cover
Contact Name
Ihsan Rolis
Contact Email
jurnal-labscib@labschoolcibubur.sch.id
Phone
+6285655702057
Journal Mail Official
jurnal-labscib@labschoolcibubur.sch.id
Editorial Address
Jl. Raya Hankam Kampus Labschool No. 15-20, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Published by Labschool Cibubur
ISSN : 30310636     EISSN : 30262550     DOI : 10.62203
Core Subject : Science, Education,
This journal publishes research and study on education management, curriculum, education assessment, education policy, education technology, learning and teaching, and culture.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023)" : 5 Documents clear
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia di PTKIN Hudaa, Syihaabul; Mahsusi, Mahsusi; Ying, Luo
Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Labschool Cibubur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62203/jkjip.v1i2.20

Abstract

Penulisan ilmiah di perguruan tinggi memerlukan strategi khusus dalam upaya mencapai target publikasi yang diinginkan. Salah satu capaian publikasi di perguruan tinggi yang ingin dicapai yaitu mahasiswa mampu menulis di jurnal nasional atau koran digital. Tujuan penulisan artikel ini untuk membahas bagaiamana pelaksanaan KMB di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Manajemen Pendidikan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian mix method dengan pendekatan penelitian tindakan langsung. Responden dalam riset ini berjumlah 119 mahasiswa yang didapatkan dari kelas MP 1A, 1B, 1C, dan 1D. Hasil penelitian ini menemukan bahwa KMB yang diterapkan di Jurusan Manajemen Pendidikan terlaksana dengan baik. Rata-rata yang didaaptkan dari kelas 1A 75,4, 1B 79,5, 1C 79,3, dan 1D 75,8. Publikasi yang didapatkan di dalam kelas ini beragam, di antaranya: jurnal nasional dan koran digital yang melalui proses moderasi. Pelaksanaan model pembelajaran dengan sistem teori-praktik efektif diterapkan sebagai upaya mengatasi masalah penulisan dan pengiriman naskah yang dihadapai mahasiswa.
Institutional Repository Labschool Cibubur sebagai Implementasi Internet of Things (IoT) di Sekolah Ukim Komarudin; Eka Putri Agustina; Ihsan Rolis
Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Labschool Cibubur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62203/jkjip.v1i2.31

Abstract

Pengembangan sistem digital telah memberikan solusi berbasis teknologi bagi lembaga pendidikan untuk mengakses produk pendidikan sebagai sumber pengetahuan dalam lingkungan virtual. Internet of Things (IoT) telah memimpin koneksi perangkat dalam berbagai jenis alat untuk mencapai reorganisasi yang cerdas. Keberadaan Institutional Repository (IR) di Labschool Cibubur adalah salah satu contoh yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan IR Labschool Cibubur. Dari observasi lapangan dan wawancara dengan para pustakawan, pemimpin sekolah, guru, serta beberapa siswa, ditemukan bahwa IR didirikan berdasarkan kebutuhan pembelajaran dan tuntutan layanan pengelolaan perpustakaan. IR Labschool Cibubur sendiri telah menyelesaikan sistem manajemen, mulai dari proses pendirian, aliran input, proses, hingga output berupa layanan produk. Hal ini juga didukung oleh ketersediaan akses terbuka. Sebagai IR yang baru didirikan, masih terdapat beberapa keterbatasan terutama dari segi laporan dan keamanan. Tidak ada laporan data yang dapat dideteksi secara khusus, seperti data harian, dan data belum dipisahkan sebagai pengguna tingkat Sekolah Dasar, Menengah, atau Menengah Atas. Meskipun statistik penggunaan IR Labschool Cibubur sangat diterima oleh pengguna, terutama ketika pandemi menyebabkan layanan perpustakaan offline dihentikan, penelitian atau evaluasi terhadap IR sangat diperlukan.
Analisis Model Rasch dalam Pengembangan Kuesioner Validasi Teoritik Butir Soal Pilihan Ganda Instrumen Tes Diagnostik Slamet Maulana; Elvara Norma Aroyandini
Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Labschool Cibubur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62203/jkjip.v1i2.36

