cover
Contact Name
Nurbaity Bustamam
Contact Email
nurbaity.bustamam@gmail.com
Phone
+6282165551099
Journal Mail Official
jurnalsuloh@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tgk Hasan Krueng Kale, Desa Kopelma Darussalam, Kec Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia, 23111
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Suloh
ISSN : 24075809     EISSN : 27145484     DOI : 10.24815
Jurnal Suloh is an open access journal by the Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. The journal presents research and development in the field of Guidance and Counselling In School and Outside School, Psychology Counseling, Career Counseling, Marriage and Family Counseling, Special Needed Child and Mental Health. From the years 2014-2017, Jurnal Suloh published once a year, in Desember. From 2018 onwards, it publishes two times a year in Juni and December.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024" : 9 Documents clear
Korelasi antara Kelekatan Bersaudara dengan Perilaku Altruisme pada Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh Pratiwi, Putri Nabila; Bakar, Abu; Janah, Nur
Jurnal Suloh Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/suloh.v9i1.25513

Abstract

Kelekatan bersaudara adalah ikatan emosional antara dua orang atau lebih sedangkan perilaku altruisme adalah perbuatan baik kepada orang lain tanpa pamrih. Dua hal ini ada dua faktor penting pada perkembangan perilaku manusia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan hubungan antara kelekatan bersaudara dengan perilaku altruisme pada siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh.Hipotesis pada penelitian ini adalah adanya hubungan antara perilaku bersaudara dengan perilaku altruisme.Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Methods dengan metode deskriptif korelasi dan Wawancara.Jumlah populasi pada siswa kelas 2 SMA Negeri 4 Banda Aceh berjumlah 268 siswa. Metode pengambilan sample menggunakan rumus slovin untuk menunjukkan jumlah sampel siswa dengan taraf kesalahan (significance level) sebesar 10%, Maka dengan memasukkan rumus sampel yang didapat adalah 73 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket kelekatan bersaudara dan angket perilaku altruisme dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat dominan perilaku bersaudara pada siswa SMA 4 Banda Aceh berada pada kategori tinggi dengan persentase 91,8% dan tingkat perilaku altruisme pada siswa SMA 4 Banda Aceh juga dominan pada kategori tinggi dengan persentase 84,9% hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikansi positif antara kelekatan bersaudara dengan perilaku altruisme dengan koefisien r = 0,571 dan p= 0.00 artinya semakin tinggi kelekatan bersaudara maka semakin tinggi pula perilaku altruisme. begitupun sebaliknya, apabila kelekatan bersaudara rendah maka perilaku altruisme juga rendah.
Pola Asuh Nenek dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Melisa Purnama; Zuraini Mahyiddin; Sitti Rizka
Jurnal Suloh Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/suloh.v9i1.30041

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pola asuh nenek dan implikasinya terhadap perilaku sosial emosional anak di Kabupaten Aceh Tenggara. Faktor yang menyebabkan anak diasuh oleh nenek yaitu orang tua yang bekerja, orang tua janda atau duda karena kematian dan perceraian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 5 orang nenek. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua macam pola asuh yang digunakan nenek yaitu pola asuh demokratis dan permisif. Terdapat empat nenek yang menggunakan pola asuh permisif dan 1 orang menerapkan pola asuh demokratis. Perilaku sosial emosional anak dalam pengasuhan nenek cenderung tidak mandiri dan tidak bertanggung jawab, anak juga terkesan manja, tidak dapat mengandalkan dan mengatur dirinya sendiri. Pola asuh nenek dapat mempengaruhi perilaku sosial emosional anak. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat baik bagi pembaca, serta menjadi referensi yang relevan bagi penelitian lainnya terkait pola pengasuhan anak di dalam sebuah keluarga.
Tingkat Pemahaman Guru BK dalam Penggunaan Asesmen di Sekolah Menengah Atas Banda Aceh Naza, Safinnatun; Nurhasanah, Nurhasanah; Martunis, Martunis
Jurnal Suloh Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/suloh.v9i1.35981

