cover
Contact Name
Alfan Hadi
Contact Email
alvanibra70@gmail.com
Phone
+6287835553491
Journal Mail Official
pgmialaminjournal@gmail.com
Editorial Address
Jl. TGH Abdul Karim Gersik-Kediri-Lombok Barat-NTB
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin
ISSN : 29860946     EISSN : 28298276     DOI : https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin adalah Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis, dan hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin menjadi wadah bagi peneliti, guru, dosen dan pemerhati pendidikan. Jurnal ini diterbitkan dua kali per tahun yaitu bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 128 Documents
Pola Penanganan Prilaku Bullying Anak di SDN 15 Ampenan Asratu Aini; Alfan Hadi
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 1 (2022): April
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i1.1

Abstract

Prilaku bullying siswa sangat rentan terjadi pada dunia pendidikan, kondisi emosional yang masih labil sering kali memicu siswa untuk melakukan prilaku bullying kepada teman yang lainnya. Prilaku bullying merupakan prilaku yang bertentangan dengan aspek dan tujuan dari pendidikan untuk menggali lebih dalam lagi pola bagaimana penanganan dalam menyelesaikan kasus-kasus bullying yang telah terjadi. Adanya pola penanganan yang tepat dapat memberikan hasil yang positif dalam mengentaskan prilaku bullying yang terjadi di sekolah. Penerapan teori-teori dalam penanganan prilaku bullying siswa yang telah di lakukan oleh guru-guru di SDN 15 Ampenan dalam hal ini, merupakan tujuan utama dalam menyelesaikan permasalahan bullying yang terjadi di sekolah. Oleh sebab itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pola Penanganan Prilaku Bullying Anak di SDN 15 Ampenan Tahun 2022”
Pengaruh Model Pembelajaran Dialog Mendalam Terhadap Hasil Belajar anak di MI Al Amin Gersik Kediri Baitil Hadi; Samsul Hakim
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 1 (2022): April
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i1.2

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Dialog Mendalam Terhadap Hasil Belajar anak Pada dasarnya pendidikan harus dijadikan prioritas  utama dalam pembangunan bangsa”. Pentingnya pendidikan juga menyebabkan perlu adanya peningkatan mutu dalam pendidikan yang dilakukan serta menyeluruh dan mencakup semua aspek pendidikan. “Pembaruan sangat diperlukan dalam proses pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah meliputi model, metode, atau materi pembelajaran” dalam mata pelajaran pendidikan agama islam salah satunya yang ada di Madrasah Ibtidaiyah.
Pengaruh Pendekatan Inquiry terhadap Prestasi Belajar anak Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an-Hadits Siswa Kelas VI di MI NW Karang Bata Mataram Ahmad Zaini Dahlan; Syamsul Hadi
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 1 (2022): April
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i1.3

Abstract

Pengaruh Pendekatan Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an-Hadits di kelas VI adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap jenjang pendidikan. Hal ini berarti berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pembelajaran bergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Tujuan pembelajaran yang diinginkan tentu yang optimal agar dapat mencapai prestasi belajar dengan baik. Untuk itu, pendekatan pembelajaran adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan pendidik. Salah satu pendekatan tersebut adalah pendekatan Inquiry, yaitu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses mencari dan menemukan oleh siswa sendiri dan peran guru hanya sebagai pembimbing dan fasilitator dalam proses pembelajaran. Siswa benar-benar ditempatkan sebagai subjek yang belajar.
Pengembangan Alat Peraga Papan Simetri Putar berbasis Direct Intruction pada Anak di SDN 2 Batu Nyala Praya Lombok Tengah Andritun wahyuni; Andrian Firdaus
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 1 (2022): April
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i1.4

Abstract

Pengembangan Alat Peragapapan simetri putar ini adalah memperbaiki atau mengubah produk awal menjadi lebih baik, sempurna, menarik dan dapat digunakan untuk jangka waktu yag lama, sehingga pengembangan alat peraga ini dapat membantu guru dalam mengetahui hasil belajar siswa, dan siswa dapat lebih mengerti dan memahami materi yang disampaikan. Yang dimana produk awalnya dibuat dengan menggunakan strofon dan kertas manila sedangkan produk yang saya kembangkan adalah dengan mengggunakan papan tripleks menggunakan kain flanet.
Implementasi Manajemen Program Kelas Unggulan (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Huda Bagu Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat Budiman; Hadlun Mas’ud
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 1 (2022): April
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i1.5

