Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Jurnal Edukasi Citra Olahraga (JECO) adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STKIP Citra Bakti yang dikhususkan untuk Penelitian pada Bidang Kajian Ilmu Keolahragaan dan Pendidikan Olahraga. JECO Diterbitkan 3 Kali Setahun: Bulan Februari, Juni, dan Oktober. Fokus dan ruang lingkup Jurnal Edukasi Citra Olahraga (JECO) ada pada bidang kajian Ilmu Keolahragaan dan Olahraga Pendidikan sebagai sarana Publikasi Penelitian Ilmiah di bidang keilmuan olahraga dengan berbagai aspek dan pendekatan yang dilakukan. Kami sangat Mengapresiasi para Peneliti baik Dosen maupun Mahasiswa maupun Pemerhati Olahraga yang ingin mempublikasikan hasil riset yang original dengan berbagai Kajian, Metoe, Desain dan Pendekatan Keilmuan yang Terbarukan. Adapun Kerangka Fokus dan Scope JECO adalah: 1. Penelitian Keolahrgaan dengan Fokus Pembelajaran PJOK. 2. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga. 3. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Olahraga Kesehatan dan Kebugaran. 4. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Olahraga Prestasi. 5. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Kepelatiahan dan Perwasitan. 6. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Teknologi Olahraga.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga"
:
10 Documents
clear
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SERVIS ATAS BOLA VOLI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA SMP
Walu, Fransisca Carolina;
Bate, Nikodemus;
Wani, Bernabas;
Tapo, Yohanes Bayo Ola
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.2265
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan model latihan servis atas bola voli bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya di SMPN 1 Golewa. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) yang berfokus pada pembuatan produk model latihan. Validasi kelayakan dilakukan melalui uji ahli akademisi dan praktisi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket, dokumentasi, dan observasi selama proses latihan. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk menilai kelayakan dan efektivitas model latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model latihan servis atas bola voli yang dikembangkan memenuhi kategori valid berdasarkan beberapa aspek, yaitu: kesederhanaan latihan, keamanan, efisiensi biaya dan perlengkapan, daya tarik model, serta respons siswa dan hasil belajar mereka. Berdasarkan hasil uji validasi, ahli akademisi memberikan penilaian dalam kategori valid, sementara ahli praktisi juga memberikan nilai pada kategori valid. Dengan demikian, model latihan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bentuk inovasi dalam pembelajaran bola voli untuk meningkatkan keterampilan servis atas siswa SMP.
KESEHATAN FISIK PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRI
Ulandari, Inayah;
Rizki Apriliyanto;
Topo Yono
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.3835
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesehatan fisik Peserta peserta ekstrakurikuler bola voli putri SMP Nahdlatuth Thalabah. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan tes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 peserta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harvard Step Test, Analisis data menggunakan perhitungan persentase dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut 2 peserta mendapatkan persentase 9% pada kategori cukup, dan 7 peserta mendapatkan persentase 32% pada kategori kurang. Sebanyak 13 orang (59% dari total) masuk ke dalam kelompok Sangat kurang.
PENTINGNYA GIZI MIKRO UNTUK ANAK USIA DINI
Isang, Maria Rosvita;
Dinatha, Ngurah Mahendra;
Meo Maku, Karmelia Rosfinda;
Trivonia Bay, Maria Seventia;
Wea, Maria Sindrela
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.4006
Zat gizi mikro merupakan zat gizi yang yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem reproduksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pentingnya gizi mikro untuk anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengguakan studi literatur atau dengan tinjauan pustaka. Studi literatur merupakan kegiatan penelitian menggunakan data sekunder hasil dari berbagai studi literatur yang releven dengan permasalahan penelitian dari buku maupun artikel atau jurnal yang releven. Hasi screening yang sesui dengan topik terdapat 9 artikel jurnal Nasional dan 6 Artikel jurnal internasional, berdasarkan artikel yang ditemukan terdapat fungsi dan manfaat gizi mikro. Kekurangan gizi mikro dapat meyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk gangguan pertumbuhan, penurunan fungsi kognitif, dan peningkatan resiko penyakit infeksi pada anak usia dini.
