cover
Contact Name
Syarifah
Contact Email
jurnal_dialektika@iainpare.ac.id
Phone
+6281241171249
Journal Mail Official
jurnal_dialektika@iainpare.ac.id
Editorial Address
Jalan Amal Bhakti Soreang Fakultas Tarbiyah Kota Parepare
Location
Kota pare pare,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 29859336     DOI : 10.35905/dialektika.v3i2.12710
Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau dari pendidikan Islam, peserta didik ditinjau dari pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, manajemen pendidikan Islam, metode pembelajaran ditinjau dari pendidikan Islam, media pembelajaran ditinjau dari pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam, sejarah pendidikan Islam, kajian tafsir tarbawi, dan kajian hadits tarbawi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam" : 5 Documents clear
Pentingnya Pendidik Untuk Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai Acuan Dalam Melaksanakan Perencanaan Konsep Pembelajaran St. Hajar, St. Hajar; Nanning, Nanning
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i2.4333

Abstract

Abstrak: Karakteristik peserta didik merupakan salah satu yang menjadi bahan pertimbangan dan pijakan dalam perencanaan konsep pembelajaran. Konsep pembelajaran dalam hal ini adalah bentuk perencanaan terhadap proses pembelajaran yang akan dilaksanakan dan hasil yang diharapkan terjadi. Adapun karakteristik peserta didik berkaitan dengan beberapa aspek yaitu aspek fisiologis, aspek psikologi, dan aspek lingkungan. Dan setiap peserta didik memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda anatara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pendidik untuk memahami karakteristik peserta didik, karena hal tersebut juga akan memberikan kemudahan dalam merumuskan perangkat pembelajaran, desain pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran, sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang berjalan lancar, efektif, efisien, dan bermakna. Dan pada dasarnya pembelajaran yang dilaksanakan memang seharusnya disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Penulisan artikel ini dilakukan dengan mengkaji beberapa sumber literature atau pustaka dan juga melalui pengamatan karakteristik peserta didik di MA DDI Lil Banat Parepare pada mata pelajaran akidah akhlak. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pentingnya bagi seorang pendidik memahami karakteristik peserta didik dalam perencanaan konsep pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak. Kata Kunci: Karakteristik, Peserta Didik, Konsep Pembelajaran
Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Marta, Marta Jaya; Maemonah, Maemonah
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i2.4400

Abstract

Asesmen Kemampuan Minimal( AKM), ialah inovasi terkini dari kemendikbud selaku pengganti Ujian Nasional( UN). Apakah aktivitas ini hendak berhasil tepat target serta sanggup mendograk kualitas pendidikan Indonesia di tingkatan Global, semua tergantung dari bagaimana kemendikbud menerapkan misi aktivitas AKM. Artikel ini hendak mangulas Implementasi Asasmen Kompetensi Minimal yang disaat ini sedang dilakukan, berhubungan dengan teori- teori mengenai implementasi suatu kebijakan. Penelitian memakai pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode tanya jawab. Hasil riset membuktikan jika implementasi sosialisasi kebijaksanaan AKM telah sanggup diaplikasikan. Kesuksesan sosialisasi Implementasi kebijakan hendak sukses bila dimulai dengan komunikasi pada bentuk sosialisasi yang mengaitkan seluruh pihak, serta diatur dengan cara matang serta penuh pemograman.
Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Majid, Jursan; Efendi, Rustan; Buhaerah, Buhaerah
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i2.4435

Abstract

Pendidikan akhlak pada saat sekarang ini memiliki kontribusi yang sangat penting, karena untuk membentuk karakter bangsa yang berbudi pekerti diperlukan adanya peningkatan perilaku yang baik yaitu akhlakul karimah, terkhusus untuk meningkatkan akhlakul karimah peserta didik , dalam hal ini guru pendidikan agama islam memiliki andil yang sangat penting. Guru pendidikan agama islam adalah seorang pendidik yang mengarahkan/mengajarkan ajaran islam guna untuk mencapai keselarasan jasmani ataupun rohani dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku individu agar sesuai dengan ajaran islam serta membimbingnya menuju arah yang dapat membentuk karakter dan kepribadian muslim yang berakhlak, Adapun urgensinya dalam ini adalah bagaimana kontribusi seorang guru agar memupuk kembali dan meningkatkan akhlakul karimah peserta didik tidak hanya diaplikasikan disekolah akan tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun kontribusi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul kharimah peserta didik yakni, Guru pendidikan agama islam sebagai seorang demonstrator, Guru pendidikan agama islam dengan kemampuan mengelola kelas, guru pendidikan agama islam sebagai seorang fasilitator, Serta guru pendidikan agama islam sebagai seorang evaluator.
Penguatan Kemampuan Hafalan Juz 30 Melalui Pembiasaan Muroja’ah Sebelum Memulai Pembelajaran ., De Vita 'Arsy Oxia Assabiil; Dalle, Ambo
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i2.4458

Abstract

Sebagai ummat Muslim, kiranya wajib mempunyai komitmen untuk berusaha menghafal Al-Qur’an, untuk memperoleh kemulian dari Allah Subhanahuwata’ala dan untuk menjaga eksistensi kemurnian Al-Qur’an. Tentunya diperlukan metode dalam usaha menghafal Al-Qur’an, salah satunya yakni dengan menggunakan metode muroja’ah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran metode muroja’ah dalah penguatan hafalan juz 30 pada peserta didik di SMA Negeri 3 Parepare. Selain itu juga untuk meemberikan sumbangsi keilmuan bagi institusi maupun pembaca. Dalam penelitian ini selain menggunakan metode literature review juga menggunakan metode observasi di sekolah lokasi pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terkait judul yang diangkat. Metode muroja’ah yang digunakan dan dibiasakan untuk diaplikasikan pada peserta didik sebelum memulai pembelajaran di SMA Negeri 3 Parepare memiliki dampak positif terhadap kualitas dan kuantitas hafalan peserta didik. Diperlukan kolaborasi oleh para guru untuk tetap menjaga kdisiplinan program hafalan juz 30 bagi peserta didik tersebut, karena selain untuk membina mental spiritual pserta didik, juga dapat membangun kecerdasan emosional religius peserta didik agar berakhlakul karimah dan memiliki jiwa berjuang dalam iman dan taqwa.
Urgensi Pengajian Rutin Terhadap Peningkatan Religius Masyarakat Lathifatul, Lathifatul Chasanah
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i2.4484

Abstract

Abstrak Pengajian rutin yang dilaksanakan setiap malam selasa pahing di mushola dan masjid sangat penting diadakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologik dengan mengamati kejadian dilapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di penelitian ini yaitu teknik wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajian rutin ini berpengaruh dalam meningkatkan religious masyarakat yang semakin hari semakin terpengaruh oleh budaya asing. Abstract Routine recitation which is held every Tuesday night at the prayer room and mosque is very important to hold. This study uses qualitative research using a phenomenological approach by observing events in the field. The techniques used in collecting data in this study are interview techniques and field observations. The results of the study show that this routine recitation has an effect on increasing the religious community which is increasingly being influenced by foreign cultures.

Page 1 of 1 | Total Record : 5