cover
Contact Name
Sufyan
Contact Email
sufyan@pdfaii.org
Phone
+628992932000
Journal Mail Official
sufyan@pdfaii.org
Editorial Address
Jl. Ir. H. Djuanda Km 03, RT 001 RW 005 Desa Singaraja Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Jawa Barat
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies
ISSN : -     EISSN : 29641470     DOI : https://doi.org/10.58355/lectures.v2i1.17
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies is a peer-reviewed journal published by Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu. The journal is aimed at spreading the research results conducted by academicians, researchers, and practitioners in the field of Islamic Education. In particular, papers which consider the following general topics are invited: Islamic Education Researcj, Islamic Teaching in Schools, Islamic Learning in Madrasah, Islamic Learning in Islamic Boarding Schools, Learning Islamic Religion in Higher Education, Islamic Education Philoshopy, Curriculum in Islamic Education, Islamic Education Management, Tafsir Tarbawy, Hadith Tarbawy, and Innovation in Islamic Teaching and Learning.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023)" : 10 Documents clear
Analisis Kendala Guru Dalam Mengajar Al-Qur'an Hadis Di MIN 2 Serdang Bedagai Jihan; Dedi Masri; Sovia Harahap; Ummi Hanifaa
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.27

Abstract

Penelitian ini menjelaskan kendala guru dalam mengajar Al-Qur’an Hadis di MIN 2 Serdang Bedagai. Penelitian dalam tulisan ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara dan juga dengan berbagai sumber baik itu dari buku yang relevan maupun jurnal-jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang di alami guru dalam mengajar Al-Qur’an Hadis yaitu: (1) kurangnya minat dan semangat para peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis, (2) Peserta didik memiliki kompetensi yang rendah dalam membaca dan menulis Al-Qur’an Hadis, (3) media dan alat yang kurang memadai di MIN 2 Serdang Bedagai. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu, mengubah strategi pembelajaran agar lebih menarik dan juga mengadakan ekstrakulikuler khusus untuk membaca dan menulis Al-Qur’an.
Penerapan Sumber Belajar Blog Kelas 2 MTS Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di MTS Hidayatussalam Percut Sei Tuan Riswan; Dedi Masri; Amelia Putri; Fery Fadli
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.28

Abstract

Penelitian ini menjelaskan pembelajaran blog di madrasa tsanawiyah yang fokus pada pengalaman dan persepsi pada siswa.Jenis penelitian dalam tulisan ini adalah deksriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara dan juga berbagai sumber baik itu dari buku yang relevan maupun jurnal-jurnal. Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi serta dengan perkembangan zaman yang sangat cepat, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya pengaruh pada kehidupan manusia terutama pada kehidupan keseharian dengan menggunakan teknologi. Blog merupakan salah satu media yang dapat membantu dalam penyampaian informasi yang cepat dan up to date. Penggunaan blog yang mudah dapat membantu dalam proses belajar mengajar sehingga dapat lebih mudah berbagi pengetahuan di luar jam belajar sekolah melalui media blog.
Rasul Ulul Azmi Dan Keistimewaannya Pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ainayya Husna; Siti Ardiyanti; Sri Wulan Sari
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.30

Abstract

. Disusunnya penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan penerapan keteladanan rasul ulul azmi dalam kehidupan sehari hari serta mengetahui keistimewaan yang ada pada setiap rasul ulul azmi pada peserta didik kelas VIII MTs (Madrasah Tsanawiyah). Rumusan masalah yang terdapat didalam penelitian ini yakni bagaimana meningkatkan penerapan keteladanan rasul ulul azmi dalam kehidupan sehari hari. Dan bagaimana sikap siswa dalam menanggapi keteladanan dan keistimewaan yang ada pada Rasul Ulul Azmi. Sedangkan tujuan penelitian ini digunakan ialah untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait tentang rasul ulul azmi yang ada didalam pembelajaran akidah akhlak pada kelas VIII MTs (Madrasah Tsanawiyah). Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif  yang menggunakan metode library research yaitu dengan melakukan membaca dari berbagai literatur buku terkait dengan keteladanan rasul ulul azmi dan keistimewaannya. Sasaran penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs (Madrasah Tsanawiyah). Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa yang berada pada tingkat 4. Dan data yang diperoleh ialah berupa tulisan-tulisan dari berbagai penulis yang tulisannya telah diakui dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja hingga semua orang dapat membaca karyanya. Kesimpulan dari penelitian ini ialah hasil belajar siswa kelas VIII MTS (Madrasah Tsanawiyah) dapat dilihat melalui penerapannya dalam kehidupannya sehari-hari.
Perspektif Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam Sebagai Bapak Para Nabi Sovia Harahap; Fery Fadli; Siti ardianti
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.31

