cover
Contact Name
Novalia
Contact Email
novaliasholehah@gmail.com
Phone
+6285269379375
Journal Mail Official
ekombissainssaburai@gmail.com
Editorial Address
Jl. Imam Bonjol No. 468 Langkapura
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis
ISSN : 25724198     EISSN : 25021796     DOI : https://doi.org/10.24967/ekombis
Core Subject : Economy,
Ekombis Sains : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis, with registered number p-ISSN: 2572-4198 (print), e-ISSN: 2502-1796 (online), is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis contains scientific articles that are the result of research or analytical studies in economics, finance, and business. Issues and trends in the fields of economics and management published in this journal are expected to be able to contribute to improving the quality of science, as well as being able to contribute ideas in solving economic problems and challenges going forward.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis" : 8 Documents clear
PENGARUH NPL DAN NIM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN MENURUT KELOMPOK BANK BERDASARKAN MODAL INTI Hudaja, Ellicia Audi Setio; Marlina, Maria Assumpta Evi
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v9i2.3106

Abstract

Penelitian ini ingin menguji pengaruh Net Interest Margin (NIM) dan Non Performing Loan (NPL) berdasarkan KBMI terhadap nilai perusahaan perbankan pada periode 2021-2023. NIM merupakan selisih antara beban bunga dan pendapatan bunga perbankan, sedangkan NPL merupakan ukuran seberapa besar kredit macet dibandingkan total kredit yang telah disalurkan perbankan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 95 observasi, yang diperoleh dari metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi berganda dengan menggunakan software STATA. Hasil penelitian menunjukan bahwa NIM  dan NPL berpengaruh positif signifikan terhadap PBV. Perbankan dengan NIM tinggi akan semakin profitable karena mampu menghasilkan penghasilan bunga bersih yang semakin besar sehingga menyebabkan nilai perusahaan semakin tinggi. Pada penelitian ini NPL justru menunjukan pengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena perbankan dengan NPL tinggi sudah menyiapkan cadangan atas kredit macetnya sehingga membuat investor menilai bahwa bank lebih konservatif dalam menangani potensi kredit macetnya di masa mendatang.
Strategi pemasaran berbasis kearifan lokal terhadap pengembangan desa wisata Pahawang di Pesawaran Lampung Prikurnia, Anas Khair; Kurniawan, Rudi
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v9i2.3350

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang memanfaatkan kearifan lokal dalam pengembangan Desa Wisata Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pariwisata merupakan sektor vital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun banyak destinasi wisata termasuk Pahawang, belum dikelola secara optimal untuk memberikan manfaat ekonomi maksimal bagi komunitas lokal. Meskipun Desa Wisata Pahawang memiliki potensi besar, rendahnya perencanaan dan manajemen pariwisata menjadi tantangan utama. Penelitian ini mengadopsi metode explanatory survey dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari pengunjung serta pelaku usaha lokal di Pahawang. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menilai efektivitas strategi pemasaran yang mengintegrasikan aspek kearifan lokal seperti budaya, tradisi, dan kerajinan. Dengan menonjolkan elemen-elemen kearifan lokal dalam strategi pemasaran, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan visibilitas desa wisata, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat. Luaran dari penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pengetahuan dan praktik di bidang pariwisata serta memberikan panduan praktis bagi pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal di masa depan.
KERANGKA KERJA MANAJEMEN RISIKO UNTUK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERKAIT INDUSTRI BATERAI S.M Siburian, Jhony; Widiyanto, Sigit
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v9i2.3814

Abstract

Industri baterai memiliki peran strategis dalam mendorong teknologi dan solusi energi berkelanjutan. Sebagai komponen utama kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi, industri ini menjadi pilar transformasi menuju masa depan yang lebih hijau. Namun, keberlanjutan sektor ini menghadapi tantangan besar dari sisiregulasi, ekonomi, teknologi, dan lingkungan. Aturan ketat terkait produksi, penggunaan, dan pembuangan baterai dapat meningkatkan biaya operasional dan memengaruhi daya saing. Di sisi lain, volatilitas harga bahan baku dan investasi yang tinggi menjadi kendala ekonomi. Tantangan teknologi, seperti peningkatan efisiensi energi, umur pakai baterai, dan material baru, menambah kompleksitas pengelolaan risiko. Makalah ini mengusulkan kerangka kerja manajemen risiko untuk mendukung pengembangan industri baterai secara berkelanjutan. Kerangka ini mencakup tiga tahapan utama: identifikasi risiko, penilaian dampaknya, dan penerapan langkah mitigasi. Identifikasi bertujuan mengungkap masalah yang menghambat pertumbuhan industri, penilaian membantu memprioritaskan area krusial, dan mitigasi fokus pada solusi untuk meminimalkan dampak negatif. Dengan mengintegrasikan manajemen risiko ke dalam kebijakan pemerintah, diharapkan stabilitas operasional dan inovasi dapat meningkat. Strategi ini mendukung daya saing dan transisi menuju ekosistem energi yang ramah lingkungan. Kerangka kerja ini menawarkan panduan untuk menghadapi tantangan global sekaligus mendorong pertumbuhan berkelanjutan di sektor baterai.
Return Saham Menggunakan Indikator RSI Terhadap Pengumuman Fatwa MUI Anggraeni, Dian; Jaya, Asri; Ullah, Nasrullah
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v9i2.2773

