cover
Contact Name
Sayuri
Contact Email
yurifeo@gmail.com
Phone
+62085250027988
Journal Mail Official
jurnal.fenomena@gmail.com
Editorial Address
LP2M UINSI Samarinda JL HAM Rifadin, Loa Janan Ilir, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
FENOMENA: Jurnal Penelitian
ISSN : 24603902     EISSN : 26154900     DOI : https://doi.org/10.21093
FENOMENA: Jurnal Penelitian, a peer-reviewed journal, is an interdisciplinary publication of original research on Islamic Studies. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding and promote the process of knowledge, values, and skills. The journal encompasses research articles, original research reports, reviews, and scientific commentaries on Islamic studies, including Islamic Education and Islamic Law.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 2 (2023): FENOMENA VOL 15, NO. 2, 2023" : 6 Documents clear
Menyatu dalam Harmoni: Melihat Islam dalam Multikulturalisme Budaya Bali Utara Wulan, Nisfi Chairani; Hyangsewu, Pandu
FENOMENA Vol 15 No 2 (2023): FENOMENA VOL 15, NO. 2, 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/fj.v15i2.7946

Abstract

Bali Utara, tidak hanya sekadar destinasi wisata, melainkan panggung epik keberagaman budaya dan kerukunan antarumat beragama. Dalam sentuhan tradisi Hindu yang kuat dan kehadiran Islam sebagai minoritas, wilayah ini menjadi lanskap harmoni unik. Artikel ini, melalui pendekatan literature review, menyelami kisah perpaduan yang memikat. Masjid Al-Hidayah di Bedugul, sebagai ikon inklusivitas, mencerminkan arsitektur indah dan toleransi. Hasil penelitian menggambarkan kolaborasi umat beragama sebagai sumber kekayaan masyarakat. Di balik keindahan alam, Bali Utara adalah cerita sederhana tentang hidup bersama dalam perbedaan, sebuah melodi yang memPesona.
Dinamika Tradisi Baritan: Kearifan Lokal dan Spiritualitas Islami di Desa Meteseh Husna, Fina Mazida; Maola, Mochammad
FENOMENA Vol 15 No 2 (2023): FENOMENA VOL 15, NO. 2, 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/fj.v15i2.8006

Abstract

Artikel ini mendalami signifikansi budaya dari tradisi yang diwarisi dari nenek moyang dan evolusinya sepanjang waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tradisi Baritan di Desa Meteseh, Boja, Kendal. Penelitian ini mengungkap motif dan tujuan di balik tradisi Baritan yang telah berlangsung lama dan diwariskan, mengungkapkan signifikansi budaya dan agamanya. Menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini mengadopsi observasi dan wawancara. Peneliti, yang tinggal di Desa Meteseh, mengadopsi pendekatan observasi partisipatif untuk terlibat aktif dalam tradisi Baritan. Wawancara dengan pemimpin agama dan masyarakat, termasuk "modin" lokal (pemimpin agama), berkontribusi pada pemahaman demografi dan nuansa budaya Desa Meteseh. Penelitian mengungkap bahwa Baritan berfungsi sebagai upaya bersama untuk mencari keselamatan di awal tahun, memasuki bulan Muharram. Selain itu, Baritan berfungsi sebagai platform untuk wacana keagamaan, mendorong aktivitas positif, dan menentang perayaan duniawi. Artikel membahas tujuan ganda Baritan – sebagai praktik keagamaan dan sebagai upaya untuk menolak bahaya potensial. Sebagai kesimpulan, tradisi Baritan di Desa Meteseh memiliki signifikansi budaya dan keagamaan yang mendalam. Sifat komunal ritual ini, evolusinya sepanjang waktu, dan simbolisme filosofis dalam hidangan tradisional mencerminkan hubungan kompleks antara Islam dan adat istiadat lokal Jawa. Baritan tidak hanya melestarikan warisan budaya, tetapi juga berfungsi sebagai sarana doa bersama dan keterlibatan positif.
Islam Rahmatan Lil Alamin Paradigm and Its Implications for Strengthening Student Profiles in Nusantara Nurdin, Arbain; Hendra, Hendra; Tobroni, Tobroni; Khozin, Khozin
FENOMENA Vol 15 No 2 (2023): FENOMENA VOL 15, NO. 2, 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/fj.v15i2.8008

Abstract

The purpose of this research is to describe the concept of Islam rahmatan lil’alamin perspective of Ulama and to analyze its implications for strengthening students profile in Nusantara. This study was conducted using a library research method, and the research data sources were diverse articles and research findings on the paradigm of Islam rahmatan lil’alamin and its implications. The research findings revealed that Ulama have provided their views on this matter, such as KH. Hazim Muzadi, who proposed three approaches to promote Islam Islam rahmatan lil’alamin, KH. Achmad Siddiq, who developed the concept of ukhuwah trilogy, and KH. Achmad Dahlan, who emphasized values in his preaching method. The implications of these findings provide support for shaping the profiles of students in Nusantara by designing programs and activities that offer opportunities for students to develop and actualize the values of rahmatan lil’alamin, both within the school environment and in society
Non-Muslim Hijabi: Praktik Penggunaan Hijab oleh Siswa Non-Muslim di Sekolah Oviensy, Vegia; Putri, Luqyana Azmiya
FENOMENA Vol 15 No 2 (2023): FENOMENA VOL 15, NO. 2, 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/fj.v15i2.8092

