cover
Contact Name
-
Contact Email
kreatif@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
kreatif@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Jl. Bringin Raya No. 15, Karanganyar, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar
ISSN : 20872666     EISSN : 25806904     DOI : -
Core Subject : Education,
As an international journal, [P-ISSN 2087-2666 | E-ISSN 2580-6904] was published biannually (June & December) by Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Publish articles containing research articles in the field of Research Education with the scope of Primary School Teacher Education.
Articles 25 Documents
KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD AND PUZZLE ELEKTRONIKMUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV Pitaloka, Diah Retno; Wulandari, Desi
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Kreatif: Juni 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media crossword and puzzle elektronik, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan pada materi energi alternatif kelas IV SDN 5 Karangjati Blora. Metode Penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Karangjati Blora. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa media crossword and puzzle elektronik pada materi energi alternatif berhasil dikembangkan, layak digunakan, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa, yang dinyatakan penilaian ahli media sebesar 100%, ahli materi 83% dan praktisi 87%. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 10,850 dan ttabel  sebesar 2,015 maka Ha diterima, dengan diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 0,567 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media crossword and puzzle elektronik layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV di sekolah dasar.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA Hardiyanti, Dwi; Moh. Fathurrahman
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Kreatif: Juni 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Gugus Ahmad Yani mengalami permasalahan dalam keterampilan berbicara. Salah satu faktor penyebabnya yaitu  kurangnya model pembelajaran dalam menyampaikan materi keterampilan berbicara. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kemiri 04 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV SDN Kemiri 06 sebagai kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel (3,767 > 2,012) yang berarti model pembelajaran time token efektif terhadap keterampilan berbicara siswa. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,38 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol 0,29 dengan kategori rendah. Kelas eksperimen memperoleh rata – rata persentase keterampilan berbicara siswa sebesar 86,58% sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase rata – rata keterampilan berbicara siswa sebesar 67,72%.  Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran time token efektif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBANTUAN ANDROID BERBASIS  KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Utami, Erlinda Novianawati; Bektiningsih , Kurniana
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Kreatif: Juni 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Pembelajaran Puzzle Berbantuan Android Berbasis  Kearifan Lokal untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N Poncoharjo. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis research and development (R&D). Subjek penelitian ini adalah guru kelas IVA 33 siswa Poncoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil 93,3% dan 100% dalam kriteria sangat layak. Hasil tanggapan guru dan siswa memperoleh hasil 95,8% dan 91% dalam kategori sangat layak. Hasil uji n-gain sebelum dan sesudah pembelajaran diperoleh hasil 0,58 dengan kriteria sedang, sehingga efektif digunakan untuk media pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran Puzzle Berbantuan Android Berbasis  Kearifan Lokal dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS.
ANALISIS KERAGAMAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DENGAN TARGET PEMENUHAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS V SDN NGALIYAN 02 SEMARANG Hariyati, Fitri; Nugraheni, Nursiwi
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Kreatif: Juni 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai pola pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Begitu pula pada proses pembelajaran di SDN Ngaliyan 02 Semarang, yang mempunyai profilling kerakteristik, gaya dan kebutuhan belajar yang berbeda- beda. Dengan adanya keragaman karakteristik peserta didik, mulai dari keragaman latar belakang, keragaaman kecerdasan hingga keragaman gaya belajar peserta didik, maka kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara bervariasi serta berdiferensiasi dengan menyesuaikan kebutuhan belajar setiap peserta didik yang berbeda- beda. Dalam kegiatan pembelajaran, kurikulum harus tetap dijadikan acuan dan pedoman utama dalam proses kegiatan belajar mengajar. Guru berperan besar dalam menentukan materi dan bahan ajar untuk mencapai tujuan pendidikan dan pencapaian hasil kurikulum yang maksimal, namun dalam proses pelaksanaannya tetap harus menyesuaikan dengan kondisi peserta didik yang beragam.
PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SBDP KELAS III UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBIRAMA Gubta, Edwin Chandra; Nugraheni, Nursiwi
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Kreatif: Juni 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai pola pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Begitu pula pada proses pembelajaran di SDN Ngaliyan 02 Semarang, yang mempunyai profilling kerakteristik, gaya dan kebutuhan belajar yang berbeda- beda. Dengan adanya keragaman karakteristik peserta didik, mulai dari keragaman latar belakang, keragaaman kecerdasan hingga keragaman gaya belajar peserta didik, maka kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara bervariasi serta berdiferensiasi dengan menyesuaikan kebutuhan belajar setiap peserta didik yang berbeda- beda. Dalam kegiatan pembelajaran, kurikulum harus tetap dijadikan acuan dan pedoman utama dalam proses kegiatan belajar mengajar. Guru berperan besar dalam menentukan materi dan bahan ajar untuk mencapai tujuan pendidikan dan pencapaian hasil kurikulum yang maksimal, namun dalam proses pelaksanaannya tetap harus menyesuaikan dengan kondisi peserta didik yang beragam.
HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI KELAS IV Pratama, Ilham Rozzaq; Ansori, Isa
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Kreatif: Desember 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kemampuan motorik dengan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi dengan rentang waktu penelitian mulai dari januari-juni 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang berjumlah 144 siswa dengan sampel 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel yang diteliti meliputi fasilitas belajar, kemampuan motorik dan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, angket, obsrvasi, dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis data awal, dan analisis data akhir. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Analisis data akhir meliputi uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F, dan uji koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kemampuan motorik dengan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,644 > rtabel sebesar 0,191 dan berkontribusi sebesar 41,5%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kemampuan motorik dengan hasil belajar muatan aktivitas kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS LITERASI SAINS PEMBELAJARAN IPA KELAS V Novtiana, Irma; Wulandari, Desi
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Kreatif: Desember 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan serta keefektifan bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains muatan pembelajaran IPA materi siklus air siswa kelas V SDN 1 Joho Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Joho Banjarnegara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan, analisis data awal dan analisis data akhir menggunakan Uji T dan N-Gain. Penilaian ahli media memperoleh skor 100% dan ahli materi memperoleh skor sebesar 86,36% dengan kriteria layak. Analisis hasil pretest dan posttest pada uji T memperoleh hasil thitung sebesar 15,657 dan ttabel sebesar 2,004, sedangkan pada uji N-gain diperoleh skor sebesar 0,502 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN PAITAN PURWOREJO Koyimah, Lilinda; Sukardi, Sukardi
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Kreatif: Desember 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media big book berbasis kearifan lokal pada muatan pelajaran IPS Kelas V SDN Paitan Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan yaitu model Sugiyono yang mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 98,6% dengan kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 97,9% dengan kriteria sangat layak dan ahli bahasa sebesar 81% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar siswa menunjukkan adanya perbedaan signifikan dibuktikan dengan nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 pada uji t. Adapun N-Gain sebesar 0,641 menunjukkan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu media big book berbasis kearifan lokal layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Saran untuk penelitian selanjutnya pengembangan media big book berbasis kearifan lokal dapat diterapkan pada muatan pelajaran yang lain dengan menyesuaikan gambar dan narasi cerita pada media big book dengan materi pelajaran.
KEEFEKTIFAN  MODEL TPS BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS III Safitri, Nur; Dwi Prasetyaningtyas , Fitira
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Kreatif: Desember 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pra penelitian pada SD Gugus Mawardi Kabupaten Kendal kelas III, menunjukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam keterampilan bercerita. Hal ini berdampak pada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Prosedur penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Gugus Mawardi Kabupaten Kendal. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dengan SDN 02 Kutoharjo sebagai kelas eksperimen dan SDN 03 Krajankulon sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, non tes; observasi; wawancara; dan dokumentasi. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-Test menunjukan bahwa nilai t_hitung  (8,433) > t_tabel (1,989), sehingga Ha diterima. Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,09 < 0,64). Berdasarkan analisis data indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk kategori sedang. Observasi aktivitas siswa menunjukan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 82% dibandingkan kelas kontrol yaitu 73%. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran TPS efektif digunakan dalam keterampilan bercerita siswa kelas III SD Gugus Mawardi Kabupaten Kendal.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBANTUAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MAPEL IPS Anggita Hestiana , Ratna; Yulianto, Sigit
Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Kreatif: Desember 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Articulate Storyline, menguji kelayakan media dan menguji perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media. Jenis penelitian ini Research and Development. Prosedur penelitian ini menggunakan model Borg and Gall. Penentuan kelayakan media berdasarkan uji validasi ahli, uji skala kecil dan uji skala besar. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumen, angket dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan penilaian dari ahli materi 93,68%, ahli media 98,47%, ahli praktisi 95,79% kriteria “sangat layak”. Hasil tanggapan guru dan peserta didik setelah menggunakan media 90% dan 94% kriteria “sangat layak”. Uji normalitas pada nilai pretest sig.  0,200 dan nilai posttest sig. 0,200. Uji normalitas pretest dan posttest menunjukkan dengan nilai probilitas 0,05 maka kelompok pretest dan postest berdistribusi normal. Uji t diperoleh t_hitung = 6,736 >t_tabel = 2,073, pada uji N-gain peningkatan rata-rata data pretest dan posttest  0,65 kriteria “sedang”. Simpulan penelitian ini yaitu Media Pembelajaran Articulate Storyline layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Saran dalam penelitian ini, Media Pembelajaran Articulate Storyline dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Page 1 of 3 | Total Record : 25