cover
Contact Name
MUHAMAD ARIFIN
Contact Email
liberosisjurnalpsikologi@gmail.com
Phone
+281238233442
Journal Mail Official
liberosisjurnalpsikologi@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.warunayama.org/index.php/tashdiq/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Published by CV SWA Anugrah
ISSN : -     EISSN : 30308917     DOI : -
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah adalah jurnal yang terbit 3 kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini merupakan jurnal kajian ilmu agama, tidak hanya mengacu pada satu agama saja, ada 6 agama yang diakui di Indonesia bisa diterima pada jurnal ini. Selain itu jurnal ini juga membahas tentang pengajaran dalam ilmu agama khususnya yang ada di Indonesia. Isu-isu mutakhir yang berkaitan dengan agama dan multikultur budaya juga dibahas dalam jurnal ini. Kami mengundang bagi para akademisi dan praktisi untuk menulis di jurnal ini guna menambah khasanah pengetahuan terutama yang berkaitan dengan ilmu agama dan dakwah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah" : 10 Documents clear
ANALISIS TAMANNI DALAM Q.S. AN-NISA AYAT 73: REPRESENTASI SIFAT MUNAFIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGHINDARAN JIHAD Halomoan, Panda Jaya; Musthafa Zikri Lubis; Harun Al-Rasyid
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10660

Abstract

Penelitian ini menganalisis konsep tamanni (angan-angan kosong) dalam Q.S. An-Nisa ayat 73 sebagai representasi sifat munafik dan konsekuensinya terhadap penghindaran jihad. Ayat ini menggambarkan perilaku munafik yang enggan berpartisipasi dalam jihad, tetapi memiliki ambisi besar terhadap hasil atau keuntungan dari perjuangan tersebut. Sikap ini menunjukkan ketidakkonsistenan antara ucapan dan tindakan mereka, yang mencerminkan ketidakjujuran serta kelemahan iman. Dengan pendekatan kualitatif melalui analisis kitab-kitab tafsir, balaghah, dan linguistik, penelitian ini mengungkap bahwa tamanni menjadi ciri khas munafik yang berorientasi pada keuntungan duniawi tanpa kontribusi nyata dalam perjuangan. Konsekuensi dari sifat ini meliputi kehinaan di dunia dan azab yang pedih di akhirat. Penelitian ini menegaskan pentingnya keikhlasan dan komitmen dalam menjalankan kewajiban agama, khususnya jihad, sebagai manifestasi iman sejati.
PEMAHAMAN NILAI-NILAI SUFISTIK DALAM TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI SURAU DARUL AMIN DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEHIDUPAN MODERN Ahmad, Adzin Aziz
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman, implementasi, dan relevansi nilai-nilai sufistik dalam Tarekat Naqsyabandiyah di Surau Darul Amin terhadap tantangan kehidupan modern. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk menggali pengalaman spiritual dan sosial anggota tarekat, melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, analisis dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai sufistik seperti keikhlasan, tawakal, dan dzikrullah memiliki peran penting dalam membantu individu mengatasi krisis spiritualitas, tekanan pekerjaan, dan alienasi sosial. Praktik dzikir kolektif dan introspeksi tidak hanya meningkatkan transformasi spiritual individu, tetapi juga memperkuat solidaritas sosial di dalam komunitas. Selain itu, ajaran Tarekat Naqsyabandiyah terbukti relevan dalam menciptakan keseimbangan antara dimensi spiritual dan tuntutan material kehidupan modern. Dengan menginternalisasi nilai-nilai ini, individu mampu menjalani kehidupan yang lebih bermakna, damai, dan produktif. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai sufistik dalam membangun masyarakat yang harmonis dan beradab. Namun, penelitian ini terbatas pada satu lokasi dan konteks tertentu. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai sufistik di masyarakat yang lebih luas, terutama dalam konteks urban dan generasi muda.
ACTFL 2012 تحليل القدرة في مهارة الكتابة عند الطلاب للصف الرابع في المدرسة الابتدائية الاسلامية الحكومية3 أساهان على أسس معيار Ummi Fadhila, Ummi; Ahmad Zaky, Ahmad; Muhajirah Binti Jamaluddin, Muhajirah
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10671

