cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pend.fisika@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
ISSN : -     EISSN : 26542641     DOI : 10.31605/phy
Core Subject : Science, Education,
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya diterbitkan oleh Universitas Sulawesi Barat. Terbit setiap 6 bulan (Oktobor dan April)
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya" : 7 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL HOTS FISIKA SISWA SMA DI KOTA MAJENE Andi Saddia; Sutrisno Sutrisno; Muhammad Saldi; Muhammad Nurkhalis Agriawan
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 4 No 1 (2021): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.475 KB) | DOI: 10.31605/phy.v4i1.1275

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada mata pelajaran fisika tingkat SMA di Kota Majene. Subjek penelitian ini adalah sekolah tingkat menengah atas yang ada di kota Majene, Sulawesi Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan objek penelitian ataupun hasil penelitian. analisis data pada penelitian ini dengan menjadikan KKM sebagai standar ketuntasan peserta didik. Tes berupa soal essay yang memenuhi kriteria HOTS, yaitu menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), dan Mengkreasi (C6). Analisis data akan menggunakan berbagai teknik analisis yang sesuai jenis data dan metode pengumpulan data yang digunakan. Pengolahan data bertujuan untuk mendapatkan kesimpulan berdasarkan tujuan dari penelitian. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian berupa persentase peserta didik yang sudah memiliki HOTS rendah dalam menyelesaikan soal menganalisis (C4) sebesar 27,09%, soal mengevaluasi (C5) sebesar 24,79%, dan sebesar 3,94% untuk soal mencipta (C6).
PENGEMBANGAN ALAT UKUR SUHU MENGGUNAKAN SENSOR LM35 BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA Hardi Hamzah; Musdar M; Hasrul Hasrul
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 4 No 1 (2021): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.338 KB) | DOI: 10.31605/phy.v4i1.1357

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model Borg and Gall dengan pembatasan langkah penelitian sampai pada langkah ketujuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon peserta didik dan angket respon guru fisika. Aspek kevalidan ditinjau dari hasil penilaian validator yaitu validasi ahli media untuk alat ukur suhu diperoleh persentase rata-rata sebesar 91,67% dengan kategori sangat valid dan rata-rata persentase validasi buku panduan sebesar 95,42% dengan kategori sangat valid serta validasi ahli materi untuk alat ukur suhu diperoleh rata-rata persentase 96.53% dengan kategori sangat valid dan persentase rata-rata validasi buku panduan sebesar sebesar 93,96% dengan kategori sangat valid. Aspek kepraktisan ditinjau dari hasil respon guru fisika menunjukkan bahwa alat ukur suhu berada pada persentase 90,77% dengan kategori sangat praktis dan rata- rata persentase terhadap buku panduan sebesar 86,11% dengan kategori sangat praktis. Aspek keefektifan diperoleh dari hasil respon peserta didik terhadap alat ukur suhu menggunakan sensor LM35 berbasis Arduino Uno dengan persentase rata-rata sebesar 75.00% dengan kategori efektif dan persentase rata-rata untuk buku panduan sebesar 83,56% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian penelitian ini diperoleh bahwa alat ukur suhu menggunakan sensor LM35 berbasis Arduino Uno dinyatakan layak berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan.
PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK Ummu Kalsum; Mutmainna Mutmainna; Sri Harmintin
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 4 No 1 (2021): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.068 KB) | DOI: 10.31605/phy.v4i1.1458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Quantum Learning Menggunakan Musik, hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung dan perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu yang berjumlah 53 orang peserta didik. Sampel yang diteliti sebanyak 26 peserta didik yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data berbentuk tes essay. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Quantum Learning Menggunakan Musik berada pada kategori sedang. Sedangkan yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung berada pada kategori rendah. Dari hasil Uji T dengan taraf signifikan 5% diperoleh (nilai thitung = 3,341 > ttabel 2,01). Hal ini bermakna bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
SIMULASI MONTE CARLO UNTUK MODEL ISING 2D PADA KISI BUJUR SANGKAR MENGGUNAKAN ALGORITMA METROPOLIS Marliana Lutan; Momang Yusuf; Kurniati Abidin; Nursakinah Annisa Lutfin; Nurlina Nurlina
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 4 No 1 (2021): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.577 KB) | DOI: 10.31605/phy.v4i1.1486

