cover
Contact Name
Natalia Rosalina Rawa
Contact Email
nataliarosalinarawa@gmail.com
Phone
+6282389918556
Journal Mail Official
jurnal.jeco@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa-Ende, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : -     EISSN : 27757714     DOI : -
Jurnal Edukasi Citra Olahraga (JECO) adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STKIP Citra Bakti yang dikhususkan untuk Penelitian pada Bidang Kajian Ilmu Keolahragaan dan Pendidikan Olahraga. JECO Diterbitkan 3 Kali Setahun: Bulan Februari, Juni, dan Oktober. Fokus dan ruang lingkup Jurnal Edukasi Citra Olahraga (JECO) ada pada bidang kajian Ilmu Keolahragaan dan Olahraga Pendidikan sebagai sarana Publikasi Penelitian Ilmiah di bidang keilmuan olahraga dengan berbagai aspek dan pendekatan yang dilakukan. Kami sangat Mengapresiasi para Peneliti baik Dosen maupun Mahasiswa maupun Pemerhati Olahraga yang ingin mempublikasikan hasil riset yang original dengan berbagai Kajian, Metoe, Desain dan Pendekatan Keilmuan yang Terbarukan. Adapun Kerangka Fokus dan Scope JECO adalah: 1. Penelitian Keolahrgaan dengan Fokus Pembelajaran PJOK. 2. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga. 3. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Olahraga Kesehatan dan Kebugaran. 4. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Olahraga Prestasi. 5. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Kepelatiahan dan Perwasitan. 6. Penelitian Keolahragaan dengan Fokus Teknologi Olahraga.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga" : 20 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI Maysia, Ni Putu Ayu Ratna; Palgunadi, I Komang Adi; Kresnayadi, I Putu Eri; Sudarsana, Putu Agus Budi; Dewi, Ida Ayu Kade Arisanthi
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing pada siswa Kelas XI-1 SMA Negeri 1 Melaya tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui enam tahapan utama: observasi, refleksi awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-1 yang berjumlah 35 orang, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, dengan indikator keberhasilan ditetapkan berdasarkan nilai Kriteria Ketuntasan Teknik Passing (KKTP) sebesar 70 untuk ketuntasan individu dan minimal 75% siswa mencapai ketuntasan secara klasikal. Pada pelaksanaan siklus I, ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 65,71%, yang menunjukkan bahwa tindakan belum mencapai target keberhasilan. Oleh karena itu, perbaikan dilakukan pada siklus II. Hasil siklus II menunjukkan adanya peningkatan signifikan, yaitu ketuntasan klasikal mencapai 88,57%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing. Strategi yang diterapkan terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan menguasai materi dengan lebih baik, sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.
MELAMPAUI BATAS GENDER: DISKURSUS KEKUATAN DAN REPRESENTASI WANITA DALAM DUNIA OLAHRAGA Rawe, Aschari Senjahari
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5325

Abstract

Olahraga secara historis telah didominasi oleh narasi maskulin yang meminggirkan perempuan dalam hal partisipasi dan representasi, seringkali melalui stereotip dan bias gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis diskursus tentang kekuatan dan representasi wanita dalam dunia olahraga kontemporer, khususnya dalam bingkai media dan budaya populer. Menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), studi ini mengkaji 10 artikel ilmiah terpilih yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2025, dengan fokus pada isu kekuatan, representasi gender, dan media olahraga. Hasil kajian menunjukkan bahwa representasi media masih bias terhadap atlet wanita, menekankan aspek visual dibandingkan prestasi atletik, serta bahwa partisipasi olahraga wanita kerap dibatasi oleh norma sosial dan stereotip gender yang menurunkan performa melalui stereotype threat. Namun, olahraga juga terbukti menjadi sarana pemberdayaan yang kuat bagi perempuan. Kesimpulannya, perubahan menuju kesetaraan dalam olahraga membutuhkan reformasi struktural, edukasi media, serta kebijakan afirmatif yang mendukung peran perempuan secara setara dan bermartabat dalam dunia olahraga.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK SMASH BERBASIS WEBSITE BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH TEORI PRAKTIK TENIS LAPANGAN Saputra, I Ketut Karya Adi; Astra, I Ketut Budaya; Suwiwa, I Gede
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5432

