JPLED			
            
            
            
            
            
            
            
            Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It includes teaching practice and educational development in early childhood education, basic education, secondary education, higher education, and vocational education in formal, non-formal, and informal education systems. This journal was first published in March 2021, publish quarterly (March, May, August, and November). Changes have been published quarterly since 2023.
            
            
         
        
            Articles 
                10 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED)" 
                    
                    : 
10 Documents 
                    
clear       
                 
                        
            
                                                        
                        
                            Kepemimpinan Transformasional kepala SMK negeri kota padang 
                        
                        Lukman, Citra Amanda; 
Gistituati, Nurhizrah                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.246                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis Juli-Desember 2022 serta observasi dan wawancara pada bulan Juni 2023 mengenai Kepemimpinan Transformasional Kepala SMK Negeri Kota Padang dalam hal meningkatkan pengaruh ideal (idealized influence), motivasi inspirasional (inspirational motivation), stimulasi intelektual (intellectual stimulus), Pertimbangan individual (individual consideration) kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang terdapat di SMK Negeri Se-Kota Padang berjumlah 818 guru dengan sampel penelitian berjumlah 135 orang yang diambil berdasarkan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah angket model skala Likert dengan 5 alternatf jawaban yaitu Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-kadang (KD), Jarang (JR), dan Tidak Pernah (TP) yang terdiri dari 37 item pernyataan. Sebelum digunakan untuk penelitian angket tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata Mean. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah ditinjau dalam aspek (1) pengaruh ideal (idealized influence) berada pada kategori sangat baik memperoleh skor rata-rata 4.54 dengan TCR (90.83%), (2) motivasi inspirasional (inspirational motivation) berada pada kategori baik memperoleh skor rata-rata 4.26 dengan TCR (85.17%), (3) stimulasi intelektual (intellectual stimulus) berada pada kategori cukup memperoleh skor rata-rata 4.18 dengan TCR(76.64%), (4) pertimbangan individual (individual consideration) berada pada kategori cukup memperoleh skor rata-rata 4.25 dengan TCR (75.56%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah SMK Negeri se-Kota Padang berada pada kategori baik memperoleh skor rata-rata 4.31 dengan TCR (82.05%). Jadi kepala sekolah itu harus lebih meningkatkan kepemimpinan transformasional agar lebih baik lagi kedepannya.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PERILAKU INOVATIF GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI KOTA PADANG. 
                        
                        Ilmi, Fauzatul; 
Gistituati, Nurhizrah                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.247                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan yang peneliti lakukan dibeberapa SMK Negeri Kota Padang, terlihat bahwa perilaku inovatif guru masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat perilaku inovatif guru dalam proses pembelajaran yang mencakup eksplorasi ide, menghasilkan ide dan implementasi ide. Ada 3 (tiga) pertanyaan yang dijawab dalam penelitian ini, yaitu: 1) seberapa baik perilaku inovatif guru  mengeksplorasi ide dalam pembelajaran di SMK Negeri Kota Padang; 2) seberapa baik perilaku inovatif  guru menghasilkan ide dalam pembelajaran di SMK Negeri Kota padang; 3) seberapa baik perilaku inovatif  guru mengimplementasikan ide dalam pembelajaran di SMK Negeri Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah seluruh guru SMK Negeri Kota Padang yang berjumlah 818 orang. Dengan sample 135 orang. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan Cluster random sampling yaitu dengan sistem undian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan model skala likert tentang perilaku inovatif guru dalam proses pembelajaran yang berjumlah 30 item. Sebelum angket tersebut digunakan sudah terlebih dahulu di uji validitas dan reabilitasnya. Data yang terkumpul di olah dengan mencari skor rata-rata dan tingkat capaian rata-rata. Dari hasil pengolahan tersebut diperoleh bahwa perilaku inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang dari aspek inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang dalam eksplorasi ide pembelajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran). Menurut hasil penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.28 dengan TCR (85.59%) kategori baik. Perilaku inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang dilihat dari menghasilkan ide dalam pembelajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran). Menurut penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.14 dengan TCR (82.74%) kategori baik. Inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang di lihat dari implementasi ide guru dalam pembelajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran). Menurut penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.19 dengan TCR (83.80%) berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa 3 indikator dari 3 sub variabel yang penulis teliti mencapai kriteria baik dengan skor rata-rata 4,20.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengelolaan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Kota Solok: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Kurikulum Merdeka 
                        