Abstract

Tujuan penelitian di dalam karya ilmiah merupakan target yang hendak di capai melalui serangkaian aktivitas penelitian, maka penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui bagaimana penerapan manajemen program kelas  unggulan di Madrasah 2) Mendeskripsikan pengelolaan manajemen program kelas unggulan di Madrasah 3) mengetahui hasil implementasi dan menganalisis setiap permasalahan yang terjadi dalam penerapan manajemen program kelas unggulan di Madrasah. Dalam penelitian ini penulis mengambil obyek penelitian di Madrasah ibtidaiyah Qomarul Huda Bagu Lombok Tengah NTB. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus, Dalam pengumpulan data ini, penulis menggunakan sumber data sebagai berikut: data primer, dan Data Sekunder, Prosedur pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Pengertian Kelas unggulan yang ada di MIQH Bagu adalah kelas yang menempatkan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata dan memiliki kemampuan lebih dari siswa lain. 2) Input kelas unggulan diambil dari seleksi Penerimaan Siswa Baru dengan dua kriteria yang harus dipenuhi, diantarannya: program A disebut dengan program PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan), Program B adalah calon siswa harus memiliki nilai yang baik untuk mata pelajaran Tekhnologi dan keagamaan. 3) Dalam perekrutan guru juga memiliki beberapa kriteria, diantaranya: sebagai informator, fasilitator dan motivator, kreatif, inovatif dan terampil. 4) Penerapan kurikulum sama dengan kurikulum di kelas reguler, yakni menggunakan kurikulum 2013 dan ada penambahan waktu pelajaran. 5) Media, sarana prasarana dan lingkungan belajar semua kelas dilengkapi dengan alat multimedia, Laboratorium, Perpustakaan, ruang kelas yang bersih, rapi, asri dan nyaman digunakan oleh siswa. 6) Dalam menilai hasil belajar menggunakan tiga aspek penilaian yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Husaen Sudrajat; Muslehudin
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 1 (2022): April
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan profesionalisme guru dalam mengembangkan karakter siswa pendidikan adalah sebuah proses yang dengannya semua kemampuan manusia disempurnakan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik melalui sarana yang secara artistik dibuat dan dipakai oleh siapapun dalam membantu orang lain atau dirinya sendiri mencapai tujuan yang ditetapkan yaitu kebiasaan yang baik oleh katena itu dalam proses pembelajaran membiasakan peserta didik, disiplin, jujur, kreatif. Menanamkan kebiasaan yang baik tidaklah mudah, membutuhkan waktu yang lama yang dilakukan berulang-ulang.
Penguatan Karakter Gemar Membaca Melalui Cerita Daerah Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Siti Mariana; Sri Wahyuningsih; Lina Wayuningsih; Wawan Samudera
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 1 (2022): April
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan karakter gemar membaca melalui cerita daerah untuk meningkatkan sikap sosial anak di RA Usman Baharun Ba’alawi Bengkel. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment design. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan jumlah populasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, “Penguatan karakter gemar membaca melalui cerita daerah dapat meningkatkan sikap sosial anak di RA Usman Baharun Ba’alawi Bengkel”. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dar hasil perbandingan thitung  dengan tTabel yaitu pada hasil belajar kognitif diperoleh nilai  thitung 7,653 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan Ho ditolak.
Peran Pembiasaan Kegiatan di Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MI Miftahul Huda: Indonesia Dea Gustiani Deni; Elva Nurul Aini; Muhammad Sofyan
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i2.8

Abstract

Sekolah merupakan salah satu tempat untuk membentuk sebuah karakter siswa menjadi lebih baik. Didalam kegiatan sekolah ini pasti ada pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh peserta didik. Pembiasaan ini merupakan sebuah proses untuk membentuk sikap dan perilaku peserta didik yang dilakukan melalui proses pembelajaran secara berulang-ulang yang lama kelamaan akan menetap menjadi sebuah pembiasaan baik dilakukan secara bersama-sama ataupun secara mandiri. Dengan cara melakukan pembiasaan-pembiasaan yang ada disekolah dapat berpengaruh dalam pembentukan karakter siswa. Pendidikan karakter disekolah dasar ini untuk membentuk karakter siswa dan kepribadian peserta didik. Sehingga peserta didik menjadi seseorang yang memiliki akhlak, nilai moral, dan dapat berprilaku baik. Maka dari itu sekolah dalam lembaga pendidikan sangat diharapkan dapat meningkatkan kualitas karakter bangsa yang semakin memudar. Jadi sekolah bertanggung jawab bukan hanya dalam mencetak siswa yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga dalam karakter dan kepribadian para peserta didik menjadi lebih baik lagi.
Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran SDN 1 BENGKEL. Khaerul Azwar; Asratu Aini; Alfan Hadi
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i2.9

