JURNAL TALENTA
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018"
:
9 Documents
clear
DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI
Eka Mujirahayu
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada anak usia dini. Tipe penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Serta menambah reverensi masyarakat dalam memahami permasalahan seputar anak dan orang tua. Hasil penelitian yang diperoleh 1) Terlihat anak usia dini sering menggunakan gadget pada saat kegiatan tertentu. Sehingga anak usia dini merasa terlalu senang menggunakan gadget yang dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. 2) bagaimana bentuk penggunaan gadget (aplikasi, intensitas, dan durasi pemakaian gadget) pada anak usia dini. 3) Sebagian besar anak usia dini meggunakan gadget hanya untuk bermain game dan menonton film animasi yang seharusnya gadget dapat dipergunakan untuk media pembelajaran bagi anak usia dini. 4) pengawasan oleh orang tua dirasakan kurang, karena sebagian besar orang tua terkesan memberikan dan tidak terlalu khawatir dengan dampak yang akan ditimbulkan dari penggunaan gadget secara terus- menerus. Orang tua harus lebih berhati – hati dalam mengawasi dan memonitoring kegiatan anak dalam menggunakan gadget sehari-hari untuk meminimalisir sisi negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget tersebut, dan seharusnya gadget digunakan dan dimanfaatkan untuk hal yang positif
MELATIH KONSENTRASI MELALUI PERMAINAN WIRE GAME PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Erva Ziana
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini untuk melatih konsentrasi anak melalui permainan wire game di TK Miftahul Ilmi. Untuk mengetahui seberapa besar permainan wire game untuk melatih konsentrasi anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ilmi. Penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi 12 orang anak di TK Miftahul Ilmi. Menggunakan metode sampling jenuh. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program computer SPSS series 17.0. Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu t Paired Samples t Test. Dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikan perbedaan mean antar kelompok pretest dan kelompok posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wire Game yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi kemampuan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ilmi. Kemudian dapat diketahui signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian penggunaan media Wire Game berpengaruh signifikan meningkatkan kemampuan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ilmi
ANALISIS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (BOP) DALAM MENUNJANG SARANA DAN PRASARANA PEKANBARU
Istianatul Khairiyah
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian adalah unuk mengetahui upaya penggunaan dana BOP di Gugus Nila Kota Pekanbaru. Penelitian dilakukan di TK Baiturrahman, TK Islam Al-Mujahidin dan TK Santa Maria. BOP PAUD adalah program pemerintah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasioanl untuk mendukung kegiatan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni. Subjek penelitian adalah kepala sekolah TK Baiturrahman, TK Islam Al-Mujahdidin dan TK Santa Maria. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan mengannalisis data-data tersebut dan memberikan interprestasi terhadap data yang diperoleh dengan cara memberikan penjelasan yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penerimaan dan pengeluaran dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) berjalan dengan efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya buku kas penggunaan dana BOP di masing-masing TK sesuai dengan juknis pemerintah
PENGARUH PENAYANGAN MEDIA FILM ANIMASI SYAMIL DAN DODO TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI
Marlia Ningsih
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penayangan film animasi Syamil & Dodo terhadap perkembangan moral anak usia dini. Kaitan film animasi Syamil & Dodo ini terhadap perubahan perkembangan moral anak yaitu dengan menonton tayangan film animasi Syamil & Dodo ini dapat dijadikan media untuk memberi keteladanan bagi anak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anak mampu belajar dan mengubah prilaku negatif menjadi prilaku yang lebih baik lagi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. dengan mengambil subjek TK Aisyiyah IV Pekanbaru. Hasil penelitian yaitu adanya pengaruh penayangan film animasi Syamil & Dodo terhadap perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah IV Pekanbaru
PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KOMPETENSI GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN TAMPAN
Nurhikmah
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini berjudul “pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kompetensi guru taman kanak-kanak di kecamatan tampan”. Dilatar belakangi oleh adanya perbedaan antara sekolah yang gurunya banyak mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan sekolah yang gurunya jarang mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kompetensi guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tampan. Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara kafah membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencangkup penguasan materi, pemahaman terhadap peserta didik, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi dan profesionalitas. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuisioner terhadap 35 orang guru taman kanak-kanak di kecamatan tampan. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif melalui uji hipotesis. Dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon dua sampel yang saling berhubungan, uji Wilcoxon digunakan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan rata-rata dua sampel yang saling berhubungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dari hasil Test Statistik of Wilcoxon Signed menunjukkan Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 maka H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kompetensi guru taman kanak-kanak di kecamatan tampan.
ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DI SENTRA BERMAIN PERAN USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 3 KOTA PEKANBARU
Herwina
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah tingginya antusias siswa di TK Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru terhadap kegiatan pembelajaran disentra bermain peran, anak memiliki ketertarikan terhadap pembelajaran di sentra bermain peran dan strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam sentra bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam melakukan pembelajaran di sentra bermain peran anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru di sentra bermain peran di TK Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Gugus Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan, setelah proposal ini diseminarkan. Berdasarkan Hasil Penelitian ini mengenai “analisis strategi pembelajaran guru di sentra bermain peran anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 kota pekanbaru” bahwa sentra bermain peran memiliki sistem pembelajaran yang lebih sulit untuk anak karena, di dalam kegiatan pembelajaran di sentra bermain peran anak lebih banyak melakukan kegiatan percakapan yang aktif. Guru di sentra bermain peran juga memiliki kemampuan secara teori dan praktik yang bagus, sehingga penerapan teori bermain peran dapat diterapkan dan dilaksanakan dalam kegiatan bermain peran.
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN GURU DENGAN KEMAMPUAN MEMOTIVASI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK KEC. KAMPAR KIRI HILIR KAB. KAMPAR
Syalwa
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara tingkat pendidikan guru dengan kemampuan memotivasi anak dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kec. Kampar Kiri Hilir Kab Kampar. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru di Taman Kanak-kanak Kecamatan Kampar kiri Hilir Kabupaten Kampar yang berjumlah 89 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan lembaran angket. Hasil penelitian data yang diperoleh dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan adalah tidak ada hubungan yang signnifikan antara tingkat pendidikan guru dengan kemampuan memotivasi anak dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kecamatan Kampar kiri Hilir Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung lebih kecil dari t tabel, atau nilai t hitung sebesar 1,62 dan nilai t tabel 1,684. Dengan demikian tingkat pendidikan guru tidak memiliki hubungan dengan kemampuan memotivasi anak dalam proses pembelajaran.
UPAYAH PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN TEKNIK 3M (MELIPAT, MENGGUNTING DAN MENEMPEL) DI KELAS A TK ABA 3 RUMBAI
Susi Herlinda
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan motorik halus anak di kelas a tk aba 3 rumbai pekanbaru pada pembelajaran melipat, menggunting, dan menempel. Penelitian ini dilakukan karena guru mengalami kesulitan dalam memberi pemahaman pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam usaha mengembangkan motorik halus anak dalam berolah tangan. Kegiatan 3M yang dilakukan secara berulang-ulang, diharapkan anak dapat lebih terampil dan menyenangi kegiatan ini. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, berlokasi di kelas a tk aba 3 rumbai pekanbaru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan motorik halus anak dari siklus I dengan nilai rata-rata kelas 54,51% dan meningkat pada siklus dua dengan nilai rata-rata kelas 75,35%.
Persepsi Guru Tentang Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Melati Kecamatan Simpang Tiga Pekanbaru
Rahmah
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 9 No. 2 (2018): JURNAL TALENTA VOL.IX NO.2 DESEMBER 2018
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
ABSTRAK Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di gugus II Melati kec. Simpang Tiga Kota pekanbaru. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpul data observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa pembelajaran sains mampu membatu guru untuk mengetahui apa yang anak inginkan dan menjelajah segala apa yang mereka harapkan Hasil penelitian data yang diperoleh adalah Persepsi guru TentangPembelajaran sains di Gugu II Melati Kecamatan Simpang Tiga Kota Pekanbaru ditinjau dari aspek study tanaman atau tumbuhan cukup baik dan mampu menerapkan. Persepsi guru Terhadap Pembelajaran sains di Gugug II Melati kec. Simpang Tiga Kota Pekanbaru ditinjau dari aspek study tentang hewan atau binatang cukup baik akan tetapi masih mengalami kesulitan dalam mengadakan atau mendatangkan kedalam ruang kelas dan minimnya kebun binatang yang akan dikunjungi. Persepsi guru Terhadap Pembelajaran sains di Gugus Melati kec. Simpang Tiga Kota Pekanbaru ditinjau dari aspek study hubungan hewan dan tanaman cukup baik dan mudah menjelaskannya kepada anak Persepsi guru Terhadap Pembelajaran sains di Gugus II Melati kec. Simpang Tiga Pekanbaru ditinjau dari aspek hubungan aspek kehidupan masih dirasa sulit dijelaskan dan menyamngkut sesuatu yang sangat kompleks.