cover
Contact Name
Budi Rizka
Contact Email
br@unida-aceh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
prince@unida-aceh.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus Unida, No. 15 Surien - Banda Aceh 23234
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Journal of Planning and Research in Civil Engineering
ISSN : -     EISSN : 29623448     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Journal of Planning and Research in Civil Engineering is a peer review journal. The PRINCE is a forum for lecturers and researchers to publish scientific works, both in the form of research results and literature studies in the field of civil engineering. The scope of article can be in the form of research results, latest methods, criticism of certain research results or methods, or laboratory research as well as literature review.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2024): Juli" : 8 Documents clear
Perbandingan Nilai Waktu Dan Biaya Operasional Kendaraan Antara Pengguna Angkutan Pribadi Dan Angkutan Bus Damri Bayhaqi, Husnul; Wan Alamsyah; Nina Fahriana
Jurnal Perencanaan dan Penelitian Teknik Sipil Vol 3 No 2 (2024): Juli
Publisher : Universitas Iskandar Muda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55616/prince.v3i2.462

Abstract

Fungsi utama dari angkutan umum adalah sebagai angkutan yang mengangkut pergerakan masyarakat untuk menjalankan aktivitas sehari hari. Adanya bus damri untuk mempermudah PNS Kota Langsa yang bekerja di pemerintahan Aceh Timur, dengan adanya bus damri yang mulai beroperasi melayani penumpang dari Tugu Simpang. Comodor-Aceh Timur tidak mempengaruhi layanan penumpang maupun pendapatan, faktor yang membuat penumpang tak beralih dari mereka adalah karena bus melayani dengan baik, dan tarif yang murah, disinilah peranan bus damri diperlukan untuk alternatif pemilihan moda transportasi yang ada di Tugu Simpang.Comodor. Salah satu cara untuk menghitung tarif bus yang sesuai maka diperlukannya suatu penelitian mengenai Biaya Operasional Kendaraan (BOK) berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 89 Tahun 2015 Tentang Mekanisme Penetapan Tarif dan Formula Perhitungan BOK. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya tarif angkutan antar kota bedasarkan biaya oprasional kendaraan. Untuk mengetahui perbandingan nilai waktu dan biaya antara pengguna mobil pribadi, sepeda motor, dan angkutan umum yang melakukan perjalanan dari Simpang Comodor menuju Aceh Timur. Besaran tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) untuk angkutan bus damri sebesar Rp. 10.000.
Evaluasi Kinerja Simpang Bundaran Jalan Teuku Umar Kota Langsa Handayani, Hari; Nina Fahriana; Wan Alamsyah
Jurnal Perencanaan dan Penelitian Teknik Sipil Vol 3 No 2 (2024): Juli
Publisher : Universitas Iskandar Muda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55616/prince.v3i2.699

Abstract

Studi kasus Bundaran Jl. Teuku Umar, Paya Bujok Blang Pase pada hakikatnya dilatar belakangi oleh kinerja simpang tersebut, dimana jenis kendaraan yang melewati simpang terdiri dari berbagai macam kendaraan seperti becak, sepeda, sepeda motor, mobil, bus, dan lain-lain. Hal tersebut perlu mendapat perhatian karena ramainya arus lalu lintas yang terjadi sehingga menyebabkan kemacetan terutama pada jam-jam sibuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa, pengaruh simpang tak bersinyal dengan bundaran terhadap kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian yang terjadi pada simpang jalan Teuku Umar. Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah penilitian dan pencatatan secara langsung di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer deperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil instansi terkait. Sebagai dasar penyelesaian atau analisa data digunakan rumusan yang terdapat pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 untuk mengetahui tingkat pelayanan simpang. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa dari survey tingkat kelayakan simpang jalan Ir.H.Juanda-KH. Samanhudi ini masih cukup baik dalam melayani arus lalu lintas Hal ini dapat menunjukan dengan nilai Derajat kejenuhan 0.39 ? 0,75 untuk setiap bagian jalinannya pada arus lalu lintas jam puncak.
Pemetaan Topografi Jaringan Jalan Dan Kerusakan Jalan Pada Kecamatan Medan Perjuangan Benjamin Dony Harianto Siregar; Wan Alamsyah; Eka Mutia
Jurnal Perencanaan dan Penelitian Teknik Sipil Vol 3 No 2 (2024): Juli
Publisher : Universitas Iskandar Muda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55616/prince.v3i2.753