                        Wulandari, Cut Reza; 
Ningrum, Tia Ayu; 
Syahril                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.250                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman sekolah terutama guru terkait pengelolaan kurikulum merdeka yang terlihat dari beberapa fenomena yang muncul diantaranya: sekolah kurang memahami pengelolaan kurikulum merdeka sesuai dengan peraturan yang diedarkan oleh kemendikbudristek. Selain itu, beberapa guru menyatakan belum memahami tentang pengelolaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka. Adapun fenomena lainnya, Guru sulit menyesuaikan perubahan kurikulum dengan kurikulum yang ada saat ini (merdeka) dan belum menguasai materi sesuai alur tujuan pembelajaran. Selain itu, terdapat sebagian guru yang mengeluh dalam membuat perencanaan pembelajara serta melakukan evaluasi pembelajaran dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka, pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka, dan evaluasi pembelajaran dengan kurikulum merdeka dalam pengelolaan kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Kota Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik snowball sampling dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi untuk mendapatkan jawaban yang lebih efektif serta akurat. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Waka Kurikulum dan guru. Hasil yang diperoleh dalam penelitian terkait pengelolaan kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Kota Solok diantaranya: 1) perencanaan kurikulum merdeka dilakukan oleh semua unsur di sekolah yang dengan mengikuti pedoman KOSP, 2) pelaksanaan kurikulum merdeka dilakukan melalui penyusunan RPP dan P5, 3) Evaluasi kurikulum merdeka mencakup penilaian formatif dan sumatif serta pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan guru dapat meningkatkan pemahaman kurikulum merdeka melalui pelatihan workshop atau pelatihan berbasis mandiri yang dapat diakses melalui aplikasi PMM (Platform Merdeka Mengajar) dan mampu mengaplikasikan berbagai perangkat pembelajaran pada minat dan kebutuhan dari peserta didik. Selain itu, diharapkan usaha kepala sekolah dalam rangka meningkatkan pemahaman kurikulum merdeka kepada guru dan peserta didik dan juga Diharapkan usaha dinas Pendidikan untuk mendukung dan mensukseskan sekolah-sekolah yang mulai menyelenggarakan program kurikulum merdeka.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Persepsi Guru tentang Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Negeri Kota Payakumbuh 
                        
                        U Pg Fitra A M; 
Santoso, Yulianto; 
Nellitawati; 
Achyar, Novriyanti                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.251                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
This study aims to analyze the service data of School Administration Personnel seen from the aspects of 1) ease of getting services, 2) certainty of service time, 3) accuracy/accuracy, 4) friendliness, 5) responsibilities carried out at SMK Negeri Kota Payakumbuh. This type of research is descriptive research. This research was conducted at SMK Negeri Kota Payakumbuh with a population of all teachers totaling 454 teachers with a sample of 84 teachers. The trial was conducted by 20 teachers outside the sample. To determine the sample size using the Slovin formula with an error rate of 10% with the Proportional Random Sampling technique. The research instrument uses the Likert Scale model with five alternative answers. Validity test using questionnaire and reliability using SPSS (Statistic Package and Social Science) 24.0 for windows program. The validity test of this study used a product moment with a significant level of 5% (0.444) with a reliability test using the Alpha Cronbach formula. The collected data is processed using the average formula (mean). The results of the data analysis showed that the service of School Administration Personnel in terms of: 1) ease of getting services obtained a score of 4.37 (good), 2) certainty of service time obtained a score of 4.43 (good), 3) accuracy/accuracy obtained a score of 4.41 (good) and 4) friendliness obtained a score of 4.31 5) responsibility obtained a score of 4.34 (good). It can be concluded that the service of School Administration Personnel at SMK Negeri Kota Payakumbuh obtained an average score of 4.37 in the good category.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Persepsi Guru Terhadap Pengelolaan Kurikulum Merdeka di SMPN se-Kota Padang Panjang 
                        
