cover
Contact Name
Muhamad Rudi Wijaya
Contact Email
rudiwijaya68@gmail.com
Phone
+6282175218558
Journal Mail Official
rudiwijaya68@gmail.com
Editorial Address
Dusun Rejo Agung Desa Rejo Agung Kecamatan Batanghari, Kab. Lampung Timur, Provinsi Lampung, 34181
Location
Kab. lampung timur,
Lampung
INDONESIA
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Published by CV Najah Bestari
ISSN : 29649633     EISSN : 2964965X     DOI : -
Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif dari filsafat pendidikan Islam, studi banding pendidikan Islam, kurikulum, proses belajar mengajar dalam pendidikan Islam, evaluasi, pendidikan Islam, dan pendidikan khusus yang relevan dengan isu-isu pendidikan Islam.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 5: September 2023" : 9 Documents clear
Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Mojokerto iftitah
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 5: September 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In Indonesia, in the period of 10 to 15 years there is a learning crisis. In 2020, education in Indonesia was exacerbated again by the Covid-19 virus pandemic, until finally education in Indonesia declined and caused lagging behind in the learning process. In line with this, the Ministry of Education, Culture, Research and Technology, has launched an independent curriculum. The purpose of this study is to find out the independent curriculum material used in the Arabic learning process in grade 10 Madrasah Aliyah Negeri 2 Mojokerto and how the Arabic learning process is based on the independent curriculum. The method used in this study is the qualitative description method. The subjects of this study were class X Arabic teachers, and class X students of Madrasah Aliyah Negeri 2 Mojokerto. Data collection techniques in this study are observation, interviews and documentation. While the technical data analysis is by collecting data, presenting data, and verifying data. The result of this study is that the material contains 4 skills and qowaid, while the implementation is ice breaking, depositing mufrodat every time face-to-face, cooperative learning model, learning reflection and advice and motivation, project-based assignments. Based on the results of the research, it can be stated that the material and process of learning Arabic is based on an independent curriculum. Keywords: Arabic Language Learning, Independent Learning Curriculum, Learning Outcomes.
Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Se Kecamatan Pacet Mojokerto Susanti
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 5: September 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompensasi merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan loyalitas guru, oleh karena itu pemberian kompensasi harus lebih di perhatikan. Kepuasan kerja dapat meningkatkan sikap loyalitas seorang guru jika apa yang diharapkan sesuai dengan apa yang diterima dari Madrasah. Sikap loyalitas merupakan salah satu sikap yang harus dimilkin oleh seorang guru, dengan adanya guru yang loyal akan mempermudah sebuah Madrasah dalam mencapai tujuan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompensai dan kepuasan kerja terhadap loyalitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Sampel pada penelitian ini sebanyak 59 responden dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik proportionate random sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi dimana semua anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel sesuai dengan proporsinya. Pengumpulan data di lakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dan diuji dengan menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan variabel kompensasi (X1) tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas guru (Y1), hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis uji t dimana thitung < ttabel (0,230 < 2,003) serta taraf signifikan yang lebih dari 0,05 ( 0,819>0,05), variabel kepuasan kerja (X2) memiliki pengaruh terhadap loyalitas (Y1), hal ini dapat dilihat pada pengujian hipotesis uji t dimana thitung > ttabel (6,997 > 2,003) serta taraf signifikan yang kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), variabel kompensasi (X1) dan kepuasan kerja (X2) terhadap loyalitas (Y1) memiliki pengaruh secara simultan terhadap loyalitas (Y1), hal ini dapat dilihat berdasarkan uji F yaitu Fhitung > Ftabel ( 26,842 > 3,159) serta taraf signifikan yang kurang dari 0,05 ( 0,000 < 0,05).
