cover
Contact Name
Gede Hendri Setiawan
Contact Email
hendrix_lempeh44@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
wayan_widiana@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Udayana No.11 Singaraja Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Journal Of Educational Research and Review
ISSN : 26214792     EISSN : 26218984     DOI : -
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal of Educational Research and Review. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Indonesian Journal of Educational Research and Review
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3: October 2019" : 20 Documents clear
PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS APLIKASI ANDROID Sri Husnulwati; Layang Sardana; Suryati Suryati
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.098 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.21013

Abstract

Pemilihan media yang tepat tentu sangat berpengaruh terhadap berhasil tidaknya sebuah proses belajar mengajar. Modul sebagai salah satu media pembelajaran juga harus menyesuaikan, salah satu caranya dengan menggunakan modul elektronik (e-module). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengembangan produk modul pembelajaran elektronik (e-modul) berbasis android untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, (2) kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan dari penggunaan produk modul pembelajaran elektronik (e-modul) berbasis android untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, (3) keefektifan penggunaan modul pembelajaran elektronik (e-modul) berbasis android untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Subjek uji coba produk penelitian pengembangan ini terdiri atas ahli desain, ahli isi/materi pembelajaran, uji satu lawan satu (one for one) dan uji kelompok kecil. Metode penelitian yang digunakan, yaitu Research and Development atau penelitian pengembangan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, (1) Kualitas e-Modul Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sumber belajar terkategori layak digunakan karena secara komponen baik media, materi dan proses pembelajaran mendapatkan skor masing-masing 67,00, 150,00 dan 88,20 yang terkategori sangat layak, (2) Kelayakan e-Modul Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sumber belajar terkategori layak digunakan. Hal ini karena secara komponen baik, tampilan, pengoperasian, dan pewarnaan mendapatkan nilai masing-masing 63,33%, 63,33% dan 86,63% yang jika direrata terkategori layak digunakan
PENGARUH KESEIMBANGAN, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN MONTHONG DOLIOCHAGI Yudabbirul Arif; Lukas M. Boleng; V.M.M. Flora Babang; Khetye R Saba
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.957 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.21091

Abstract

Penelitian ini bertujuan dan melihat serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh langsung antara aspek keseimbangan, serta daya ledak otot tungkai dan motivasi berprestasi dengan kemampuan tendangan monthong doliochagi pada atlet taekwondo. Penelitian ini dilakukan pada Atlet Taekwondo Kota Padang Panjang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total Purposive sampling sebanyak 35 orang. Pengujian hipotesis pengaruh langsung keseimbangan terhadap kemampuan tendangan monthong doliochagi sebesar 0,369. Pengaruh langsung antara aspek daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan tendangan monthong doliochagi sebesar 0,374. Pengaruh langsung antara motivasi berprestasi terhadap kemampuan tendangan monthong doliochagi sebesar 0,298. Kemudian pengaruh langsung antara aspek keseimbangan terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,336. Pengaruh langsung antara aspek daya ledak otot tungkai terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,410. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh lanusng antara keseimbangan, daya ledak otot tungkai dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan tendangan monthong doliochagi pada atlet taekwondo kota Padang panjang
THE ANALYSIS OF VIOLATION OF MAXIMS IN CONVERSATIONAL IMPLICATURE FOUND IN DJARUM 76 ADVERTISEMENTS JIN VERSION I Luh Meiyana Ariss Susanti; Gede Hendri Setiawan
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.876 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.21266

Abstract

This study aimed to analyze the violation of maxims in conversational implicature found in djarum 76 advertisements “Jin Version” and find out the audiences understanding about the Djarum 76 Advertisements “Jin Version” with a violation of Grice maxims in their conversation, this study used qualitative descriptive method to find out the violation of Gricean maxims. And to know the effect of maxims violation in delivering the advertisements messages, the researcher spread the questionnaire to the society by taking 30 peoples as sample. From the result of violation analysis, there were four types of Grice maxims violated. And then from the result of questionnaire analysis, the researcher found out that the advertisement was attractive. Based on those data the researcher concluded that the audiences interest to watch the advertisements and they understand enough with the messages which was deliver by Djarum 76 “Jin Version” although there were Gricean maxims violations.
Determinasi Sikap Profesi, Kompetensi Mengelola Proses Pembelajaran dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar I Made Warga; Nyoman Dantes; I Nyoman Natajaya
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.632 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.21367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya determinasi sikap profesi, kompetensi mengelola proses pembelajaran dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru pada Sekolah Dasar di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto dan pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner. Penentuan responden berdasarkan table Krejeie dan Morgan yaitut sampel 148 guru yang diambil secara acak. Analisis data menggunakan regresi sederhana, korelasi parsial, regresi ganda, korelasi ganda. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: Pertama: terdapat determinasi yang signifikan antara sikap profesi (X1) terhadap kepuasan kerja guru (Y) ; Kedua: terdapat determinasi yang signifikan antara kompetensi mengelola proses pembelajaran (X2) terhadap kepuasan kerja guru (Y) , Ketiga: terdapat determinasi yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (X3) terhadap kepuasan kerja guru (Y), dan Keempat: terdapat determinasi yang signifikan antara sikap profesi (X1), kompetensi mengelola proses pembelajaran (X2), kepemimpinan kepala sekolah (X3) terhadap kepuasan kerja guru (Y).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SD I Wayan Parwata
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.973 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.21368

