cover
Contact Name
Oris Krianto Sulaiman
Contact Email
oris.ks@ft.uisu.ac.id
Phone
+6281360936699
Journal Mail Official
blendsains@gmail.com
Editorial Address
Jl. Imam Bonjol No. 9 Forum 9th Floor, Kota Medan, Sumatera Utara 20112
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Blend Sains Jurnal Teknik
Published by Ilmu Bersama Center
ISSN : -     EISSN : 29647347     DOI : https://doi.org/10.56211/blendsains
Blend Sains Jurnal Teknik merupakan jurnal yang membahas rumpun ilmu teknik, jurnal ini sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu teknik. Blend Sains Jurnal Teknik terbit 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli, Oktober, Januari dan April. Terbitan pertama adalah bulan Juli 2022. Naskah yang masuk akan diterima oleh editor untuk kemudian kan dilakukan pemeriksaan kemiripan naskah dengan aplikasi Plagiarism Checker. Proses review dilakukan dengan menggunakan peer review. Blend Sains Jurnal Teknik menerima naskah dengan topik Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Arsitektur, dan Teknik Industri.
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober" : 19 Documents clear
Perancangan Jadwal Perawatan Mesin Loader di PT Kraton Menggunakan Metode Condition Based Monitoring (CBM) Mardhatillah, Anggianika; Sembiring, Anita Christine; Sihombing, Mael Juniko
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.1031

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang jadwal perawatan wheel loader di PT Kraton dengan pendekatan Condition Based Monitoring (CBM) dan membandingkan perawatan sebelum dan sesudah menggunakan CBM, yang mengandalkan data kondisi aktual untuk mengidentifikasi kerusakan secara dini. Faktor utama yang diamati meliputi suhu mesin, tekanan oli, serta getaran pada bearing, mesin utama, dan fan. Pengumpulan data dilaksanakan selama 66 hari operasional dan dianalisis melalui uji keseragaman serta kategorisasi kondisi normal, waspada, dan anomaly. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CBM mampu mengidentifikasi tren kerusakan sebelum terjadi kegagalan, sehingga memungkinkan penyusunan jadwal perawatan yang lebih efisien. Penelitian ini juga menghasilkan perangkat monitoring harian hingga tahunan serta prosedur preventif yang mendukung stabilitas operasi alat berat. Penerapan CBM terbukti dapat mengurangi downtime, mencegah kerusakan fatal, dan meningkatkan umur pakai wheel loader
Jumlah Lintasan Meningkatkan Rasio MDD Pemadatan Tanah Husna, Nadiya; Candra, Agata Iwan; Ali, Mahardi Kamalika Khusna
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.1035

Abstract

Rendahnya kualitas pemadatan tanah menjadi salah satu penyebab utama kerusakan dini infrastruktur jalan, terutama karena tidak tercapainya densitas kering lapangan sesuai spesifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh jumlah lintasan pemadatan terhadap nilai rasio Maximum Dry Density (MDD) sebagai indikator keberhasilan pemadatan tanah. Pengujian dilakukan pada proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket 3 di STA 31+166, membandingkan kedua perlakuan tersebut yaitu lintasan 8 dan 10 lintasan dengan menggunakan alat berat Vibro Roller. Data ANOVA satu arah pada tingkat signifikansi < 0,05 menunjukkan bahwa jumlah lintasan pemadatan berpengaruh signifikan terhadap rasio MDD (p = 0,038). Peningkatan lintasan menghasilkan distribusi energi yang lebih merata dan mampu meningkatkan berat isi kering lapangan. Temuan ini dapat digunakan sebagai acuan evaluasi dalam pengendalian mutu berdasarkan jumlah lintasan pemadatan yang tersedia dalam laporan proyek harian, serta memperkuat pemahaman teknis tentang hubungan distribusi energi pemadatan dengan kepadatan lapangan yang optimal.
Klasifikasi Akun Buzzer Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor pada Tagar #STYTanpaDiasporaNol di Media Sosial X Lubis, Afiq Alghazali; Idrus, Said Iskandar Al; Indra, Zulfahmi; S, Kana Saputra; Chairunisah, Chairunisah
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.1093

