cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6287831398687
Journal Mail Official
peshum.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
PESHUM
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28288017     DOI : 10.56799
PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, Sosiologi, Psikologi, Sosial, Budaya, Antropologi. (3) Humaniora: Sastra, Sejarah, Bahasa, Seni, Filsafat, Agama, Hukum. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora terbit setiap 6 kali dalam setahun.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 6: Oktober 2024" : 23 Documents clear
Tes Kepribadian Online Membentuk Kepribadianku, Benarkah?: Barnum Effect Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Andi Widjannah Afdhal; Lukman; Ahmad Ridfah
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.5212

Abstract

Online personality tests are commonly used by adolescents who are in the process of self-discovery. This leads to a tendency for teenagers to self-diagnose based on their personality feedback. This study aims to investigate whether female adolescents are more prone to experiencing the Barnum effect and self-diagnosis compared to male adolescents. The study used purposive sampling to select participants, consisting of 300 students from SMAN 16 Makassar, with an equal distribution of 150 female and 150 male students aged 15-18 years. The Barnum Statement was employed as the measurement tool. Data analysis was conducted using the Chi-Square test, processed with SPSS version 26 for Windows. The results indicate that there is no significant difference between genders in terms of the barnum effect, with a significance value of p = 0.339. This study provides insights into the differences in the barnum effect between adolescent girls and boys.
Pengaruh Kecerdasan Emosional Dengan Stres Akademik Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Almanda Meidynita Kadir; Widyastuti; Ahmad Ridfah
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.5227

Abstract

Stres akademik adalah suatu kondisi atau keadaan di mana terjadi ketidak sesuaian antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya aktual yang dimiliki mahasiswa sehingga mereka semakin terbebani oleh berbagai tekanan dan tuntutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosional dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Survey, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang sedang dalam proses pengerjaan skripsi untuk gelar S1 di Universitas Negeri Makassar, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Penelitian ini melibatkan 329 mahasiswa aktif Universitas Negeri Makassar yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emosional dan stres akademik, yang hasilnya dianalisis dengan uji regresi ordinal menggunakan aplikasi Jamovi versi 2.3.2.1. Hasil analisis menunjukkan skor Nagelkerke sebesar 0,880 yang berarti kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 8,8% variasi. Nilai signifikansi yang diperoleh ialah 0,001 (p<0,05) yang berarti kecerdasan emosional mampu menjadi prediktor yang signifikan terhadap stres akademik dalam menyusun skripsi. Hasil korelasi total menggunakan Spearman Rho menunjukkan hasil yang signifikan dan terdapat hubungan negatif (r = -0,165, p = 0,003), yang menjelaskan bahwa mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik akan memperoleh stres akademik yang rendah. Temuan dalam penelitian ini berimplikasi pada perlunya mahasiswa untuk berlatih mengontrol dan memahami kecerdasan emosionalnya sehingga dapat meminimalisir tingkat stres akademik yang akan diperoleh.
Gambaran Pernikahan Beda Suku Perempuan Bugis Ayu Apriyani; Basti Tetteng
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.5561

Abstract

Pernikahan merupakan sebuah peristiwa yang sakral bagi setiap individu. Pernikahan berbeda suku di Indonesia kerap dijumpai. Pernikahan yang ideal menurut masyarakat bugis adalah pernikahan endogami yaitu pernikahan yang melibatkan rumpun keluarga baik dari keluarga ayah maupun ibu. Seiring dengan perkembangan pola pikir masyarakat bugis, pernikahan dengan system ini perlahan terkikis kemudian bergeser ke system eksogami (pernikahan antar marga atau antar suku).Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Berdasarkan hasil temuan, secara garis besar ketiga responden memiliki dijalani memberikan gambaran pernikahan pernikahan beda suku yang positif. Hasil penelitian kemudian dikerucutkan dalam tiga tema besar yaitu, Latar belakang pernikahan, pengalaman pernikahan dan makna pernikahan . Perempuan Bugis menghadapi tantangan dalam menjalani pernikahan beda suku, Pentingnya komunikasi dalam menjaga hubungan, Toleransi dan pengertian penting untuk menyelesaikan konflik.Dengan adanya penelitian ini peneliti memberikan saran kepada responden agar dapat terus membangun komunikasi yang baik dan kesiapan mental dalam pernikahan beda suku yang dijalani. Peneliti selanjutnya dapat melibatkan partisipan dari suku dan berbagai latar belakang budaya yang beragam. Hal ini diharapkan dapat mengeksplorasi lebih luas mengenai gambaran pernikahan beda suku di Indonesia. Peneliti selanjutnya juga dapat memperluas penelitian berfokus pada pengalaman yang melibatkan laki-laki dari suku berbeda dengan pasangan perempuan bugis.
Hubungan Antara Body Shaming Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Riska Sriwana; Nurfitriany Fakhry; Nur Akmal
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.6010

