cover
Contact Name
-
Contact Email
arty@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
arty@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Arty: Jurnal Seni Rupa
ISSN : 25527516     EISSN : 27218961     DOI : -
Core Subject : Art,
Arty: Jurnal Seni Rupa focuses on the research of visual art studies through the experiences exchange among educators, artists, and researchers. Its primary goals is to promote quality research on conceptual ideas, studies, application of theories, and visual art reviews. Topics of special interest to Arty include scholarly reports that enhance knowledge regarding art in general, Fine Art, Art History, Visual Culture, Design Methodology, Design Process, Design Discourse, Design and Culture, Art Critism, Anthropology of Art, Artifact Design, Visual Communication Design, Creative Industry, and other historical, critical, cultural, psychological, educational and conceptual research in visual art and design.
Articles 40 Documents
KEARIFAN LOKAL KABUPATEN BATANG SEBAGAI INSPIRASI DESAIN GRAFIS T-SHIRT PRODUK ROTATOLI CLOTHING: LOCAL WISDOM OF BATANG REGENCY AS AN INSPIRATION FOR GRAPHIC DESIGN OF ROTATOLI CLOTHING T-SHIRT PRODUCTS Denta Ridho; Nadia Sigi, Prameswari
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i1.375

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara yang beragam, keberagaman tersebut tercermin dari kekayaan kerarifan lokal dari setiap daerah di Indonesia. Termasuk didalamnya adalah Kabupaten Batang yang memiliki beragam kearifan lokal dari tradisi, kesenian, hingga benda peninggalan sejarah. Namun generasi muda saat ini masih kurang mengenal kearifan lokal dari Kabupaten Batang tersebut. Oleh karena itu diperlukan sebuah media baru yang dapat mengenalkan kearifan lokal Kabupaten Batang kepada generasi muda. Proyek studi ini bertujuan untuk merancang media pengenalan kearifan lokal Kabupaten Batang melalui desain grafis pada t-shirt. Dalam proyek studi ini untuk proses pembuatan karya memerlukan beberapa tahapan, mulai dari tahapan pra produksi (riset, analisis, perumusan konsep karya), kemudian tahapan produksi (sketching, lining, coloring, hingga penerapan desain pada t-shirt), tahapan terakhir berupa tahapan pasca produksi (publikasi karya melalui pameran yang dibuka untuk umum, juga display produk t-shirt di store Rotatoli Clothing). Proyek studi ini menghasilkan tujuh buah desain grafis yang terinspirasi dari kearifan lokal Kabupaten Batang yang berupa sintren, tari simo gringsing, tari petik teh, balap perahu naga, cerita asal-usul nama Kabupaten Batang, prasasti Sojomerto dan tugu emping. Selain itu juga menghasilkan beberapa media promosi pendukung berupa katalog, stiker, thanks card, dan hang tag. Hasil proyek studi ini juga dapat digunakan sebagai media pengenalan kearifan Lokal Kabupaten Batang kepada generasi muda.
KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE KARYA LUKIS SILVIE MAHDAL "THE GARDEN OF SELF-LOVE": SEMIOTIC STUDY OF CHARLES SANDERS PEIRCE'S PAINTING SILVIE MAHDAL "THE GARDEN OF SELF-LOVE" Seren Dipity May Putri; Angga Kusuma Dawami
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i1.1030

