cover
Contact Name
Muhammad Bagas F
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282161984112
Journal Mail Official
research.yana@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja Nomor 171, Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara, 20552
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Algebra
ISSN : 2807663X     EISSN : 2807629X     DOI : https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS" : 9 Documents clear
THE USE OF AI AND ITS EFFECTIVENESS IN ELT: A SYSTEMATIC REVIEW Maudy Nursyahida, Hanifa; Ramadhanti, Triana; Hijjah Iliatul Aulia, Nurul; Natawila Puteri, Sheefmy; Tarihoran, Naf'an
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i2.1064

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengertian Artificial Intelligence (AI) dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan AI dalam Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan sistematis yang menguraikan bagaimana penelitian dilakukan, termasuk definisi konseptual dan operasional dari variabel yang digunakan. Studi yang dipublikasikan dari tahun 2017 hingga 2023 di database ilmiah seperti Google Scholar, ERIC, dan Mendeley. Dengan menggunakan teknologi dan platform AI, para pendidik dapat membantu para siswa untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang berbagai budaya, terlibat dalam pertukaran lintas budaya yang bermakna, dan berkembang menjadi warga dunia yang aktif. Hal ini akan memastikan bahwa AI digunakan secara efektif untuk membantu berbagai kelompok siswa. Perkembangan platform dan teknologi digital telah memfasilitasi pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi pembelajaran bahasa yang digerakkan oleh AI menawarkan skalabilitas dan aksesibilitas yang tak tertandingi, mengatasi hambatan terhadap akses siswa dan menjangkau seluruh wilayah dan kesenjangan sosial ekonomi. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan AI dalam ELT sangat efektif. AI tidak hanya bermanfaat bagi pendidik, siswa, dan akademisi, tetapi juga berkontribusi pada penilaian. Selain itu, AI dapat membantu siswa mengembangkan kepekaan budaya, kompetensi lintas budaya, dan kesadaran global. Data yang digunakan dalam makalah ini berasal dari jurnal, buku, dan artikel yang berkaitan dengan teknologi, kecerdasan buatan, dan ELT dengan fokus pada lima publikasi terakhir. Kata kunci: Kecerdasan Buatan, Efektivitas, Pengajaran Bahasa Inggris (ELT)   ABSTRACT This research aims to identify the meaning of Artificial Intelligence (AI) and to know the effectiveness of using AI in English Language Teaching (ELT). The method employed in this study is a systematic review that elaborates on how the research was conducted, including conceptual and operational definitions of the variables used. Studies published from 2017 to 2023 in scientific databases such as Google Scholar, ERIC, and Mendeley. By using AI technologies and platforms, educators can assist students in gaining a profound understanding of various cultures, engaging in meaningful cross-cultural exchanges, and evolving into engaged global citizens. This will ensure that AI is effectively utilized to aid diverse groups of students. The development of digital platforms and technology has facilitated English language teaching and learning. AI-driven language learning applications offer unparalleled scalability and accessibility, overcoming barriers to student access and reaching out across regional and socioeconomic divides. Based on the data obtained, it can be concluded that the use of AI in ELT is highly effective. AI not only benefits educators, students, and academics but also contributes to assessment. Furthermore, AI can help students develop cultural sensitivity, cross-cultural competence, and global awareness. The data used in this paper comes from journals, books, and articles related to technology, artificial intelligence, and ELT with a focus on the last five publications. Keywords: AI, Effectiveness, English Language Teaching (ELT)
ANALISIS EFISIENSI SISTEM MANAJEMEN PERSURATAN DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI ORGANISASI DI SEKOLAH Hafifah Habibah, Alfi; Putri Azzahra, Aliyyah; Sabrina Siregar, Nadia; Fathurrahman, OK Reza; Darmansyah, Tengku
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i2.1093

