADEC-Literasi Sains dalam Modul Ajar (MALS) pada kelas eksperimen (0,78) lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol (0,53). Hasil uji t menunjukkan nilai uji hipotesis kurang dari 0,05 (2-tailed). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa MALS dengan Model RADEC efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.