cover
Contact Name
Ari Wibowo
Contact Email
arhyhikmal88@gmail.com
Phone
+6285255984116
Journal Mail Official
arhyhikmal88@gmail.com
Editorial Address
Universitas Sawerigading Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading
ISSN : 28283643     EISSN : eISSN282     DOI : -
SigMa: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading merupakan jurnal peer review yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sawerigading Makassar. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi diskusi berupa akademis tentang pembelajaran dan pendidikan matematika, hasil penelitian karya tulis ilmiah, konsep , berbagai dan aplikasi dalam pembelajaran dan pengajaran, serta ilmu dalam pendidikan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2024): Maret (Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan)" : 5 Documents clear
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Latihan Berstruktur (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas Viii2 Smpn 6 Riaja Kabupaten Barru): Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Latihan Berstruktur (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas Viii2 Smpn 6 Riaja Kabupaten Barru) wibowo, ari; bahar; Jamaluddin, Rafiqah Indah
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 3 No. 1 (2024): Maret (Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan)
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika Siswa Kelas VIII2 SMPN 6 Riaja Kabupaten Barru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Ltihan Berstruktur dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 6 Riaja Kabupaten Barru dengan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 59,78 berada pada kategori “sedang” dengan standar deviasi 14,91 dari skor ideal 100. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan pada skor rata-rata 76,78 berada pada kategori “tinggi” dengan standar deviasi 8,43 dari skor ideal 100. Ketuntasan belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 6 Riaja Kabupaten Barru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 37 siswa sebanyak 13 siswa mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 33 siswa mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai
PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA: PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA samad, ippank; Mansyur
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 3 No. 1 (2024): Maret (Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan)
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dengan jumlah siswa 18 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes akhir setiap siklus, mengisi lembar aktivitas siswa selama pembelajaran dan lembar keterlaksanaan penelitian pada siklus I dan siklus II, analisis data dilakukan dengan menggunakan stastistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terlihat dari hasil tes akhir siklus I 50% meningkat pada siklus II dengan persentase 88,88% dan juga dapat dilihat dari observasi aktivitas siswa dengan meningkatnya indikator-indikator yang meliputi delapan aspek serta adanya peningkatan keterlaksanaan peneliti dalam mengajar dari siklus I ke siklus II. Dari data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pemebelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan yaitu dengan kriteria ketuntasan 75% pada materi Segiempat dan Segitiga kelas VII SMP YPI PGRI Makassar
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN EACH ONE TEACH ONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A IPS SMP YP-PGRI 4 MAKASSAR aslindawaty, nur; Alwis, Dwiyanti
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 3 No. 1 (2024): Maret (Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan)
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan Teknik Pembelajaran Each One Teach One pada Siswa Kelas VII A IPS SMP YP-PGRI 4 Makassar, yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus serta Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas belajar siswa dan tes akhir, Sedangkan tes analisis data yang digunakan ialah statistik deskreptif Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan Aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. dengan skor rata-rata aktivitas belajar pada siklus I hanya 48% dan pada siklus ke II 80%. Dan skor rata- rata hasil belajar siswa pada siklus I hanya 32% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan menerapkan Teknik pembelajaran Each One Teach One dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas VII A IPS SMP YP-PGRI 4 Makassar.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PATOMPO: PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PATOMPO Haruna, Hasisa
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 3 No. 1 (2024): Maret (Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan)
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan media pembelajaran online dengan aplikasi google classroom dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Patompo. Penelitian dilakukan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan melalui observasi dan pemberian tes sebagai sumber data. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa hasil belajar mahasiswa sebesar 43,3%, sedangkan pada siklus II memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar 96,7%. Aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik mengalami peningkatan dalam aspek menyimak penjelasan dosen, mengajukan pertanyaan dan tanggapan, menjawab pertanyaan diberikan oleh dosen, aktif dalam berpendapat mengalami peningkatan yaitu rata-rata siklus I 66,33% dan siklus II 78%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 BAMBANG: PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 BAMBANG amaliah, rezeki; Ingka; Gustina
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 3 No. 1 (2024): Maret (Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan)
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model pembelajaran interaktif menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa melalui model pembelajaran Interaktif pada siswa kelas VII SMPN 4 Bambang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan melalui beberapa siklus, setiap siklus dilaksanakan mengikuti prosedur perencanaan (planning), tindakan (Acting), observasi (observing), refleksi (Reflecting). Melalui penelitian siklus tersebut dapat diamati peningkatan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran interaktif yang merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengembangkan potensi rasa ingin tahu siswa terhadap suatu objek/peristiwa melalui pertanyaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal posttest diakhir siklus dan observasi aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMPN 4 Bambang mengalami peningkatan hasil belajar dimana nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 43,3 sedangkan siklus II sebesar 77,2. Dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 11% meningkat pada siklus II sebesar 100% dengan kriteria sangat baik

Page 1 of 1 | Total Record : 5