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan Semiotika Charles Sanders Peirce oada sebuah Karya Lukis dari Silvie Mahdal “The Garden of Self-love”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai makna semiotik sesuai teori Charles Sanders Peirce yang terdapat pada salah satu lukisan seniman bernama Silvie Mahdal “The Garden of Self-love”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena secara keseluruhan menjelaskan bagaimana proses pembentukan tanda dan pemaknaan tanda-tanda yang ada melalui pendekatan semantic pada karya ini. Data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pesan atau makna yang akan disampaikan dalam bentuk gagasan karya seni lukis ini mengenai cinta diri atau self-love yang seharusnya dilakukan di kehidupan sehari-hari agar lebih mengerti, menerima dan menghormati dirinya sendiri serta merasakan dampak positif dari cinta diri. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setiap tanda yang terdapat pada lukisan berdasarkan warna, arsir dan gelap terang memiliki makna sesuai dengan cinta diri. Tanda-tanda dan pesan tersirat yang ada pada karya seni tersebut menurut penulis tergambarkan dan tersampaikan dengan baik, ditambah pengalaman estetis yang diberikan dengan sentuhan realisme khas Silvie Mahdal menjadikannya mudah dan menyenangkan untuk diterima oleh khalayak. ABSTRACT This study uses Charles Sanders Peirce's semiotics on Silvie Mahdal's painting "The Garden of Self-love". This research aims to find out and provide information about the semiotic meaning according to Charles Sanders Peirce's theory found in one of Silvie Mahdal's paintings "The Garden of Self-love". The method used in this research is the descriptive qualitative method because it explains how the process of sign formation and the meaning of existing signs through a semantic approach in this work. The data used is secondary data. The results of this research show that the message or meaning that will be conveyed in the form of the idea of this painting is about self-love or self-love that should be done in everyday life to understand better, accept and respect themselves and feel the positive impact of self-love. Based on this research, every sign in the painting based on color, shading and light darkness has a meaning following self-love. According to the author, the signs and implied messages in the artwork are well depicted and conveyed, plus the aesthetic experience provided with a touch of realism typical of Silvie Mahdal makes it easy and fun to be accepted by the audience.
ANALYSIS OF INSTAGRAM USAGE AS A MEDIA FOR PUBLICATION AND PROMOTION OF THE 2023 ARTJOG FESTIVAL: ANALISIS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI DAN PROMOSI FESTIVAL ARTJOG 2023 Nurcahyati, Desy; Salman Mohammadi Saragih, Dzikrullah
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i1.1835

Abstract

The existence of fine arts in Indonesia such as the ARTJOG festival has grown a lot with many new expressions poured into unique creativity by many local and world artists. To maintain the existence and development of fine art requires several strategies, one of which is to adapt to the times and utilize social media as a means of disseminating fine art to the general public. This research aims to analyze the influence of one of the popular and widely used social media in the world, namely Instagram, on the progress of the artjog festival in 2023. The research uses a descriptive qualitative method by presenting data obtained based on the results of observation and documentation collection contained in ARTJOG-themed content contained on the official Instagram @artjog.id and other Instagram accounts during the specified period. The results obtained are that Instagram has an influence as a publication and promotion medium for the ARTJOG 2023 festival which displays content that is useful as material for insight, inspiration, and entertainment to the audience of Instagram users.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D MATERI RAGAM HIAS JAWA TIMUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII  SMP.: DEVELOPMENT OF 2D ANIMATION LEARNING MEDIA OF EAST JAVA DECORATIVE MATERIAL TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF STUDENTS IN GRADE VII SMP. Anisaluh, Anisaluh_1999; Sabri, Indar; Suryandoko, Welly; Djatiprambudi, Djuli
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i1.2250