Abstract

Peningkatan pengguna media sosial X pada tahun 2024 sebesar 639 ribu mengakibatkan penyebaran informasi yang sangat masif, menjadikan buzzer berperan dalam mengarahkan opini publik dan memicu konflik sosial, seperti yang terlihat pada tren #STYTanpaDiasporaNol usai gugurnya tim nasional Indonesia di ASEAN Championship 2024. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model machine learning dalam klasifikasi akun buzzer menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN). Data yang akan digunakan dalam penelitian ini berasal dari kumpulan tweet dari sosial media X dalam tagar #STYTanpaDiasporaNol. Penelitian ini memiliki prosedur penelitian, di antaranya pengumpulan data, pra-pemrosesan data (cleaning, labelling, feature engineering dan standardization), splitting data, pemrosesan data, dan evaluasi model. Hasil penelitian ini mendapatkan model dengan akurasi terbaik yaitu varian model perbandingan split data 80:20 dan K = 5 dengan nilai akurasi sebesar 89% serta nilai precision dan recall sebesar 89% lalu nilai F1-score sebesar 88%. Model sangat baik dalam memprediksi kelas mayoritas namun kesulitan dalam memprediksi kelas minoritas. Kemudian dilakukan eksperimen resampling data dengan tujuan membuat keseimbangan data. Hasil didapatkan bahwa varian pada split data 70:30 dengan K = 9 diperoleh akurasi sebesar 91% dengan precision, recall dan accuracy juga sebesar 91%. Model eksperimen ini cukup baik mendeteksi kelas mayoritas maupun kelas minoritas.
Perbaikan Tata Letak Industri Mikro Kecil Menengah Bengkel Las Karya Muda Sentosa Menggunakan Metode Systematic Layout Planinng dan Grafik Siburian, Chrismando; Fitra, Fitra; Gunawan, Agus; Nugraha, Boy Agung
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.1178

Abstract

IMKM Bengkel Las Karya Muda Sentosa bergerak di bidang jasa pengelasan besi dan baja ringan, dan produk yang dibuat adalah terali dan kanopi dengan berbagai ukuran sesuai dengan permintaan dari konsumen. Proses pembuatan produk yang dihasilkan tidak terlepas dari tata letak fasilitas di IMKM Bengkel Las Karya Muda Sentosa. Permasalahan yang ada adalah mengenai tata letak yang tidak tertata dengan baik dan kurang optimal sehingga menyebabkan permasalahan aliran kerja yang tidak lancar, waktu proses yang lama, penumpukan material dan peningkatan biaya produksi. Penelitian ini bertujuan memberikan usulan tata letak fasilitas agar meningkatkan efesiensi dan produktivitas kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLP dan metode grafik, kedua metode ini digunakan untuk membandingkan dan menata ulang posisi area kerja berdasarkan kedekatan stasiun kerja serta meminimalkan jarak perpindahan material. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layout dengan pendekatan metode SLP menghasilkan total jarak perpindahan terkecil yaitu sebesar 45,4 lebih baik dibandingkan dengan metode Grafik yang menghasilkan jarak 79,5. Luas kebutuhan area produksi untuk layout usulan adalah sebesar 159,5 . Dengan layout usulan berbasis metode SLP, diharapkan aliran kerja menjadi lebih efisien dan produktivitas meningkat secara signifikan.
Rancangan Ulang Tata Letak Industri Mikro Kecil Menengah CV Tedy Jaya Utama Alfiyad, Fahrul; Fitra, Fitra; Situmorang, Jerry; Aditya, Rizki
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.1179

