cover
Contact Name
Muhamad Romadoni
Contact Email
muhamadromadoni@fkip.upr.ac.id
Phone
08982097334
Journal Mail Official
muhamadromadoni@fkip.upr.ac.id
Editorial Address
Kampus UPR Tunjung Nyaho Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya (73111), Kalimantan Tengah
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
ISSN : 2747044X     EISSN : 29877210     DOI : https://doi.org/10.37304
Tambuleng merupakan pusaran yang ada paka kepala manusia, setiap manusia memiliki pusar dikepala, tambuleng merupakan suatu filosofis pada diri manusia bahwa pusat merupakan simbol dari kehidupan manusia, dalam berpikir dan bertingkah laku, kehadiran tambuleng merupakan suatu bagian dimensi keseimbangan antara manusia, alam dan Tuhan, sehingga dalam sebuah konsep kehidupan sehari-hari masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah, meski menanamkan nilai-nilai keseimbangan, yang disimbolkan pada tambuleng. Kaitannya dengan jurnal ini, ialah bagaimana manusia selaku mahluk yang memiliki pikiran dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dalam lingkup seni dan budaya yang kemudian akan menjadi suatu ilmu pengetahuan. Dengan adanya jurnal ini dapat menjaga keseimbangan suatu ilmu dibidang seni budaya dan pendidikan seni menjadi suatu dimensi ilmu yang dapat memberi dampak pada dunia secara lokal, nasional, dan internasinal Jurnal Tambuleng sebagai jurnal pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, merupakan salah satu wadah untuk mengumpulkan dan melestarikan kekayaan kita yang tidak ternilai harganya. Baik berupa karya seni tradisi, penciptaan karya seni, pendidikan seni, pengelolaan seni, pengembangan pembelajaran seni, serta adat dan budaya. Jurnal ini kan menjadi suatu wadah informasi dan sumber pengetahuan dibidang seni dan budaya, dengan hadirnya jurnal ini juga dapat memicu individu atau kelompok untuk ikut terlibat dalam memberikan informasi dan berkarya melalui tulisan, kami selaku pengelola jurnal akan menghargai suatu konsep buah pikiran yang ditulis, dalam kesempatan ini kami akan memberikan bimbingan terhadap setiap penulis, dengan melibatkan para ahli dibidang seni dan pendidikan seni. Salam berkarya!
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik" : 7 Documents clear
Efektivitas Penggunaan Media Notasi Musik Digital Terhadap Hasil Pembelajaran Seni Budaya Di Smk Negeri 2 Palangka Raya Tahun 2024 Riantela, Sara; Permana, Kefas Satriya; Asi, Yuliati Eka
Tambuleng Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jt.v5i2.15418

Abstract

. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui perbedaan, apakah hasil belajar peserta didik yang menggunakan media notasi musik digital berupa software flat,io lebih bagus daripada yang tidak menggunakan media notasi musik digital dalam pembelajaran seni budaya pada matari notasi musik serta untuk mengetahui efektivitas pengunaan media notasi musik digital terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni budaya dalam materi notasi musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen, untuk mengetahui kemungkinan adanya sebab dan akibat. Penelitian ini menggunakan desain true experimental dengan post-test control design. Dimana, menggunakan dua kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen sebagai sampel yang dipilih secara random/acak. Hasil dari penelitian ini ialah hasil belajar peserta didik SMK Negeri 2 Palangka Raya yang menggunakan media notasi musik digital software flat.io lebih bagus daripada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media notasi musik digital software flat.io pada pembelajaran seni budaya dalam materi notasi musik. Kemudian, penggunaan media notasi musik digital berupa software flat.io efektif digunakan untuk dapat memperbaiki hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran seni budaya pada materi notasi musik, dapat dilihat dari nilai rata – rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata – rata kelas kontrol.
Penerapan Metode Drill Dalam Pelatihan Keyboard Pada Ekstrakurikuler Anak Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Palangka Raya Billy Dama, Mickael; Permana, Kefas Satriya
Tambuleng Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jt.v5i2.15419

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler seni musik di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Palangka Raya dan untuk mendeskripsikan pengaruh metode drill yang akan diterapkan pada pelatihan keyboard dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik di SLBN 1 Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, serta dengan data primer dan sekunder sebagai sumber data. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam proses penerapan metode drill pada esktrakurikuler pelatihan keyboard di SLBN 1 Palangka Raya pada anak penyandang tunanetra yaitu mereka dapat melakukan latihan fingering dan hearing dengan benar. Kemudian penerapan latihan keyboard menggunakan metode drill memiliki pengaruh atau dampak yang bagus terhadap motorik halus anak penyandang tunanetra dan juga dapat mengembangkan aspek kognitif anak penyandang tunanetra.
Peranan Lagu Syiir Abu Nawas Pada Jam Kepulangan Sekolah Di Sma Islam Al Azhar 14 Semarang Indrawan, Bagus
Tambuleng Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jt.v5i2.17376