                        Ramadan E, Annisa Nur; 
Irsyad                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.252                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya sebagaian guru yang belum paham terkait dengan pengelolaan kurikulum merdeka di SMPN Se-Kota Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai persepsi guru terhadap pengelolaan kurikulum merdeka di SMPN Se-Kota Padang Panjang yang dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengolahan dan pelaporan hasil asesmen, dan tindak lanjut pembelajaran. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru SMPN Se-Kota Padang Panjang yang berjumlah 211 orang dan sampel 68 orang guru. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner model skala Likert. Keywords: pengelolaan, kuirkulum merdeka
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Penerapan Teknologi Informasi Pada Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Tenaga Administrasi Sekolah di SMPN Se-Kecamatan Koto XI Tarusan 
                        
                        Setriani, Yuke; 
Irsyad                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.255                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini dilatarbelakangi dari masih adanya masalah tentang kurangnya kemampuan tenaga administrasi sekolah dalam penggunaan teknologi informasi di SMPN Se-Kecamatan Koto XI Tarusan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan tenaga administrasi sekolah dalam penggunaan teknologi informasi di SMPN Se-Kecamatan Koto XI Tarusan yang dilihat dari menyimpan, mengolah, mengubah, dan menciptakan dokumen atau data berbasis digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Se-Kecamatan Koto XI Tarusan dengan populasi sebanyak 35 orang tenaga administrasi sekolah. Instrumen pengumpulan data menggunakan rumus rata-rata. Secara keseluruhan kemampuan tenaga administrasi sekolah dalam penggunaan teknologi informasi di SMPN Se- Kecamatan Koto XI Tarusan tergolong dalam kategori mampu dengan skor rata-rata 3,82.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengembangan E-Learning pada Mata Kuliah System Digital di Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya 
                        
                        Shiddiqy, M. Hasbi Ash; 
Rijanto, Tri; 
Agustin, Dewien Nabielah                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.258                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Dalam era globalisasi saat ini, teknologi informasi dan komunikasi memainkan peran krusial dalam transformasi pendidikan. Salah satu inovasi yang mendominasi dunia pendidikan adalah E-Learning, sebuah pendekatan pembelajaran jarak jauh melalui internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) untuk mengembangkan dan menguji media E-Learning pada mata kuliah System Digital di Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya. Hasil analisis aspek media menunjukkan bahwa media E-Learning ini memiliki kesesuaian, kelengkapan, dan keterkaitan yang baik dengan silabus, materi, dan perkembangan mahasiswa. Validasi dilakukan pada aspek isi, format, dan bahasa. Penilaian terhadap kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran, taraf berpikir mahasiswa, kelengkapan materi, keakuratan materi, serta organisasi dan kedalaman materi menunjukkan validitas yang kuat. Aspek format dan bahasa juga dinilai sangat valid, menciptakan gambaran menyeluruh tentang kualitas dan validitas media E-Learning ini. Selanjutnya, penelitian menghasilkan Sistem Pembelajaran (SAP) berbasis E-Learning dengan materi rangkaian sistem digital. Evaluasi dari tiga validator menunjukkan bahwa SAP ini dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan media E-Learning ini menunjukkan peningkatan nilai dibandingkan dengan penggunaan media power point. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran melalui E-Learning sangat positif, menunjukkan ketertarikan dalam mengakses informasi secara online. Secara keseluruhan, pembelajaran dengan media E-Learning dapat dilaksanakan dengan baik, dengan mahasiswa menunjukkan keaktifan dan ketertarikan dalam proses pembelajaran mata kuliah System Digital. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan di era modern dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Kolaborasi antara Guru Bahasa Arab, Orang Tua dan Terapis dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi 
                        
