cover
Contact Name
Radja Erland Hamzah
Contact Email
radjaerland@dsn.moestopo.ac.id
Phone
+6285714422271
Journal Mail Official
petanda@jrl.moestopo.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta Pusat 10270 Telp. 021-7720289, 7395333 Fax: 7252682
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
ISSN : -     EISSN : 26145537     DOI : -
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Jakarta, sebagai sebuah jurnal multidisiplin berskala nasional untuk publikasi hasil-hasil penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus, jurnal ini menaruh perhatian, tetapi tidak terbatas pada bidang ilmu komunikasi, ilmu ekonomi, ilmu sosial, dan ilmu politik. Hasil penelitian dari bidang ilmu lain dimungkinkan sepanjang obyek penelitiannya berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial humaniora. Secara garis besar Jurnal Petanda mempublikasikan hasil-hasil penelitian dalam lingkup komunikasi politik, ekonomi politik media, media massa dan media sosial, komunikasi dan keluarga berencana, jurnalisme dan media, kehumasan, periklanan, pembangunan sosial, gender dan pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial, pemerintahan dan hubungan internasional. Sebagai sebuah Terbitan Berkala Ilmiah, Petanda menggunakan standar peer review yang ketat dengan melibatkan peer reviewer dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta terakreditasi. Periode terbit jurnal ini adalah dua kali setiap hari terakhir di bulan Desember dan Juni tahun berjalan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021" : 5 Documents clear
Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Pengelolaan Limbah Rumah Sakit Meiliyah Ariani; Zulhawati Zulhawati; Dimas Darmawan
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.582 KB) | DOI: 10.32509/petanda.v3i2.1975

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi lingkungan pada pengelolaan limbah dan perlakuan akuntansi terhadap biaya lingkungan di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok telah melakukan pengelolaan limbahnya dengan baik. Proses pengumpulan dan pengemasan telah dilakukan sesuai dengan standar yang diatur oleh KEPMENKES RI Nomor 1204/MENKES/X/2004:3. Keberadaan saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebagai upaya pencegahan dan mengurangi terjadinya limbah keluar dari proses produksi juga sudah dijalankan dengan baik, namun pengolahan limbah cair tersebut tidak maksimal. Pengolahan limbah cair di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok masih memiliki kendala pada saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) karena Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok masih menggunakan saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Puskesmas terdahulunya yang mengakibatkan beberapa limbah cair milik Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok tidak tertampung dan tidak terolah dengan baik.
Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Rahmaini Rahmaini; Alan Hidayat
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.662 KB) | DOI: 10.32509/petanda.v3i2.1976

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model manajemen yang diterapkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kantin Jasmine dalam upaya mempertahankan diri menghadapi situasi krisis sebagai dampak pandemi covid-19. Model manajemen ini meliputi aspek manajemen perusahaan, yaitu manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan. Dalam aplikasinya, model manajemen UMKM ini melakukan analisis strengths, weaknesses, opportunities, threats (SWOT) terhadap aktivitasnya sehingga secara umum dapat diketahui dan dievaluasi perkembangan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif. Kantin Jasmine sebagai salah satu UMKM yang  tergabung dalam komunitas Sawangan Maju Bersama (SASUMA) ini dipilih menjadi objek penelitian karena berdasarkan observasi awal menunjukkan kegigihannya bertahan setelah 20 tahun lebih hingga melewati masa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajemen yang diterapkan oleh Kantin Jasmine dalam upaya mempertahankan diri menghadapi situasi krisis sebagai dampak pandemi covid-19 ialah mengembangkan model manajemen UMKM yang meliputi strategi di bidang produksi, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan keuangan. Adapun hasil analisis SWOT yang diterapkan pada Kantin Jasmine menunjukkan adanya kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan baik secara internal maupun eksternal.
Model Adaptive Leadership dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 (Studi pada Kepemimpinan Camat Cisauk Kabupaten Tangerang) Yoyoh Rohaniah
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.719 KB) | DOI: 10.32509/petanda.v3i2.1977

Abstract

Model kepemimpinan adaptif (adaptiv leadership) bukanlah hal baru dalam teori kepemimpinan. Hanya saja menjadi sangat aktual ketika dikaitkan dengan kondisi kini di mana masyarakat di seluruh bagian dunia sedang dilanda pandemi covid-19 yang muncul tiba-tiba dan berdampak buruk bukan saja pada kesehatan tetapi juga pada berbagai sektor kehidupan lainnya. Pemimpinan yang adaptif ialah pemimpin yang cerdas beradapatasi dengan ketidakpastian, perubahan dan keadaan baru. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepemimpinan adaptif (adaptiv leadership) Camat Cisauk Kabupaten Tangerang dalam menghadapi pandemi covid-19. Lokasi penelitian ini dipilih karena Tangerang merupakan kota penyangga ibukota, Jakarta, sehingga intensitas penularan covid-19 tinggi mengikuti mobilitas penduduknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa Camat Cisauk sudah menunjukkan adaptiv leadership dalam kepemimpinannya selama menghadapi masa pandemi covid-19. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa kegiatan yang merupakan strategi dalam beradaptasi menghadapi situasi ketidakpastian yang diakibatkan pandemi covid-19.
Call Center 119 DKI Jakarta, Terobosan Pelayanan Kesehatan Kegawatdaruratan Taufiqurokhman Taufiqurokhman; Mamun Murod; Evi Satispi; Andriansyah Andriansyah
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.138 KB) | DOI: 10.32509/petanda.v3i2.1978

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang kesehatan, Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta meluncurkan inovasi layanan Call Center SPGDT 119. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk menganalisa inovasi dan kualitas layanan Call Center SPGDT 119. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Call Center SPGDT 119 adalah inovasi proses pemberian layanan kegawatdaruratan kepada masyarakat karena memberikan cara baru dalam pelayanannya. Terdapat tiga penyakit yang banyak dialami masyarakat Indonesia, yaitu penyakit   cerebrovascular,  kecelakaan  lalu  lintas  dan  penyakit jantung  iskemik. Kebijakan pelayanan ini merupakan inovasi proses pemberian layanan kegawatdaruratan kepada masyarakat dengan cara baru dalam pelayanan yang berkualitas baik. Temuan baru dalam layanan ini adalah perlunya menjadikan Call Center SPGDT 119 sebagai sistem gawat darurat secara nasional dengan bekerja sama dengan Pihak Kepolisian dan Pemadam Kebakaran, dan menjaga kualitas layanan melalui evaluasi kinerja setiap satu bulan sekali.
Implementasi Kebijakan Pajak Reklame di Kota Cilegon Baihaki Baihaki; Alan Hidayat
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.454 KB) | DOI: 10.32509/petanda.v3i2.1974

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena adanya ketertarikan penulis melihat fenomena tidak tercapainya target penerimaan pajak reklame selama beberapa tahun terakhir, bahkan realisasinya di bawah 30% dari target yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana implementasi kebijakan pajak reklame di Kota Cilegon Provinsi Banten. Teori yang digunakan adalah teori dari Smith bahwa ada empat dimensi yang terdapat dalam implementasi kebijakan; Idealized Policy, Target Group, Implementing Organization dan Enviromental factors Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan,  wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive yaitu pemilihan informan berdasarkan pertimbangan tertentu yang dilakukan peneliti, sesuai dengan kebutuhan data penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi kebijakan pajak reklame di Kota Cilegon pada dimensi Idealized Policy, Target Groups, dan Environmental Faktors belum maksimal. Adapun pada dimensi pada tataran organisasi pelaksana sudah berjalan cukup baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5