cover
Contact Name
M. Fahli Zatrahadi
Contact Email
m.fahli.zatra.hadi@uin-suska.ac.id
Phone
+6281371856122
Journal Mail Official
m.fahli.zatra.hadi@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27758060     DOI : 10.24014/japkp.v3i1.16380
Jurnal Admnistrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, merupakan media komunikasi ilmiah antar peminat ilmu Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan yang terdiri dari dosen, pakar dan praktisi, mahasiswa dan lain sebagainya. Jurnal ini mengangkat tulisan/karya ilmiah seputas Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan. Artikel-artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan kajian ilmiah atas masalah-masalah yang berkembang dalam Sekolah, masyarakat, gagasan-gagasan orisinal dan juga ringkasan hasil penelitian yang dituangkan dalam bahasa Indonesia. Artikel dapat berupa hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan, analisis teori, asumsi empirik yang berkaitan dengan pengembangan kajian Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan. urnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan (JAPKP) menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang Administrasi Pendidikan dan Bimbingan Konseling yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada: Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran Manajemen Pendidikan Manajemen Perkantoran Supervisi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pribadi Bimbingan dan Konseling Sosial Bimbingan dan Konseling Karier Bimbingan dan Konseling Akademik Bimbingan dan Konseling Sekolah Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi Penilaian dalam Bimbingan dan Konseling Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok Konseling Perorangan Konseling Multikultural Analisis dan Modifikasi Perilaku Bimbingan dan Konseling untuk Penyandang Cacat Evaluasi dan Pengawasan dalam Bimbingan dan Konseling Manajemen Bimbingan dan Konseling Rencana karir Psikologi Pendidikan Psikologi Kesehatan Teknik Komunikasi
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan" : 5 Documents clear
Mengoptimalkan Peran Guru Mata Pelajaran Dalam Mendukung Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Rahmat, Zetri; Iswari, Mega; Afdal, Afdal; Syarifah, Syarifah
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 2 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i2.37896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi guru mata pelajaran dalam mendukung efektivitas program Bimbingan dan Konseling (BK) di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya dalam konteks keterbatasan jumlah guru BK di sekolah. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur (library research), dengan menganalisis 20 artikel ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan yang relevan selama kurun waktu 2018–2024. Hasil telaah menunjukkan bahwa keterlibatan aktif guru mata pelajaran dalam pengenalan layanan BK, pengamatan perubahan perilaku siswa, dan pemberian akses terhadap ruang konseling memiliki dampak positif terhadap penerimaan dan efektivitas layanan BK di sekolah. Selain itu, kolaborasi antara guru mata pelajaran dan guru BK dapat membantu mengatasi stigma negatif terhadap konseling serta memperkuat dukungan psikososial siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi materi konseling dasar dalam pelatihan profesi guru sebagai langkah strategis memperkuat sinergi antarpendidik. Temuan ini berkontribusi pada upaya memperkuat model kolaboratif dalam layanan bimbingan dan konseling berbasis sekolah secara holistik.
Implementation Of The Edupreneur Approach In The Development Of Ginzberg’s Theory For Optimizing Student Career Decision Making Hasanah, Jeni Fadhilatul; Isriyah, Mudafiatun; Fauziyah, Nailul
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 2 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i2.37905

Abstract

Career selection is a complex process that requires a deep understanding of interests, talents, personal values, and the realities of the job market. Among vocational high school (SMK) students, the challenges in career decision-making remain high, primarily due to low self-awareness and a lack of entrepreneurial orientation. This study aims to implement the edupreneurial approach in the development of Ginzberg's theory, particularly in the tentative stage, to optimize students' career decision-making abilities. The method used is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) to design a career guidance module that integrates entrepreneurial values. After validity testing, the module was applied to 8 students in the eleventh grade at SMKS Muhammadiyah Jember. The results indicate that the integration of Ginzberg's theory and the edupreneurial approach enhances self-awareness, creativity, and students' readiness to determine their career paths. Quantitative analysis using the Paired Sample T-Test shows a significant improvement from an average pre-test score of 140.50 to a post-test score of 159.25 (p < 0.05). Although the correlation between the pre-test and post-test is low (0.189), the significant difference indicates a positive impact of the module. Qualitative analysis reveals that students showed a high interest in the module's content and felt more confident in making career decisions. Overall, this module is effective in enhancing students' career decision-making abilities and creating a positive learning environment. This study recommends that career guidance in vocational schools adapt curricula and counseling services that are more responsive to the dynamics of entrepreneurship.
Efektivitas Konseling Kognitif Dengan Teknik Mindfulness Untuk Mengurangi Insecure Pada Mahasiswi Puspitasari, Yeni Resti; Rahmawati, Weni Kurnia; Fauziyah, Nailul
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 2 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i2.37942