                        Hasan, Laili Mas Ulliyah; 
Nurharini, Firdausi; 
Hasan , Izzah Nur Hudzriyah                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.260                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
This research explores the role of collaboration between teachers, parents and therapists in supporting Arabic language learning for children with special needs in an inclusive school environment. Through a qualitative approach, data was collected through in-depth interviews with Arabic teachers, students' parents, and therapists involved in the learning process. The findings show that effective collaboration between the three parties is the key to success in facilitating Arabic language learning for children with special needs. Factors such as open communication, understanding students' individual needs, curriculum adjustments, and emotional and social support have proven important in creating an inclusive learning environment that supports the growth and language development of children with special needs. The practical and pedagogical implications of this research highlight the importance of interdisciplinary collaboration and support the role of each stakeholder in strengthening Arabic language learning in inclusive schools. This research contributes to further understanding of collaborative strategies that can be implemented in inclusive education contexts to support children with special needs in achieving progress in their Arabic language.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Kepuasan Kerja Pegawai Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat : Kepuasan Kerja Pegawai 
                        
                        Safitri, Rani; 
Syahril                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.261                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan kerja di Kantor Wilayah Kementrian Agama di Propinsi Sumatera Barat, yang meliputi: (1) menyenangi pekerjaan, (2) mencintai pekerjaan, (3) moral kerja, (4) kedisiplinan, (5) prestai kerja. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di Kantor Wilayah Kementrian Agama di Propinsi Sumatera Barat yang berjumlah 198 pegawai. Sampel penelitian adalah 68 pegawai dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat yang digunakan adalah model survei skala Likert. Hasil analisis dan pengolahan datanya memuaskan. Pendapat pegawai tentang kepuasan kerja di Kantor Wilayah Kementrian Agama di Propinsi Sumatera Barat, dapat dilihat dari penjelasan berikut: (1) menyenangi pekerjaan terwujud dengan baik dengan rata-rata 4,3, (2) mencintai pekerjaan di kategori puas dengan rata-rata 4,2 (3) moral kerja dilakukan dengan baik, dengan rata-rata 4,1(4) kedisiplinan terwujud dengan baik, dengan rata-rata 4,1, (5) prestasii kerja dilakukan dengan baik dengan rata-rata 4,2 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja di Kantor Wilayah Kementrian Agama di Propinsi Sumatera Barat terwujud dengan predikat puas, dengan rata-rata 4,2 (puas).
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Analisis Kompetensi Pegawai Bidang Perencanaan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat 
                        
                        Putri, Suci Kurnia; 
Ningrum , Tia Ayu                        
                         Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED) 
                        
                        Publisher : Global Action and Education for Society 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.58737/jpled.v4i1.277                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peran penting pegawai di suatu organisasi atau kantor mengharuskan pegawai untuk memiliki tugas, kompetensi dan sikap dalam melaksanakan pekerjaannya. Tugas kompetensi dan sikap pegawai harus sesuai dengan tupoksi dari setiap organisasi tempat pegawai bekerja. Salah satu tahap yang ditempuh yaitu mempelajari dasar-dasar dan teori menjadi pegawai pada bangku perkuliahan, contohnya pada Departemen Administrasi Pendidikan yang mana salah satu pekerjaan untuk lulusannya yaitu menjadi pegawai pada suatu kantor atau organisasi. adanya keluhan mitra yaitu dinas Pendidikan provinsi sumatera barat khususnya bidang perencanaan tentang keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa magang belum sesuai dengan tugas pokok sebagai pegawai. Adapun, fenomena lainnya, tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis tugas pokok dan kompetensi pegawai bidang perencanaan di dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dapat mencakup beberapa aspek yang mempengaruhi kinerja dan efektivitas mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik snowball sampling dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunkan Teknik triangulasi untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan akurat. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sug perencanaan dan pegawai. Hasil yang diperoleh dalam penelitian terkait dengan kompetensi pegawai bidang perencanaan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat diantaranya : 1) menganalisis tupoksi pegawai bidang perencanaan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat 2) menganalisis kompetensi pegawai bidang perencanaan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Adpun saran terkait penelitian ini diharapkan ada nya Program Pelatihan dan Workshop Berkala Menyelenggarakan program pelatihan dan workshop berkala yang fokus pada pengembangan Dengan menerapkan saran-saran ini, Dinas Pendidikan dapat membantu pegawai di bidang perencanaan untuk terus meningkatkan kompetensi pegawai dan berkontribusi secara lebih efektif dalam upaya perencanaan pendidikan yang berkualitas.