cover
Contact Name
Iis Yeni Sugiarti
Contact Email
caruban.unswagati@gmail.com
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
caruban.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 Telepon: 082117556837
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26151391     EISSN : 26203219     DOI : https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5683
Core Subject : Education, Social,
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR) Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. p-ISSN 2615-1391 dan e-ISSN 2620-3219
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 3 (2023)" : 9 Documents clear
Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Power Point Di Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Asra; Afriyani Yanti; Safrizal
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 3 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/dvcvx940

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Batusangkar pada semester 6 tahun ajaran 2023 dapat dilihat bahwa aktivitas mahasiswa pada saat proses belajar didalam kelas terlihat masih sangat rendah, dimana dapat dilihat dari mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah setengah dari yang berada didalam kelas tidak memperhatikan dosen maupun teman mahasiswa lainnya yang sedang melakukan presentasi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti kali ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif ini adalah sebuah penelitian yang dilakukan dengan sebuah tujuan yaitu untuk mengetahui nilai variable yang jumlahnya minimal satu variable tanpa adanya korelasi dengan variable lain. Dilihat dari aktivitas pembelajaran mahasiswa, ada beberapa hal yang muncul atau terlihat dari lembar observasi yang meliputi beberapa indicator dan hasil presentasenya. Beberapa indicator tersebut diantaranya 1) Indikator memperhatikan atau visual dengan presentase sebanyak 85,3%, 2) Indikator mendengar atau listening dengan presentase sebanyak 82,2%. Jumlah dari ke dua indikator itu dapat diakumulasikan dan hasil presentasenya sebesar 83,75% dan ini tergolong ke dalam kategori hasil yang sangat besar. Berdasarkan dari hasil uji hipotesis yang sudah dilakukan oleh peneliti maka nilai signifikansinya adalah sebesar 1,000 yang berarti hasilnya lebih besar dari 0,5 maka dapat diartikan Ho diterima, oleh sebab itu dapat diambil kesimpulan bahwa data aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran power point di jurusan PGMI bersifat acak.
Pengaruh Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) Terhadap Prestasi Akademik dan Keterampilam Sosisal Siswa Kelas II Sekolah Dasar Evi Rizqi Salamah; Zuni Eka Tiyas Rifayanti
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 3 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/d4sxv178

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengdeskripsikan pengaruh pembelajaran yang berpusat pada siswa terhadap prestasi akademik dan keterampilan sosial   siswa di kelas II sekolah dasar, menggunakan sampel acak sederhana dari satu kelas dipilih di Sekolah SDN Wringinrejo IV Mojokerto pada tahun 2023 dan siswa dilatih selama sebulan dan tahapan pendekatan kooperatif terorganisir David Johnson dan Roger Johnson. Sebelum melakukan pola, pengajaran siswa dievaluasi melalui kuesioner yang dirancang peneliti, lembar observasi dan kerja kelompok yang oleh dirancang peneliti. Setelah tiga bulan, prosedur dievaluasi dan tindak lanjut dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil dan efektif sebagai teknik mengajar siswa di II SD. Menurut apa yang telah dilakukan, pembelajaran kooperatif melalui kinerja siswa, memberikan kesempatan pada siswa untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri serta meningkatkan kemampuan mental.
NILAI BUDAYA DAYAK DESA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SEKOLAH DASAR Seran, Eliana; Imanuel Sairo Awang; Gabriel Serani
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 3 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/xnnwww25