Abstract

Media pembelajaran dalam penyajian materi berupa modul terutama menggambar ragam hias cenderung terbatas, siswa beranggapan kurang tertarik dan sulit memahami materi. Oleh karena itu materi menggambar ragam hias Jawa Timur di kembangkan video animasi 2D yang menampilkan prosedur menggambar ragam hias menggunakan animasi 2D. Tujuan penelitian untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi 2D yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa dalam pemahaman belajar menggunakan media animasi 2D. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan metode yang telah dimodifikasi yaitu: 1) Studi Pendahuluan, 2) Merancang, 3) Hasil desain, 4) Validasi ahli, 5) Revisi desain, 6) Uji Lapangan. Pengambilan data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan video animasi 2D meliputi opening cover, materi, hingga penutup. Vidio animasi 2D memiliki efektivitas bagi pembelajaran di sekolah terutama siswa kelas VII SMP karena membantu memudahkan dalam pemahaman materi sehingga siswa tidak jenuh dan memudahkan dalam mengakses materi kembali melalui Youtube.
PROPOSAL FOR PACKAGING DESIGN IMPROVEMENTS USING KANSEI ENGINEERING FOR MSME SNACK PRODUCTS ASSISTED BY PT ENERGI BAYU JENEPONTO (EBJ): USULAN PERBAIKAN DESAIN KEMASAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING UNTUK PRODUK MAKANAN RINGAN MSME DAMPINGAN PT ENERGI BAYU JENEPONTO (EBJ) Arifin, Suci Ramadhani; Piu, Sriwahyuningsih; Ina Yulianadewi
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i1.3324

Abstract

Zhafran Red Ginger, a small business partner of PT. EBJ, produces healthy ginger-based beverages in Rumbia District, Jeneponto Regency. Currently, their UMKM product faces tough competition from larger companies in the local market. The main issue is its unattractive and outdated packaging design. This research aims to enhance the packaging design using Kansei Engineering methodology, with the hope of attracting more customers and expanding their market presence. The objective is also to support UMKM development in Jeneponto Regency and boost the visibility of local products by improving the marketability of Zhafran Red Ginger's UMKM products.
KELEBIHAN PERMAINAN KARTU EDUKASI TENTANG ALAT MUSIK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PRA-REMAJA: ADVANTAGES OF AUGMENTED REALITY-BASED EDUCATIONAL CARD GAME ABOUT MUSICAL INSTRUMENTS FOR PRE-TEENS Kyle Orleans, Wyatt
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i1.3522

Abstract

Permainan kartu berbasis augmented reality (AR) untuk pembelajaran alat musik merupakan inovasi pendidikan yang menarik bagi anak pra-remaja. Penelitiannya bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan permainan kartu AR yang membuat pembelajaran alat musik menjadi lebih interaktif melalui pengalaman. Metode pengembangan meliputi analisis kebutuhan pengguna, desain game, pengembangan aplikasi AR, dan evaluasi hasil. Game ini dirancang untuk membantu anak-anak pra-remaja belajar tentang berbagai alat musik dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Peta permainan dapat dilihat oleh pemain melalui penggunaan teknologi AR, yang menciptakan representasi tiga dimensi yang realistis dari perangkat mereka di layar. Selain itu, game ini juga dilengkapi dengan fitur interaktif seperti: Informasi tambahan tentang sejarah, gaya permainan, dan genre musik yang umum digunakan dengan instrumen ini. Ulasan awal menunjukkan reaksi positif terhadap game ini dari kalangan anak muda. Mereka menunjukkan minat yang besar dalam mempelajari instrumen dengan cara yang menyenangkan dan inovatif. Selain itu, permainan ini mendorong permainan kooperatif, meningkatkan keterlibatan sosial dan kerja tim. Singkatnya, permainan kartu flash alat musik berbasis AR adalah alat pembelajaran yang menjanjikan, efektif, dan menarik untuk pra-remaja. Diperlukan pengembangan dan penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas kinerja dan dampaknya terhadap pemahaman dan minat mempelajari suatu instrumen.
STANDARISASI PORTOFOLIO KARYA TUGAS PRATIK SEBAGAI PENGUATAN KOMPETENSI MAHASISWA JURUSAN SENI RUPA UNNES: STANDARDIZATION OF PORTFOLIO OF PRACTICAL WORK AS A STRENGTHENING OF COMPETENCE OF STUDENTS MAJORING IN FINE ARTS UNNES Fiyanto, Arif; Onang, Murtiyoso; Gunadi, Gunadi; Moch.Naelul, Arzak
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i1.3594