Abstract

Korban body shaming cenderung merasa bahwa perkataan negatif orang lain itu benar, sehingga berdampak pada kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara body shaming dengan kepercayaan diri mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar angkatan 2022 dan 2023 yang pernah menjadi korban body shaming berjumlah 150 responden. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala body shaming dan skala kepercayaan diri. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara body shaming dan kepercayaan diri, p = 0,000 dan r = -0,584. Artinya semakin tinggi body shaming maka semakin rendah kepercayaan diri, sebaliknya semakin rendah body shaming maka semakin tinggi kepercayaan diri. Implikasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terkait dampak dari body shaming. Hasil penelitian ini juga memberikan kontribusi pada bidang psikologi sosial terkait body shaming yang berdampak negatif pada kepercayaan diri mahasiswa
Pengaruh Self Instruction Dalam Meningkatkan Harga Diri Anak Jalanan Di Kota Parepare Pujiardianti Wulandari; Asniar Khumas; Novita Maulidya Djalal
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.6015

Abstract

Harga diri merupakan penilaian individu terhadap dirinya yang berharga, mampu dan berguna mengerjakan hal-hal positif, dan menerima kondisi dirinya. Harga diri meningkat seiring bertambah usia dan rentan di masa remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self instruction dalam meningkatkan harga diri anak jalanan di kota Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian adalah anak jalanan di kota Parepare dengan kategori harga diri yang sedang dan rendah, sebanyak 17 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala harga diri yang disusun berdasarkan aspek harga diri yang dikemukakan oleh Rosenberg. Analisis data menggunakan analisis data nonparametric dengan metode uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode self instruction berpengaruh positif dalam meningkatkan harga diri anak jalanan di Kota Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai signifikan p = 0.000 (p < 0.05). Implikasi dari penelitian ini adalah metode self instruction dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan harga diri anak jalanan di usia remaja.
Fenomena "Tamo" dan Maknanya dalam Penamaan Anak Dalam Masyarakat Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT Paulus Mikku Ate
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.6193

Abstract

Bagaimana pemahaman mengenai tradisi “tamo” dalam penamaan anak menurut tradisi masyarakat Wewewa di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur? , Bagaimana pemberian nama anak dalam tradisi “tamo” dalam tradisi masyarakat Wewewa di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur? dan Bagaimana pemaknaan nama anak berdasarkan tradisi “tamo” dalam tradisi masyarakat Wewewa di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan adalah pengamatan, dokumentasi, dan wawancara terbatas. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait dengan penamaan anak dan latar belakangnya, serta pemaknaannya dalam tradisi Sumba. Penelitian ini berfokus pada tradisi penamaan anak atau yang disebut tamo dalam budaya Wewewa, Kabupaten Sumba Barat Daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena Tamo dalam tradisi masyarakat wewewa merupakan pemberian nama yang sama dengan nama leluhur anak tersebut menurut garis keturunan ayah, dan pemberian nama tamo tertentu pada anak melalui upacara adat dengan korban persembahan berupa hewan (ayam, babi) dan sebutir kelapa tua. Santan kelapa tersebut diteteskan pada mulut atau lidah anak yang akan dinami dengan tamo tertentu. Dalam pemberian nama tamo memilik makna tertentu, antara lain, nama sebagai identitas, menujukkan garis keturunan ayah (patriarka), makna religious atau doa, dan bermakna status social. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan uraian di atas adalah sebagai berikut: a) masyarakat penganut tradisi tamo dalam penamaan anak, terlebih generasi milenial, dapat memahami tradisi tamo tersebut dan mendalami secara lebih mendetail nama-nama tamo dalam rumpun keluarga sendiri; b) peneliti berharap agar peneliti lain bisa memberikan masukan untuk perbaikan tulisan ini dan meneliti aspek-aspek yang belum didalami oleh peneliti.
Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemimpin Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara Palti Imran Siregar; Ali Mukti Tanjung; Ali Musri
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.6205