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses belajar Maharah Kitabah siswa kelas empat di Sekolah Dasar Islam Negeri 3 Asahan. Penelitian ini juga menganalisis kemampuan keterampilan menulis siswa kelas empat di sekolah tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan metode analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Siswa belajar keterampilan menulis dengan menggunakan metode ejaan dan ceramah dari guru. 2.) Kemampuan siswa kelas empat di Sekolah Dasar Islam Negeri 3 Asahan berada pada tingkat pemula terendah, di mana mereka mampu menyalin atau mencatat kata atau ungkapan yang dikenal, membentuk huruf berdasarkan sistem alfabet, dan menyalin atau menghasilkan garis dasar yang terpisah dalam bahasa yang menggunakan daftar suku kata atau huruf
تأثير استخدام اللعبة اللغوية "ABC 5 Dasar" على قدرة الطلاب في استيعاب المفردات العربية في الصف الثامن المتوسط بمدرسة المحمدية 16 سي رمباه Humaira Ananda Zagi, humaira; Slamet Riyadi, Slamet; Tumanggor, Ilham
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10674

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of the use of ABC 5 Dasar language games on students' ability to understand Arabic vocabulary in the eighth grade students of MTs Muhammadiyah 16 Sei. Rampah Academic Year 2023/2024. The research method used in this study is a quantitative approach of experimental methods. With a true experimental design, namely posttest only control. The data analysis technique used was parametric intangible statistical data with a t-test. The results obtained were that there was an effect of the use of the traditional game ABC 5 Dasar on students' ability to master Arabic vocabulary with an average of 77.3 posttest results in the experimental class and an average posttest result of 39.2 in the control class, with the results of the t test having a significant value of 0.00 where less than 0.05 so that Ho was rejected and Ha was accepted. In the sense that there is a significant influence in the use of the ABC 5 Dasar game on students' ability to master Arabic vocabulary in the eighth grade students of MTs Muhammadiyah 16 Sei. Rampah.
تحليل قدرة الطالبات في تطبيق القواعد اللغوية عند المحادثة اليومية في الصف الثاني في المرحلة الثانوية بمعهد نور العلم فيراوانج رياو Afifa Rahmasari, Afifa; Wagiman Manik, Wagiman; Muhajirah Binti Jamaluddin, Muhajirah
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10728

Abstract

This research focuses on analyzing the ability of female students to apply linguistic rules in daily conversation at the secondary level at Nurul Ilmi Islamic Boarding School Perawang Riau. The approach in this research is sufficient. The result that was reached was that the students understood the study of grammar, such as grammar and morphology, and they had a high score for each assignment. But in applying linguistic rules in daily conversation, it reaches the level of “good”. What is meant is that the students’ ability to practice using linguistic rules progresses slowly from year to year, and when the researcher conducted a direct investigation in this area, few of them used and retained the correct language rules that they learned in the classroom. But most of them are unable to use linguistic rules when speaking Arabic in the linguistic environment.
المشكلات في تدريس مهارة الكلام للصف الثاني من المرحلة الثانوية في معهد النور بادانج سيدمبوان سومطرة الشمالية Andika Ilmi Nabawi; Fakhrurrozi; Bahrul Ulum
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10782

