cover
Contact Name
Rabwan Satriawan
Contact Email
jurnalolahragatsb@gmail.com
Phone
+6282323898556
Journal Mail Official
jurnalolahragatsb@gmail.com
Editorial Address
STKIP Taman Siswa Bima Jalan Pendidikan Taman Siswa Bima No. 1 Palibelo, Bima - NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880324     EISSN : 26850125     DOI : https://doi.org/10.37630/jpo
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal specifically concerns on main problem in the critics, analysis, evaluation, and development of physical edcutaion, sport, and health field, namely: SPORTS SCIENCE PHYSICAL EDUCATION SPORTS TOURISM TRADITIONAL SPORTS SPORTS BIOMECANICS SPORT HEALTH SPORTS PSYCHOLOGY SPORTS NUTRITION
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA" : 21 Documents clear
Efektivitas Variasi Bermain terhadap Pengembangan Kemampuan Gerak Dasar Motorik Anak Usia 9–10 Tahun Naufaldi, Fikri
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.3024

Abstract

Pembelajaran PJOK memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan motorik dan kognitif anak usia sekolah dasar. Namun, siswa usia 9–10 tahun masih banyak yang mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan dasar seperti berlari, melompat, dan melempar karena kurangnya variasi aktivitas bermain yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas variasi bermain terhadap pengembangan kemampuan gerak dasar motorik serta mengevaluasi integrasi unsur numerasi dan bentuk geometri dalam permainan PJOK terhadap peningkatan pemahaman kognitif siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest–post-test, melibatkan 20 siswa kelas IV dan 25 siswa kelas III SDN 36 Pontianak Selatan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen meliputi tes motorik kasar dan tes kognitif numerasi serta bentuk geometri. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test melalui SPSS versi 25. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan motorik (dari 22,25 menjadi 39,80; p < 0,05) dan pemahaman kognitif (dari 59,4 menjadi 82,7; p = 0,001). Temuan ini menunjukkan bahwa variasi bermain efektif mendukung pengembangan motorik sekaligus kognitif siswa secara simultan. Strategi ini relevan diterapkan dalam pembelajaran PJOK yang kontekstual dan menyenangkan.
Pengaruh Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Atas Tim Bolavoli Putra MI Ma’arif NU Karangasem Rido, Ahmad Musalim; Azizah, Alfiah Rizqi; Sumantri, Riyan Jaya
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.3297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan passing atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas V MI Ma’arif NU Karangasem, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan passing atas yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas V sebagai peserta dan enam siswa kelas VI sebagai tutor sebaya. Perlakuan diberikan selama 12 kali pertemuan dalam pembelajaran PJOK. Tes yang di gunakan untuk mengukur kemampuan passing atas bolavoli pada siswa adalah AAHPER face-wall volley test. Data dikumpulkan melalui tes praktik sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian di analisis menggunakan Microsoft Excel. Analisis data mencakup perhitungan nilai rata-rata, gain score, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata meningkat dari 4,08 (pretest) menjadi 6,75 (posttest), dengan gain score rata-rata sebesar 2,67 poin dan persentase peningkatan sebesar 85%. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar p = 0,0246, yang menandakan bahwa pendekatan yang digunakan memberikan efek signifikan terhadap peningkatan kemampuan passing atas siswa. Kesimpulannya adalah metode tutor sebaya terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan passing atas bolavoli pada siswa di MI Ma’arif NU Karangasem.
Analisis Hasis Asesmen Sumatif Akhir Jenjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Jenjang SMP Umasugi, Ade Elfinah; Lufthansa, Luthfie; Pradipta, Anangga Widya; Masitho, Shinta; Rohmah, Laila Nur
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.2842

Abstract

Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) merupakan sebuah asesmen kognitif yang diperuntukkan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dalam memetakan kualitas pembelajaran yang berada pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kabupaten Malang baik yang berstatus sekolah negeri maupun swasta yang dilaksanakan secara serentak. Dengan hasil asesmen ini baik dari siswa, guru, sekolah hingga dinas pendidikan akan dapat mengidentifikasi capaian kompentensi rata-rata siswa disetiap mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto yang bertujuan untuk menganalisis hasil asesmen sumatif akhir jenjang pada pembelajaran Pendidikan Jasmani. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni para peserta didik kelas 9 SMP Plus Al-Firdaus sejumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari siswa berupa angket/kuisioner dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi hasil belajar yang didapat dari guru serta dokumentasi penelitian. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti ini yakni deskriptif kuantitatif dengan mengunakan angket serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk hasil assesmen Pelajaran Pendidikan jasmani kelas 9 SMP Plus Al-Firdaus mendapatkan hasil dengan rata-rata 81,5. Proses pembelajaran serta hasil pembelajaran Pendidikan jasmani di SMP Plus Al-Firdaus berjalan dengan baik dibuktikan dengan hasil assesmen yang diselenggarakan secara serentak di kabupaten Malang pada tahun 2025.
Tingkat Kemampuan VO₂MAX pada Siswa SMKN 1 Singosari Zulfina N, Fannisa; Alfin, Muhammad; Isnaini, Lalu; Rusdiyanto, Rajip Mustafillah
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.3006