Abstract

Jalan raya adalah sarana transportasi yang berperan penting dalam berbagai aktivitas masyarakat di suatu daerah baik perkotaan maupun perkampungan. Seluruh bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukan bagi lalu lintas umum, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan air, serta di atas permukaan air. Lokasi penelitian ini terletak di Kecamatan Medan Perjuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui kelayakan jaringan jalan dan kerusakan jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan menyajikan kondisi tersebut ke dalam peta topografi dan kerusakan jalan yang menggunakan SIG. Metode penelitian ini dimulai dari analisis jalur yang terdapat kerusakan jalan dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis yang dibagi dalam tahapan utama yaitu pengembangan database dan analisis data dimulai dari pengumpulan data. Kerusakan jalan dan peta pendukung yang kemudian dilakukan Perhitungan tingkat kerusakan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Hasil akhir dari penelitian ini seltellah dilakulkan pelrhitulngan melnggulnakan meltodel PCI, maka nilai rata-rata ulntulk jalan Kolektor Pelita I selbelsar 45 dan telrgolong kondisi jalan yang Sedang (medium). Ulntulk jalan Kolelktor Mesjid Taufiq selbelsar 36,6 dan telrgolong kondisi jalan yang Sangat Bulrulk (very poor). Dan ulntulk jalan Kolektor Rakyat selbelsar 66,1 dan telrgolong kondisi jalan yang Baik (good)
Peningkatan Daya Dukung Timbunan Tanah Lempung Menggunakan Serat Karung Plastik Dan Arang Kayu Maulana; Ellida Novita Lydia; Muhammad Zacky Ardhyan
Jurnal Perencanaan dan Penelitian Teknik Sipil Vol 3 No 2 (2024): Juli
Publisher : Universitas Iskandar Muda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55616/prince.v3i2.754

Abstract

Tanah lempung merupakan salah satu jenis material tanah yang ada di dunia. Tanah ini juga memiliki karakteristik mudah mengembang apabila diberi air dan menyusut apabila kekurangan air. Tidak semua tanah mempunyai sifat dan daya dukung tanah yang baik. Di Kota Langsa mempunyai tanah yang bersifat tanah lempung contohnya di desa kemuning. Untuk mengurangi bertambahnya volume sampah, ini perlu dipikirkan suatu cara bagaimana pengolahan sampah plastik, dengan cara pemanfaatan karung plastik sebagai perkuatan tanah. Abu arang kayu dapat memperbaiki sirkulasi air dan udara, serta dapat mengikat karbon, dan juga dapat mengurangi kembang susut pada tanah, karena mempunyai  sifat mereduksi indeks plastisitas tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan seberapa besar pengaruh penambahan serat karung plastik dan arang  kayu pada timbunan tanah lempung terhadap nilai keruntuhan kuat geser tanah dengan pengujian Triaxial UU, maka dari hasil penelitian tersebut berdasarkan klasifikasi tanah pada Tanah lempung persen lolos saringan        No.200 sebesar 31,86% dengan nilai kadar air sebesar 2,65%, Presentase campuran terbaik terdapat pada variasi SKP 3% dan AK 10%, yang memiliki sifat fisik meliputi batas cair (LL) sebesar 41,46%, batas plastis (PL) sebesar 22.92% dan indeks plastisitas (PI) sebesar 17,92%. Dalam penelitian ini menggunakan metode USCS (Unified Soil Classification System).
Evaluasi Penempatan Rambu-Rambu Lalu Lintas Di Kecamatan Idi Rayeuk Aceh Timur Ditinjau Dari Aspek Kenyamanan Bagi Para Pengguna Jalan muhammad safrizal; Eka Mutia; Wan Alamsyah
Jurnal Perencanaan dan Penelitian Teknik Sipil Vol 3 No 2 (2024): Juli
Publisher : Universitas Iskandar Muda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55616/prince.v3i2.755

