cover
Contact Name
Emilia Contessa
Contact Email
emiliacontessa48@gmail.com
Phone
+6282371380994
Journal Mail Official
emiliacontessa48@gmail.com
Editorial Address
https://journal.unbara.ac.id/index.php/bastrando/about/contact
Location
Kab. ogan komering ulu,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (BASTRANDO)
Published by Universitas Baturaja
ISSN : 28097327     EISSN : 2809722X     DOI : https://doi.org/10.54895/bastrando.v2i1
Core Subject : Education,
BASTRANDO Merupakan JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja memuat artikel tentang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya. Pertama kali terbit akhir tahun 2021. Setiap volume ada dua nomor yaitu nomor 1 terbit bulan Juni dan nomor 2 terbit bulan Desember.
Articles 43 Documents
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MENULIS ANEKDOT MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH KELAS X SMA Eni Hartati; Missriani Missriani; Yessi Fitriani
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2021): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.898 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis anekdot menggunakan model make a match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, Teknik tes,dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis data observasi,analisis data kemampuan menulis anekdot. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut ditandai dengan penggunaan model a match dengan meningkatkan keaktifan siswa selama pembelajaran menulis anekdot.Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan menulis anekdot sebanyak 14 siswa.Pada siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan belajar menulis anekdot sebanyak 27 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis anekdot siswa kelas X SMA.
TINJAUAN SEMIOTIK NOVEL HIDAYAH DALAM CINTA KARYA ROHMAT NURHADI ALKASTANI DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA Rita Nilawijaya; Emilia Contessa; M. Rama Sanjaya; M Doni Sanjaya
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2021): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.443 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur pembangun pada novel Hidayah dalam Cinta karya Rohmat Nurhadi Alkastani, (2) menganalisis nilai-nilai religius yang terkandung dalam novel Hidayah dalam Cinta karya Rohmat Nurhadi Alkastani dengan tinjauan semiotik, (3) mengimplementasikan hasil penelitian dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah nilai religius dalam novel Hidayah dalam Cinta karya Rohmat Nurhadi Alkastani tinjauan semiotik. Data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud kata, kalimat, dan paragraf yang mengandung nilai religius dalam novel Hidayah dalam Cinta. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Hidayah dalam Cinta karya Rohmat Nurhadi Alkastani. Sumber data sekunder penelitian ini berupa skripsi, biografi pengarang, dan internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pustaka dan simak-catat. Teknik validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model pembacaan semiotik yang meliputi pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural, tema dalam novel Hidayah dalam Cinta karya Rohamat Nurhadi Alkastani tentang keberhasilan yang diperoleh karena beriman. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Tokoh-tokoh yang dianalisis adalah Zein, Zakki, Uswah, Syakila, Maulida, Pak Budi Setyadi, Pak Kiai, Pak Mandor, Pak Tedy, Simbok, Melly, dan Billy. Latar pada novel meliputi latar tempat, waktu, dan sosial. Sudut pandang pada novel menggunakan sudut pandang orang pertama. Gaya bahasa yang digunakan adalah majas personifikasi dan simile. Hasil analisis religius dalam penelitian ini adalah terdapat dua nilai utama yang terkandung di dalam novel, yaitu akidah yang meliputi enam rukun iman (iman kepada Allah, malaikat, kitab, Rasul, hari akhir, takdir) dan ketetapan hati. Akhlak merupakan nilai yang meliputi: hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan alam, manusia dengan sesama manusia. Selain itu, akhlak juga dibedakan menjadi dua, yaitu akhlak baik (dipercaya, pemaaf, sabar, merasa cukup, dan kebersihan) dan akhlak buruk (egoistis, berdusta, pemarah, dengki, sombong, berlebih-lebihan, berbuat kerusakan, mengadu domba, dan mengolok-olok). Implementasi hasil penelitian novel Hidayah dalam Cinta sebagai bahan ajar sastra di SMA sesuai dan relevan untuk dijadikan bahan materi pembelajaran sastra. Novel Hidayah dalam Cinta mengandung unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik diimplementasikan pada siswa untuk menemukan tema, fakta cerita, serta sarana cerita. Unsur ekstrinsik pada novel diimplementasikan untuk menemukan nilai religius yang terdapat dalam novel tersebut.
HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KAIDAH KEBAHASAAAN TEKS EDITORIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EDITORIAL SISWA KELAS XII SMA ISLAM AZZAHRAH PALEMBANG Try Agustina; Edi Suryadi
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2021): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (986.041 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui adanya hubungan yang positif signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII SMA Islam Azzahrah Palembang, (2) mengetahui adanya hubungan yang positif signifikan antara penguasaan kaidah kebahasaan teks editorial terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII SMA Islam Azzahrah Palembang, dan (3) mengetahui adanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kaidah kebahasaan teks editorial terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII SMA Islam Azzahrah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif yang dilakukan melalui penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XII IPA 1. Hasil yang diperoleh dari ketiga tujuan tersebut adalah koefisien korelasi hubungan () menunjukan bahwa sebesar 0,484 lebih besar dari pada 36 siswa kisaran 5% yaitu 0,329 untuk kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa sehingga adanya hubungan yang positif dan signifikan, koefisien korelasi hubungan () penguasaan kaidah kebahasaan teks editorial terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa menunjukan bahwa bahwa sebesar 0,181 lebih kecil dari pada 36 siswa untuk kisaran 5% yaitu 0,329 sehingga ada hubungan yang positif namun tidak signifikan. Berdasarkan hasil analisis tersebut koefisien = 5.124 yang lebih besar dari hasil = 3,28. Selain nilai F, berdasarkan nilai R square sebesar 0,237 atau 23,7%. Hal ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan penguasaan kaidah kebahasaan teks editorial sebesar 23,7% terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII IPA 1 SMA Islam Azzahrah Palembang.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK DRAMA SISWA KELAS XI SMA SENTOSA BHAKTI BATURAJA Ratih Utami Ramadhaniati; Dewi Lestari
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2021): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (796.565 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran pair checks dalam memahami unsur intrinsik drama siswa kelas XI SMA Sentosa Bhakti Baturaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan hasil analisis data pretest yang dilakukan oleh peneliti kepada siswa dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan nilai yang diperoleh masih berada dibawah angka KKM. Berdasarkan data penelitian memahami unsur instrinsik drama yang ditugaskan kepada siswa, siswa yang mendapatkan nilai >75 sebanyak 0 orang siswa atau 0%, dan siswa yang mendapatkan nilai <75 yaitu sebanyak 30 orang siswa atau 100%. Nilai rata-rata siswa adalah 40,3 dengan kategori kurang. Selanjutnya, kemampuan siswa dalam memahami unsur instrinsik drama yang ditonton pada posttest secara keseluruhan sudah sangat baik. Berdasarkan data penelitian memahami unsur instrinsik drama yang ditugaskan kepada siswa, siswa yang mendapatkan nilai >75 sebanyak 30 orang siswa atau 100%, dan siswa yang mendapatkan nilai <75 yaitu sebanyak 0 orang siswa atau 0%. Nilai rata-rata siswa sudah adalah 88,7 dengan kategori sangat baik.
UNSUR-UNSUR POSKOLONIAL DALAM NASKAH DRAMA ANKA-ANAK KEGELAPAN KARYA RATNA SARUMPAET Fifi Lastari
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2021): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.134 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan gambaran poskolonial dalam naskah drama Anak-Anak Kegelapan karya Ratna Sarumpaet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. “Metode deskriptif adalah menuturkan dan menafsirkan data yang ada” (Surakhmad, 1985:139). Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis dan menggambarkan poskolonial yang terdapat pada naskah drama Anak-Anak Kegelepan karya Ratna Sarumpaet. Teknik data yang diguankan dalam penelitian ini adalah teknik analisis konten. “Teknik analisis konten adalah strategi untuk menangkap pesan karya sastra (Endraswara, 2008:161). Teknik analisis konten ini digunakan unuk menganalisis gambaran poskolonial yang terdapat pada naskah drama Anak-Anak Kegelepan karya Ratna Sarumpaet.Teknik analisis konten yang dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut (1) Membaca naskah drama Anak-Anak Kegelepan karya Ratna Sarumpaet, secara teliti dan seksama, serta memahami maksud ceritanya, (2) Membuat sinopsis naskah drama Anak-Anak Kegelepan karya Ratna Sarumpaet, (3) Menganalisis cerita dengan cara mancari penjajah dan terjajah, mimikri, dan hibriditas yang terdapat dalam naskah drama Anak-Anak Kegelepan karya Ratna Sarumpaet, (4) Membuat kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa kolonial dalam naskah drama Anak-Anak Kegelapan karya Ratna Sarumpaet, terdapat penjajah dan terjajah, mimikri, dan hibriditas. Berdasarkan hasil pembahasan analisis poskolonial dalam naskah drama Anak-Anak Kegelapan karya Ratna Sarumpaet, dapat disimpulkan bahwa analisis poskolonial merupakan suatu kajian tentang mengeksplorasi pengalaman, penindasan dari berbagai gejala kultural baik itu sejarah politik, kebudayaan, ekonomi, serta pendidikan. Teori poskolonial juga merupakan teori yang digunakan untuk menganalisis berbagai gejala kultural yang dapat dilihat dari segi penjajah dan terjajah, mimikri, dan hibriditas.
ANALISIS TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BUATAN GURU Inawati Inawati; Aryanti Agustina; Awalludin Awalludin; Lasmiatun Lasmiatun
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2022): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.024 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan butir soal Bahasa Indonesia buatan guru semester-II 2006 kelas XI SMA Negeri 5 OKU. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan teknik dokumentasi yang berupa butir soal Bahasa Indonesia dan lembar jawaban siswa serta teknik wawancara dengan guru Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas butir soal Bahasa Indonesia buatan guru tersebut menunjukan tingkat kesulitan yang sedang dengan rata-rata 0,532. Oleh sebab itu, butir soal yang telah disusun memiliki tingkat kesulitan yang sedang dapat dipertahankan. Disarankan kepada guru penyusun butir soal agar lebih meningkatkan kemampuannya dalam menyusun butir soal agar tercipta alat tes hasil belajar yang lebih berkualitas yaitu sedang yang memiliki tingkat kesulitan butir soal yang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah.
