cover
Contact Name
Nurnazmi
Contact Email
nurnazmi578@gmail.com
Phone
+6285253833464
Journal Mail Official
jurnal.edusociata@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Sosiologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pedidikan (STKIP) Bima Jl. Piere Tendean - Mande Kota Bima Kode Pos 84119 Tlpn. (0374) 43195/42801
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
ISSN : 26850524     EISSN : 25992511     DOI : https://doi.org/10.33627/es.v4i1
Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Edu Sociata merupakan terbitan jurnal berkala antara bulan Juni dan bulan Desember. Kehadiran OJS Edu Sociata memberi ruang kepada civitas akademika khususnya Program Studi Pendidikan Sosiologi untuk tetap berpacu dalam meningkatkan proses penelitian sesuai dengan bidang studi masing-masing.
Articles 57 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi" : 57 Documents clear
Gambaran Stres Kerja Pada Anggota Polres Sikka Siga, Maria A. Clarita Putri; Barus, Deby Anggelina Br
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat stres kerja pada anggota Polres Sikka. Penelitian kuantitatif deskriptif ini melibatkan 99 responden dari total 247 anggota Polres Sikka yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup yang terdiri dari 24 item, di mana 17 item divalidasi dan 7 item dihilangkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat stres kerja anggota Polres Sikka berada pada kategori sedang (64,65%), diikuti oleh kategori tinggi (30,30%) dan rendah (5,05%). Penelitian ini menyoroti perlunya program manajemen stres yang komprehensif untuk mendukung kesehatan mental dan kinerja anggota Polres Sikka.
Kontribusi Kesadaran Diri Terhadap Kedisiplinan Santri Tingkat Aliyah Di Kota Bukittinggi Koto, Nadia Aderini; Primanita, Rida Yanna
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3154

Abstract

Dalam proses pembentukan karakter santri, kedisiplinan memiliki peran yang sangat penting. Kedisiplinan ini akan membantu santri untuk meraih kesuksesan dan mengatasi berbagai persoalan dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa besar kontribusi kesadaran diri terhadap kedisiplinan santri tingkat aliyah di Kota Bukittinggi, melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik regresi sederhana. Populasi pada penelitian ini ialah santri tingkat aliyah di Kota Bukittinggi sebanyak 135 santri yang dijadikan sebagai sampel, diperoleh berdasarkan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner yang telah disusun oleh peneliti untuk mengukur kesadaran diri menggunakan teori Goleman (2020) dan kedisiplinan menggunakan teori Sobri (2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran diri berkontribusi sebesar 17.9% terhadap kedisiplinan santri tingkat aliyah di Kota Bukittinggi.
Flourishing Pada Mantan Pecandu Alkohol Di Nagari Labuah Gunuang Illahi, Amanda Permata; Primanita, Rida Yanna
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3161

Abstract

Nagari Labuah Gunuang memiliki sejarah panjang dalam tradisi produksi fermentasi tuak dari pohon aren, hal ini menjadikan konsumsi alkohol menjadi bagian sehari-hari dalam kehidupan sosial masyarakat. Namun, di tengah lingkungan yang masih terbuka terhadap kebiasaan ini terdapat individu yang berhasil melepaskan diri dari kecanduan dan membangun kehidupan yang lebih sehat. Studi ini meneliti tingkat flourishing menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Sebanyak 10 mantan pecandu alkohol yang telah berhenti setidaknya selama satu tahun, berpartisipasi dalam studi ini. Skala Flourishing yang di adaptasi oleh Mulyono (2022) digunakan untuk mengukur kesejahteraan psikologis, pertumbuhan pribadi, dan ketahanan individu. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar subjek menunjukkan tingkat flourishing di atas rata-rata. Temuan ini menyoroti bahwa pemulihan dari kecanduan tidak hanya tentang berhenti mengkonsumsi melainkan juga upaya mencapai kehidupan yang lebih bermakna.
Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dan Family Background dengan Aggressive Driving Pada Remaja Pelaku Balap Liar Roda Dua Di Kota Padang Badriah, Tella Rifqa; Nurmina, Nurmina
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan dukungan sosial keluarga dan family background dengan anggressive driving pada remaja pelaku balap liar roda dua di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi remaja di Kota Padang dan melibatkan sampel sebanyak 103 orang subjek. Data dikumpulkan menggunakan dua skala yaitu skala aggressive driving yang terdiri dari 30 item dan skala dukungan sosial keluarga yang terdiri dari 27 item. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pearson product moment, analisis regresi, dan analisis kovarian. Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan analisis kovarians (anakova) diperoleh nilai F hitung sebesar 120,150 dengan nilai signifikansi <0,001, Penelitian ini mendapatkan hasil analisis data yang turut mengungkap nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,785. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara dukungan sosial keluarga dan family background dengan aggressive driving.
Dinamika Resiliensi Orang Tua Anak Disabilitas Intelektual di Kota Padang Fauziah, Raudhatul; Dwatra, Free Dirga
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3167