Abstract

Abstrak Komunikasi organisasi yang efektif merupakan kunci dalam keberhasilan sebuah organisasi. Salah satu aspek penting dalam komunikasi organisasi adalah sistem manajemen persuratan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi sistem manajemen persuratan dalam meningkatkan komunikasi organisasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi pustaka. Tujuan utama analisis efisiensi manajemen persuratan adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan komunikasi organisasi secara keseluruhan, sehingga memungkinkan organisasi untuk beroperasi dengan lebih efektif dan mencapai tujuannya dengan lebih baik. Dalam manajemen persuratan perlunya digitalisasi dan otomatisasi dalam proses manajemen persuratan. Sistem digital dan terautomasi dapat mempercepat alur komunikasi, mengurangi kesalahan manual, dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Kata Kunci: Manajemen Persuratan, Komunikasi Organisasi, Efisiensi. Abstract Effective organizational communication is the key to the success of an organization. One important aspect of organizational communication is the correspondence management system. This research aims to analyze the efficiency of the correspondence management system in improving organizational communication. The method used is a qualitative approach with literature study techniques. The main goal of mail management efficiency analysis is to improve the overall efficiency, productivity and communication of an organization, thereby enabling the organization to operate more effectively and better achieve its goals. In correspondence management, there is a need for digitalization and automation in the correspondence management process. Digital and automated systems can speed up communication flows, reduce manual errors, and increase overall efficiency. Keywords: Mail Management, Organizational Communication, Efficiency
URGENSI PENGELOLAAN KEARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR Tengku Darmansah; Natasya Aulia, Icha; Salsabila Yasmin; Nurul Sufni; Malik Ubaidillah
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i2.1094

Abstract

ABSTRAK Arsip merupakan informasi yang tercatat pada perangkat tertentu dan keberadaannya muncul dari fungsi suatu lembaga. Informasi yang terdapat dalam arsip merupakan informasi yang sangat berguna untuk kelancaran operasional lembaga. Surat yang terdapat pada lembaga tersebut berupa surat masuk dan surat keluar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting pengelolaan kearsipan terkhusus dalam surat masuk dan surat keluar dalam lingkup perusahaan serta dalam pendidikan. Berhagai informasi penting mengenai kegiatan suatu lembaga disampaikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan melalui surat. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka atau library research yang melibatkan pengumpulan data untuk memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang relevan. Kearsipan surat masuk dan keluar memiliki urgensi yang sangat penting. Pengelolaan arsip yang efektif tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memastikan keamanan, aksesibilitas, dan akuntabilitas informasi yang terkandung dalam surat-surat tersebut. Kata Kunci : Pengelolaan Kearsipan; Surat Masuk; Surat Keluar ABSTRACT Archives are information recorded on certain devices and their existence arises from the function of an institution. The information contained in the archives is very useful information for the smooth operation of the institution. The letters contained in this institution are incoming letters and outgoing letters. The purpose of this research is to find out how important archive management is, especially in incoming and outgoing letters, within the company and in education. Valuable important information regarding the activities of an institution is conveyed to parties who need it by letter. The method used in this article is library research which involves collecting data to understand and study theories from various relevant literature. Archiving incoming and outgoing letters has a very important urgency. Effective records management not only improves operational efficiency, but also ensures the security, accessibility and accountability of the information contained in these documents. Keywords : Archives Management; Incoming mail; Outgoing mail
IMPLEMENTASI PROGRAM MEMBACA AL-QURAN SEBELUM MEMULAI MATA PELAJARAN Surya, Aldi; Fanreza, Robie
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i2.1097