Abstract

أهداف هذا البحث هي (1) معرفة المشكلات في تدريس مهارة الكلام للصف الثاني من المرحلة الثانوية في معهد النور بادانج سيدمبوان سومطرة الشمالية (۲) معرفة أسباب ضعف الطلاب في مهارة الكلام للصف الثاني من مرحلة الثانوية في معهد النور بادانج سيدمبوان سومطرة الشمالية. (3) معرفة الحلول المشكلات في تدريس مهارة الكلام للصف الثاني من المرحلة الثانوية في معهد النور بادانج سيدمبوان سومطرة الشمالية.هذا البحث بحث الكيفي الوصفي الميدان، والطريقة المستعملة في جمع البيانات هي طريقة الملاحظة، المقابلة، واوثيقة. وطريقة المستخمد تحليل لبيانيت الوصفي.وأما نتائج هذا البحث هي: (1) المشكلات من جانب المدرس: ضعف استخدام اللغة العربية في التدريس، ضعف التخصص لدى المدرس. أما جانب الطالب فمنها: ضعف الحافز الداخلي، قلة رصيد المفردات، عدم الممارسة في مهارة الكلام. وأما جانب الوسائل التعليمية فمنها، عدم معمل اللغة، عدم تنوع الوسائل التعليمية، ومن جانب البيئة منها ضعف تطبيق النظام اللغوبة، قلة البرامج اللغوية، عدم الوقت الكافي لتعلم مهارة الكلام.(2) أسباب ضعف الطلاب في مهارة الكلام في عدة نقاط : ضعف الحافز الداخلي، قلة رصيد المفردات، عدم الممارسة في مهارة الكلام، ضعف تطبيق النظام اللغوبة، ضعف المدرس في استخدام اللغة العربية في التدريس، عدم الوقت الكافي لتعلم مهارة الكلام (3) الحلول عن المشكلات في تدريس مهارة الكلام في عدة نقاط : منها جانب المدرس: يجب على المدرس ألا يتكلم بغير اللغة العربية في التدريس، زيادة عدد المدرس المتخصص في تدريس مهارة الكلام، وأما جانب الطالب فمنها : يجب تحقيق الحافز الداخلي، زيادة حفظ المفرادات، الممارسة المستمرة في تطبيق اللغة العربية، وأما من جانب الوسائل التعليمية منها: توفير معمل اللغة، توفير وسائل التعليمية المتنوعة، ومن جانب البيئة فمنها: تقوية تطبيق النظام اللغوية، زيادة البرامج اللغوية، زيادة الوقت الكافي لتعلم اللغة العربية.
KESETARAAN GENDER TERHADAP WANITA PEKERJA KERAS DALAM HUKUM WARIS Casilda Aliya Az-Zahra Simbolon; Rendi Gustan Fahreza; Dimas Ardiansyah; Yusuf Zibron Nasution; Wildan Asykarillah; Muhammad Ikbal Harahap; Abdul Syahdan
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10785

Abstract

Hukum waris adalah salah satu aspek penting dalam tatanan hukum masyarakat yang menarik perhatian berbagai pihak. Ia mengatur kepentingan masyarakat luas, terutama yang berkaitan dengan harta warisan. Dalam islam, terdapat pedoman yang keseluruhan dan sistematis terkait hukum waris. Aturan ini bahkan menjelaskan siapa yang berhak menjadi pewaris, tetap juga merinci apa saja yang dapat diwariskan serta menentukan proporsi bagi masing-masing ahli waris secara menyeluruh. Hukum waris dalam konteks islm dibangun berdasarkan sumber utama Al-Qur’an dan Hadits, yang memberikan pedoman dan ketentun berkaitan dengan kewarisan. Sebagai bagian dari hukum perdata dan hukum keluarga, hukum waris memiliki kedekatan yang erat dengan kehidupan manusia. Setiap individu akan menghadapi momen kematian, yang menjadi titik awal dalam proses mewariskan dan menerima warisan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, yang berfokus pada upaya untuk memberikan solusi hukum yang konkret dan dapat diterapkan dalam menyelesaikan suatu masalah. Sejalan dengan jenis penelitian ini, data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil pembahasan adalah apapun hukum yang digunakan untuk membagi warisan itu menjadi pilihan dan kesepakatan bagi anak-anaknya. Bisa menggunakan hukum perdata atau hukum islam. Kedua hukum itu baik. Setiap anak , tanpa memandang gender, memiliki hak yang sama untuk menerima harta warisan yang ditinggalkan oleh orang tua mereka, baik itu berupa harta yang dimiliki secara pribadi maupun bersama.
HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SISWA SMAN 1 CIBINONG DALAM EKSTRAKURIKULER IKATAN REMAJA MASJID (IRMA) AT-TARBIYAH TERHADAP PERILAKU RELIGIUS Inayah, Chika Amara Dina; Khairunisa, Ismi; Putri, Syafira Arkhananta
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keikutsertaan siswa SMAN 1 Cibinong dalam Ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) At-Tarbiyah terhadap perilaku religius siswa. Melalui metode kuantitatif dengan pengambilan sampel 52 siswa, data dianalisis menggunakan SPSS versi 27.00. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keikutsertaan siswa dalam Ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) At-Tarbiyyah adalah 4,0973 dan perilaku religius siswa juga 4,0972, keduanya masuk dalam kategori sangat baik. Uji korelasi Pearson menghasilkan nilai 0,612 dengan signifikansi 0,000 yang menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara keikutsertaan siswa SMAN 1 Cibinong dalam Ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) At-Tarbiyyah dan perilaku religius. Artinya, semakin tinggi keikutsertaan siswa SMAN 1 Cibinong dalam Ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) At-Tarbiyyah, semakin baik perilaku religius yang ditunjukkan. Penelitian ini menegaskan pentingnya keikutsertaan dalam kegiatan keagamaan untuk meningkatkan sikap religius di kalangan remaja.
STUDI KASUS : EDUPRENEURSHIP BERBASIS NILAI ISLAM Sri Hartina
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10871