Abstract

Resiliensi merupakan kemampuan individu melakukan koping dan adaptasi dengan kesulitan yang ada. Orang tua dengan anak disabilitas intelektual memiliki tantangan dalam pengasuhan karena keterbatasan kognitif yang berdampak besar pada kemampuan bersosial. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan dinamika resiliensi ibu yang memiliki anak disabiliyas intelektual. Penelitian dilakukan dengan pendekatan fenomenologis yang termasuk ke dalam penelitian kualitatif. Pengambilan data menggunakan wawancara semi terstruktur pada tiga orang ibu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ibu memiliki kemampuan resilien yang dibuktikan dengan terbentuknya koping aktif dan adaptasi positif yang merefleksikan adanya perubahan pada pengelolaan emosi, kognisi, dan perilaku yang dijadikan persiapan menghadapi tantangan di masa yang akan datang.
Hubungan Interpersonal Trust Terhadap Self Disclosure Pada Remaja di Bukittinggi Syah, Rasyd Alam; Ningsih, Yuninda Tria
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3180

Abstract

Pengungkapan diri adalah tindakan berbagi informasi pribadi tentang diri sendiri, seperti deskripsi atau hal-hal spesifik tentang pekerjaan, hobi, dan minat lainnya. Selain itu, pengungkapan diri mencakup pikiran, emosi, dan pandangan seseorang mengenai sesuatu (Amalia et al. Suasana kepercayaan interpersonal merupakan salah satu elemen yang memengaruhi pengungkapan diri. Penelitian ini berupaya untuk memastikan hubungan antara pengungkapan diri dan kepercayaan interpersonal. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Menggunakan sampel sebanyak 397 individu dipilih menggunakan pengambilan sampel insidental sampling. Dua variabel digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pengungkapan diri dan kepercayaan interpersonal. Analisis data penelitian dengan analisis momen produk dan hasilnya menunjukkan nilai p sebesar 0,013 (p<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.125. Ha diterima jika nilai signifikansi kurang dari 0,05, dan Ho diterima jika lebih besar dari 0,05.
Pengaruh Pola Asuh pada Single Parent Terhadap Motivasi Belajar Anak di Kampung Tanah Tinggi, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat Hidayatuloh, Farhan Syarif; Kudus, Wahid Abdul; Lindawati, Yustika Irfani
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh pada single parent terhadap motivasi belajar anak di Kampung Tanah Tinggi, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis survei. Pada penelitian ini pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu teori tindakan sosial Max Weber. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, uji signifikansi parsial (uji t), dan uji koefisien determinasi (R²), dengan melakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji linearitas dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh single parent memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar anak di Kampung Tanah Tinggi, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai constant (a) sebesar 19,596 dan nilai pola asuh pada single parent (b/koefisien regresi) sebesar 0,449. Hasil uji signifikansi parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai thitung 3,606 > ttabel 1,734 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Selain itu, pola asuh single parent memiliki pengaruh sebesar 41,9% terhadap motivasi belajar anak berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R²) yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian ini, tindakan pola asuh pada single parent dan tindakan anak sebagai respon dari pola asuh yang dilakukan oleh orang tuanya berkaitan dengan motivasi belajar anak dapat dikategorikan ke dalam tipe-tipe tindakan sosial Max Weber.
Peran Pendidikan dalam Pembangunan Masyarakat Tangguh Bencana (Perspektif Sosiologi) Kamaruddin, Syamsu A.
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3182

