cover
Contact Name
indah mayang purnama
Contact Email
himpunan.jim@gmail.com
Phone
(021) 7818718
Journal Mail Official
himpunan.jim@gmail.com
Editorial Address
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Jakarta, 12530, Indonesia. | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, Daerah Khusus Jakarta, 13760, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN : 27982750     EISSN : 27975711     DOI : -
Core Subject : Education,
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika received articles on studies (but not limited) of: 1. Quantitative, Qualitative Research, and Meta-analysis on Mathematics Education; 2. Methods and Model on Learning of Mathematics; 3. Applied Mathematics on Economics and Sciences; 4. Developing of Media, Technology and Learning Design; 5. Etnomathematics.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika" : 10 Documents clear
Implementasi etnomatematika dalam pengembangan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Mursabdo, Wisnu; Widajat, Soelistio
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Etnomatematika menjadi sebuah pendekatan baru dalam mengembangkan matematika di sekolah.  Pendekatan budaya dirasa mampu mendekatkan matematika kepada siswa.  Budaya bermain adalah budaya yang lekat dengan siswa. Budaya dan belajar pada hakikatnya adalah sesuatu yang tidak terpisahkan, budaya adalah implementasi dari proses belajar.  Etnomatematika juga dapat dikembangkan dalam dunia STEAM (science, technology, engineering, art, mathematics). Permainan anak yang dikombinasikan dalam matematika membuat anak enjoy dan secara tidak sadar belajar matematika manakala diminta menghitung luas atau volume bentuk sebuah mainan. Sentuhan seni dalam bidang permainan menjadikan arti matematika lebih berwarna, lebih mengena, dan lebih membumi.  Pendekatan budaya membuat matematika bukan hanya ilmu teori semata, namun ada implikasinya di bidang lain. Matematika tidak boleh hanya disajikan dalam kertas, tetapi matematika harus disajikan dalam sebuah bentuk yang bermakna.
Analisis literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada konten aljabar Gilang Fauzi, Farhan; Khoirunnisa, Khoirunnisa; Melyana, Febby; Rahmawati, Dewi; Yasmin, Shofuro; Nurrahmah, Arfatin
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur. Partisipan dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Petri Jaya yang berjumlah 24 siswa.  Pada penelitin ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan yaitu hasil tes tertulis siswa dengan enam butir soal uraian materi aljabar, wawancara, dan analisis dokumen. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan untuk teknis analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Petri Jaya tergolong rendah. Hal ini diperoleh dari rekapitulasi literasi numerasi subjek dan hasil wawancara tiga subjek yang mewakili tingkat literasi numerasi. faktor rendahnya tingkat literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Petri Jaya yaitu: (1) Siswa tidak menyukai soal cerita yang panjang; (2) Siswa belum memahami materi prasyarat; dan (3) Siswa kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian.
Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis budaya bagi siswa kelas VIII SMP semester 1 Nuthqi, Prismawinda Anniva; Nurfitriyanti, Maya
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis budaya bagi siswa kelas VIII SMP Semester 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahap sistematis yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil berdasarkan penelitian dan pembahasan secara singkat dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis budaya dalam bentuk ICT ini memiliki kriteria baik dengan perolehan presentase dari ahli desain sebesar 80%, ahli materi sebesar 91%, ahli media sebesar 65% dan penilaian guru sebesar 96%. Sehingga tingkat validasi media pembelajaran matematika berbasis budaya dalam bentuk ICT ini diinterprestasikan baik untuk direalisasikan pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Semester 1.
Eksplorasi etnomatematika terhadap konsep geometri pada struktur bangunan rumah joglo semar tinandhu Nurkhafifah, Siti; Pailokol, Nilam Sari; Megawanti, Priarti
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia has a variety of cultures, one of which is traditional houses. Traditional house architecture not only has a spiritual meaning but also contains educational values, namely those related to mathematics, namely ethnomathematics. The purpose of this study was to examine and describe the ethnomathematical exploration of geometric concepts in the structure of the Joglo Semar Tinandhu house. The method used in this research is the method of studying literature from previous journals and articles. The results of the study describe that there is a geometric concept in the Joglo Semar Tinandhu traditional house consisting of (1) flat shapes, namely square, rectangular, triangle, trapezoidal, rhombus. (2) construct space, namely cubes, blocks, pyramids, and prisms. (3) the concept of congruence and congruence as well as geometric transformation that can be used as an approach to students regarding the concept of geometry.Key Words:Ethnomathematics, Geometric Concepts, Joglo Semar Tinandhu House
Eksplorasi etnomatematika ditinjau dari nilai Matematika pada motif batik Banten Zahroh, Hanifah Rifda; Purnama, Kisti Aprianti; Asalauqi, M. Fariz; Faridayanti, Iva; Kusuma, Jaka Wijaya
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Etnomatematika adalah studi tentang bagaimana matematika berkembang dan terkait dengan budaya masyarakat, seperti artefak dan budaya. Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Mengenal berbagai jenis batik, seperti jenis batik yang ada di Banten, merupakan salah satu pendekatan untuk melestarikan warisan budaya batik kita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai filosofis dan praktis dari konsep matematika berdasarkan etnomatematika pada batik Banten. Metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi digunakan dalam penelitian ini untuk menunjukkan nilai-nilai filosofis dan matematis seperti konsep simetri, keserasian, keselarasan, dan transformasi geometri. 