PERMASALAHAN GIZI PADA ANAK USIA DINI
Meo, Lidia;
Dinatha, Ngurah Mehendra;
maku, Karmelia Rosfinda Meo;
Meo, Genoveva;
Rabu, Lidwina Adriana
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.4135
Gizi merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas manusia sebagai sumber daya. Proses pertumbuhan dan perkembangan anak balita sangat dipengaruhi oleh asupan gizi dan nutrisi yang memadai, yang merupakan faktor utama dalam membentuk kualitas mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan gizi pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi literatur atau tinjauan pustaka. Metode pengumpulan data adalah peneliti mengkaji dan menganalisis hasil penelitian terdahulu untuk menjawab pertanyaan peneliti terkait permasalahan gizi anak usia dini. Akses yang dipakai untuk pencarian artikel yang di review menggunakan pencarian dari google scholar tentang permasalahan gizi pada anak usia dini. Artikel yang dikaji sejak 5 tahun terakhir dari tahun 2019-2024. Hasil dari penelitian ini adalah masalah gizi pada anak usia dini terjadi karena beberapa faktor seperti pendapatan keluarga rendah dan kekurangan pola makan yang seimbang sebagai penyebab utama gizi buruk.
LITERATUR REVIEW: EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO KESEHATAN TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SMP
Luna, Yohana Yosefa;
Dinatha, Ngurah Mahendra
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.4158
Media video kesehatan mempengaruhi prilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, khususnya di jenjang SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan video kesehatan terhadap PHBS di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode literatur review artikel. Hasil untuk efektivitas media video untuk kesehatan terhadap perilaku hidup bersih dan sehat adalah 13 artikel yang memuat informasi tentang efektivitas media promosi kesehatan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan penyuluhan melalui media promosi kesehatan yang digunakan agar mudah dipahami dan menarik untuk dilihat, serta dapat berhubungan dengan tingkat pengetahuan sasaran. Penggunaan media video kesehatan sangat efektif digunakan untuk prilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Video kesehatan memberikan dampak yang signifikan terhadap pemahaman siswa SMP dengan materi PHBS yang disampaikan.
ANALISIS KOMPONEN FISIK TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKSILA DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW SISWA DI KABUPATEN POLMAN
Taufik
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.4530
Salah satu faktor terpenting dalam pencapaian prestasi pada siswa dalam cabang olahraga sepaktakraw adalah dengan memiliki kondisi fisik yang dapat menunjang keterampilan khususnya keterampilan sepaksila dalam permainan sepaktakraw. Kekuatan otot tungkai yang baik sangat dibutuhkan pada saat kaki yang menjadi tumpuan atau penopang seluruh berat badan, keseimbangan juga di butuhkan pada saat melakukan keterampilan sepaksila dan koordinasi mata-kaki sangat berperan sebelum sesaat melakukan sepakan dalam permainan sepaksila.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Populasinya adalah siswa MA Izzatul Ma’arif Tappina Kab.Polman, yang totalnya sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampelnya adalah sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskritif dan analisis jalur dengan bantuan program komputer SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa MA Izzatul Ma’arif Tappina Kab.Polman memiliki kekuatan otot tungkai berpengaruh secara langsung terhadap koordinasi mata-kaki sebesar 46,64%. (2) Keseimbangan berpengaruh langsung terhadap koordinasi mata-kaki sebesar 30,17%. (3) Kekuatan otot tungkai berpengaruh secara langsung terhadap keterampilan sepaksila sebesar 21,90%. (4) Keseimbangan berpengaruh langsung terhadap keterampilan sepaksila sebesar 5,38%. (5) Koordinasi mata-kaki berpengaruh secara langsung terhadap keterampilan sepaksila sebesar 42,38%. (6) Kekuatan otot tungkai berpengaruh terhadap keterampilan sepaksila melalui koordinasi mata-kaki 29,57%. (7) Keseimbangan berpengaruh terhadap keterampilan sepaksila melalui koordinasi mata-kaki 13,21%.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
Wae, Maria Stevania;
Wani, Bernabas;
Laksana, Dek Ngurah Laba;
Natal, Yanuarius Richardus
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.4851
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Inpres Wae Waru. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum Merdeka, termasuk sulitnya guru menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, keterbatasan kompetensi pedagogis guru, dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif. Solusi yang ditemukan meliputi pelatihan rutin guru, kolaborasi antar sekolah melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), dan pemanfaatan platform digital pemerintah. Hasil menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka masih berada dalam tahap penyesuaian, dengan kemajuan pada penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek yang mendukung penguatan karakter siswa. Studi ini memberikan kontribusi pada literatur tentang strategi peningkatan kualitas pembelajaran PJOK berbasis Kurikulum Merdeka serta memberikan rekomendasi untuk optimalisasi program pelatihan guru dan pengembangan modul ajar berbasis kebutuhan siswa.