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar geometri ditinjau dari kemampuan spasial siswa kelas V SD di Gugus Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Sebanyak 82 siswa kelas V dipilih sebagai sampel dengan teknik random sampling. Data  yang dikumpulkan  adalah data hasil belajar dan kemampuan spasial siswa dengan tes pilihan ganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar geometri antara siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dan  siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ( Fhitung = 9,119 > Ftabel = 4,00). Kedua, setelah dikendalikan oleh kovariabel kemampuan spasial, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar geometri siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Fhitung = 12,182 > Ftabel = 4,00). Ketiga, terdapat kontribusi kovariabel kemampuan spasial yang signifikan terhadap hasil belajar geometri siswa (rhitung = 0,551 > rtabel =0,215).
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN Ni Wayan Murjani
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.77 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.21811

Abstract

Pencapaian prestasi belajar PPKN siswa Kelas VII A Semester I SMP Negeri 2 Kerambitan berada di bawah KKM. Nilai rata-rata yang dapat diperoleh hanya 65,78, sedangkan tuntutan KKM adalah sebesar 70. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar PPKN. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Sesuai hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PPKN telah membuat prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada data awal sebesar 67,13 meningkat menjadi 69,81 pada siklus I. Lalu pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 76,97. Secara keseluruhan peningkatan prestasi belajar siswa dari data awal ke siklus II sebesar 9,84 point. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 25,00% pada data awal menjadi 53,13 % pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 93,75 %. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VI Ni Wayan Setiasih
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.095 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.21812

Abstract

Perolehan data awal sebagai hasil observasi yang dilakukan ditemukan kenyataan bahwa prestasi belajar PKn siswa kelas VI di semester I tahun pelajaran 2017/2018 baru mencapai nilai rata-rata 59,23. Hasil tersebut masih sangat jauh dari ketetapan standar minimal pencapaian mutu pendidikan dengan KKM 75 yang ditetapkan di SD Negeri 2 Kukuh Kerambitan. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI tahun pelajaran 2017/2018 setelah implementasi model pembelajaran Kuantum dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 13 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 59,23 meningkat menjadi 73,54 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,31 pada siklus II dengan ketuntasan belajar kegiatan awal 62% pada siklus I meningkat menjadi 69% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penggunaan model pembelajaran Kuantum sebagai upaya dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas VII SD Negeri 2 Kukuh Kerambitan Tahun Pelajaran 2017/2018.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI BIMBINGAN KONSELING Ni Made Supariati
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.281 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.21815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa di SMP Negeri 2 Kerambitan. Kajiannya dilatarbelakangi oleh tinggi rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia di sekolah. Datanya diperoleh menunjukkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa adalah 45% dari 24 siswa yang memperoleh nilai sesuai dengan KKM. Sehingga perlu adanya Bimbingan Konseling dalam meningkatkan Prestasi belajar Bahasa Indonesia tersebut. Setalah dilakukan Bimbingan Konseling pada siswa kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Kerambitan terjadi peningkatan yang signifikan, yakni pada siklus I meningkat menjadi 63% dengan rata-rata 74 sedangkan pada siklus II menjadi 90% dengan rata-rata 81. Hal ini menunjukkan bahwa Bimbingan Konseling dapat meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Kerambiatan.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA I Wayan Widarsa
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.769 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.21816

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kerambitan Kelas VIII A Semester I Tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Matematika masing rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 71,37, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 77,37 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 82,16. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika Siswa Kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Kerambitan Tabanan.
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DAN PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BINA DIRI SISWA SLB NEGERI 2 SINGARAJA I Nengah Dwi Endra Suanthara
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 3: October 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.179 KB) | DOI: 10.23887/ijerr.v2i3.22289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar bina diri siswa SLBN 2 Singaraja. Penelitian ini didesain dengan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SLBN 2 Singaraja. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 8 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data tentang proses pembelajaran, sedangkan pemberian tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar bina diri. Semua data dalam penelitian ini merupakan “data experimental” artinya data yang dimapulasi melalui treatment. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pemaparan makna secara naratif. Temuan penelitian menunjukkan: penerapan metode bermain peran yang dipadukan dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan hasil sebagi berikut. Siklus I sebesar 44%, meningkat pada siklus II sebesar 85,83%. Di samping itu juga terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rerata kelas (M), daya serap (DS), dan ketuntasan belajar (KB). Peningkatan prestasi belajar tersebut dapat dilihat sebagi berikut. Siklus I: M = 66,63 ; DS = 66,63% dan KB = 33,33%. Pada siklus II : M= 85,83; DS = 85,83% dan KB = 100%. Jadi penerapan metode bermain peran dan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivistas dan prestasi belajar bina diri siswa kelas IV SLBN 2 Singaraja.

Page 1 of 2 | Total Record : 20