Abstract

Rekayasa lalu lintas adalah suatu penanganan yang berkaitan dengan perencanaan perancangan operasi lalu lintas jalan raya serta jaringannya. Kecamatan Idi Rayeuk juga merupakan sebuah Kecamatan yang sedang berkembang,. Di Kecamatan Idi Reyeuk terdapat beberapa rambu-rambu lalu lintas yang tidak memadai, baik dari segi jumlah rambu-rambu dan juga penempatan rambu rambu yang mengganggu pejalan kaki atau pengendara. Ada beberapa rambu yang harus di tambahkan seperti Rambu Petunjuk di Rumah Sekolah, SPBU dan Masjid Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka di perlukan studi dan evaluasi penerapan rambu-rambu Lalu lintas dijalan Arteri kecamatan Idi Rayeuk Aceh Timur mulai dari titik Sta awal jalur dua sampai titik akhir pusat perkantoran Kecamatan Idi Rayeuk Aceh Timur yang berjarak 4 km. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting rambu rambu lalu lintas dijalan arteri Kecamatan Idi Rayeuk Aceh Timur Kemudian Mengetahui kesesuaian antara ketentuan dan kebutuhan pada lokasi yang ada serta lokasi yang belum memiliki rambu rambu lalu lintas. Metode penelitian ini Melakukan pengumpulan data dengan melakukan survey langsung ke lokasi penelitian dan data – data yang di perlukan seperti data inventarisasi rambu, peta lokasi. Hasil dari penelitian ini berupa tabel evaluasi rambu dan peta evaluasi penambahan rambu Seperti rambu petunjuk dan Rambu Larangan.
Comparative Study of the Fast Track Method with the Crash Program Method in Accelerating Time and Costs
Jurnal Perencanaan dan Penelitian Teknik Sipil Vol 3 No 2 (2024): Juli
Publisher : Universitas Iskandar Muda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55616/prince.v3i2.800

Abstract

In many projects, delays are common, so it's important to make efforts to speed up the process and avoid them. This study investigates two methods of acceleration: the Fast Track method and the Crash Program method. The normal duration for this project is 180 days with a total cost of Rp. 14,666,588,288.29. The study uses MS Project to identify critical path activities that can be accelerated. The Fast Track method reduced the project time to 149 days at a cost of Rp. 14,287,701,424.18, while the Crash Program method reduced it to 144 days at a cost of Rp. 14,318,586,553.16. The study compares the time and cost outcomes of the two methods. The difference is due to the Fast Track method not incurring an increase in direct costs, only reducing indirect costs by changing predecessors. On the other hand, the Crash Program method resulted in additional direct costs but reduced indirect costs by adding 2 hours of overtime work.
Analisis Pengaruh Pelanggaran (U-turn) pada Simpang Kota Banda Aceh (Studi Kasus : Sp. Surabaya, Sp. Jamboe Tape, dan Sp. PDAM) dengan Metode Rumus Z – Score) novita, rahma; Pramanda, Heru; Kamalia, Kamalia; Muhajjir, Muhajjir; Ariansyah, Dedek
Jurnal Perencanaan dan Penelitian Teknik Sipil Vol 3 No 2 (2024): Juli
Publisher : Universitas Iskandar Muda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55616/prince.v3i2.822

