cover
Contact Name
Dwi Syukriady
Contact Email
dwi.sukriady@uim-makassar.ac.id
Phone
+6281524508969
Journal Mail Official
isolek@uim-makassar.ac.id
Editorial Address
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar, Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 09 No. 29 Kota Makassar, Kelurahan Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea, Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia, 90245
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra
ISSN : -     EISSN : 29856256     DOI : https://doi.org/10.59638/isolek
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra menerbitkan manuskrip penelitian dalam Pendidikan, pengajaran, bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal ISOLEK menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmiah di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia. Naskah yang diterbitkan termasuk. Ilmu bahasa; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis. Sastra: kajian sastra daerah, sastra Indonesia, kajian sastra asing, sastra anak, kajian sastra pendidikan karakter, dan kajian sastra lainnya. Bahasa dan Sastra Indonesia: pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya. Naskah yang dikirimkan pada jurnal ISOLEK belum pernah dipublikasikan di manapun, baik cetak maupun elektronik. Penulis harus mengacu pada pedoman penulis sebelum mengirimkan naskah. Naskah yang dikirimkan kemudian akan dievaluasi dan diedit sesuai dengan format yang disediakan pengelola jurnal. ISOLEK diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan Maret dan September oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar. Artikel yang dipublikasikan dapat diakses dan diunduh secara gratis melalui Portal Jurnal Elektronik FKIP Universitas Islam Makassar.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): Isolek: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra (September 2023)" : 5 Documents clear
Representasi Perempuan Trah Jawa Dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis: Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt Mayada, Mayada; Sulton, Agus; Hardinanto, Eko; Nugraha, Alfian Setya
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra Vol. 1 No. 2 (2023): Isolek: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra (September 2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/isolek.v1i2.47

Abstract

Sastra sebagai buah dari pikiran yang lahir dari individu dan berkorelasi dengan kehidupan masyarakat sekitar. Sastra diukur sebagai cerminan yang ada dalam lingkungan sekitar, namun kemasan yang dilukiskan dalam bentuk fiksi. Pengetahuan tersebut di imbangi dengan pemikiran yang bertumpu pada domisili sekitar yaitu Jawa. Hal ini tampak dalam novel hati Suhita karya Khilma Anis yang peneliti analisis pada penelitian ini sebagai bahan dalam kajian sosiologi sastra Ian Watt. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan a) pendominasian factor eksternal seorang pengarang dalam produksi karya sastra nya dalam novel hati Suhita karya Khilma Anis, b) latar belakang pengarang dalam melemparkan gagasannya membentuk karya sastra dalam novel hati Suhita karya Khilma Anis, c) cerminan realitas sosial perempuan trah Jawa sebagai pelestari ajaran Jawa yang mengikat kuat dalam muatan novel hati Suhita karya Khilma Anis. Pokok bahasan tersebut menggunakan kajian sosiologi sastra Ian Watt. Pendekatan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel hati Suhita karya Khilma Anis. Data dalam penelitian ini berupa temuan yang relevan dengan sosial pengarang ataupun karya nya. Teknik pengumpulan data ini adalah studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan a) factor eksternal yang menjadi pengaruh lahirnya karya sastra tersebut ialah pengarang yang berasal dari lingkungan trah darah biru pesantren dengan nenek moyang pelestari ajaran Jawa, b) gagasan pengarang dalam melahirkan karya sastra nya berawal dari kecintaannya terhadap hal-hal yang bercampur adat dan kebudayaan Jawa, c) dalam novel hati Suhita ditegaskan bahwa kekuatan wanita terletak pada ajaran Mikul dhuwur mendem jeru, Tapa-Tapak-Telapak sebagai pegangan yang mutlak diterima dan dilakukan.
Tuturan Direktif Pelatih UKM Bola Voli Universitas PGRI Banyuwangi Pada Saat Pertandingan Rahmat, Lutfi Irawan; Lestari, Riska Fita; Irwanto, Edi
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra Vol. 1 No. 2 (2023): Isolek: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra (September 2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/isolek.v1i2.95

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan tuturan direktif pelatih Bola Voli disaat menjelaskan sesuatu kepada para pemain pada saat pertandingan. Peristiwa tutur yang terjadi pada pertandingan yang didominasi oleh tindak tutur yang menuntut atlet melakukan apa yang ditutur pelatih. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menganailisis data dan mencatat data yang mengandung: (1) perintah, (2) permintaan, dan (3) saran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu 3 jenis kalimat tuturan yang diberikan pelatih kepada atlet bola voli. Tuturan pelatih memang sangat berpengaruh bagi para pemain saat bertanding, hal ini dikarenakan selama pertandingan pelatih dapat mengetahui kelemahan dan kesalahan tim melalui analisa, sehingga pemain dapat melaksanakan apa yang diperintahkan oleh pelatih.
Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Nirwana, Nirwana
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra Vol. 1 No. 2 (2023): Isolek: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra (September 2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/isolek.v1i2.112

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini melalui metode bermain peran (role playing) di kelompok B PAUD Baen Husar kabupaten Belu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang fokuskan pada situasi kelas. Pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data Penilitian indakan Kelas dilaksanakan dalamangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan II maka penulis dapat menyimpulkan bahwa metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Baen Husar Kabupaten Belu. Hal ini terlihat dari adanya Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak. Anak didik yang berkembang sangat baik/BSB pada siklus I pertemuan ke I dengan empat indikator mencapai 30%, Pada pertemuan 2 dengan empat indikator mencapai 30%, Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 dengan empat indikator mencapai 30%. Pada pertemuan ke-2 dengan empat indikator mencapai 80%.
Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Usman, Usman; Harpina, Harpina; Syamsuardi, Syamsuardi; Amri, Nur Alim; Sadaruddin, Sadaruddin
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra Vol. 1 No. 2 (2023): Isolek: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra (September 2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/isolek.v1i2.113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK). Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design, di mana kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih tanpa randomisasi, sehingga berbentuk desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Populasi penelitian melibatkan seluruh anak kelompok B di TK Taman PAUD Doa Ibu, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelompok B1 dengan 24 anak didik dan Kelompok B2 dengan 20 anak didik. Melalui uji hipotesis, penelitian ini menghasilkan temuan yang signifikan dalam pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap kemampuan berbicara anak-anak di TK Taman PAUD Doa Ibu. Hasil analisis statistik menunjukkan perbandingan antara nilai t hitung (40.645) dan nilai t tabel (1.686). Karena t hitung lebih besar daripada t tabel, maka hipotesis H1 diterima yang menyatakan bahwa metode talking stick berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak.
Pengaruh Bermain Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Taman Kanak-Kanak Usia 5-6 Tahun Hasmawaty, Hasmawaty; Purwanti, Duwi; Hajerah, Hajerah; Intisari, Intisari; Mahmud, Bonita
ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra Vol. 1 No. 2 (2023): Isolek: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra (September 2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59638/isolek.v1i2.114

Abstract

Membaca permulaan pada anak TK merupakan upaya untuk mengenalkan huruf sejak dini dengan menggunakan media kartu kata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh beriman kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TK Mahdiyah Kelompok Kota Makassar. Sampel sebanyak 15 anak didik yang berusia 5-6 tahun. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan observasi dengan memberikan ceklist pada kategori kemampuan anak didik yang menggunakan skala likert 1-5 dengan degradasi mulai dari: sangat kurang, kurang, cukup, baik, dan sangat baik Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan statisitik paramtetrik paired sampel t test. Hasil analisisi data menujukkan bahwa penerapan bermain kartu kata di TK Mahdiya kelompok Kota Makassar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5