Abstract

Jam kepulangan dapat digunakan tidak hanya sebagai waktu transisi, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperkuat pembentukan karakter peserta didik. Pengelolaan suasana pada saat jam kepulangan sekolah dapat melalui pemutaran lagu dengan nuansa yang tenang. SMA Islam Al Azhar 14 Semarang memutarkan Lagu Syiir Abu Nawas pada saat jam kepulangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan Lagu Syiir Abu Nawas pada jam kepulangan sekolah di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Adapun pertanyaan penelitian ini yaitu bagaimanakah peranan Lagu Syiir Abu Nawas pada jam kepulangan sekolah di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang? Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan pertanyaan terbuka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga jalur kegiatan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lagu Syiir Abu Nawas yang diputar pada jam kepulangan sekolah di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang memiki peranan dari segi psikologis, moral, dan sosial. Dari segi psikologis, Lagu Syiir Abu Nawas memberikan ketenangan dan kedamaian. Dari segi moral Lagu Syiir Abu Nawas memberikan pengajaran tentang kerendahan hati dan keimanan. Dari segi sosial, Lagu Syiir Abu Nawas dapat membantu peserta didik dalam pengendalian diri dan interaksi yang lebih positif.
Penciptaan Karya Seni Pertunjukan Teater Objek Ramah Anak Sebagai Media Edukasi Oleh Komunitas Borneo Art Play Di Kota Palangka Raya Henitha, Mishelly; Asi, Yuliati Eka; Mayangsari, Marrisa Aulia
Tambuleng Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jt.v5i2.17616

Abstract

Teater objek dalam dunia seni pertunjukan lebih dikenal dengan istilah teater boneka. Namun, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang teater objek berdampak pada minimnya minat mereka terhadap jenis teater ini, baik sebagai penonton maupun pelaku. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi proses penciptaan pertunjukan teater objek ramah anak oleh Komunitas Borneo Art Play di Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan objek sebagai medium utama dalam teater menciptakan interaksi yang menarik dan mudah dipahami penonton terkhususnya oleh anak-anak. Selain itu, pertunjukan ini berhasil menyampaikan nilai-nilai pendidikan, seperti kearifan lokal, pelestarian alam, dan kepedulian lingkungan, dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai peran seni pertunjukan dalam pendidikan anak, serta menyoroti pentingnya pengembangan kreativitas dalam komunitas seni lokal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penggiat seni dan pendidik dalam menciptakan program-program edukatif yang efektif dan menarik bagi anak-anak.
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 1 Kapuas Hulu Tahun Ajaran 2024/2025 Anjayani, Monika
Tambuleng Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jt.v5i2.17789

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Kapuas Hulu. Faktor-faktor yang diteliti meliputi faktor internal, seperti jasmaniah dan psikologis, serta faktor eksternal, seperti sekolah dan keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara,serta penyebaran lembar peryataan kepada 25 siswa yang dipilih secara acak dari kelas XI. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor dari hobi siswa memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa, serta metode pengajaran juga berkontribusi dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menyarankan agar pihak sekolah seperti guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran untuk memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Seni Budaya.
Perkembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Seni Budaya Siswa Kelas XI SMAN 1 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Tahun Ajaran 2024/2025 Hizkia, Uria Septiani; Asi, Yuliati Eka; Romadoni, Muhamad
Tambuleng Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jt.v5i2.17800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan karakter siswa melalui pembelajaran Seni Budaya pada siswa kelas XI SMAN 1 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, sehingga memaparkan secara lengkap masalah yang diteliti sesuai dengan data lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, studi dokumen, dan perekaman. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan karakter siswa melalui pembelajaran seni budaya siswa kelas XI SMAN 1 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan dirasa belum optimal. Jika ditinjau dari beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan karakter siswa terdapat dua faktor pendukung, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor jasmaniah, sedangkan faktor eksternal meliputi kepala sekolah, guru seni budaya,keluarga, lingkungan sosial dan teman sebaya, media dan teknologi, budaya dan masyarakat.
Keterkaitan Seni Tari dan Seni Musik dalam Tari Jaipong Keser Bojong wijayanto, wasis; Zumala, Arina Shofia; Aryani, Dias Syifa
Tambuleng Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jt.v5i2.19469

Abstract

Tari Jaipong, seni tari khas Jawa Barat yang diciptakan oleh Gugum Gumbira Trisonjaya, merupakan wujud ekspresi budaya Sunda yang memadukan gerakan tari dinamis dengan iringan musik tradisional gamelan. Salah satu variasinya, Jaipong Keser Bojong, menonjolkan interaksi erat antara penari dan pemusik. Musik pengiring tidak hanya menjadi latar suara, tetapi juga elemen penting yang membangun narasi dan atmosfer pertunjukan. Ragam gerak yang kaya dan variatif pada tarian ini mencerminkan dinamika sosial dan semangat budaya Sunda, sekaligus menjadi sarana untuk mempererat hubungan masyarakat dalam berbagai acara tardisional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui analisis video pertunjukan, wawancara mendalam, dan studi literatur. Tujuan penelitian ini mengkaji keterkaitan antara seni tari dan seni musik dalam Tari Jaipong Keser Bojong sebagai sebuah kesatuan membangun harmoni estetika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterpaduan antara seni tari dan seni musik dalan Jaipong Keser Bojong menciptakan pertunjukan yang estetik dan autentik, menjadikannya warisan budaya yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman tanpa kehilangan nilai tradisionalnya. Kesimpulannya, keterkaitan antara seni tari dan musik pada Tari Jaipong Keser Bojong mencerminkan kekuatan tradisi yang tetap relevan dan berkembang di era modern.

Page 1 of 1 | Total Record : 7