Abstract

Pelanggaran Lalu Lintas merupakan suatu peristiwa dimana para pengendara kendaraan melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang sudah di tetapkan untuk keselamatan berkendara. Pelanggaran Lalu Lintas dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas adalah kejadian dimana sebuah kendaraan bermotor bertabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. Jalan di Kota Banda Aceh, Ibu kota Provinsi Aceh, Indonesia, bervariasi dari jalan utama yang luas hingga jalan kecil hingga persimpangan di dalam lingkungan perkotaan. Kota ini memiliki jaringan jalan yang cukup berkembang, dengan beberapa jalan besar dan jalan raya yang menghubungkan berbagai bagian kota. Penyebab kecelakaan lalu lintas bisa disebabkan oleh pemakai jalan atau bisa juga disebabkan oleh jalan itu sendiri, oleh karena itu perlu adanya analisa lebih lanjut mengenai pelanggaran putaran balik (U- turn) pada Kota Banda Aceh Teruma pada Sp. Surabaya, Sp. Jamboe Tape, dan Sp. PDAM. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini Bagaimana perbandingan pelanggaran putaran balik (U-turn) dan Bagaimana Pengaruh Putaran balik (U-turn) terhadap Sp. Surabaya, Sp. Jamboe Tape, dan Sp. PDAM Kota Banda Aceh dengan Metode Rumus Z- Score. Tujuan Penelitian ini untuk melihat perbandingan pelanggaran putaran balik (U-turn) pada Sp. Surabaya, Sp. Jamboe Tape, dan Sp. PDAM Kota Banda Aceh dengan Metode Rumus Z- Score dan untuk melakukan analisis pengaruh pelanggaran Putaran balik (U-turn). Manfaat Penelitian ini untuk lebih mengembangkan penalaran, membentuk pola pikir dinamis, sekaligus untuk mengetahui penulis dalam menerapkan ilmu yang diperoleh dan Hasil dapat digunakan sebagai pertimbangan kepada instansi terkait untuk tindak lebih lanjut. Ruang Lingkup ini berfokuskan pada Sp. Surabaya, Sp. Jamboe Tape, dan Sp. PDAM Kota Banda Aceh, dan penelitian ini mengacu pada metode rumus Z-Score, pengambilan data primer dan Sekunder serta pengolahan data. Hasil yang diharapkan dapat memberikan manfaat dalam upaya meminimalisir terjadi  kecelakaan pada Kota Banda Aceh.
Analisis Penambahan Tenaga Kerja Menggunakan Metode Duration Cost Trade Off Pada Proyek Pembangunan Gedung Kantor Badan Kepegawaian Aceh endis liani, tika; Bunyamin, Bunyamin; Pramanda, Heru; Jefriza, Jefriza; Idroes, Imransyah
Jurnal Perencanaan dan Penelitian Teknik Sipil Vol 3 No 2 (2024): Juli
Publisher : Universitas Iskandar Muda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55616/prince.v3i2.823

Abstract

Proyek konstruksi merupakan rangkaian mekanisme pekerjaan yang sensitif karena setiap aspek saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Proyek pembangunan gedung kantor BKA (Badan Kepegawaian Aceh) merupakan salah satu proyek konstruksi yang memiliki peran penting dalam pengembangan infrastruktur di Aceh, oleh karena itu, penambahan tenaga kerja menjadi salah satu alternatif untuk mempercepat proyek ini. Tujuan penelitian ini memberikan landasan yang kuat bagi manajer proyek dalam mengambil keputusan strategis terkait penambahan atau pengurangan tenaga kerja. Manfaat dari penelitian ini ialah dapat menjadi dasar bagi pengembangan praktik-praktik terbaik dalam manajemen proyek konstruksi yang melibatkan analisi penambahan tenaga kerja. Pada penelitian ini menggunakan perbandingan 2 jam lembur dan 4 jam lembur beserta 2 dan 4 orang penambahan tenaga kerja manakah yang lebih efisien menurut biaya dan waktu. Setelah data didapatkan, kemudian diolah dengan Software Microsoft Project untuk mendapatkan lintasan kritis pekerjaan. Lintasan kritis yang didapatkan akan menjadi fokus analisa dan diolah menggunakan Software Microsoft Excel. Berdasarkan hitungan dari setiap pekerjaan pada lintasan kritis maka didapatkan hasil bahwa setelah penambahan 2 jam durasi crashing 291,96 hari dengan biaya Rp 16.805.938.810, untuk penambahan 4 jam kerja didapatkan durasi crashing. 257,45 hari dengan biaya Rp 14.819.782.405. Penambahan 2 tenaga kerja didapatkan biaya Rp 8.579.874.024 dan untuk penambahan 4 tenaga kerja didapatkan biaya Rp 8.579.874.024. Berdasarkan penambahan jam lembur 2 dan 4 jam  dengan  penambahan  2  sampai  4  tenaga  kerja  yang paling efektif  adalah penambahan 4 tenaga kerja dari waktu lembur 4 jam, karena menghasilkan biaya termurah sebesar Rp 8.579.874.024 dengan durasi sebesar 257,45 hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 8