cover
Contact Name
Nurliana
Contact Email
nurliana@diniyah.ac.id
Phone
+6285271315660
Journal Mail Official
kreatifitas@diniyah.ac.id
Editorial Address
Jl. Kuau No.001/ Jl. KH. Ahmad Dahlan No.100, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28121
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
ISSN : 24609870     EISSN : 28071883     DOI : 10.46781
Core Subject : Religion, Education,
Kreatifitas jurnal ilmiah Pendidikan Islam diterbitkan dua kali dalam setiap tahun. Kajian dalam jurnal ini ialah kajian ilmiah hal-hal yang berkaitan tentang pendidikan islam, hasil penelitian seputar pendidikan islam, pengabdian pendidikan islam; seperti pengetahuan ilmiah seputar keislaman, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen kelas, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan islam baik ilmiah maupun hasil penelitian ataupun pengabdian. Tulisan dalam jurnal ini terbuka untuk akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkaitan tentang pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2024): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam" : 6 Documents clear
PENDIDIKAN TASAWUF SULTAN MUHAMMAD IDRUS BIN SULTAN BADARUDDIN AL-BUTHUNI DALAM KITAB TAHSIN AL-AULAD FI THA’ATI RABBI AL-‘IBAD Mahfudz, Ali; Ari Masyhuri, Ahmad
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 13 No 1 (2024): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v13i1.1133

Abstract

Kenakalan remaja di sekolah telah menjadi masalah yang signifikan yang berdampak pada perkembangan sosial dan moral mereka. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengekplorasi pendidikan tasawuf Sultan Muhammad Idrus dalam kitabnya Tahsin al-Aulad fi Tha’ati Rabbi al-‘Ibad. Untuk menganalisis konsep pendidikan tasawuf yang diuraikan dalam kitab tersebut, artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kajian pustaka. Data dikumpulkan melalui peninjauan mendalam literatur terkait. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan tasawuf yang diajarkan oleh Sultan Muhammad Idrus mengadopsi pendekatan yang menyeluruh dan holistik, mencakup tiga dimensi utama yaitu hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama manusia, dan hubungan dengan alam. Oleh karena itu, artikel ini menekankan pentingnya penerapan pendidikan tasawuf Sultan Muhammad Idrus sebagai model pendidikan yang efektif untuk membentuk karakter remaja yang seimbang dan harmonis, serta berkontribusi positif dalam mengatasi masalah kenakalan remaja di era modern.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMKS YAPIM MEDAN Harefa , Raindy; Tambunan, Nurhalima
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 13 No 1 (2024): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v13i1.1164

Abstract

Moderasi beragama telah menjadi topik penting yang tidak hanya diperbincangkan dalam ranah politik, tetapi juga mendapatkan perhatian besar dalam dunia akademik dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMKS Yapim Medan serta dampaknya terhadap sikap dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKS Yapim Medan telah berhasil mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama melalui pendekatan pembelajaran yang mengedepankan dialog, keterbukaan, dan pengalaman langsung dalam memahami keberagaman agama. Dampaknya terlihat pada peningkatan sikap toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, serta kemampuan siswa dalam mempraktikkan nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat pemahaman tentang pentingnya pendidikan agama yang moderat dalam membentuk generasi yang pluralis dan inklusif di tengah masyarakat multikultural seperti Indonesia.
FULL DAY SCHOOL: MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI DI KALANGAN PESERTA DIDIK Puspitasari, Dakusta; Maryono
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 13 No 1 (2024): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v13i1.1178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Full Day School dalam membentuk karakter disiplin dan kemandirian pada peserta didik di TK An-Nahdliyyah Grabag, Kabupaten Magelang. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan kepala sekolah, tiga guru, dan lima orang tua murid sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Full Day School dapat meningkatkan disiplin dan kemandirian siswa melalui berbagai strategi, termasuk pengaturan jadwal yang ketat, pembelajaran berbasis proyek, dan keterlibatan aktif orang tua. Komitmen pendidik dan dukungan orang tua merupakan faktor pendukung utama dalam keberhasilan program ini. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa hambatan, seperti keterbatasan fasilitas, keragaman latar belakang siswa, dan tantangan dalam menjaga keseimbangan antara beban akademik dan kesejahteraan emosional siswa. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi sekolah dan pendidik dalam mengembangkan dan mengimplementasikan program Full Day School yang lebih efektif. Penelitian ini juga merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dari Full Day School serta studi komparatif dengan model pendidikan lainnya. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi pada literatur pendidikan mengenai Full Day School tetapi juga menawarkan rekomendasi praktis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA’ARIF SIDOMULYO Fadhilatul Febriyanti, Nur; Fuad Hasyim HS, Ahmad; Wafirah, Milna
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 13 No 1 (2024): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v13i1.1184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Ma’arif Sidomulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan selanjutnya dilakukan analisis menggunakan model interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan mengenai pentingnya peran Kepala Sekolah MI Ma’arif Sidomulyo dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai pemimpin administrasi, tetapi juga sebagai supervisor yang memberikan bimbingan dan arahan dalam pengajaran. Peran sebagai wirausahawan juga sangat penting, karena kepala sekolah mendorong inovasi dan pengembangan lingkungan pendidikan yang kreatif dan dinamis. Selain itu, kompetensi sosial dan kepribadian yang dimiliki oleh kepala sekolah menjadi kunci dalam membangun hubungan yang harmonis dengan para guru, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang kondusif
NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERDAPAT DALAM TRADISI MANAQIBAN DI DESA WONOSARI KECAMATAN BENGKALIS Ritonga, Supardi; Saputra, Decky; Ramadhan, Firly
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 13 No 1 (2024): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v13i1.1185