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Simulasi Monte Carlo untuk Model Ising 2D pada Kisi Bujur Sangkar dengan Interaksi Nearest Neighbor and Next NN menggunakan Algoritma Metropolis. Simulasi ini bertujuan untuk menunjukan proses transisi fase dari material feromagnetik menjadi paramagnetik. Model ini dideskripsikan sebagai sistem spin dengan panjang kisi . Hasil simulasi menunjukkan bahwa spin akan semakin acak saat terjadi kenaikan temperatur. Pada magnetisasi maksimum untuk material ferromagnetik, temperatur dan energi berada pada keadaan rendah. Magnetisasi menurun secara drastis pada temperatur dan energi tertentu, kemudian hilang karena material telah bersifat paramagnetik. Hasil ini menunjukkan bahwa magnetisasi bergantung pada temperatur dan energi material.
PERANAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI HUKUM NEWTON TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF Musdar M; Nurlina Nurlina; Muh. Ilham Asy'ari
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 4 No 1 (2021): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.697 KB) | DOI: 10.31605/phy.v4i1.1488

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 1 Campalagian yang diajar menggunakan blended learning berbantuan google classroom dan yang diajar tanpa menggunakan blended learning berbantuan google classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Adapun sampel penelitian yang digunakan sebanyak 74 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa essay, rpp dan lembar keterlaksanaan rpp. Sebelum instrumen tes digunakan, instrumen ini telah diuji validitasnya. Melalui validasi 20 soal diuji untuk memperoleh soal yang valid, kemudian dipilih menjadi 10 soal yang digunakan dalam penelitian dan soal tersebut sudah mewakili setiap indikator. Hasil dari tes tersebut dilakukan uji statistik menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan blended learning berbantuan google classroom pada materi hukum Newton terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
PROTOTYPE SISTEM LAMPU PENERANGAN JALAN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR CAHAYA BERBASIS ARDUINO UNO Muhammad Nurkhalis Agriawan; Sania Sania; Citra Rasmita; Nur Wahyuni; Maisarah Maisarah
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 4 No 1 (2021): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.69 KB) | DOI: 10.31605/phy.v4i1.1489

Abstract

Telah dilakukan pembuatan prototype sistem lampu penerangan jalan otomatis menggunakan sensor arduino. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan kontrol penerangan jalan umum yang dapat bekerja secara otomatis dan dapat menghemat pemakaian listrik. Dalam proyek akhir ini sensor yang digunakan adalah sensor LDR (Light Dependent Resistor) yang digunakan sebagai pendeteksi adanya cahaya pada tempat tersebut. Sensor LDR akan mengatur cahaya dari lampu sesuai dengan cahaya yang diterima oleh sensor LDR. Untuk mengatur cahaya dari lampu menggunakan rangkaian yang dikendalikan oleh Arduino Uno. Pada kegiatan yang telah dilakukan diperoleh lampu penerangan yang dapat bekerja secara otomatis, pada saat keadaan sekitar dalam keadan gelap (malam) maka lampu penerangan menyala, dan sebaliknya ketika keadaan sekitar terang (siang) maka lampu akan mati secara otomatis. Hal ini berarti sensor cahaya bekerja dengan baik.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF: PROBLEM BASED LEARNING Vs DISCOVERY LEARNING Riskawati Riskawati; Rezkawati Saad
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 4 No 1 (2021): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.295 KB) | DOI: 10.31605/phy.v4i1.1513

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan keampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas Problem Based Learning dengan kelas discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian True Experimen dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA 3 yang diajar menggunakan model Problem Based Learning memperoleh skor rata-rata sebesar 56,3. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA yang diajar menggunakan model discovery learning memperoleh skor rata-rata sebesar 51,7, dan pada analisis inferensial menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan yang diajar dengan menggunakan model discovery learning, akan tetapi perbedaan yang diperoleh tidak signifikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7