PENTINGNYA LINGKUNGAN BELAJAR FISIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Nursidik, Ismail;
Maulani, Muhammad Yunus;
Iskandar, Sofyan;
Irianto, Dede Margo
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.4994
Desain dan kondisi lingkungan belajar fisik di sekolah dasar sangat berpengaruh terhadap bagaimana hasil belajar siswa. Faktor-faktor seperti pencahayaan, ventilasi, dan kebersihan ruangan kelas dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan mendukung konsentrasi siswa, sehingga berdampak positif pada prestasi mereka. Penelitian ini dilakukan dengan metode kajian literatur mendalam untuk mengungkap sejauh mana lingkungan belajar fisik di sekolah dasar berkontribusi terhadap hasil belajar peserta didik, artikel yang diteliti adalah artikel yang terbit dalam 10 tahun terakhir dimana artikel tersebut terindeks sinta dan artikel internasional, penyajian hasil analisis disusun dalam bentuk tabel untuk memudahkan pembacaan. Melalui analisis berbagai studi tersebut, ditemukan bahwa karakteristik fisik lingkungan belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar, tingkat konsentrasi, dan pada akhirnya prestasi akademik siswa. Studi ini menyimpulkan bahwa menciptakan lingkungan belajar fisik yang optimal adalah investasi penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar.
APPLICATION OF THE PROJECT BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE PHYSICAL SPORT AND HEALTHY EDUCATION LEARNING OUTCOMES FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENT HOSPITALITY VOLLEYBALL MATERIAL
Simatupang, Hani Elinta Br;
Mashuri, Hendra;
Dartini, Ni Putu Dwi Sucita
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.5003
This research aims to determine the improvement in physical sport and healthy education learning outcomes through volleyball material for class XI Hospitality students at Vocational High School 1 Singaraja by applying the Project Based Learning learning model. This research is a type of classroom action research. The subjects of this research were students in class XI Hospitality at Vocational High School 1 Singaraja, totaling 37 students. Data was collected by means of written tests and practical tests on basic upper passing and lower passing techniques using the format of assessing basic upper passing and lower passing techniques on cognitive aspects, psychomotor aspects and affective aspects. Data was analyzed using Descriptive Statistics analysis. The results of the research show that there has been an increase in the learning outcomes of physical sport and healthy education volleyball material for students using project based learning which can be seen from the increase in the average learning outcomes from cycle I from 71.4 to 86.3 in cycle II, with the previous learning being complete in cycle I 12 (32.43%) people increased to 37 (100%) people in cycle II. So the Project Based Learning model can improve physical sport and healthy education learning outcomes in volleyball material for Class XI Hospitality students. For this reason, it is recommended for teachers to choose the Project based learning (PjBL) learning model in their classroom action research if they want to overcome the problem of learning outcomes and student activity.
THE IMPACT OF USING INTERACTIVE MULTIMEDIA IN TEACHING BASIC BADMINTON TECHNIQUES TO IMPROVE COGNITIVE LEARNING OUTCOMES AND SELF-REGULATED LEARNING OF PHYSICAL EDUCATION STUDENTS
Ariani, Luh Putu Tuti;
Marti, Ni Wayan
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.38048/jor.v4i3.5004
The learning process demands high-quality human resources that evolve with the times. Technological development is essential for the learning process in the form of media. Interactive multimedia is a tool equipped with controls that can be operated by users as desired. This Interactive Media can facilitate learning, making it a stimulus to improve learning outcomes and self-regulated learning. The purpose of this study is to determine the effect of using interactive multimedia in teaching basic badminton techniques to improve cognitive learning outcomes and self-regulated learning among Physical Education students at FOK Undiksha. This research uses an experimental design with The Posttest-Only Control Group Design. The sample was selected using simple random sampling through a lottery method. The instruments for measuring learning outcomes involved a test of basic badminton skills and a questionnaire for assessing self-regulated learning. Data analysis for hypothesis testing required precondition tests, namely normality and homogeneity/F-tests. After conducting these precondition tests, hypothesis testing was carried out using a difference test. The results showed that the use of interactive media had a high impact on cognitive learning outcomes and self-regulated learning in basic badminton techniques. In conclusion, there is a significant difference in the learning outcomes of basic badminton techniques and self-regulated learning between Physical Education students at FOK Undiksha who were taught using interactive multimedia and those who were taught using conventional methods.