Abstract

Mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES memilki potensi dan kompetensi yang mampu bersaing dengan mahasiswa seni rupa dari universitas lain. Hal ini dapat dibuktikan bahwa pada kegiatan lomba yang di selenggarakan setingkat Nasional oleh Uiversitas Negeri Yogyakarta dalam event FSON (Festival Olah raga dan Seni UNY 2022), mahasiswa jurusan seni rupa UNNES berhasil meraih juara 1 kategori desain poster dan mendapatkan juara 2 pada kategori Komik Strip. Kemudian pada event PEKSIMINAS tahun 2023 mahasiswa jurusan seni rupa yang menjadi wakil kontingen juga berhasil meraih juara harapan ke-3 pada kategori lomba komikstrip. Serta beberapa event lain yang terselenggara baik  setingkat  Nasional  bahkan  Internasional yang  data  prestasinya terkadang  terlewatkan untuk dikumpulkan dalam arsip catatan prestasi. Dengan demikian kondisi yang saat terjadi memang perlu adanya perhatian secara khusus dalam memperbaiki hal pendataan prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa. Barkaitan dengan persmasalahan tersebut, karakteristik dari mata kuliah praktik juga senatiasa menghasilkan karya-karya, hal ini  juga sangat perlu dikelola secara khusus pada masing- masing matakuliah praktik akan lebih available dalam format Portfolio. Sebab kebutuhannya sangat penting sebagai bahan evaluasi dalam proses pembelajaran . Penelitian yang didesain ini sebagai strategi tindakan kelas akan mencoba menganalisa data multi methods; sehingga mampu memberikan informasi yang komprehensif mengenai ‘apa’ dan ‘mengapa’ terjadinya sesuatu sekaligus sebagai bentuk triangulasi data penelitian. Penelitian ini didahului dengan pengukuran skala sikap, pengamatan proses berkarya, apresiasi hasil karya, perencanaan portfolio, Kemudian hasil yang telah diperoleh diapresiasi dan dievaluasi berdasarkan beberapa komponen standar yang disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang terukur dengan baik. Tujuan yang didapat dari hasil penelitian ini niscaya akan menunjukkan model portofolio pada setiap matakuliah praktik agar memiliki bukti otentik tentang skil dan kompetensi dari masing-masing, sesuai karakteristik matakuliah yang telah diajarkan. Sehingga mampu meningkatkan partsisipasi dalam diskusi dalam forum kelas, agar mampu meningkatkan motivasi mahasiswa. Jika strategi optimalisasi diterapkan secara kontinu dan diimplementasikan pada seluruh matakuliah praktik diharapkan mampu mengubah ‘keterpaksaan’ menjadi ‘kebutuhan’ untuk belajar, sehingga mampu meningkatkan kompetensi dan kesadaran mahasiswa akan aset karya -karya tugas praktiknya menjadi data yang tersusun dengan baik sebagai bukti kompetensi yang dimiliki selain ijazah yang diterima saat lulus.
INTERPRETASI VISUAL MOTIF BATIK KOMBINASI BIOTA LAUT DAN TARI TRADISIONAL REMO TRISNAWATI SITUBONDO: Visual Interpretation of Marine Biota Combination Batik Motifsand Traditional Remo Trisnawati Dance Situbondo Surya Wardani, Lely
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i1.3727