Abstract

Ikonisitas hijab telah menjadi identitas yang merujuk kepada diri seorang perempuan muslim. tulisan ini mengeksplorasi dan menganalisis melalui studi empiris tentang praktik penggunaan hijab di kalangan non-muslim di sekolah. Metode penelitian yang digunakan ialah field research. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 1 Kerinci merupakan SMK negeri yang mayoritas siswanya beragama Islam, dari 622 siswa hanya 14 orang siswa yang beragama non Islam seperti Budha, Konghucu, Kristen Protestan dan Kristen Katholik, dari 14 siswa tersebut terdapat 8 orang siswa perempuan yang beragama non Islam namun fenomena yang ditemukan adalah mereka menggunakan hijab baik di sekolah maupun di luar sekolah. Salah satu bentuk respons yang menarik adalah ketika guru merespons dengan membelikan hijab bagi siswa non-Muslim yang memutuskan untuk berhijab. Tindakan ini menunjukkan sikap empati dan dukungan dari pihak sekolah terhadap kebebasan berpakaian siswa. Proaktif dalam memfasilitasi dialog interreligius, sekolah dapat menjadi agen pembentukan pemahaman yang lebih baik dan meredakan potensi konflik di lingkungan pendidikan yang inklusif.
Analisis Dakwah TikTok terhadap Tingkat Religiusitas Mahasiswa: Studi Kasus pada Pengguna Aktif TikTok di Kalangan Mahasiswa UPI Budiarti, Ayu Lestari; Alviyah, Erlin Nisa; Triana, Ira; Lestari, Noviana Ayu; Jamilah, Rahma; Saptaji, Salma Adriyani Putri; Hyangsewu, Pandu
FENOMENA Vol 15 No 2 (2023): FENOMENA VOL 15, NO. 2, 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/fj.v15i2.8555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dakwah melalui aplikasi TikTok terhadap tingkat religiusitas mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dengan memanfaatkan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner online yang diisi oleh 100 responden mahasiswa UPI dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok merupakan platform yang sangat populer di kalangan mahasiswa dengan frekuensi dan durasi penggunaan yang tinggi. Selain untuk hiburan, TikTok juga dimanfaatkan untuk pengembangan diri. Konten dakwah di TikTok sering dijumpai oleh pengguna, dengan topik utama seperti kehidupan sehari-hari dalam Islam, motivasi ibadah, dan pengingat akhirat. Mayoritas pengguna merasa konten dakwah di TikTok berpengaruh positif terhadap pemahaman, praktik, dan sikap keagamaan mereka. Meskipun ada tantangan terkait kredibilitas dan kedalaman informasi, TikTok memiliki potensi besar sebagai sumber pengetahuan Islam yang efektif bagi mahasiswa.
Kurikulum Holistik-Integratif: Analisis Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Berpola Kurikulum Merdeka Mahardhika, Muhammad Fajrul; Wantini, Wantini
FENOMENA Vol 15 No 2 (2023): FENOMENA VOL 15, NO. 2, 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/fj.v15i2.8927

Abstract

Konsep kurikulum holistik-integratif yang menekankan pengembangan keseluruhan siswa dan mengintegrasikan berbagai aspek kehidupan, termasuk kognitif, fisik, emosional, sosial, dan spiritual. Menganalisis kurikulum al-Islam, yang didasarkan pada ajaran Islam dan bertujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang Islam secara holistik. Pentingnya menjaga keseimbangan antara pembelajaran akademik dan agama serta mengintegrasikan teknologi modern dalam kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, menganalisis berbagai sumber secara kritis untuk mendukung proposal dan ide. Pendekatan dalam desain kurikulum dalam pendidikan, termasuk pendekatan holistik dan integratif, serta yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam dan gerakan Kemuhammadiyahan. Kurikulum Merdeka menekankan otonomi siswa dan personalisasi, sedangkan Kurikulum Al-Islam mengintegrasikan nilai dan prinsip Islam ke dalam mata pelajaran akademik. Kurikulum Kemuhammadiyahan berfokus pada pendidikan Islam, pengembangan karakter, mata pelajaran akademik, keterampilan praktis, kewirausahaan, dan pendidikan sosial. Pendekatan-pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan personal bagi siswa. Aspek kurikulum holistik dan integratif dalam pendidikan Islam, termasuk implementasinya di sekolah, penggunaan permainan tradisional dan budaya lokal, dan integrasi pendidikan Islam dan lingkungan. Peran pendidikan karakter dan emosi positif dalam pendidikan holistik, serta pentingnya pandangan positif terhadap kurikulum.

Page 1 of 1 | Total Record : 6