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu Untuk Mengetahui perencanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Untuk Mengetahui pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Untuk Mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa implementasi program pembiasaan tadarus Al- Qur’an di MTs Persiapan Negeri 4 Medan saat ini menghasilkan dampak positif bagi peserta didik diantaranya yaitu: Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang bernuansa islami dan lebih mencintai Al- Qur’an, siswa siwi MTs Persiapan Negeri 4 Medan terlihat semakin berdisiplin,setelah bertadarus Al- Qur’an hati menjadi tenang, mudah dalam menghafal dan melantunkan ayat Al- Qur’an, kemampuan membaca Al- Qur’an dan beribadah siswa siswi MTs Persiapan Negeri 4 Medan perlahan mengalami peningkatan dengan diterapkannya program Habitual Curriculum. Alokasi waktu pelaksanaan kegiatan tadarus Al- Qur’an di sekolah selama 20 menit kemudian 10 menit dilanjutkan dengan sholat Dhuha berjamaah di lapangan sekolah. Faktor pendukung implementasi program pembiasaan Al-Qur’an tersebut diantaranya yaitu: fasilitas kegiatan yang memadai, motivasi dan perhatian dari dewan guru, kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an berbeda-beda dan diterapkannya program habitual curriculum. Selain dari adanya faktor pendukung yang terdapat pula faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan tadarus Al-Qur’an di MTs Persiapan Negeri 4 Medan diantaranya yaitu: siswa masih kurang berdisiplin, kurang pengawasan lebih, dan kurang menghargai waktu. Kata Kunci : Implementasi; Pembiasaan; Membaca Al- Quran. ABSTRACT The purpose of this study is to find out the planning of the Al-Qur'an reading program before the lesson starts at MTs Preparation Negeri 4 Medan, to find out the implementation of the Al-Qur'an reading program before lessons start at MTs Preparation Negeri 4 Medan, to find out the inhibiting factors in the implementation Al-Qur'an reading program before lessons start at MTs Preparation Negeri 4 Medan. This study uses a qualitative method. Based on the results of observations, interviews and documentation that the implementation of the Al-Qur'an recitation habituation program at MTs Preparation Negeri 4 Medan is currently producing positive impacts for students including: Creating an atmosphere in the school environment that is Islamic and loves the Al-Qur'an more, students of MTs Preparation Negeri 4 Medan look more disciplined, after studying the Qur'an their hearts become calm, it is easy to memorize and recite verses from the Al-Qur'an, the ability to read the Qur'an and worship the students of MTs Negeri 4 Medan slowly increased with the implementation of the Habitual Curriculum program. The time allocation for carrying out Al-Qur'an tadarus activities at school is 20 minutes, then 10 minutes followed by Dhuha prayers in congregation in the school field. Factors supporting the implementation of the Al-Qur'an habituation program include: adequate activity facilities, motivation and attention from the teacher council, students' ability to read the Al-Qur'an varies and the implementation of the habitual curriculum program. Apart from the supporting factors, there are also inhibiting factors in the implementation of Al-Qur'an recitation activities at MTs Preparation Negeri 4 Medan, including: students are still less disciplined, lack more supervision, and do not respect time. Keywords: Implementation, Habituation and Reading Al-Quran
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI DAN INFORMASI DALAM PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN KELUAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Darmansah, Tengku; solih, m; Nurul Anjani Daulay; Ryan Fazli Zulna
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i2.1098

Abstract

ABSTRAK Efektifitas penggunaan media komunikasi dalam pengelolaan korespondensi sekolah. Manajemen persuratan adalah komponen penting dalam manajemen sekolah yang membantu sekolah, siswa, dan orang tua berkomunikasi dengan lancar. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru, staf administrasi, dan kepala sekolah di berbagai institusi pendidikan. bahwa penggunaan alat komunikasi digital seperti email, aplikasi pesan instan, dan platform manajemen sekolah berbasis web telah meningkatkan produktivitas dan ketepatan manajemen persuratan. Media komunikasi memudahkan proses pengarsipan dokumen, penjadwalan pertemuan, dan distribusi informasi, Memanfaatkan alat komunikasi kontemporer memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi komunikasi sekolah. Untuk meningkatkan efisiensi sekolah, media komunikasi digital seperti email, sistem manajemen sekolah berbasis web, dan aplikasi pesan instan sangat efektif dalam meningkatkan efisiensi dan kecepatan komunikasi. Kata Kunci : media komunikasi; manajemen persuratan; efektivitas; sekolah; teknologi digital.   Abstract The effectiveness of using communication media in managing school correspondence. Correspondence management is an important component in school management that helps schools, students and parents communicate smoothly. Quantitative descriptive methods were used in this research. Data collection was carried out through questionnaires distributed to teachers, administrative staff and school principals in various educational institutions. that the use of digital communication tools such as email, instant messaging applications, and web-based school management platforms has increased the productivity and accuracy of correspondence management. Communication media facilitates the process of archiving documents, scheduling meetings, and distributing information. Utilizing contemporary communication tools has great potential to increase the efficiency of school communication. To increase school efficiency, digital communication media such as email, web-based school management systems, and instant messaging applications are very effective in increasing the efficiency and speed of communication. Keywords: communication media; correspondence management; effectiveness; school; digital technology
SURAT SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI EFEKTIF: MEMAHAMI PENTINGNYA BENTUK DAN JENIS YANG SESUAI erliani, salsabila; Fadhil Ahmad Zaki; Darmansah, Tengku; Fina Safitri Nasution; Muhammad Rizki Maulana
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i2.1101

