cover
Contact Name
Afdhal Kusumanegara
Contact Email
afdhal.kusumanegara@uin-suska.ac.id
Phone
+6285242817000
Journal Mail Official
jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan Pekanbaru - 28293
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN : -     EISSN : 27986675     DOI : DOI : 10.24014/gjbs.v2i1.16166
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra adalah jurnal akses terbuka yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini diterbitkan 2x setahun, yakni Juni dan Desember. Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan atau studi pustaka), kajian teoretis maupun kajian kritis yang meliputi beberapa ranah kajian sebagai berikut. ✅ Kajian Linguistik ✅ Kajian Sastra ✅ Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2024): DESEMBER" : 5 Documents clear
Penggunaan Deiksis dalam Novel Pergi Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Martius, Martius; Martini, Karina; Sardila, Vera; Nursalim, Nursalim
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2024): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v4i2.33827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan deiksis dalam Novel Pergi karya Tere Liye dan untuk mengetahui relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik Baca dan Teknik Catat. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode agih. Setelah data dianalisis, diperoleh simpulan bahwa dalam novel Pergi karya Tere Liye terdapat deiksis persona pertama tunggal dan jamak, deiksis persona kedua tunggal dan jamak, deiksis persona ketiga tunggal dan jamak. Selin itu, juga terdapat deiksis tempat dan deiksis waktu. Hasil kajian ini dapat berkontribusi untuk pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII, tepatnya KD 3.16.Kata Kunci: novel, deiksis, pembelajaran bahasa Indonesia
Identifikasi Komunitas Literasi dan Refleksi Aktualisasi Program Penguatan Literasi di Kota Ternate Haerul, Haerul; Yusrina, Yusrina
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2024): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v4i2.33666

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komunitas literasi di kota Ternate dan merefleksi aktualisasi program penguatan literasi yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, Data penelitian dikumpulkan melalui kegiatan observasi dan dianalisis dengan pendekatan berpikir reflektif. Berdasarkan hasil penelitian, teridentifikasi 28 komunitas penggerak literasi di kota Ternate yang dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori tujuan komunitas, yaitu 1) sebagai taman bacaan masyarakat; 2) sebagai wadah kajian literatur dan kegiatan diskusi; 3) sebagai wadah pembelajaran literasi alam dan tumbuhan, dan 4) sebagai wadah pembelajaran keterampilan menulis. 
Kesantunan Berbahasa dalam Kegiatan Diskusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Wahyu, Ningsih Dwi; Saidiman, Saidiman; Yani, La; Fahruddin, Fahruddin
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2024): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v4i2.33873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIII A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Teknik perekaman video, Teknik catat. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Hasil temuan menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Konawe Selatan terdapat bentuk kesantunan yang mengacu pada teori prinsip kesantunan Leech (prinsip maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penerimaan, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan dan maksim simpati).
An Exploration of Self-Directed Learning in Speaking English Nurdiana, Nurdiana; Roswati, Roswati; Afrizal, Afrizal; Gusmuliana, Paidi; Dermawan, Rezki
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2024): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v4i2.34273

Abstract

This study focused on exploring the methods of self-directed learning employed by the tenth grade of language class at Man 1 Pekanbaru students to enhance their speaking skills. A descriptive qualitative approach was utilized for this investigation. The study involved five students as participants. Meanwhile, as the object is self directed learning in speaking English. Data collection technique was were used interview; the researchers recorded the students’ answers; and documentation which used video or voice recordings individually, dialogue, conversation. The research findings showed that students used some media for independent learning, they are: listening to the music, watching the movie with English subtitle, playing games, learning from native on YouTube, learning any accents, reading an article and comic, E-learning, and following the community.
Investigating Non-Linguistic Problems Faced by the Students in Speaking English Fitri, Mainar; Murny, Murny; Nurzena, Nurzena
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2024): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v4i2.33635

Abstract

Linguistic problems were found as problems faced by students in speaking English. This research aimed to describe students’ non-linguistic problems in speaking English. It was descriptive quantitative research. The data were collected by using questionnaires, and analyzed by using percentage. The result of the research showed that the percentage of students’ non-linguistic problem in speaking English were inhibition (25.6%), Nothing to say (25.2%), Low Participant (25.1%), and Mother-Tongue (24.1%). It can be concluded that inhibition was the dominant non-linguistic problem students faced in speaking English.Keywords: investigating, non-Linguistic problems, speaking English.

Page 1 of 1 | Total Record : 5