Abstract

Keberagaman motif batik berkembang sejalan dengan modernisasi, letak geografis, adat istiadat, lingkungan, hingga kebudayaan daerah. Daerah kabupaten Situbondo memiliki ciri khas motif batik berupa biota laut. Keberagaman motif biota laut menjadi ikon batik daerah. Selanjutnya motif batik dapat dikombinasikan dengan keberagaman budaya lain di Daerah Kabupaten Situbondo. Kombinasi tarian tradisional daerah yaitu Tari Remo Trisnawati yang dituangkan kedalam bentuk motif batik. Kombinasi motif ini sebagai bentuk baru dalam visual motif batik Situbondo yang memadukan motif alam dan kebudayaan daerah. Tujuannya untuk mendeskripsikan visualisasi dari kombinasi dua motif tersebut dan makna simbolis dibalik motif batik. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif berbasis observasi pada motif batik. Teknik pengambilan data yakni wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu motif batik diciptakan berdasarkan observasi desainer secara langsung, motif utama batik merupakan hasil stilasi dari biota laut dan tari tradisional khas daerah Situbondo, dan makna simbolis pada batik yaitu tentang harmonisasi kehidupan.  
Mobile-Based Archipelago Tourist Destination UI/UX Design as Information Media for Archipelago Tourists: Desain UI/UX Destinasi Wisata Nusantara Berbasis Mobile sebagai Media Informasi bagi Wisatawan Nusantara Siti Masyithoh; Pratama Bayu, Widagdo
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 2 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i2.4286

Abstract

The National Medium Term Development Plan (RPJMN) 2020-2024 shows that 41 percent of Indonesian tourism still relies on Bali, even though Indonesia has a variety of other tourist destinations that can be exposed. This is due to the lack of information about less popular tourist destinations, thereby limiting exposure to these destinations. This study project aims to produce a mobile-based UI/UX design using a design thinking framework. The result is a UI/UX design prototype "triv" which includes tourist recommendation features, search bar, filter, share, reviews, community, explore, and tourist map. Testing the “triv” UI/UX design prototype using the maze site and the System Usability Scale (SUS) questionnaire to measure the level of user acceptance. The overall SUS score for 15 respondents was 79.3 so the score was in the > 68 percentile, meaning that the UI/UX design of the triv was above average, getting grade A- in the grades scale interpretation, good in the adjective rating category , and the acceptable category in the interpretation ofacceptability. This shows that the design is well received by users, and has the potential to be promoted further based on the interpretation of the Net Promoter Score (NPS).
KERAJINAN BUNGA BERBAHAN CANGKANG KERANG DAN LIMBAH PLASTIK BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP KERAJINAN: FLOWER CRAFTS MADE FROM SHELLS AND PLASTIC WASTE BASED ON CRAFT PRINCIPLES Pohan, Sefti Herawati; Azis, Adek Cerah Kurnia; Burhan Surya Nata , Diningrat; Yumielda, Vivi Destri
Arty: Jurnal Seni Rupa Vol. 13 No. 2 (2024): Regular Issue
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/arty.v13i2.7303

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mendekripsikan hasil kerajinan bunga dari cangkang kerang dan limbah plastik ditinjau dari prinsip-prinsip kerajinan bentuk, fungsi/kegunaan, keindahan, teknik dan ukuran pada karya siswa SMA N egeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh langsung saat proses pembelajaran. Jumlah populasi penelitian ini adalah 11 kelas sebanyak 267 siswa dengan jumlah keseluruhan sampel siswa 2 kelas yaitu kelas XII-8 dan XII-11 sebanyak 48 siswa, sehingga dari sampel yang di ambil dihasilkan 24 karya melalui kerja sama dua orang siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah cluster random sampling (pengacakan kelas). Analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Data karya diketahui dengan cara penilaian yang dilakukan oleh 3 orang penilai kemudian karya tersebut dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembuatan setiap kerajinan bunga dari cangkang kerang dan limbah plastik memiliki proses dengan mempersiapkan alat dan bahan, dilanjutkan dengan merangkai bunga hingga finishing. Kemampuan siswa dalam menerapkan prinsip-prinsip kerajinan secara keseluruhan sudah baik dengan hasil karya siswa keseluruhan mendapatkan rata-rata 85 yang berada kategori baik. Aspek tertinggi yang paling menonjol diantara prinsip lainnya yaitu pada prinsip kerajinan yaitu keindahan dan fungsi/kegunaan.

Page 1 of 4 | Total Record : 40