Abstract

Kebugaran jasmani, khususnya kapasitas kardiorespirasi, merupakan komponen penting dalam menunjang kesiapan fisik siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menghadapi dunia kerja. Namun, rendahnya tingkat aktivitas fisik siswa SMK berpotensi menurunkan kebugaran jasmani mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan VO₂Max siswa kelas XI di SMKN 1 Singosari yakni 254 siswa sebagai indikator kebugaran kardiorespirasi. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel terdiri dari 100 siswa, yaitu 50 siswa laki-laki dan 50 siswa perempuan yang dipilih secara acak. Instrumen pengumpulan data menggunakan Multistage Fitness Test (Bleep Test) untuk mengukur nilai VO₂Max. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata VO₂Max siswa laki-laki adalah 37,5 ml/kg/menit dan siswa perempuan 27,8 ml/kg/menit. Mayoritas siswa berada dalam kategori “Sangat Kurang” dan “Kurang”. Temuan ini mengindikasikan bahwa tingkat kebugaran kardiorespirasi siswa masih tergolong rendah dan perlu mendapat perhatian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi bagi guru PJOK dan pihak sekolah dalam merancang program aktivitas fisik yang lebih efektif dan adaptif guna meningkatkan kebugaran jasmani siswa.
Metode Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani: Systematic Literature Review Pertiwi, Ayu Oktolita; Mashud, Mashud
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.3053

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMA. Minat belajar merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan efektivitas proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), Dalam PJOK, minat tidak hanya melibatkan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik, siswa yang berminat tinggi siswa cenderung terlibat dalam setiap aktivitas gerak yang akan dicapai. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara sistematis berbagai metode pembelajaran yang telah terbukti meningkatkan minat belajar siswa, baik dalam konteks pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PICO (Population, Intervention, Comparison, Outcome) dan penyaringan menggunakan diagram alir PRISMA. Artikel dikumpulkan melalui mesin pencari data Google Scholar, menggunakan kata kunci seperti minat belajar siswa dan metode pembelajaran inovatif. Dari 150 artikel awal, sebanyak enam artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran seperti Model pembelajaran yang digunakan antara lain: Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw (Jointly Investigating Strategies Guiding Our Success), Video Interaktif, Project Based Learning, Media Pembelajaran Interaktif, Personalized System for Instruction (PSI) secara signifikan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi interaktif dan pendekatan yang mengutamakan partisipasi aktif siswa berkontribusi signifikan pada peningkatan kualitas pembelajaran PJOK di era digital.
Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet Kontingen Politeknik Negeri Batam pada Pekan Olahraga dan Seni Politeknik Se-Indonesia ke-14 Tahun 2024 Rikalmi, Ridho Tanso; Sitepu, Andre Agus Setiawan
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.3066

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kebugaran jasmani para atlet yang mewakili Politeknik Negeri Batam pada ajang Porseni Politeknik Se-Indonesia ke-14 di Malang tahun 2024. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan serangkaian tes fisik untuk mengukur kebugaran jasmani, meliputi daya tahan kardiovaskular, kekuatan otot, fleksibilitas, serta komposisi tubuh. Subjek penelitian ini berjumlah 27 atlet yang berasal dari berbagai cabang olahraga. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi kebugaran jasmani para atlet tergolong baik dan sebagian besar telah memenuhi standar nasional yang berlaku. Temuan ini diharapkan dapat memberikan gambaran nyata mengenai kondisi fisik para atlet, menjadi bahan evaluasi untuk penyusunan program latihan yang lebih optimal, serta memberikan motivasi dalam peningkatan prestasi. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kegiatan olahraga di lingkungan kampus politeknik di Indonesia.
Pengembangan Model Pembelajaran Jasmani Adaptif untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Pendekatan Multisensori Ardiansyah, Fitrah; Haryanto, Lutfin; Salahuddin, Muhammad
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.3162

Abstract

Siswa berkebutuhan khusus sering kali menghadapi tantangan dalam mengikuti pembelajaran jasmani konvensional karena keterbatasan fisik, sensorik, dan kognitif yang dimiliki. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran jasmani yang adaptif dan mampu merangsang berbagai indera secara simultan untuk mengoptimalkan potensi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Jasmani Adaptif untuk siswa berkebutuhan khusus Berbasis Pendekatan Multisensori (MPJA-M). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi enam tahap, yaitu: analisis kebutuhan, perancangan model, validasi ahli, uji coba terbatas, revisi model, dan uji efektivitas. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) di kota Bima, dengan sampel berjumlah 20 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlibatan aktif siswa, angket validasi ahli, dan tes keterampilan motorik kasar. Analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif dan inferensial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model MPJA-M efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran jasmani. Validasi ahli memperoleh skor kelayakan sebesar 87,5% (kategori sangat layak). Uji efektivitas menunjukkan peningkatan skor keterampilan motorik dari 61,4 menjadi 78,2 dan peningkatan partisipasi aktif siswa sebesar 26%. Temuan ini diperkuat oleh literatur terkini yang mendukung efektivitas pendekatan multisensori dalam konteks pendidikan adaptif. Model MPJA-M direkomendasikan untuk diterapkan di lingkungan pendidikan inklusif dan dikembangkan lebih lanjut untuk jenjang pendidikan lainnya.
Pengaruh Pembelajaran Olahraga Tradisional terhadap Peningkatan Life Skill Mahasiswa Hidayattulloh, Arif; Laksana, Goesti Sabda; Pratama, Andi Kurniawan
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.3219