Abstract

  IMKM CV Tedy Jaya Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan dan pengelasan mekanikal, di mana proses produksi dan penyimpanan bahan dilakukan dalam satu area. Permasalahan yang terjadi adalah tidak tertatanya aliran kerja dan posisi peralatan secara optimal, sehingga menyebabkan aliran proses produksi menjadi tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang tata letak fasilitas dengan menggunakan metode Systematic Layout Planning (SLP). Metode SLP dipilih karena mampu mengidentifikasi hubungan kedekatan antar aktivitas dan menyusun tata letak berdasarkan urutan proses kerja secara sistematis. Dalam penelitian ini juga dilakukan perbandingan antara dua alternatif layout, yaitu layout dengan metode SLP dan metode Grafik.Hasil analisis menunjukkan bahwa layout dengan pendekatan metode SLP lebih optimal dengan total jarak perpindahan sebesar 89,9 meter, dibandingkan metode Grafik sebesar 110 meter. Luas area produksi yang dibutuhkan dari hasil perancangan adalah sebesar 350,52 m². Dengan hasil ini, tata letak yang diusulkan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi ruang produksi dan meminimalkan pemborosan waktu, tenaga, serta biaya operasional di IMKM CV Tedy Jaya Utama.
Identifikasi Faktor Risiko Keselamatan Pada Konstruksi Rekayasa Berat Purba, Joggi Theophilus; Sihite, Ronald Marcush; Saputra, Pungky Dharma
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.837

Abstract

  Tujuan dari kajian literatur ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor risiko keselamatan yang terkait dengan proyek konstruksi rekayasa berat, dengan penekanan pada rekayasa sipil dan proyek infrastruktur besar. Studi ini menganalisis faktor-faktor kunci yang mempengaruhi risiko keselamatan, termasuk manajemen, peralatan, pelatihan, lingkungan kerja, dan keterampilan pekerja. Melalui pendekatan kualitatif, berbagai studi yang relevan ditinjau untuk memahami bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi hasil keselamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen keselamatan yang efektif, penggunaan peralatan yang tepat, pelatihan yang komprehensif, dan lingkungan kerja yang aman sangat penting untuk meminimalkan risiko dan mencegah kecelakaan di lokasi konstruksi. Selain itu, integrasi teknologi canggih seperti Building Information Modeling (BIM) dan alat penilaian risiko diakui sebagai hal yang krusial untuk meningkatkan protokol keselamatan. Penelitian ini memberikan pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi risiko keselamatan dalam industri konstruksi dan menyediakan dasar untuk penelitian lebih lanjut guna meningkatkan standar keselamatan melalui penerapan teknologi dan praktik manajemen yang lebih efektif.
Pemeliharaan Coupler dengan Metode RCM (Reliability Center Mintenance) di PT XYZ Nugraha, Azka Lutfi; Santosa, Aa; Ujiburrahman, Ujiburrahman; Hidayat, Deni
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.841

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan manufaktur elektronik yang sangat bergantung pada komponen coupler tipe "PCV Pipe Cupla Model 3P-V" dalam proses evakuasi udara dan injeksi refrigeran pada sistem pendingin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor penyebab penurunan performa coupler serta merancang strategi perawatan yang efektif berbasis Reliability Centered Maintenance (RCM). Metode yang digunakan meliputi identifikasi mode kegagalan melalui Fishbone Diagram dan Failure Mode and Effects Analysis (FMEA), serta pengumpulan data historis kerusakan komponen secara menyeluruh. Hasil analisis menunjukkan bahwa keausan pada shield, patahnya bagian chuck, serta deformasi pada sleeve merupakan penyebab utama kegagalan fungsi. Implementasi strategi RCM, yang mencakup inspeksi visual mingguan, penggantian komponen secara berkala, serta kalibrasi tekanan secara rutin, terbukti mampu mengurangi downtime produksi hingga 40% dan meningkatkan efisiensi proses produksi sebesar 15%. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan sistematis dan terstruktur dalam perawatan komponen kritis untuk mendukung kelancaran dan keberlanjutan operasional di lingkungan industri.
Studi Efisiensi Mesin Bignose 9 Melalui Analisis OEE dan Six Big Losses pada Sektor Kosmetik Silitonga, Muhammad Prasha Risfi; Salwaellya, Hasna; Yudisha, Nabila; Putera, Hilmana Radhia
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.842