Abstract

Abstrak Surat dianggap sebagai sarana komunikasi yang efektif karena memungkinkan penyampaian pesan secara jelas, terperinci dan dapat diperiksa kembali oleh penerima. Kajian ini dimaksudkan untuk meninjau bagaimana surat menjadi sarana komunikasi yang efektif dengan memahami pentingnya bentuk serta jenis yang sesuai. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan  yang mana kami melakukan literatur baik dari buku, catatan maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu kajian ini menemukan: Segala sesuatu yang ditulis di dalam surat wujudnya dibedakan menjadi tujuh jenis, yaitu surat terbagi atas surat bersampul, kartu pos, warkat pos, telegram , teleks atau faksimile, memo dan nota. Yang mana berdasarkan tingkat kepentingannya surat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu surat biasa, surat kilat dan surat kilat khusus. Kata Kunci : Surat, sarana komunikasi   Abstrak Letters are considered an effective means of communication because they allow the message to be conveyed clearly, in detail and can be checked again by the recipient. This study is intended to review how letters become an effective means of communication by understanding the importance of appropriate form and type. By using a library research approach where we conducted literature from books, notes and research reports from previous research, this study found: Everything that is written in a letter is divided into seven types, namely letters divided into hardcover letters, postcards, scripts. post, telegram, telex or fax, memo and note. Based on the level of importance, letters are divided into three types, namely ordinary letters, express letters and special express letters. Kata Kunci : Letters, means of communication
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING USING REACT STRATEGY COMPONENTS (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFFERING) ON LEARNING OUTCOMES AND STUDENT MOTIVATION Anastasya Simbolon, Veronika; Ida Duma Riris
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i2.1103

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pembelajaran materi kimia di SMA Negeri 1 Sekerak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen dengan menggunakan eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah desain kelompok kontrol nonequialent (Pretest-Posttest Control Group Design). Desain ini terdiri dari dua kelompok, masing-masing desain akan dipilih secara acak. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sekerak yang terletak di Jln. Desa Tani, Desa Sulum, Kecamatan. Sekerak, Kab. Aceh Tamiang Provinsi Aceh. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh model pembelajaran REACT berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan buffer di SMA Negeri 1 Sekerak. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran REACT meningkat dari rata-rata skor 77 menjadi 81. Respon siswa terhadap model pembelajaran REACT berbantuan media animasi di SMA Negeri 1 Sekerak memperoleh persentase siswa yang menjawab Sangat Setuju (SS) sebesar 71,14% , sehingga 70% < 71,14 < 85% hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran REACT berbantuan media animasi Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran REACT berbantuan media animasi dan tanpa menggunakan pembelajaran REACT model pada materi larutan buffer di SMA Negeri 1 Sekerak. Kata Kunci : Hasil Belajar; Motivasi; Pembelajaran REACT; ABSTRACT Based on the formulation of the problem above, the objectives of this study are as follows knowing the difference of learning methods that are more effective in learning chemistry material at SMA Negeri 1 Sekerak. The method used in the research is experimentation using quasi-experiments. The design used in the research was nonequialent control group design (Pretest-Posttest Control Group Design). This design consists of two groups, each design will be selected randomly. This research was conducted in class XI Science at SMA Negeri 1 Sekerak which is located on Jln. Tani Village, Sulum Village, District. Sekerak, Kab. Aceh Tamiang Aceh Province. Based on the results of research on the effect of the REACT learning model assisted by animated media on student learning outcomes on buffer solution material at SMA Negeri 1 Sekerak. student learning outcomes using the REACT learning model increased from an average score of 77 to 81. Students' responses to the REACT learning model assisted by animated media at SMA Negeri 1 Sekerak obtained a percentage of students who answered Strongly Agree (SS) of 71.14%, so that 70% < 71.14 < 85% this indicates that students gave a positive response to the REACT learning model assisted by animated media There is a difference in student learning outcomes using the REACT learning model assisted by animated media and without using the REACT learning model on buffer solution material at SMA Negeri 1 Sekerak. Keyword : Learning Outcomes; Motivation; REACT Learning;
EXPLORING THE IMPACT OF REWARDS AND PUNISHMENTS ON STUDENT MOTIVATION IN SPEAKING CLASSES Ainaya Rahayu; Amaliyah, Neli; Selnistia Hidayani
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i2.1104