Abstract

Al-Qur'an pada dasarnya diperuntukkan bagi umat manusia dimanapun ia berada. Salah satu cara mendekatkan Al-Qur'an kepada manusia adalah melalui kisah-kisah yang dikandungnya. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengeksplorasi lebih jauh bagaimana kisah Nabi Ibrahim digambarkan dan signifikansinya bagi nilai pendidikan Islam sehingga beliau disebut sebagai bapaknya para Nabi. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis data dan metode observasi. Hasil pencarian menemukan informasi tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan kisah Nabi Ibrahim AS sebanyak 186 ayat yang terbagi menjadi 25 surat. Dari 25 surat tersebut, 17 (tujuh belas) surat mendarat di Mekkah dan 8 (delapan) surat mendarat di Madinah. Merujuk kepada al-Qur'an, ditemukan bahwa para nabi dan rasul selalu membawa ajaran tauhid. Ayat-ayat di dalamnya menggugah jiwa dan menuntut mereka untuk membangun sebuah masyarakat yang penuh dengan kemakmuran dan keadilan. Hingga datang ajakan Nabi Ibrahim yang merupakan periode baru dari tuntunan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa. Nabi Ibrahim dikenal sebagai Bapak Para Nabi , Bapak Monoteisme serta Proklamator keadilan Ilahi . Karena agama agama samawi terbesar dewasa ini merujuk kepada ajaran beliau.
Kisah Keteladanan KH. Hasyim Asy’ari Fauzul Azmi; Siti Ardianti
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.32

Abstract

Persoalan mengenai akidah dan akhlak merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan di Indonesia khususnya melalui dunia pendidikan. Banyak sekali contoh tokoh yang dapat dijadikan teladan bagi bangsa Indonesia dalam memenuhi dan meningkatkan akidah serta akhlak bagi generasi penerus bangsa Indonesia melalui kisah-kisah nya yang akan dibahas dan di sajikan pada karya ilmiah ini. Disini penulis akan menyajikan seputar tentang keteladanan akidah dan akhlak yang dapat diambil dari salah seorang tokoh ulama besar sekaligus pendiri organisasi islam yaitu Nahdatul Ulama atau yang lazim disebut dengan NU. Bagaimana kisah keteladanan yang mengenai akidah akhlak yang di contohkan oleh KH.Hasyim Asy’ari dalam kehidupannya akan dibahas melalui karya ilmiah ini. Teladan dari Kiai Hasyim Asy’ari yaitu a). Berkhidmah Kepada Guru, b) Berkhidmat pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, c). Pendidikan Pesantren Karakter Kebangsaan. Fatwa Resolusi Jihad Kiai Haji Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945 mampu menggerakkan rakyat Indonesia untuk melawan dan mengusir penjajahan kembali oleh Belanda. Fatwa tersebut menggambarkan bahwa erjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan kewajiban agama
Analisis Kendala Guru Dalam Mengajar Al-Qur'an Hadis Di MIN 2 Serdang Bedagai Jihan; Dedi Masri; Sovia Harahap; Ummi Hanifaa
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.27

Abstract

Penelitian ini menjelaskan kendala guru dalam mengajar Al-Qur’an Hadis di MIN 2 Serdang Bedagai. Penelitian dalam tulisan ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara dan juga dengan berbagai sumber baik itu dari buku yang relevan maupun jurnal-jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang di alami guru dalam mengajar Al-Qur’an Hadis yaitu: (1) kurangnya minat dan semangat para peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis, (2) Peserta didik memiliki kompetensi yang rendah dalam membaca dan menulis Al-Qur’an Hadis, (3) media dan alat yang kurang memadai di MIN 2 Serdang Bedagai. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu, mengubah strategi pembelajaran agar lebih menarik dan juga mengadakan ekstrakulikuler khusus untuk membaca dan menulis Al-Qur’an.
Penerapan Sumber Belajar Blog Kelas 2 MTS Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di MTS Hidayatussalam Percut Sei Tuan Riswan; Dedi Masri; Amelia Putri; Fery Fadli
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.28

Abstract

Penelitian ini menjelaskan pembelajaran blog di madrasa tsanawiyah yang fokus pada pengalaman dan persepsi pada siswa.Jenis penelitian dalam tulisan ini adalah deksriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara dan juga berbagai sumber baik itu dari buku yang relevan maupun jurnal-jurnal. Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi serta dengan perkembangan zaman yang sangat cepat, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya pengaruh pada kehidupan manusia terutama pada kehidupan keseharian dengan menggunakan teknologi. Blog merupakan salah satu media yang dapat membantu dalam penyampaian informasi yang cepat dan up to date. Penggunaan blog yang mudah dapat membantu dalam proses belajar mengajar sehingga dapat lebih mudah berbagi pengetahuan di luar jam belajar sekolah melalui media blog.
Rasul Ulul Azmi Dan Keistimewaannya Pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ainayya Husna; Siti Ardiyanti; Sri Wulan Sari
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.30