Abstract

Dengan pendidikan manusia akan menentukan maju mundurnya peradaban suatu agama, bangsa dan negara. Di negara kita telah banyak lembaga pendidikan dilaksanakan baik secara resmi di lembaga formal maupun non-formal (kursus dan lainnya), namun di samping itu ketika mendirikan lembaga pendidikan, misalnya mereka mengawali kegiatan itu dengan gerak keinginan, lalu mungkin membicarakan dengan pihak lain dan direncanakannya. Upaya melanjutkan dengan merealisasikannya dan mengevaluasinya dengan secara cermat dengan harapan mendapat hasil yang semaksimal mungkin. Akan tetapi, pada umumnya tidak semua lembaga tersebut dapat mengeluarkan lulusannya sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, permasalahannya adalah siapa pelaksana implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan proses pembelajaran Di SDN 1 Bengkel? Dan bagaimana aspek-aspek implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan proses pembelajaran Di SDN 1 Bengkel? Tujuannya untuk mendeskripsikan pelaksana dan aspek-aspek MBS untuk meningkatkan proses pembelajaran di SDN 1 Bengkel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis datanya kualitatif. Sumber datanya adalah kepala sekolah, para waka, bagian kependidikan, bagian keuangan, layanan khusus, guru, dan lain-lain. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan temuannya dengan trianggulasi, bahan referensi, dan member chek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksana dan pembuat keputusan adalah kepala sekolah yang berperan sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dan pemegang kendali serta dibantu oleh wakil-wakil kepala. Pengawas dan yang pembimbingnya kepala sekolah, wakil-wakil kepala, dan komite Sekolah. 2) Aspek-aspek MBS tersebut meliputi bidang manajemen kurikulum dan pengajaran, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, dan bidang manajemen layanan khusus. Dari hasil penelitian tersebut disarankan bahwa: 1) hendaknya kerjasama yang baik, serasi dan harmonis harus ditingkatkan oleh lembaga pendidikan, 2) hendaknya guru mengembangkan rasa tanggung jawab dan profesionalisme agar tercipta suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan, dan 3) hendanya berupaya untuk mengadakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena terpenuhinya fasilitas fisik yang lengkap bukan berarti kualitas pendidikan akan baik. Out put pendidikan akan baik atau proses belajar mengajar akan efektif jika didukung oleh adanya SDM yang memadai.
Profil Kehadiran Siswa di Kelas Dalam Mewujudkan Kedisplinan Siswa Husaen Sudrajat; Risa Herlina Hariati
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : STAI AL-AMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54723/ejpgmi.v1i2.11

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya dapat membentuk manusia yang disiplin serta mandiri. Dalam pembelajaran di sekolah, salah satu contoh bentuk dari kedisiplinan adalah kehadiran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kehadiran siswa sebagai salah satu wujud sikap kedisplinan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dekskriptif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12 - 17 September 2022 di MI Nahdhlatul Abrar NWDI Nyangget Mataram. Instrumen yang digunakan adalah lembar catatan harian berupa daftar hadir dan catatan guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah purposive sampling, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitin ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk hari senin, sakit 3,1 %, izin 1,6 % dan alpa tidak ada. Untuk hari selasa, sakit sebesar 4,2 %, yang izin 0,5 % dan alpa 1,6 %. Pada hari rabu, sakit sebanyak 3,7 %, siswa izin 1,1 % dan alpa 0,5 %. Hari kamis, sakit 3,1 %, siswa izin 0,5 % dan alpa 0 %. Pada hari jum’at sakit sebanyak 4,2 %, izin 0,5 % dan alpa 0,5 %. Terakhir di hari sabtu, sakit sebanyak 2,6 %, siswa izin 0 % dan siswa alpa 1,6 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa tergolong tinggi.

Page 1 of 13 | Total Record : 128