Abstract

Pendidikan tidak hanya berperan dalam mentransfer pengetahuan tentang risiko dan mitigasi bencana, tetapi juga membentuk sikap, nilai, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi situasi darurat. Dari perspektif sosiologi, pendidikan berfungsi sebagai agen sosialisasi yang mampu memperkuat solidaritas sosial, gotong royong, dan kesadaran kolektif dalam menghadapi ancaman bencana. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai literatur yang relevan untuk memahami bagaimana pendidikan dapat meningkatkan ketangguhan sosial dalam menghadapi risiko bencana. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Sumber data utama berasal dari buku, jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan kebencanaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui telaah literatur yang sistematis, sedangkan analisis data menggunakan metode analisis isi untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang berkaitan dengan pendidikan dan ketangguhan bencana. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber, sementara reliabilitas data dijaga dengan konsistensi dalam peninjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan memainkan peran penting dalam beberapa aspek utama pembangunan masyarakat tangguh bencana. Pertama, pendidikan meningkatkan kesadaran risiko dan kesiapsiagaan individu serta komunitas melalui penguatan pemahaman tentang potensi bahaya dan langkah mitigasi. Kedua, pendidikan berperan dalam memperkuat nilai solidaritas dan gotong royong sebagai bagian dari modal sosial yang esensial dalam merespons bencana. Ketiga, pengembangan kompetensi dan keterampilan teknis di bidang kebencanaan melalui pelatihan formal maupun non-formal turut mendukung kesiapan masyarakat.Keempat, integrasi kurikulum kebencanaan dalam pendidikan formal dan informal memperluas akses pengetahuan tentang manajemen risiko bencana sejak usia dini. Terakhir, penggunaan teknologi dan media digital sebagai alat edukasi memfasilitasi penyebaran informasi yang cepat dan efektif dalam situasi darurat. Temuan ini menegaskan pentingnya pendidikan yang komprehensif dan berkelanjutan dalam membangun ketangguhan masyarakat terhadap bencana.
Pola Pembelajaran Guru Dengan Alat Bantu Media Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini di PAUD Choriunnisa Kota Bandar Lampung Simbolon, Dina Anna Maria; Suherman, Suherman; Siregar, Herlina
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3183

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Sejak usia dini, diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan sosial emosional, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan aturan-aturan dan norma yang berlaku di masyarakat. Sebagai pendidik harus melatih anak dalam mengembangkan kemampuan sosial emosionalnya dapat dimulai dengan memberi contoh terhadap hal-hal kecil, seperti meminta maaf apabila telah melakukan kesalahan, mengucapkan permisi ketika akan melewati kerumunan orang-orang yang sedang duduk, dan mengucapkan terima kasih ketika diberi sesuatu oleh orang lain. Tujuan dari penelitian ini melihat bagaimana pola pembelajaran guru dengan alat bantu media dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional, bagaimana kecerdasan sosial emosional anak dan faktor pendukung dan penghambat pola pembelajaran guru dengan alat bantu media dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pola pembelajaran guru dengan alat bantu media dilihat dari menciptakan suasana yang kondusif saat pembelajaran berlangsung, keaktifan anak didik, dan media pembelajaran sudah optimal, cukup baik dan ada suatu keberhasilan, (2) hasil kecerdasan sosial emosional anak, (3) faktor pendukung dan penghambat pola pembelajaran guru dengan alat bantu media, faktor pendukung yaitu pembelajaran lebih efektif dan efisien, pendidik menyampaikan materi tidak terlalu panjang dan membuat anak aktif dan faktor penghambat yaitu kurangnya bahan media pembelajaran dan kurangnya kreatif guru dalam memilih media.
Peran Labeling Dalam Membentuk Perilaku Remaja Akhir Fatherless Az-Zahra, Risna Salwa; Haryono, Haryono
EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) Vol 8 No 1 (2025): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Publisher : EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/es.v8i1.3191

Abstract

Labeling sosial berperan dalam membentuk perilaku individu, terutama bagi remaja akhir yang tumbuh tanpa kehadiran ayah (fatherless). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana proses pelabelan dari lingkungan sosial memengaruhi perilaku remaja akhir fatherless menggunakan teori Labeling Howard S. Becker. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan enam informan yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interpretatif guna memahami pola penerimaan maupun penolakan terhadap label sosial yang diberikan kepada remaja fatherless. Hasil penelitian menunjukkan bahwa labeling memberikan dampak yang beragam terhadap perilaku remaja akhir fatherless. Sebagian individu menginternalisasi label negatif, seperti “anak nakal” atau “kurang perhatian”, yang berujung pada rasa rendah diri serta kebergantungan, bahkan hingga menimbulkan perilaku menyimpang sebagai bentuk self-fulfilling prophecy. Namun, terdapat pula remaja yang menolak label negatif tersebut dan justru menggunakannya sebagai motivasi untuk membangun identitas yang lebih positif. Perbedaan respon tersebut disebabkan oleh dukungan sosial, tingkat kesadaran diri, serta strategi coping yang digunakan.