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap tidak tercapainya target produksi Mesin Bignose 9 di PT X. Oleh karena itu, dilakukan analisis untuk mengevaluasi tingkat efektivitas mesin menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE), serta untuk mengidentifikasi penyebab utama inefisiensi melalui pendekatan Six Big Losses. Hasil evaluasi dalam periode September 2022 hingga Agustus 2023 menunjukkan bahwa rata-rata nilai availability adalah 53,74%, performance sebesar 58,90%, dan quality rate mencapai 92,13%. Secara keseluruhan, nilai OEE rata-rata tercatat sebesar 29,56%, dengan nilai tertinggi pada Juni 2023 sebesar 49,85% dan terendah pada Desember 2022 yaitu 17,71%. Berdasarkan metode Six Big Losses, penyumbang terbesar rendahnya nilai OEE adalah breakdown losses dengan total kehilangan waktu 2.331,5 jam, diikuti oleh reduced speed losses sebesar 1.054,9 jam. Mengingat nilai OEE tersebut masih berada di bawah standar Japan Institute of Plant Maintenance (JIPM) sebesar 85%, maka perusahaan disarankan untuk segera melakukan upaya perbaikan guna meningkatkan efektivitas operasional Mesin Bignose 9.
Pengembangan Proses Produksi Arm Rear Brake Kyea untuk Peningkatan Kualitas Produksi di PT Ciptaunggul Karya Abadi Firdaus, Muhammad Akmal Al; Oleh, Oleh; Setiawan, Reza; Marno, Marno
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.844

Abstract

Tingginya permintaan kendaraan roda dua membuka peluang besar bagi industri manufaktur suku cadang otomotif, salah satunya adalah komponen Arm Rear Brake. Komponen ini memerlukan material dengan kekuatan memadai untuk menjamin keamanan dan ketahanan. PT Ciptaunggul Karya Abadi, perusahaan manufaktur Metal Stamping Parts, menghadapi tantangan dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas produk Arm Rear Brake KYEA, akibat penumpukan kerja pada mesin tertentu dan variabilitas kualitas material. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam proses produksi, mengembangkan solusi efektif, dan mengevaluasi dampaknya terhadap peningkatan kualitas produk dan efisiensi produksi. Metode yang digunakan meliputi analisis pemilihan material, pengendalian proses produksi, dan optimasi desain melalui pengujian tarik untuk memastikan kekuatan material sesuai standar. Hasil pengujian tarik menunjukkan bahwa material SPCC yang diusulkan mencapai kekuatan tarik 350 MPa, yang memenuhi atau bahkan melebihi standar minimum yang ditetapkan, dibandingkan dengan SPCC yang ada yang memiliki kekuatan tarik 320 MPa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk, efisiensi produksi, dan daya saing perusahaan di pasar otomotif yang semakin kompetitif.
Manajemen dan Metode Pelaksanaan pada Pekerjaan Drainase Proyek Pembangunan Jalan Lintas Selatan Lot 6B P. Sinai-Batas Kab. Blitar 2 (Road and Bridge) Putra, Brayen Juang Mulya
Blend Sains Jurnal Teknik Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober
Publisher : Ilmu Bersama Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56211/blendsains.v4i2.894

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat berdampak signifikan pada industri jasa konstruksi, menuntut sumber daya manusia berkualitas dalam teknik sipil. Laporan ini membahas metode dan manajemen pelaksanaan proyek Pembangunan Jalan Lintas Selatan Lot 6B P. Sinai-Batas Kab. Blitar 2 (Road and Bridge) dalam lingkup pekerjaan drainase. Manajemen pelaksanaan diantaranya terdapat Project Manager, Site QHSE Manager, Site Engineering and Artdisation, Site Engineering and Standardisation Officer, Surveyor, Drafter, Site Administration Manager, Site Contract Administration and Risk Manager, Site Procurement, Logistic and Equipment Manager, Site Operational Manager, dan Superintendent. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta pengumpulan data tertulis proyek. Metode pekerjaan drainase meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan perakitan, pekerjaan pengecoran, pekerjaan finishing serta curing. Terdapat dua jenis drainase yang dipakai dalam proyek Pembangunan Jalan Lintas Selatan Lot 6B P. Sinai-Batas Kab. Blitar 2 (Road and Bridge) ini diantaranya terdapat drainase box culvert dan drainase jenis v-ditch.

Page 1 of 2 | Total Record : 19