Model pembelajaran yang mendukung kemampuan representasi Matematis di masa pandemi covid-19 Pratiwi, Dita Ardiyanti; Rifalianti, Resida
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan representasi adalah salah satu kemampuan dasar matematika yang wajib di miliki peserta didik. Representasi merupakan bentuk interpretasi pemikiran peserta didik terhadap suatu masalah yang dipakai sebagai alat bantu untuk menemukan solusi menurut masalah tersebut. Salah satu langkah agar peserta didik sanggup memaksimalkan kemampuan representasi matematis dengan kondisi saat ini yaitu pendidik dan peserta didik dapat memilih model pembelajaran yang tepat. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan beberapa kontribusi bagi peningkatan mutu kemampuan representasi matematis dalam menentukan model pembelajaran yang tepat selama pandemi dengan mengumpulkan informasi, mencari referensi hasil-hasil penelitian mengenai pembelajaran selama pandemi dari jurnal atau internet. Dalam artikel kajian pustaka ini kami menemukan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran daring secara signifikan lebih baik daripada kemampuan representasi matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran yang lainnya di masa pandemic covid-19.
Etnomatematika: nilai filosofis dan konsep Matematika pada motif batik Banten Safira, Feny; Prabawati, Anggun Tri; Fatimah, Fatimah; Safiri, Anisa Dwi; Kusuma, Jaka Wijaya
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Budaya yang berkembang dilingkungan masyarakat tanpa disadari memiliki konsep matematika didalamnya. Konsep matematika yang tercantum di dalam budaya ini disebut etnomatematika. Etnomatematika merupakan jembatan antara budaya, matematika, dan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep-konsep etnomatematika pada batik Banten. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrument, peneliti berhubungan langsung dengan penelitian dan berperan sebagai pengumpul data melalui pengumpulan data pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil dari penelitian ini berupa aktivitas dasar matematika yang dilakukan saat pembuatan batik dan konsep matematika yang terkandung pada batik banten seperti translasi,refleksi,dan rotasi. Motif batik yang memiliki konsep matematika diintegrasikan ke dalam permasalahan materi matematika sehingga dapat menjadi sumber belajar yang baru.
Simple entry base: pembukuan matematis wirausaha untuk pembelajaran Matematika secara kontekstual Chair, Rachma Tia; Sudrajat, Agus; Herianto, Heru; Nisa, Dwi Hanifatun
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan aplikasi Simple Entry Base. Penelitian pengembangan ini bertempat di Mebel Kamper Indah yang lokasinya terletak di daerah Cipadu, Larangan, Tangerang, Provinsi Banten. Penelitian research and development ini melalui tahapan Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi berbasis website berhasil dikembangkan dengan baik. Kemudian, melalui hasil wawancara dengan mebel kamper indah yang dilakukan di tempat penelitian, website dapat digunakan dengan mudah. Dapat disimpulkan bahwa simple entry base mampu membantu wirausaha untuk memudahkan tahap pembukuan laporan keuangan dengan cepat dan efektif.
Etnomatematika batik khas Banten, nilai filosofis dan materi Transformasi Geometri bagi siswa SMA Firdaussa, Tasya Shiffa; Nurasih, Nining; Anita, Anita; Purwaningsih, Zeny; Nisa, Khoirotun; Kusuma, Jaka Wijaya
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Etnomatematika merupakan matematika dalam perspektif budaya. Bermacam-macam suku yang tinggal di Banten menghasilkan budaya Banten semakin iberagam, salah satunya batik Banten. Batik Banten adalah salah satu batik yang sudah diakui secara internasional oleh UNESCO. Motif Banten memiliki dua belas (12) motif yang diberi hak paten. Batik Banten memiliki ciri khas warna yang iceria dengan menggunakan gabungan warna muda (pastel) yangi memberi kesan ilembut, yang mana digunakan untuk menggambarkan karakteristik masyarakat Banten iyang berekspresif serta hati iyang lembut. Penelitianiini menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan kebudayaan (etnografi). Hasil dari penelitian yang sudah kamiiamati ini yaitu kajian nilai-nilai filosofis yang tertera pada beberapa batik Banten. Selain itu terdapat nilai-nilai matematis pada motif batik dan konsep matamatis, seperti transformasi geometrii dan bangun datar yang diantaranya belah ketupat, lingkaran, dan persegi. 
Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika Putri, Azizah; Iswara, Anggita Desi; Hakim, Arif Rahman
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini merupakan hasil literature review perihal kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika. Artikel ditulis dengan tujuan memberikan pemahaman secara komprehensif tentang kemampuan pemecahan masalah matematis sekaligus memaparkan berbagai alternatif cara dalam hal membangun kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari penulisan artikel ini berupa uraian definisi pemecahan masalah matematis, uraian indikator pemecahan masalah matematis, dan uraian upaya menumbuhkkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada diri peserta didik. Dengan hasil tersebut, diperoleh ujung yang tajam bagaimana caranya guru dapat menanamkan sekaligus membangun kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik di setiap rangkaian pembelajaran matematika. Melalui artikel ini, dapat disimpulkan bahwa guru dalam pembelajaran matematika harus dapat melaksanakan berbagai aktivitas pembelajaran yang secara spesifik dapat menstimulasi peserta didik dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 10