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran teknik smash pada mata kuliah Teknik Praktik Tenis Lapangan berbasis website dan berorientasi pada pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh tiga ahli, yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjaskesrek), yang terlibat dalam uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, serta uji kepraktisan produk. Pengumpulan data dilakukan melalui angket menggunakan skala penilaian, dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari ahli isi pembelajaran menunjukkan persentase kelayakan sebesar 98,0%, dari ahli desain sebesar 98,5%, dan dari ahli media sebesar 93,3%, yang seluruhnya termasuk dalam kategori "sangat baik". Pada tahap uji coba, diperoleh hasil sebagai berikut: uji coba perorangan sebesar 97,0%, uji coba kelompok kecil sebesar 95,8%, dan uji coba kelompok besar sebesar 96,3%, semuanya juga termasuk dalam kategori "sangat baik". Selanjutnya, uji kepraktisan menghasilkan persentase sebesar 96,53%, dengan kualifikasi "sangat praktis". Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran teknik smash berbasis website dengan pendekatan problem-based learning ini layak digunakan sebagai sumber belajar, serta berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa dalam mata kuliah Teknik PraktikTenis Lapangan.
PENGARUH LATIHAN RESISTANCE BAND TERHADAP KEKUATAN MAKSIMAL OTOT TUNGKAI ATLET CRICKET Faqih, Muhamad Abdaun Nur; Hariadi, Imam
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan latihan resistance band terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai pada atlet cricket di Kota Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen pre-eksperimental dan rancangan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 12 atlet putra cabang cricket. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes leg dynamometer, yang mengukur kekuatan otot tungkai dalam satuan kilogram (kg). Tahapan pelaksanaan meliputi pre-test, pemberian latihan resistance band (khususnya latihan squat), dan post-test. Data dianalisis melalui uji normalitas, uji homogenitas dengan Levene Test, serta uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 101,46 pada pre-test menjadi 117,81 pada post-test. Nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) menunjukkan perbedaan tersebut signifikan secara statistik. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa latihan resistance band berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kekuatan otot tungkai atlet cricket di Kota Malang. Hipotesis alternatif (H?) diterima, menunjukkan adanya pengaruh positif dari latihan tersebut terhadap kekuatan otot tungkai.
ANALISIS CEDERA PADA ATLET PENCAK SILAT KELAS DEWASA Virghani, Getar Alam; Nurkholis, Moh; Lusianti, Septyaning
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5434

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan penyebab cedera pada atlet pencak silat dewasa. Pencak silat sebagai olahraga bela diri tradisional memiliki risiko cedera tinggi, khususnya saat pertandingan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei melalui kuesioner, melibatkan 20 atlet dewasa di Kabupaten Kediri. Hasil menunjukkan cedera paling sering terjadi pada tungkai dan kaki, dengan jenis cedera berupa memar (90%), lecet (65%), regangan otot (45%), keseleo (35%), patah tulang (15%), dan dislokasi (5%). Penyebab cedera paling dominan berasal dari faktor internal (62,86%), seperti pemanasan yang tidak memadai, teknik yang salah, dan kondisi fisik yang buruk. Faktor eksternal (37,14%) meliputi kondisi matras, perlengkapan pelindung, dan lingkungan latihan. Temuan ini menekankan pentingnya upaya pencegahan cedera melalui pemanasan yang tepat, teknik yang benar, dan peningkatan kebugaran atlet. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pelatih dan tenaga medis olahraga untuk merancang program latihan dan manajemen cedera yang lebih efektif, guna menjaga keselamatan dan performa atlet secara optimal.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SENAM LANTAI ROLL DEPAN Merta, Gede Agus; Darmayasa, I Putu; Adnyana, I Komang Sukarata
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5435

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi senam lantai gerakan roll depan masih menjadi permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Hal ini terlihat dari ketidaktuntasan hasil belajar peserta didik, baik dalam aspek afektif, kognitif, maupun psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi senam lantai roll depan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes pengetahuan, dan tes keterampilan praktik, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan model PjBL. Pada siklus I, tingkat ketuntasan hasil belajar mencapai 74% dan termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Peningkatan sebesar 26% ini membuktikan bahwa penerapan model Project Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar PJOK peserta didik. Oleh karena itu, disarankan kepada guru PJOK untuk mengimplementasikan model pembelajaran ini sebagai alternatif strategi pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, kontekstual, dan bermakna sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PJOK.
EKSPLORASI REGULASI EMOSI DENGAN AKTIVITAS FISIK MAHASISWA Harita, Adiwignya Nugraha Widhi; Adani, Erizza Farizan; Azizah, Lely Nur
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5438