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) nilai budaya Dayak Desa yang masih berkembang dewasa ini., 2) untuk mengidentifikasi penerapan profil pelajar Pancasila di wilayah  yang sebagian besar siswanya suku Dayak Desa, 3) untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya Dayak Desa dalam mendukung peneguhan profil pelajar Pancasila di jenjang sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan jumlah sampel 234 orang siswa sekolah Dasar di desa mayoritas Suku Dayak Desa yaitu Desa Ensaid Panjang dan Baning Panjang. Adapun hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 1) Fungsi budaya Dayak Desa dapat dipahami dengan baik oleh siswa, budaya dipandang sebagai identitas dipahami sebesar 23, 50%, fungsi budaya sebagai komitmen 20,51%, dan fungsi budaya sebagaii media komunikasi 21,79%.. 2) wujud budaya Dayak Desa dipandang sebagai kompleks dari ide dan gagasan, nilai dan norma, dan peraturan yang berlaku dipahami siswa sebesar 28,63%, budaya sebagai kompleks aktivitas atau kelakuan berpola di pahami sebesar 36,32%, dan budaya sebagai wujud benda dipahami sebesar 35,04%. 3) Impelementasi nilai Budaya Dayak Desa dalam mendukung profil pelajar Pancasila terwujud dalam enam dimensi profil pelajar Pancasila. Dimensi beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak sebesar 26,06%,  mandiri sebesar 9,82%, bernalar kritis 10,68%, kreatif 13,67%, bergotong royong 23,50%, dan berkhebinekaan global 16, 23%. Ini menunjukan bahwa nilai budaya Dayak Desa dapat menjadi dasar bagi perwujudan profil pelajar Pancasila.
Efektifitas Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 03 Madiun Lor Fiorennica Agustin; Dian Nur Antika Eky Hastuti; Maya Kartika Sari
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 3 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/qf93bk17

Abstract

Tujuan penelitian peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V dipengaruhi oleh pembelajaran tema dan paradigma pembelajaran Case Based Learning. SDN 03 Madiun Lor menjadi tempat pelaksanaan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan Randomized control group only design. Siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor menjadi peserta penelitian. Tes pilihan ganda adalah alat yang digunakan untuk menilai seberapa baik siswa dapat memecahkan masalah sebelum dan sesudah menerima intervensi. Permasalahan yang dipaparkan oleh peneliti salah satunya yaitu siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pendidikan ketika variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, dan kemampuan pemecahan masalah pembelajaran tema siswa juga kurang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t dengan nilai Thitung=12,802 sedangkan Ttabel=2,204 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan kriteria pengujian hipotesis  jika nilai Thitung > Ttabel maka H1 diterima, jika Thitung < Ttabel maka Ho ditolak.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 03 Madiun Lor Fiina Nur Hayati; Dian Nur Antika Eky Hastuti; Maya Kartika Sari
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 3 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/7rmrtz34

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 03 Madiun Lor. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian randomized control group only design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t yang memperoleh hasil thitung  (13,547) > ttabel (2,024) dengan kriteria pengujian keputusan jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima, sedangkan jika thitung < ttabel maka hipotesis ditolak, sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 03 Madiun Lor.
Implementasi Authoritative Parenting Dalam Mereduksi Perilaku Nomophobia Pada Siswa Sekolah Dasar Kamaluddin; Edi Firmansyah
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 3 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/02r9d592

Abstract

Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak sekolah dasar mengakibatkan banyak dampak negatif, salah satunya adalah potensi mengalami Nomophobia. Nomophobia saat ini menjadi masalah yang dialami oleh anak sekolah dasar. Orang tua memiliki peran yang penting dalam membantu anak-anak mengatasi masalah ini. penelitian ini memiliki urgensi yang penting karena dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pengasuhan authoritative dapat membantu mengurangi perilaku nomophobia pada anak-anak. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan quasi-eksperimental dengan desain pretest-post-test control group. Subjek penelitian adalah orang tua siswa sekolah dasar dan anak-anak mereka yang terindikasi mengalami perilaku nomophobia. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisisnya menunjukkan bahwa penampilannya masih bagus. Skor yang tinggi menunjukkan bahwa tingkat nomophobia tidak berubah secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dengan Authoritative Parenting mampu mengontrol bagaimana mereka menggunakan teknologi, mencegah mereka menimbulkan kecemasan saat mereka tidak berada di dekatnya.
ANALISIS PENGGUNAAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 PENGASIH Tri Dewi Pancasari; Wulan Tri Puji Utami; Norin Erissandy; Yuniati
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 3 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/y3e82n11