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat tingkat return pada saham Bursa Efek Indonesia (BEI) pada saat pengumuman fatwa MUI sebelum dan sesudah. Dalam penelitian ini menggunakan analisis teknikal, untuk melihat tingkat return investor dan trader. Metode pengumpulan sampel menggunakan metode Proposive Sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu sehingga diperoleh 6 emiten dari 903 emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terdampak fatwa MUI. Teknik uji data pada penelitian ini menggunaka uji Paired Sampels Test uji SPSS 29. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan return pada 6 emiten yang terdampak fatwa MUI. Rata-rata akumulasi return ke 6 saham tersebut turun sebanyak 6% dimana dikatakan tidak ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah pengumuman fatwa MUI.
ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PRODUK DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK RUMAH TANGGA MELALUI APLIKASI E-COMMERCE Salim, Amir; Susanti, Eva; Nofiansyah, Doly
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v9i2.3816

Abstract

Upaya melindungi kegiatan UMKM dari perilaku perdagangan yang tidak sehat, diperlukannya etika bisnis islam dan kualitas produk dalam melaksanakan penjualannya. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas produk terhadap peningkatan penjualan UMKM dan Online Shop pada penjualan perabotan rumah tangga di daerah Musi Banyuasin tepatnya di kecamatan sungai lilin. Adapun Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data dengan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian ini Menunjukkan bahwa dari 80 sampel yang terbagi menjadi 2 yaitu 40 sampel pelanggan offline dan 40 sampel pelanggan online memberikan pengaruh pada penerapan Etika Bisnis Islam memberikan pengaruh dengan bukti uji t sig = 0,009 α (0,05) dan memberikan pengaruh pada kualitas produk dengan bukti uji t sig = 0,007 α (0,05) terhadap peningkatan penjualan. Maka dapat dinyatakan bahwa Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan Penjualan UMKM dan Onlineshop perabotan rumah tangga
Harga Saham Perusahaan Sektor Trade, Services, and Investment: Analisis Komparatif Stock Split Aflah, A Syarkyah Nur; Sahade, Sahade; Imran, Ahmad Fadhil
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v9i2.3125

Abstract

Pergerakan harga saham penting ditelusuri secara akademis sebagai upaya untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam mengenai proyeksi perusahaan, reaksi harga saham yang berbeda-beda pada industri sektor Trade, Services, and Investment juga seringkali memiliki pertumbuhan saham yang tidak merata. Oleh karena itu, Penelitian secara komparatif diperlukan, menelusuri apakah ada perbedaan harga saham relatif sebelum dan sesudah stock split. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor trade, services and investment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel empat tahun yang dimulai dari tahun 2018 sampai 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata harga saham relatif sebelum dan sesudah pemecahan saham. Informasi dalam penelitian juga berkontribusi memberikan informasi terkait reaksi harga saham bagi emiten, investor, dan pihak lain yang berkepentingan.
DINAMIKA HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MAXIM DI BANDAR LAMPUNG Safitri, Meilinda; Shalia, Lika
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v9i2.3930

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Maxim sebagai transportasi online. Objek penelitian adalah mahasiswa/i di Bandar Lampung. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode analisis uji validitas, reliabilitas, regresi berganda, koefisien determinasi (R), serta uji t dan F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) berpengaruh sebesar 7,7% terhadap keputusan konsumen (Y), sedangkan kualitas pelayanan (X2) memiliki pengaruh lebih besar, yaitu 39,9%. Konsumen mengeluhkan ketidakstabilan harga yang sering berubah secara tiba-tiba, menyebabkan kebingungan dan kekecewaan. Selain itu, masalah dalam kualitas pelayanan, seperti sikap driver yang tidak profesional, juga menjadi faktor utama dalam penurunan kepuasan pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun harga menjadi pertimbangan, kualitas pelayanan lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen. Oleh karena itu, Maxim perlu meningkatkan transparansi harga serta memperbaiki standar pelayanan guna meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Pengaruh IHarga ITerhadap IPenjualan IPertamax ITurbo Pada ISPBUI24.354.61 IKalianda IKabupaten I Lampung ISelatan Pahlepi, Reza; Ahiruddin, Ahiruddin; Pujiati, Ani; Faithya, Kinanti Nurul
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v9i2.3898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak harga terhadap volume penjualan Pertamax Turbo di SPBU 24.354.61 Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Dengan meningkatnya persaingan dalam pasar bahan bakar minyak (BBM), perusahaan diharuskan untuk memaksimalkan strategi pemasaran, salah satunya melalui kebijakan harga yang sesuai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penjualan Pertamax Turbo di SPBU tersebut, dengan koefisien regresi sebesar 0,506, yang berarti setiap kenaikan harga 1% akan menyebabkan peningkatan penjualan sebesar 0,506%. Uji t juga mengungkapkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap penjualan, terbukti dengan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar SPBU 24.354.61 Kalianda meningkatkan kegiatan edukasi kepada konsumen mengenai kelebihan produk yang ditawarkan serta mengevaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan untuk mencapai target penjualan yang lebih optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 8