Abstract

Pelaksanaan tugas pokok guru Bimbingan dan Konseling (BK) didukung dengan kompetensi yang dimiliki guru BK dalam pemahaman dan kemampuan melaksanakan kegiatan asesmen tentang hakikat asesmen, pentingnya pemilihan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan menyusun program BK dengan merumuskan berbagai layanan yang tepat untuk membantu siswa. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Tingkat Pemahaman Guru BK Dalam Penggunaan Asesmen Di Sekolah Menengah Atas Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru BK di Sekolah Menengah Atas Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel berjumlah 41 guru BK. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru BK di Sekolah Menengah Atas Banda Aceh memiliki tingkat pemahaman dalam penggunaan asesmen dominan kurang dari setengahnya berada pada kategori tinggi dengan persentase (44%), Hal ini berarti guru BK di Sekolah Menengah Atas Banda Aceh memiliki tingkat pemahaman dalam penggunaan asesmen yang baik.
Pemahaman Keterampilan Dasar Konseling Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Novia, Asra; Husen, M; Nurhasanah, Nurhasanah
Jurnal Suloh Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/suloh.v9i1.25355

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pemahaman keterampilan mikro konseling yang dimiliki oleh mahasiswa bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah 213 mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019 yang sudah mengikuti mata kuliah mikro konseling sedangkan sempel penelitian berjumlah 139 mahasiswa dengan pengambilan sampel random yaitu secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket likert dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pemahaman keterampilan mikro konseling mahasiswa bimbingan dan koseling yaitu pada kategori tinggi dengan rata-rata 293.73 ataupun dengan presentase 66.9 % (93 mahasiswa) dari jumlah sampel sebanyak 139 mahasiswa. Gambaran pemahaman keterampilan mikro konseling yang berada pada kategori sangat tinggi ialah attending, memudahkan, pemecahan masalah. Sedangkan pada kategori tinggi mendengarkan, kejujuran (genuine), refleksi, paraphrase (paraphrasing), bertanya, memberikan dorongan, memberikan dukungan, interpretasi, mengarahkan, menyimpulkan sementara, pemusatan, konfrontasi, klarifikasi, diam, membuka diri, merencanakan, menyimpulkan, mengevaluasi, menutup. Lalu pada kategori sedang ialah empati, memberi nasihat. Kesimpulan tingkat pemahaman keterampilan mikro konseling pada mahasiswa bimbingan dan konseling berada pada kategori tinggi.
Simptom-Simptom Trauma pada Anak Korban Kekerasan Seksual di Aceh Zuliani, Hetti; Kee, Pau; Sapeer, Mohd Noor
Jurnal Suloh Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/suloh.v9i1.40421

Abstract

This study aims to identify and analyze trauma symptoms in child victims of sexual abuse in Aceh. Sexual violence against children is a serious issue that can cause long-term psychological impacts, significantly affecting their emotional and social development. Using a descriptive method, this research seeks to uncover the trauma symptoms in children who have experienced sexual abuse.The findings of this study indicate that child victims of sexual abuse in Aceh experience significant trauma symptoms, encompassing three main aspects: reexperience, avoidance, and hyperarousal. These symptoms not only impact the emotional condition of the children but also affect their behavior, social interactions, and future prospects. This study emphasizes the importance of appropriate and immediate intervention for child victims of sexual abuse, given the significant psychological impact. A comprehensive and sustainable approach is essential to ensure the emotional and social well-being of children who have been victims of sexual abuse, helping them build a better future
Efektivitas Teknik Konseling Menulis Ekspresif untuk Mereduksi Motif Agresi Siswa MAN 4 Aceh Besar Rahmi, Nurul; Yahya, Martunis; Bakar, Abu
Jurnal Suloh Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/suloh.v9i1.25512

Abstract

Motif agresi merupakan suatu penggerak timbulnya perilaku-perilaku agresi yang dilakukan oleh individu. Penelitian ini berjudul Efektivitas Teknik Konseling Menulis Ekspresif untuk Mereduksi Motif Agresi Siswa MAN 4 Aceh Besar. Tujuan penelitian untuk melihat ada tidaknya penurunan tingkat motif agresi yang signifikan setelah diberikan teknik konseling menulis ekspresif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dalam bentuk pre-ekspreriment, one grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 MAN 4 Aceh Besar yang memiliki tingkat motif agresi yang tinggi. Sampel yang diperoleh berjumlah 11 orang yang memiliki tingkat motif agresi yang tinggi. Penarikan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala 1-5. Analisis statistik menggunakan paired sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa teknik konseling menulis ekspresif memiliki efektivitas untuk mereduksi motif agresi siswa MAN 4 Aceh Besar. Sebelum diberikan (pretest) skor motif agresi 179.64 dan skor setelah diberikan (posttest) adalah 104.55. Tingkat motif agresi siswa mengalami penurunan yang signifikan setelah diberikan teknik konseling menulis ekspresif. Hasil uji statistik paired sample t-test didapati bahwa mean untuk pretest posttest adalah 179.64 104.55, sedangkan untuk nilai sebesar 10.621 dan (0.05;11) sebesar 2.228 oleh karena artinya terdapat penurunan yang signifikan pada tingkat motif agresi siswa MAN 4 Aceh Besar yang mempunyai tingkat motif agresi yang tinggi setelah diberikan teknik konseling menulis ekspresif.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Tunagrahita Ringan Ronvy, Al Shaffaat; Hidayat, Hafiz
Jurnal Suloh Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/suloh.v9i1.40495