Abstract

Ketidakseimbangan aktivitas fisik, baik berupa perilaku sedentari maupun overtraining, berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Meskipun pengaruh aktivitas fisik terhadap regulasi emosi telah banyak diteliti, kajian mengenai bagaimana regulasi emosi memengaruhi intensitas aktivitas fisik, khususnya pada mahasiswa, masih terbatas dan menunjukkan hasil yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara regulasi emosi dan intensitas aktivitas fisik mahasiswa, serta dinamika keduanya berdasarkan jenis kelamin. Dengan metode survei kuantitatif, sebanyak 344 mahasiswa dilibatkan melalui teknik accidental sampling. Hasil menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara regulasi emosi dan intensitas aktivitas fisik. Tidak ditemukan perbedaan signifikan dalam tingkat regulasi emosi antar gender, namun strategi yang digunakan berbeda. Mahasiswa laki-laki cenderung menggunakan expressive suppression, sementara perempuan lebih memilih cognitive reappraisal. Temuan ini menunjukkan bahwa regulasi emosi merupakan faktor psikologis penting dalam membentuk kebiasaan fisik aktif. Intervensi peningkatan gaya hidup sehat sebaiknya mempertimbangkan strategi regulasi emosi dan karakteristik gender.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SEPAK BOLA DI SMP Artana, Komang Budi; Satyawan, I Made; Semarayasa, I Ketut
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5439

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan praktik pembelajaran guru secara profesional melalui proses perencanaan aksi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar tes dan dokumentasi. Model pembelajaran yang diimplementasikan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, capaian aspek afektif menunjukkan tingkat ketuntasan sebesar 100%, aspek kognitif sebesar 83,3%, dan aspek psikomotorik juga sebesar 83,3%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, semua aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik mencapai tingkat ketuntasan 100%. Dengan demikian, terjadi peningkatan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 11,1%, dari 88,9% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PJOK, khususnya pada materi passing dalam permainan sepak bola.
IMPLEMENTASI KONSEP KOTA SEHAT: KAJIAN LITERATUR DALAM PERSPEKTIF KEBIJAKAN DAN INDIKATOR WHO Fitry, Inayyah Nur; Ulfah, Syafrina
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5441

Abstract

Urbanisasi yang pesat menimbulkan berbagai tantangan kesehatan di perkotaan, seperti kemacetan, polusi udara, dan meningkatnya penyakit tidak menular. Menanggapi hal ini, World Health Organization (WHO) memperkenalkan konsep healthy city pada 1986, yang mengintegrasikan perencanaan kota dengan kesehatan fisik dan sosial. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi praktik terbaik, tantangan, dan peluang penguatan program kota sehat di Indonesia berdasarkan tinjauan literatur sistematis dekade 2014–2024. Metode yang digunakan adalah systematic literature review dari sumber seperti PubMed, Science Direct, dan Google Scholar. Hasil menunjukkan lima tema utama: kebijakan dan tata kelola, partisipasi masyarakat, kolaborasi lintas sektor, pengelolaan lingkungan, serta sistem monitoring dan evaluasi. Di Indonesia, meski ada Forum Kota Sehat, hambatan seperti koordinasi sektoral yang lemah, partisipasi publik yang rendah, dan evaluasi berbasis data yang belum optimal masih terjadi. Penguatan kebijakan, sistem evaluasi, dan koordinasi lintas sektor penting untuk mencapai kota sehat berkelanjutan.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI TEKNIK DASAR SERVIS BOLA VOLI PADA SISWA SMP Putra, I Putu Andre Oktavyatama; Astra, I Ketut Budaya; Adnyana, I Komang Sukarata
Jurnal Edukasi Citra Olahraga Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Edukasi Citra Olahraga
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jor.v5i2.5443

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan praktik pembelajaran di kelas, di mana guru terlibat secara aktif dalam proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A4 SMP Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 39 orang, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar tes dan dokumentasi. Penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar peserta didik pada aspek afektif mencapai 100%, aspek kognitif sebesar 76,9%, dan aspek psikomotorik juga sebesar 76,9%. Setelah pelaksanaan siklus II, terjadi peningkatan ketuntasan menjadi 100% pada seluruh aspek, yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A4 SMP Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025 secara menyeluruh.

Page 1 of 2 | Total Record : 20