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran olahraga tradisional berdampak pada kemampuan hidup yang lebih baik yang dimiliki siswa. Kegiatan olahraga tradisional seperti hadang, tarik tambang, dan tarompah panjang tidak hanya berfungsi sebagai latihan fisik, tetapi juga membantu Anda belajar keterampilan hidup seperti bekerja sama, berkomunikasi, mengambil keputusan, dan berkomunikasi dengan orang lain. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan desain eksperimen semu (quasi experiment) dengan satu grup pre-test dan post-test. Terdapat tiga puluh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Suryakancana yang berpartisipasi dalam sampel, yang dilatih dengan metode olahraga konvensional. Angket Life Skills Scale for Sport (LSSS) adalah alat yang digunakan. Nilai post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test, menurut hasil analisis. Nilai signifikansi (p) sebesar 0,001 < 0,05 dihasilkan dari uji sampel t-pair, yang menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Olahraga tradisional dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan hidup mahasiswa di perguruan tinggi, dengan nilai korelasi sebesar 0,592 pada penelitian ini menunjukan hubungan yang kuat antara pembelajaran olahraga tradisional dan peningkatan life skill.
The Effect of a Proposed Training Approach to Developing the Physiological Fitness fo The Heart and Circulatory System and the Performance of Quick Shooting Skills in Young Basketball Players Munadi, Mohammad Jabbar
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.3334

Abstract

The lack of emphasis on endurance-specific training in junior basketball coaching often leads to early fatigue and suboptimal skill development during competition. This study aimed to develop and evaluate a structured training program designed to enhance special endurance and improve quick shooting performance among junior basketball players. An experimental method was employed involving 20 players aged 15–16 years from the Dhi Qar Governorate team, who were purposively selected and randomly assigned to either an experimental group or a control group (n = 10 each). The experimental group underwent a six-week intervention comprising 24 training sessions focused on cardiovascular endurance, while the control group followed their regular training routine. Pre- and post-tests measured performance using the Six-Time Rapid Layup Test and the Carlson Fatigue Curve Test. The experimental group showed a statistically significant improvement in layup performance (pre-test M = 50.79s, post-test M = 45.50s; t = 18.78, p < 0.05) and cardiovascular endurance (pre-test M = 20.2, post-test M = 9.8; t = 26.5, p < 0.05). In contrast, the control group showed only modest gains. These findings highlight the effectiveness of targeted endurance training in enhancing both physiological fitness and technical skill. It is recommended that basketball coaches integrate evidence-based endurance programs into junior training curricula to build physical resilience and support sustained athletic performance.
The Impact of Hosting and Organizing Sporting Events: The 25th Arabian Gulf Cup Football Championship in Basra, Iraq, 2023 as a Model Saleh, Husam Malik
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i4.3060

Abstract

The paper aimed to identify and analyze the political, economic, social, cultural, civilizational, geographical, media, and marketing impacts that resulted and improved as a result of hosting this tournament. It also assessed the level and degree of its contribution to promoting and improving growth at the local and national levels, strengthening Iraqi national identity, and opening up to the Gulf, international, and Arab levels. The paper highlighted the importance of focusing on the impact of the sports sector as a tool for comprehensive improvement of the country and soft diplomacy, particularly how a sporting event can contribute to changing the image of an entire country and repositioning it in its regional and global context. It also examined how its impact transcended geopolitical borders. The research question explored the reasons that led Iraq to host the 25th Arabian Gulf Cup Football Championship in Basra in 2023, and how this competition was invested in various aspects: political, economic, social, marketing, media, cultural, civilizational, and geographical. The research hypothesis demonstrated that hosting the Arabian Gulf Football Championship came with incentives, motivations, and reasons of a comprehensive and integrated strategic nature, with the aim of achieving an effective and positive impact with multiple dimensions and conveying a bright and positive image of Iraq. The study's timeframe spanned the period before 2022 and beyond 2023. The spatial boundary was represented by the Iraqi city of Basra, which hosted the championship. Descriptive analysis, a mixed quantitative and qualitative approach, and a case study approach were used. The study concluded that this championship is a success for sports diplomacy, as the competition embodied a tool and means for rapprochement at the political level between the Republic of Iraq and the Gulf states and for clearing the international and regional atmosphere, which enhanced the country's image as a safe and capable state. It recommends finding clear and explicit ways and means to sustain the championship's economic, cultural, and social impact through major activities, and to integrate the national and Gulf private sectors to preserve its legacy in the long term.

Page 1 of 3 | Total Record : 21


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 5 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 13 No. 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 11 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA Vol. 7 No. 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA More Issue