Abstract

ABSTRACT This qualitative study explores the effects of rewards and punishments on student motivation in speaking classes. Conducted with ten high school students, the research employs semi-structured interviews to gather insights into students' perceptions and experiences with different motivational strategies. The study aims to understand how rewards, such as verbal praise, stickers, the chance to select discussion topics, and punishments, including verbal reprimands and additional assignments, influence students' willingness and enthusiasm to engage in classroom discussions. The findings indicate that rewards significantly boost students' confidence and intrinsic motivation. Participants reported increased engagement and a positive attitude towards speaking activities when they received recognition and incentives. The study also emphasizes the importance of a supportive learning environment. Techniques such as triangulation, member checking, and prolonged engagement enhanced the study’s credibility and trustworthiness. Findings suggest that educators should prioritize positive reinforcement and constructive feedback while minimizing punitive approaches to foster a more motivating and supportive classroom atmosphere. Keywords: Students; Rewards; Punishments.   ABSTRAK Penelitian kualitatif ini mengeksplorasi pengaruh penghargaan dan hukuman terhadap motivasi siswa di kelas berbicara. Dilakukan dengan sepuluh siswa sekolah menengah, penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur untuk mengumpulkan wawasan tentang persepsi dan pengalaman siswa dengan strategi motivasi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penghargaan, seperti pujian lisan, stiker, kesempatan untuk memilih topik diskusi, dan hukuman, termasuk teguran lisan dan tugas tambahan, mempengaruhi kemauan dan antusiasme siswa untuk terlibat dalam diskusi kelas. Temuan menunjukkan bahwa penghargaan secara signifikan meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi intrinsik siswa. Peserta melaporkan peningkatan keterlibatan dan sikap positif terhadap aktivitas berbicara ketika mereka menerima pengakuan dan insentif. Studi ini juga menekankan pentingnya lingkungan belajar yang mendukung. Teknik seperti triangulasi, pengecekan anggota, dan keterlibatan jangka panjang meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan penelitian ini. Temuan menunjukkan bahwa pendidik harus memprioritaskan penguatan positif dan umpan balik konstruktif sambil meminimalkan pendekatan hukuman untuk menumbuhkan suasana kelas yang lebih memotivasi dan mendukung. Kata Kunci: Siswa; Hadiah; Hukuman.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI GERAK DAN TARI PADA ANAK USIA DINI (AUD) Zahra Lubis, Hilda; Kurnia Syahri, Isnainai; Nurul Oktafianti; Putri Salsabila; Salsa Nabilah Tarigan
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i2.1111

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi pembelajaran seni gerak dan tari pada anak usia dini (AUD) di TK Nurul Azmi. Kegiatan seni gerak dan tari melibatkan aspek fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosional anak, serta berperan penting dalam perkembangan optimal mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan seni gerak dan tari di TK Nurul Azmi dilakukan dengan mendengarkan musik, menyanyikan lagu, dan menciptakan gerakan sederhana. Manfaat dari kegiatan ini meliputi peningkatan motivasi belajar, pemahaman pelajaran, serta perkembangan aspek fisik dan motorik anak. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya pemahaman guru terhadap metode pengajaran yang efektif. Kata Kunci : Seni gerak tari; anak usia dini; perkembangan anak; pendidikan seni.   ABSTRACT This study aims to understand the implementation of learning the art of movement and dance in early childhood (AUD) at Nurul Azmi Kindergarten. Art and dance activities involve children's physical, motor, cognitive, language, social and emotional aspects and play an important role in their optimal development. The research methods used are observation and interviews. The results showed that the introduction of art of movement and dance at Nurul Azmi Kindergarten is done by listening to music, singing songs, and creating simple movements. The benefits of this activity include increased learning motivation, lesson understanding, and the development of children's physical and motor aspects. However, there are some obstacles such as teachers' lack of understanding of effective teaching methods. Keywords: Dance; early childhood; child development; art education.

Page 1 of 1 | Total Record : 9