Abstract

Pengembangan instrumen tes diagnostik saat ini merupakan salah satu solusi untuk menganalisis masalah miskonsepsi. Dengan demikian, diperlukan instrumen yang dapat digunakan untuk secara teoritis memvalidasi instrumen tes diagnostik yang akan dikembangkan. Model Rasch merupakan salah satu model analisis yang dapat digunakan untuk menentukan kelayakan suatu instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuesioner validasi teoritik butir soal pilihan ganda pada instrumen tes diagnostik melalui implementasi Model Rasch. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini telah menghasilkan suatu instrumen validasi teoritis berbentuk kuesioner untuk memvalidasi butir soal berbentuk pilihan ganda pada suatu instrument tes diagnostik. Instrumen tes diagnostik yang telah dikembangkan terbagi menjadi tiga aspek, yaitu aspek materi sebanyak delapan butir, aspek konstruksi soal sebanyak 14 butir, dan aspek bahasa sebanyak enam butir. Hasil analisis Model Rasch menyatakan bahwa kuesioner validasi teoritik butir soal pilihan ganda pada instrumen tes diagnostik valid dari segi konstruk dan konstruk, serta reliabel. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa produk pendidikan berupa kuesioner validasi teoritik butir soal pilihan ganda pada instrumen tes diagnostik dinyatakan layak dan dapat digunakan.
Evaluasi Performa Mahasiswa pada Pembelajaran Mata Kuliah Data Analitik Menggunakan K-Means Clustering: Studi Kasus di Telkom University Luh Putri Kirana Maharani; Adinda Nathania Perangin Angin; Pramasta Rashad Wardhana; Fandi Achmad
Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Labschool Cibubur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62203/jkjip.v1i2.43

Abstract

Pendidikan tinggi mengalami transformasi signifikan guna mempersiapkan mahasiswa menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks. Telkom University sebagai perguruan tinggi telah membuktikan dedikasinya dalam menyelaraskan pengetahuan akademis dengan keterampilan praktis. Dalam konteks meningkatnya permintaan ahli teknologi dan data science, mata kuliah Data Analitik di Telkom University menjadi krusial. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengevaluasi performa mahasiswa pada mata kuliah Data Analitik di Telkom University menggunakan metode K-Means clustering. Identifikasi pola kinerja mahasiswa berdasarkan aspek-aspek kritis seperti critical thinking, collaborative skill, creativity and innovation, technology application, participation level, dan overall achievement. Hasil penelitian menunjukkan dua klaster yakni high peformance (klaster 0) dan low peformance (klaster 1). Cluster high performance menunjukkan rendahnya nilai pada X5 (pemecahan masalah kompleks) dan X11 (kemampuan berinovasi), sementara cluster low performance menunjukkan rendahnya nilai pada X7 (keaktifan kolaborasi) dan X10 (perolehan motivasi). Temuan ini dapat membantu pengembangan strategi optimal dalam meningkatkan performa pada mahasiswa.
Apakah Realistic Mathematics Education Berpengaruh Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis? Vera Anzani; Dadang Juandi; Endang Cahya
Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Labschool Cibubur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62203/jkjip.v1i2.44

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat penting dimiliki oleh siswa terkhusus kemampuan berpikir kreatif matematis. Para peneliti di bidang pendidikan (guru dan dosen) sudah banyak melakukan penelitian dan salah satunya memilih Realistic Mathematics Education (RME) sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Dari 136 studi primer diperoleh 16 studi primer yang sesuai dengan kriteria inklusi. Selain itu, effect size yang diperoleh berdasarkan pengujian keseluruhan studi pengaruh RME terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah 0,973 dengan besar pengaruh tersebut dikategorikan berpengaruh sedang. Berdasarkan karakteristik studi pada penelitian ini ukuran sampel, jenjang pendidikan, dan demografi siswa bukan menjadi faktor heterogennya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Studi ini memberikan masukan pada guru dan dosen matematika bahwa mereka sebaiknya memilih RME sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk diterapkan terutama pada jenjang sekolah menengah atas dalam menumbuh kembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5