ANALISIS PENGGUNAAN MAKSIM CARA GRICE DALAM NOVEL MASIH ADA KERETA YANG AKAN LEWAT KARYA MIRA W Emilia Contessa; Erwanto Erwanto; Rita Nilawijaya
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2022): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.291 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan maksim cara dalam novel Masih Ada Kereta yang Akan Lewat karya Mira W Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan pengamatan langsung dengan teknik analisis isi teks. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Masih Ada Kereta yang Akan Lewat karya Mira W. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam novel Masih Ada Kereta Yang Akan Lewat karya Mira W secara keseluruhan terdapat 61 maksim cara, dengan rincian 33 penyimpangan maksim cara dan 28 maksim cara yang sesuai dengan prinsip kerja sama Grice. Beberapa faktor yang menyebabkan penyimpangan maksim cara dalam novel dapat terjadi dikarenakan banyak hal diantaranya dalam dialog tokoh terdapat kesopansantunan berbahasa pada orang yang lebih tua, suasana, budaya, situasi, waktu dan tempat saat percakapan berlangsung juga mampu menyebabkan penyimpangan maksim cara terjadi. Penggunaan maksim cara dan penyimpangan maksim cara pada dialog tokoh memang dapat memperkuat maksud dan tujuan dari percakapan yang ada, sehingga pembaca dapat lebih mudah mengerti maksud yang ingin disampaikan pengarang melalui karyanya.
ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM SURAT DINAS DI KANTOR DESA TANJUNG BARU KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU Ulfiana Imroatul Jannah; Awalludin Awalludin; M. Doni Sanjaya
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2022): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.358 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan dalam surat dinas yang di Kantor Desa Tanjung Baru. Peneliti membatasi analisis kesalahan ejaan dengan tiga kajian yaitu kesalahan pemakaian huruf, kesalahan penulisan kata, dan kesalahan penggunaan tanda baca. Penelitian ini menggunakan metode deskrptif. Sumber data yang digunakan adalah surat dinas yang dikeluarkan oleh Kantor Desa Tanjung Baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, Secara keseluruhan jumlah kesalahan yang terjadi adalah 208 kesalahan. Kesalahan pemakaian huruf berjumlah 112 kesalahan atau 1,31% dari jumlah seluruh kesalahan. Kesalahan penulisan kata terdapat 53 kesalahan atau 3,66% dari jumlah seluruh kesalahan. Lalu, kesalahan penulisan tanda baca terdapat 43 kesalahan atau 11,88% dari jumlah keseluruhan kesalahan. Jadi, total keseluruhan kesalahan berjumlah 5,61% dengan kesalahan terbanyak yang terdapat pada kesalahan penggunaan tanda baca. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam penulisan surat dinas di Kantor Desa Tanjung Baru masih terdapat kesalahan ejaan yang belum sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI UNSUR INTRINSIK DONGENG MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS X SMA Hariani Hariani
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2022): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.08 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pembelajaran model Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi unsur intrinsik dongeng di kelas X4 MA.Negeri 1 Lubuk Linggau. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebagai tindakan siswa di kelas X 4 MAN 1 Lubuk Linggau tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 43 orang yaitu laki-laki sebanyak 17 orang dan perempuan sebanyak 26 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi refleksi. Pada pra tindakan 61,38, siklus 1 meningkat sebesar 69,72 dan siklus ke II meningkat menjadi 75,97. Dengan demikian, hasil kemampuan akhir yang dicapai siswa kelas X4 MAN 1 Lubuk Linggau dalam mengapresiasi unsur intrinsic dongeng selama dua siklus mengalami peningkatan sebesar 14,59%
PROSES PEMBENTUKAN KATA PADA BRAND HIJAB DI INDONESIA Wirda Yamani; Cita Hikmah Yanti
Bastrando: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2022): BASTRANDO
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.882 KB)

Abstract

Brand adalah sebuah element penting dalam penciptaan sebuah produk. Brand berfungsi sebagai identitas pembeda suatu produk dengan produk lainnya. Dalam pembentukan sebuah kata ataunama, dalam kebahasaan ada proses yang mewakili pembentukan kata. Menurut Yule (2005), ada 11 proses pembentukan kata. Dalam penelitian deskriptif ini, penulis telah memilih 24 hijab brand ternama di Indonesia. Dan berdasarkan hasil Analisa, terdapat 5 proses oembentukan kata yang digunakan oleh pemilik brand dalammenciptakansebuah brand yaitu, Borrowing, clipping, compounding, blending dan Acronym. Peminjaman kata yang berasal dari negara lain adalah proses pembentukan kata yang paling sering digunakan. Selain itu empat proses lain juga menjadi acuan bagi para pemilik brand dalam menciptakan brand produk. Selainitu, pemilik brand menciptakan sebuah brand banyak dengan menggunakan nama pemilik sendiri dan menggunakan domain internet Indonesia .id sebagai pemberi identitas bahwa brand tersebut berasal dari Indonessia.