Abstract

Pengaruh implementasi kebijakan pemimpin dalam kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara merupakan tolak ukur untuk mencapai tujuan yaitu menjadikan kantor di Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara sebagai lembaga yang memiliki standar kinerja yang bisa memuaskan masyarakat. Jumlah populasi sebanyak 49 orang pegawai. Jumlah sampel dari jumlah populasi yaitu sebanyak 49 orang.”. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan studi pustaka, dokumentasi, kuesioner dan wawancara. Tekhnik analisis data Analisis Regresi Linier Berganda, Uji-T (Parsial), Uji-F (Serempak), Uji Koefisien Determinasi R2. Hasil menunjukkan bahwa Pengaruh implementasi kebijakan pemimpin berpengaruh signifikan sebesar 0,826 atau 82,6% terhadap kinerja pegawai indikator meliputi Strategi yang jelas dan dikomunikasikan dengan baik, Kepedulian dengan anggota dan lingkungan. Merangsang anggota untuk meningkatkan kompetensi, Menjaga kekompakan, Perbedaan dan keyakinan, Kemampuan Motivasi, Kemampuan Komunikasih, menunjukkan pengaruh terhadap kinerja pegawai Pada di Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara, pengaruhnya dengan kategori sangat kuat.
Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Penilaian Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas Ahmad Damhuri; Ali Mukti Tanjung; Ali Musri
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.6213

Abstract

Penilaian Kinerja ASN bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan ASN yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karier. Penilaian dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi, dengan memperhatikan target, capaian, hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku ASN. Kepemimpinan yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik sebaliknya peranan kepemimpinan yang buruk dapat menimbulkan kinerja yang buruk bagi pegawai, terhadap suasana dan kondisi kerja sehingga menimbulkan ketidak maksimalan kerja. jumlah populasi sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu jumlah populasi sebanyak 30 orang pegawai sekaligus menjadi sampel karena kurang dari 100 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan studi pustaka, dokumentasi, kuesioner dan wawancara. Tekhnik analisis data Analisis Regresi Linier Berganda, Uji-T (Parsial), Uji-F (Serempak), Uji Koefisien Determinasi R2Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan pengolahan data diperoleh hasil bahwa lingkungan kerja berpengaruh terhadap penilaian kinerja pegawai Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas dengan kategori sangat kuat sebesar 90,6%.
Implementasi Multikultural Dalam Pembelajaran IPS Andi Dewi Riang Tati
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.6235

Abstract

This research aims to understand the reality of multicultural values ​​in today's young generation, analyze the influence of gadgets and the internet in the lives of school-aged children, and identify the need for multicultural education for students. Furthermore, this research uses a qualitative descriptive research method, where the author is required to be able to analyze a phenomenon or social event that is being observed. The research results show that many school children today are exposed to intolerant, discriminatory and even violent behavior. From this social media, various behaviors that deviate from the multicultural values ​​of the Indonesian nation are spread. Ideally, the implementation of multicultural education is expected to be able to act as a shield to prevent conflict due to differences in background. Implementation of multicultural education into social studies (Social Sciences) learning can be done through the following steps: Understanding multicultural concepts, curriculum alignment, use of multicultural-based teaching materials and resources, use of diverse learning approaches, formation of an inclusive learning environment, teacher training, Evaluation and Monitoring, Community Engagement
Mengenal Budaya Di Desa Rendu Ola Sebagai Potensi Wisata Berbasis Kearifan Lokal Debri Andries Amabi; Theodora Murni C. Tualaka
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 3 No. 6: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v3i6.6251

Abstract

Dalam perkembangan globalisasi, budaya lokal sering kali terdampak oleh homogenisasi nilai-nilai global yang tentunya akan mengancam identitas suatu masyarakat. Namun, salah satu desa di Nusa Tenggara Timur yaitu Desa Rendu Ola merupakan salah satu contoh desa tradisional yang mampu mempertahankan kearifan lokal yang dimiliki secara turun temurun hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sekaligus memperkenalkan potensi budaya dari Desa Rendu Ola tidak hanya sebagai pengetahuan dan pelestarian akan budaya di Indonesia, tetapi juga sebagai potensi daya tarik wisata berbasis kebudayaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif naratif dalam mengidentifikasi unsur-unsur kebudayaan lokal yang ada dan potensinya sebagai daya tarik wisata yang berlandasan kearifan lokal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap unsur kebudayaan yang ada di masyarakat adat Rendu Ola masih utuh dan berbasis lokalitas yang tercermin dari kepercayaan hingga peralatan yang masih tradisional. Penelitian ini berperan penting dalam menambah wawasan kebudayaan yang ada sebagai upaya pelestarian akan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Indonesia. Kebudayaan yang ada juga tentunya berpotensi sebagai potensi pengembangan pariwisata berbasis kearifan lokal.

Page 1 of 3 | Total Record : 23