Abstract

Edupreneurship merupakan integrasi antara pendidikan dan kewirausahaan yang relevan dalam menciptakan individu kreatif dan inovatif, terutama di era globalisasi. Namun, penerapan edupreneurship yang berbasis nilai-nilai Islam masih menghadapi berbagai tantangan, seperti menjaga keseimbangan antara keuntungan material dan tanggung jawab sosial. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai Islam diterapkan dalam praktik edupreneurship melalui dua studi kasus: bisnis online Umma Gallery dan kantin sekolah yang beretika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran, keadilan, transparansi, dan inovasi menjadi elemen kunci dalam membangun model bisnis berbasis nilai Islam yang berkelanjutan. Kesimpulannya, edupreneurship berbasis nilai Islam mampu menciptakan model bisnis yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat.
QAUL QADIM DAN QAUL JADID ORIENTALIS TERHADAP AL-QUR’AN Rowiyah, Rowiyah; Asrar Mabrur Faza , Asrar
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v11i2.10911

Abstract

Perkembangan Orientalisme di kalangan masyarakat memberikan banyak pengaruh serta mengakibatkan pada perubahan. Perubahan tersebut meliputi ide, paradigma, sistem pemerintahan, fasilitas hidup dan lain sebagainya. Orientalisme juga pada masa ini tidak hanya sebagai suatu paham, namun ia menjadi sebuah kajian studi Islam. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik orientalisme meliputi sejarah latar belakang munculnya orientalisme, pengaruhnya pada dunia Islam serta pandangan orientalis terhadap al-Qur’an. Dengan menggunakan metode deskriptip-analitif dalam bentuk kepustakaan maka penulis menemukan bahwa Orientalis bertujuan mengkaji dunia Timur khususnya mengenai Islam, hal ini dipengaruhi oleh kolonialisasi Barat terhadap Timur sehingga Barat tidak hanya ingin menguasai Timur dari segi politik dan ekonomi saja, namun juga ingin menghegemoni Timur dari segi budaya. Di samping itu, penulis juga menemukan bahwa dengan kegigihan orientalis dalam mengkaji Timur, hal ini justru membuat sebaliknya terjadi pada Barat yaitu di antara mereka ada yang memeluk agama Islam. Maka dari itu untuk mengungkapkan hal tersebut, penulis mengawali dengan mengidentifikasi terlebih dahulu karakteristik orientalis serta latar belakang sejarahnya sehingga menyebabkan orientalisme memberikan pengaruh pada dunia Islam, dan perspektif orientalis terhadap al-Qur’an.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 3 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 13 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 13 No. 1 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 12 No. 4 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 12 No. 3 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 12 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 12 No. 1 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 3 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 1 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 10 No. 4 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 10 No. 3 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 10 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 10 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 9 No. 4 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 9 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 9 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 9 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 8 No. 4 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 8 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 8 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 8 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 7 No. 4 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 7 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 7 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 7 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 5 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 5 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 5 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 4 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 4 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 4 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 3 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 3 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 3 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 2 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 2 No. 1 (2023): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 1 No. 3 (2023): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 1 No. 2 (2023): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 1 No. 1 (2023): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah More Issue