Abstract

Tantangan pendidikan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana cara memanfaatkan sumber belajar yang tersedia, seperti modul ajar dimanfaatkan sebaik mungkin dalam kegiatan pembelajaran sehingga tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengetahui sejauh mana penggunaan modul ajar kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan modul ajar kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 1 Pengasih. Subjek penelitian terdiri dari guru dan 14 peserta didik. Peneliti menggunakan empat tahapan dalam mengumpulkan data, yaitu observasi, pengumpulan data, wawancara, dan analisis data. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar masih belum optimal. Terdapat banyak kekurangan dalam administrasi proses pembelajaran seperti penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran saintifik, dan evaluasi pembelajaran. Guru mengalami kesulitan dalam implementasi Kurikulum Merdeka terutama dalam penyusunan modul ajar. Selain itu, penerapan Kurikulum Merdeka terlalu rumit dan pendidikan di sekolah, termasuk guru, peserta didik, dan orang tua, masih menghadapi kendala dalam penerapannya. Meskipun demikian, penggunaan modul ajar pada mata pelajaran matematika SD dinilai sangat efektif karena terlihat peningkatan pemahaman pada setiap materi yang diajarkan. Modul ajar juga dinilai lebih menarik daripada rancangan pembelajaran pada kurikulum 2013 karena memberi kebebasan pada guru untuk memodifikasi secara kreatif dan inovatif sesuai dengan kemampuan, keadaan, dan gaya belajar setiap peserta didik. Hal ini membuat peserta didik lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Melaui Pembelajaran Ritmik Berbasis 3N Ki Hadjar Dewantara Faisal Permana
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 3 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e8jmd693

Abstract

Perkembangan zaman kini sudah semakin pesat. Kemajuan dunia teknologi informasi dan multimedia saat ini memungkinkan kita untuk melakukan semua hal tanpa keterbatasan, karena kita dapat mengakses segalanya melalui media online yang terintegrasi hampir dalam seluruh media yang berada di sekitar kita. Penggunaan IT khususnya youtube menjadi favorit kalangan millenial. Karena bukan hanya kontennya yang asik dan beragam, tapi juga segala video yang kita inginkan bisa didapatkan dengan mudah. Dikhawatirkan generasi penerus bangsa menjadi hilang kendali dan menyalah gunakannya. Oleh karena itu sekolah perlu mengembangkan kemampuan memanfaatkan teknologi sebagai bagian dari keterampilan abad 21. Tulisan ini merupakan refleksi peneliti dan siswa terhadap proses pembelajaran ritmik yang mengintegrasikan konsep 3N Ki Hadjar Dewantara, rhythm sylable, assessment for learning dan pemanfaatan youtube. Melalui classroom research dikaji kontribusi pembelajaran ini terhadap pengembangan keterampilan abad 21. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan analisis hasil refleksi guru maupun siswa. Hasil penelitian menunjukan siswa lebih termotivasi, menguasai materi pelajaran dengan baik, mampu berkolaborasi, berkreasi, dan mengkomunikasikan hasil belajarnya melalui youtube.
Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Amanda Woro Sari; Henry Aditia Rigianti
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 3 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/rj841f46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model Problem Based Learning yang digunakan untuk melatih kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur. Data yang diperoleh berasal dari jurnal, artikel ilmiah dan sebagainya. Data yang peneliti peroleh kemudian dideskripsikan secara ilmiah sehingga diperoleh suatu kesimpulan pada penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning diimplementasikan melalui langkah-langkah, mulai dari orientasi pengenalan masalah, kolaborasi pengembangan pemecahan, meyajikan karya, dan yang terakhir adalah mengevaluasi. Melalui langkah yang disajikan maka siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran, terkhusus dalam menyelesaikan masalah. Dengan adanya penggunakan model Problem Based Learning pada proses pembelajaran maka dapat membantu menumbuhkan keterbiasaan siswa dalam berpikir kreatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 9