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu daerah atau lingkungan masyarakat biasanya memiliki tradisi yang berbeda-beda. Salah satu tradisi yang ada di Indonesia yaitu tradisi manaqiban. Tradisi manaqiban terdapat nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung didalamnya dan penting untuk diteliti dan publikasikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dilakukan di Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis. Penelitian ini dilaksanakan April sampai dengan oktober 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para jamaah yang mengikuti Manaqiban. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Penelitian ini juga akan mendeskripsikan,menganalisa, dan menjelaskan semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Manaqiban adalah suatu tradisi pembacaan manaqib (biografi) yang kitabnya bernama Nurul Burhan yang berisi tentang cerita silsilah nasab Syekh Abdul Qadir Al Jailani, sejarah hidupnya, akhlak karamahnya.Pelaksanaan manaqiban dari pembukaan, tahlilan, tawasul fatihah, pembacaan manaqib kitab Nurul Burhan sampai selesai, do’a, dan yang terakhir makan bersama. Dalam tradisi Manaqiban terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diteladani yaitu nilai pendidikan aqidah, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak, dan nilai pendidikan sosial.
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 1 LANGGAM KABUPATEN PELALAWAN Febriadi, Torang; Sri Suryani, Lina; Nurliana, Nurliana; Ulya, Miftah; Sukiyat, Sukiyat
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 13 No 1 (2024): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v13i1.1199

Abstract

Pembelaran aktif dalam proses pembelajaran, pada hakikatnya mengoptimalkan seluruh potensi siswa untuk berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bermaksud menerapkan strategi inquiry learning guna meningkatkan keaktifan belajar siswa. Melibatkan 30 siswa pada Sekoah Menengah Kejuruan Negeri 1 Langgam Kabupaten Pelalawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan strategi inquiry learning telah berhasil terlaksana dengan sangat baik. yakni pada siklus pertama mencapai 85%, dan meningkat menjadi 90% pada siklus kedua. Jumlah indikator yang sudah terlaksana “sangat baik” adalah 9 indikator, dan yang tergolong “baik” juga 6 indikator. Tidak adalagi indikator yang tergolong “kurang baik” apalagi “tidak baik”. Penggunaan strategi inquiry leraning berhasil meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan terlihat dengan naiknya nilai rata-rata keaktifan belajar siswa mulai dari sebelum tindakan yakni nilai rata-rata hanya 75. Temuan penelitian dari penerapan strategi inquiri learning dalam upaya peningkatan keaktifan belajar siswa di SMKN 1 Langgam Kabupaten Pelalawan adalah (1) Memperhatikan unsur-unsur pembelajaran strategi inquiry learning merupakan salah satu model coopetavie learning. (2) Menerapkan prinsip belajar aktif. (3) Memaksimalkan faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa ke arah yang positif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6