PROCURATIO: Jurnal Manajemen dan Bisnis
The PROCURATIO is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on business and management. The PROCURATIO invites manuscripts in the areas of finance, international business, management strategy, marketing, economics, risk, accounting, agribusiness and insurance. The PROCURATIO accepts articles in any business related subjects and any research methodology that meet the standards established for publication in the journal. The primary, but not exclusive, audiences are academicians, graduate students, practitioners, and others interested in business research. The primary criterion for publication in PROCURATIO is the significance of the contribution an article makes to the literature in management and business area, i.e., the significance of the contribution and on the rigor of analysis and presentation of the paper. The acceptance decision is made based upon an independent review process that provides critically constructive and prompt evaluations of submitted manuscripts.
Articles
35 Documents
PENGARUH SOCIAL CAPITAL, PERSONAL BRANDING SELEBGRAM DAN KETERLIBATAN KONSUMEN DENGAN TEKNOLOGI TERHADAP MINAT BELI
Suci Mardiana, Citra;
Johannes;
Ekasari, Novita
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): January - June
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i1.6
Saat ini media sosial instagram menjadi tempat paling popular dalam memasarkan produk secara online dikarenakan semakin hari semakin banyak penggunanya. Dari sekian banyak pengguna instagram yang memilih melakukan bisnis online, Selebgram Kayla Nadira adalah salah satu pengguna yang aktif menggunakan instagram sebagai media bisnis. Pengikut akun instagram Kayla Nadira saat ini yaitu 1.1 juta pengikut dari seluruh Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Social Capital, Personal branding Selebgram dan Keterlibatan Konsumen Dengan Teknologi Terhadap Minat Beli. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling.Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden yang berasal dari followers akun Selebgram Kayla Nadira. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Social Capital, Personal branding dan Keterlibatan Konsumen dengan Teknologi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli. Secara simultan variabel Social Capital, Personal branding dan Keterlibatan Konsumen dengan Teknologi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli. Hasil analisis kuantitatif membuktikan variabel Social Capital () memberikan pengaruh paling besar terhadap Minat Beli produk online shop Kayla Nadira.
PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN PERCEIVED RISK TERHADAP LOYALTY INTENTION
Wendi
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): July - December
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i2.7
Kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran menggeser peranan uang tunai sebagai alat pembayaran ke dalam bentuk pembayaran non-tunai yang lebih ekonomis. Technology Acceptance Model (TAM) memprediksi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan niat penggunaan suatu teknologi terkait sistem pembayaran. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi niat penggunaan, salah satunya adalah manfaat persepsian, kemudahan persepsian, dan risiko persepsian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh manfaat persepsian, kemudahan persepsian, dan risiko persepsian terhadap niat penggunaan kartu ATM/debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Pada penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan proses pemilihan sampel dapat diperoleh 91 mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan tahun 2017-2020 di Universitas Bangka Belitung yang menjadi sampel. Metode pengumpulan data adalah metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan uji statistik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa manfaat persepsian dan kemudahan persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan. Risiko persepsian tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap niat penggunaan. Penelitian selanjutnya harus menambah variabel lain untuk mendapatkan perbedaan dari penelitian ini. Selain itu, penelitian selanjutnya harus menggunakan sampel yang lebih banyak dan memperluas lingkup penelitian.
PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BAWANA MARGATAMA
Sidik, Rahmatullah;
Pogo, Tajuddin;
Eddy Nugroho, Rosalendro
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): January - June
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i1.9
Sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Sumber daya dalam hal ini terkait dengan kinerja karyawan. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah motivasinya dalam bekerja . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh karyawan PT. Bawana Margatama yang bekerja di Head Office PT. Adira Multifinance, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probality dengan sample jenuh, sehingga sample yang diambil sebanyak 47 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara partial dan simultan variabel motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. Bawana Margatama. Penelitian ini juga menunjukan bahwa motivasi intrinsik lebih berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. Bawana Margatama dibandingkan dengan motivasi ekstrinsik. Dengan diperolehnya hasil penelitian ini diharapkan perusahaan dapat terus menjaga dan meningkatkan kinerja karyawan melalui motivasi kerja, baik itu motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik.
PENGARUH KEPUASAN KERJA, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PT. DEPORINDO TELEKOMUNIKASI
Margono;
Pogo, Tajuddin
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): January - June
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i1.10
Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja, gaya kepemimpinan, dan komitmen organisasional terhadap turnover intention di PT Deporindo Telekomunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang didisain untuk melihat ada tidak dan kuat atau lemahnya hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Dari seluruh karyawan sebanyak 112 orang , dan dengan metode sensus 98 orang memenuhi kriteria untuk diteliti. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa sebanyak 64,5% turnover intention dipengaruhi oleh variabel kepuasan kerja, gaya kepemimpinan dan komitmen organisasional dan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Hasil regresi menunjukkan kepuasan kerja (X1) artinya kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, sedangkan gaya kepemimpinan (X2) berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap turnover intention. Sementara komitmen organisasional (X3) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Secara simultan kepuasan kerja, gaya kepemimpinan, dan komitmen organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap turnover intention.
REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA
Putra Utama, Reski
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): January - June
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i1.11
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar modal terhadap peristiwa pandemic Covid-19 pada perusahaan indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode peristiwa 17 Februari-16 Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahan pada indeks LQ45 yang tercatat pada periode peristiwa yaitu sebanyak 45 perusahaan, sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 sampel yang dipilih berdasarkan tehnik sampel jenuh. Pengumupulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji one sample t test dan paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat abnormal return yang signifikan di sekitar hari pengumuman peristiwa pandemi Covid-19, yang ditandai dengan adanya abnormal return yang signifikan negatif dan perbedaan yang signifikan commulative average abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman peristiwa pandemi Covid-19.
ANALISIS RISIKO USAHATANI PADI SAWAH (ORYZA SATIVA L) : STUDI KASUS DI DESA AHA KECAMATAN MOROTAI SELATAN KABUPATEN PULAU MOROTAI
Hi. Karim, Suriyati;
Kaddas, Fatmawati;
Fatmawati, Mila;
Basuki, Natal;
Suhardi, Suhardi
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): January - June
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i1.23
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan pendapatan dan R/C Ratio dan untuk mengetahui besarnya risiko pada usahatani padi sawah. Penelitian ini dilakukan di Desa Aha, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai. Penetuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling). Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2021. Penentuan sampel responden dilakukan dengan metode sampling jenuh atau sensus. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan usahatani padi sawah sebesar Rp. 12.338.587 dengan R/C Ratio sebesar 2,2 yang artinya usahatani padi sawah layak untuk dijalankan. Risiko usahatani dilihat dari risiko produksi sebesar 0,39, risiko harga tidak memiliki risiko 0,00 dan risiko pendapatan sebesar 0,48. Hasil penelitian yang diperoleh adalah risiko usahatani padi sawah di Desa Aha tergolong rendah.
DAMPAK E-COMMERCE TERHADAP STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA PLATFORM SHOPEE)
Fitri, Nuri Anisa
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): July - December
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i2.34
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji dengan lebih dalam mengenai dampak E-Commerce terhadap strategi pemasaran pada platform shope. Metode yang dipakai pada studi ini ialah metode library search sehingga metode yang dipakai pada studi ini ialah studi literatur melalui buku, jurnal, dan artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shopee memakai berbagai strategi internasional dalam pemasarannya, diantaranya ialah pemasaran hubungan masyarakat (Public relations marketing) sebagai pendekatan pengembangan bisnis meliputi strategi dorong, strategi tarik, dan strategi membujuk dengan metode stream, demo, dan program gratis ongkir. Selain itu, kehadiran E-Commerce sangat berpengaruh terhadap strategi pemasaran pada platform shopee. Adapun pengaruhnya ialah aksebilitas yang mudah bagi para pembeli, penjual dapat menjangkau pembeli dengan cepat, dan pembeli bisa melakukan perbandingan harga.
PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PENGAWAS KOPERASI DI PROVINSI JAWA BARAT
Zakiyah
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): July - December
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i2.35
Koperasi merupakan lembaga berbadan hukum dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Pengawasan koperasi dilakukan oleh pengawas koperasi guna memastikan kepatuhan koperasi terhadap peraturan perundang-undangan dalam rangka menetapkan tingkat kesehatan koperasi dan penerapan sanksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi petugas pengawas koperasi terhadap kinerja pengawasan koperasi dengan metode kuantitatif dan regresi sederhana sebagai teknik analisis data hasil penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kompetensi berpengaruh terhadap kinerja pengawas koperasi.
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DAN PENERAPAN GREEN MARKETING KENTUCKY FRIED CHICKEN
Wulandari, Hendriana
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): July - December
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i2.36
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap perilaku konsumen KFC. metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis datanya berupa uji validitas, uji reliabilitas dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa green marketing berpengaruh terhadap perilaku konsumen KFC. Implementasi green marketing yang dilakukan oleh KFC di Jakarta yaitu promosi melalui iklan dengan menggunakan isu lingkungan, menggunakan logo hijau, melakukan daur ulang limbah tulang dan bulu ayam, melakukan pemilihan bahan baku dengan kualitas terbaik.
ANALISIS KELAYAKAN USAHA GULA AREN DI DESA PAPALOANG KABUPATEN HALMAHERA SELATAN
Basuki, Natal;
Fatmawati, Mila;
Mahmud, Haris
PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): July - December
Publisher : PT. Sangadji Media Publishing
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62394/projmb.v1i2.37
Gula aren adalah komoditi yang dihasilkan dari tanaman aren. Gula aren sudah dikenal masyarakat sejak dulu. Gula aren dihasilkan dari penyadapan nira aren yang selanjutnya disaring dan dimasak kemudian mengental. Berdasarkan tujuannya untuk mengetahui penerimaan dan pendapatan serta mengetahui seberapa layak usaha gula aren. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Papaloang Kecamatan Bacan Selatan Kabupaten Halmahera Selatan. Penentuan lokasi menggunkan Purposive Sampling dengan pertimbangan Desa Papaloang merupakan salah satu sentra produksi gula aren di Kecamatan Bacan Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pendapatan usaha gula aren di Desa Papaloang Sebesar Rp. 62.699.740. dengan nila R/C Ratio 3,94, B/C Ratio 2,94, BEP harga Rp.8, BEP Produksi 176.813 gram dan BEP penerimaan Rp.5.658.037