Abstract

. Disusunnya penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan penerapan keteladanan rasul ulul azmi dalam kehidupan sehari hari serta mengetahui keistimewaan yang ada pada setiap rasul ulul azmi pada peserta didik kelas VIII MTs (Madrasah Tsanawiyah). Rumusan masalah yang terdapat didalam penelitian ini yakni bagaimana meningkatkan penerapan keteladanan rasul ulul azmi dalam kehidupan sehari hari. Dan bagaimana sikap siswa dalam menanggapi keteladanan dan keistimewaan yang ada pada Rasul Ulul Azmi. Sedangkan tujuan penelitian ini digunakan ialah untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait tentang rasul ulul azmi yang ada didalam pembelajaran akidah akhlak pada kelas VIII MTs (Madrasah Tsanawiyah). Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif  yang menggunakan metode library research yaitu dengan melakukan membaca dari berbagai literatur buku terkait dengan keteladanan rasul ulul azmi dan keistimewaannya. Sasaran penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs (Madrasah Tsanawiyah). Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa yang berada pada tingkat 4. Dan data yang diperoleh ialah berupa tulisan-tulisan dari berbagai penulis yang tulisannya telah diakui dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja hingga semua orang dapat membaca karyanya. Kesimpulan dari penelitian ini ialah hasil belajar siswa kelas VIII MTS (Madrasah Tsanawiyah) dapat dilihat melalui penerapannya dalam kehidupannya sehari-hari.
Perspektif Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam Sebagai Bapak Para Nabi Sovia Harahap; Fery Fadli; Siti ardianti
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.31

Abstract

Al-Qur'an pada dasarnya diperuntukkan bagi umat manusia dimanapun ia berada. Salah satu cara mendekatkan Al-Qur'an kepada manusia adalah melalui kisah-kisah yang dikandungnya. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengeksplorasi lebih jauh bagaimana kisah Nabi Ibrahim digambarkan dan signifikansinya bagi nilai pendidikan Islam sehingga beliau disebut sebagai bapaknya para Nabi. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis data dan metode observasi. Hasil pencarian menemukan informasi tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan kisah Nabi Ibrahim AS sebanyak 186 ayat yang terbagi menjadi 25 surat. Dari 25 surat tersebut, 17 (tujuh belas) surat mendarat di Mekkah dan 8 (delapan) surat mendarat di Madinah. Merujuk kepada al-Qur'an, ditemukan bahwa para nabi dan rasul selalu membawa ajaran tauhid. Ayat-ayat di dalamnya menggugah jiwa dan menuntut mereka untuk membangun sebuah masyarakat yang penuh dengan kemakmuran dan keadilan. Hingga datang ajakan Nabi Ibrahim yang merupakan periode baru dari tuntunan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa. Nabi Ibrahim dikenal sebagai Bapak Para Nabi , Bapak Monoteisme serta Proklamator keadilan Ilahi . Karena agama agama samawi terbesar dewasa ini merujuk kepada ajaran beliau.
Kisah Keteladanan KH. Hasyim Asy’ari Fauzul Azmi; Siti Ardianti
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 2 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58355/lectures.v2i2.32

Abstract

Persoalan mengenai akidah dan akhlak merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan di Indonesia khususnya melalui dunia pendidikan. Banyak sekali contoh tokoh yang dapat dijadikan teladan bagi bangsa Indonesia dalam memenuhi dan meningkatkan akidah serta akhlak bagi generasi penerus bangsa Indonesia melalui kisah-kisah nya yang akan dibahas dan di sajikan pada karya ilmiah ini. Disini penulis akan menyajikan seputar tentang keteladanan akidah dan akhlak yang dapat diambil dari salah seorang tokoh ulama besar sekaligus pendiri organisasi islam yaitu Nahdatul Ulama atau yang lazim disebut dengan NU. Bagaimana kisah keteladanan yang mengenai akidah akhlak yang di contohkan oleh KH.Hasyim Asy’ari dalam kehidupannya akan dibahas melalui karya ilmiah ini. Teladan dari Kiai Hasyim Asy’ari yaitu a). Berkhidmah Kepada Guru, b) Berkhidmat pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, c). Pendidikan Pesantren Karakter Kebangsaan. Fatwa Resolusi Jihad Kiai Haji Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945 mampu menggerakkan rakyat Indonesia untuk melawan dan mengusir penjajahan kembali oleh Belanda. Fatwa tersebut menggambarkan bahwa erjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan kewajiban agama

Page 1 of 1 | Total Record : 10