Abstract

The research began with problems found in mildly mentally retarded students who had difficulty reading at SLB C Payakumbuh. After examining the characteristics of students, it is easier to read using picture word cards as media. The aim of the research is to prove that picture word card media can improve the word reading ability of mildly mentally retarded students at SLB C Payakumbuh. The type of research used is an experiment in the form of an SSR with an ABA design. Data collection uses techniques in the form of action tests with visual graphic data analysis. There have been 16 meeting sessions divided into 3 conditions. After using picture word card media as a form of intervention, it was proven that this media could improve the word reading ability of students with mild intellectual disabilities.
Quarter life crisis mahasiswa akhir Jurusan Bimbingan Dan Konseling Universitas Syiah Kuala Br Lingga, Aprianita Br Lingga; Yahya, Martunis; Bakar, Abu
Jurnal Suloh Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/suloh.v9i1.42262

Abstract

Final-year students completing their final project have to do many tasks related to writing their final project and are involved in various other tasks and burdens related to preparing themselves to work and live more independently. This allows them to experience various crises in their lives, experiencing confusion, worry, and fear. This research was conducted on seventh-year students totaling six subjects. This research uses a descriptive qualitative approach with interview and documentation techniques. The results showed that students experienced a quarter-life crisis, namely hesitation in realizing the things they had planned, worrying about not being able to complete their studies in the specified time, low self-confidence, tending to compare themselves with the achievements of others, doubting their abilities, anxious about other people's opinions about education, work and finance, overthinking about future life, and worrying about future relationships with the opposite sex and friend.Abstrak Mahasiswa akhir yang sedang dalam proses menyelesaikan tugas akhir harus mengerjakan banyak tugas terkait dengan penulisan tugas akhirnya dan terlibat dalam berbagai tugas dan beban lainnya terkait menyiapkan diri untuk bekerja dan hidup lebih mandiri. Hal ini memungkinkan mereka mengalami berbagai krisis dalam kehidupannya, mengalami kebingungan, kekhawatiran dan rasa takut. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa tahun ketujuh yang berjumlah enam subjek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami quarter life crisis yaitu ragu-ragu dalam mewujudkan hal yang telah mereka rencanakan, khawatir tidak dapat menyelesaikan studi pada waktunya yang telah ditentukan, kepercayaan dirinya rendah, memiliki kecendrungan membandingkan diri dengan pencapaian orang lain, meragukan kemampuan yang ada pada dirinya, gelisah akan pendapat orang lain mengenai pendidikan, pekerjan dan finansial, berpikir berlebihan mengenai kehidupan masa depan, serta mengkhawatirkan hubungan masa depan dengan lawan jenis dan teman.
Mengatasi Kecemasan Karir Melalui Konseling Kelompok Eksistensial Abdi, Sofyan; Hasna, Afra; Sofyan, Annisa Amalia; Chairunnisa, Chairunnisa; Fitriani, Desy; Azlya, Shasya; Chintia, Dhea Nada
Jurnal Suloh Vol 9, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/suloh.v9i1.40718

Abstract

This study aims to assist students at SMK Al-Wathoniyyah in reducing anxiety when choosing a career path after completing vocational secondary education through group counseling services with an existential humanistic approach. High anxiety about career choices, such as deciding between pursuing a desired college major or working in line with their passion, is a common issue faced by high school or vocational students, typically aged 15-18, who are still in their adolescent developmental stage. This research uses a qualitative method with a population of 5 twelfth-grade students and 2 students as the research sample. The instrument used in this study is an interview, followed by a treatment in the form of group counseling services with an existential humanistic approach. Group counseling services with an existential humanistic approach are effective in reducing students' anxiety in career decision-making.

Page 1 of 1 | Total Record : 9