Abstract

Rasa tidak aman atau insecure adalah fenomena umum yang sering dialami oleh mahasiswi, terutama terkait dengan tekanan terhadap standar kecantikan. Kondisi ini dapat memengaruhi kesejahteraan mental, interaksi sosial, serta prestasi akademik. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Argopuro Jember sebagai respons terhadap isu ini. Intervensi yang diterapkan mengacu pada teori kognitif dari Aaron T. Beck dan pendekatan mindfulness yang dikembangkan oleh Kabat-Zinn, dengan tujuan untuk mengubah pola pikir negatif dan meningkatkan penerimaan diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest design. Tujuh mahasiswi dengan tingkat insecure tertinggi dipilih melalui teknik purposive sampling dari total 20 peserta. Intervensi berupa layanan konseling kognitif berbasis mindfulness dilakukan dalam enam sesi, masing-masing berdurasi 50-60 menit, dengan materi terstruktur yang mengintegrasikan restrukturisasi kognitif dan latihan mindfulness. Instrumen yang digunakan adalah angket Insecure Feelings Scale yang telah melalui proses validasi isi dan pengujian reliabilitas. Hasil analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai t sebesar 11,618 dan signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05). Korelasi antara hasil pre-test dan post-test adalah 0,759 dengan nilai p sebesar 0,048, yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan konseling kognitif berbasis mindfulness efektif dalam menurunkan tingkat insecure pada mahasiswi. Secara praktis, pendekatan ini dapat diterapkan oleh konselor di pendidikan tinggi dalam layanan individual maupun kelompok untuk mengatasi masalah terkait harga diri dan penerimaan diri.
Implementasi Capacity Building Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Pada Sekolah Ramah Anak: Kajian Kualitatif di Sekolah Menengah Atas Kholik, Abdul Kholik; Yuliyaningsih, Putri; Mahnun, Nunu; Rusli, Radif Khotami
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 2 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i2.36989

Abstract

SMA Negeri 7 Bogor sebagai Sekolah Ramah Anak menghadapi tantangan dalam meningkatkan kompetensi guru agar tercipta lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengembangan kapasitas kelembagaan dan sistem yang di terapkan untuk meningkatkan komptensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data primer diperoleh dari wawancara delapan informan, dan data sekunder berupa dokumen resmi sekolah. Analisis data menggunakan pendekatan deduktif tematik dengan memanfaatkan perangkat lunak Nvivo 12. Hasil menunjukkan pelatihan rutin dan kolaborasi efektif memperkuat kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru. Kepala sekolah berperan sebagai pengelola sistem kerja terintegrasi, menciptakan lingkungan belajar kondusif dan adaptif. Keterbatasan sumber daya dan keberagaman karakter siswa menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan model capacity building integrative yang bermanfaat untuk kebijakan praktik pengembangan guru di Sekolah Ramah Anak.
Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Qoimah, Husnadatul; Rahmawati, Weni Kurnia; Fauziyah, Nailul
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 6, No 2 (2025): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v6i2.38089

Abstract

Rendahnya empati pada siswa sekolah menengah menjadi permasalahan merupakan pengaruh pertumbuhan remaja, fenomena seseorang yang kurang mampu memahami, merasakan, dan menganggap perasaan orang lain. Tujuan penelitian ini dilaksanakan  di Mts Negeri 2 Jember sebagai repondens terhadap isu ini. Langkah-langkah Intervensi  merupakan suatu perilaku baru dengan mengamati dan meniru perilaku positif dari model yang ada di media vidio yang ditayangkan  diterapkan di sekolah membuat dan pendekatan teknik modeling di sampaikan oleh ahli. tujuan untuk meningkatkan rendahnya empati siswa menggunakan media vidio yang ditampilkan pada memberian perlakuan dilakukan kepada siswa yang mengalami rendanya empati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain one group type pretest dan postest design . Delapan siswa mempunyai tingkat rendah dipilih melalui purposive sampilng dengan kreteria 1) memiliki skor rendah berdasarkan hasil angket awal, 2) bersedia mengikuti intervensi sampai selesai perlakuan, 3) meminta izin persetujuan orang tua, 4) kejaminan kerahasiaan data siswa. dari jumlah 28 siswa subjek 8 siswa yang mengalami rendahnya empati yang memperlukan treatment dengan durasi 45-50 menit dengan materi yang terstuktur intrument pengumpulan yang digunakan adalah menyebarkan angket yang telah di uji melalui proses validasi  ini dan pengujian reabilitas menghasilkan sebesar 0,87. intervensi tang dilakukan dalam 1 sesi melalui teknik modeling dengan menggunkan media vidio yang menanyangkan (cerita tentang empati) . Hasil intervensi yang menunjukkan peningkatan skor empati yang signifikan dari nilai rata-rata awal 59,00 menjadi 81,88 dan didukung oleh hasil uji Wilcoxon yaitu Sig. 0,012 (<0,05) artinya Ha diterima. Ha yaitu hipotesis ada perbedaan nilai pre-test dan post-test antara sebelum dan sesudah siswa diberikan intervensi bimbingan kelompok teknik modeling. Hal ini menunjukkan guru BK penting dalam menumbuhkan, mengamati empati siswa disekolah untuk mengetahui pentingnya empati dan menggunakan  teknik modeling mampu untuk meningkatkan empati dikalangan siswa kelas VIII Mts Negeri 2 Jember ditahun 2025. Penelitian ini telah memenuhi etika penelitian termasuk meminta izin ke sekolah, persetujuan orang tua dan jaminan kerahasiaan data siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5