Efektivitas Media Permainan Tebak Gambar Berantai Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Pada Kelas XI IPA 1 di MA Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto Imay Siti Rosmayanti
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 5: September 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan media permainan Tebak Gambar Berantai dalam pembelajaran maharah kalam. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One-Group Pretest-posttest. Sampel penelitian dipilih secara purposive dan terdiri dari siswa kelas sebelas IPA 1 di Pacet-Mojokerto. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata skor 67,85, kemudian dilakukan perlakuan dengan metode permainan Tebak Gambar Berantai selama tiga kali pertemuan. Hasil post-test menunjukkan rata-rata skor 90,59. Berdasarkan analisis, media permainan Tebak Gambar Berantai terbukti sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Analisis statistik menunjukkan bahwa data tersebut normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan bahwa media permainan ini efektif dengan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,004, sehingga Hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE MEMBACA MENULIS PEMULA (MMP) DALAM MENINGKATKAN MAHAROH QIRO’AH DAN MAHAROH KHITABAH DI MTS AMANATUL QUR’AN PACET MOJOKERTO Fitri Wulandari
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 5: September 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah dengan metode membaca menulis pemula (MMP). Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai keefektifitas pembelajaran bahasa arab dengan metode membaca menulis pemula untuk meningkatkan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Amanatul Qur’an. sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 21 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji T satu sampel. Dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung > t tabel, dimana maharoh qiro’ah sebesar t hitung = 1,9085 > t tabel = 1,721. Sedangkan hasil uji T maharoh khitabah sebesar t hitung = 2,0224 > t tabel = 1,721. Dengan ini disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung ≥ t tabelnya, maka hipotesis dapat diterima yang berarti pembelajaran bahasa Arab dengan metode membaca menulis pemula efektif dalam meningkatkan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah di Madrasa tsanawiyah Amanatul Qur’an.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus Siswa Kelas X-XI SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor) Anita; Yudi Surono; Alek Maulana
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 5: September 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana metode qiroati pembelajaran Ilmu Tajwid di SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor dalam pemahaman siswa terhadap kemampuan membaca al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat pada Sekolah Menengah Kejuruan Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor. Jenis data dalam yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada populasi dan sample dengan objek data/penelitian siswa/i SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1) Responden, yaitu siswa kelas X dan XI sejumlah 48 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian. 2) Informan, yaitu pihak-pihak yang dapat memberikan informasi mengenai masalah yang sedang diteliti, seperti guru bidang studi al-Qur’an, kepala sekolah dan staf tata usaha. Teknik Pengumpulan Data dengan menggunakan angket, tes lisan, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan cara deskriptif kualitatif. Kemudian dalam mengambil kesimpulan penulis menggunakan teknik Induktif, yaitu menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus ke hal-hal yang umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siswa SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogorcukup mampu membaca al-Qur’an dengan menggunakan tajwid hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya; 1) Kemampuan siswa dalam mengikuti pelajaran al-Qur’an dengan baik, meskipun mereka sebagian besar berlatar belakang pendidikan SMP. 2) Kemampuan serta keahlian guru cukup mendukung. 3) Sarana dan fasilitas belajar cukup menunjang. 4. Lingkungan keluarga dan masyarakat yang cukup mendukung
INTEGRASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM STUDI ISLAM : MENUJU KEUNGGULAN AKADEMIS A.HABIB; MUSLIHUN; SAIRUL BASRI; MA’RUP
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 5: September 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi integrasi keterampilan berpikir kritis dalam konteks studi Islam sebagai upaya untuk mencapai keunggulan akademis. Keterampilan berpikir kritis dianggap penting dalam mengembangkan kemampuan analitis, evaluatif, dan reflektif peserta didik dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep studi Islam. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menyelidiki efektivitas pengintegrasian keterampilan berpikir kritis dalam kurikulum studi Islam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep kompleks dalam studi Islam, merangsang kreativitas berpikir, dan memberikan landasan yang kuat untuk kemajuan akademis. Selain itu, penelitian ini menyoroti perlunya pelatihan dan dukungan bagi pendidik untuk berhasil menerapkan strategi pengajaran yang mempromosikan keterampilan berpikir kritis. Integrasi keterampilan berpikir kritis dalam konteks studi Islam diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan kompleks di era kontemporer. Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan kontribusi untuk pengembangan pendidikan Islam yang tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga melibatkan pengembangan kemampuan berpikir kritis, sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendorong keunggulan akademis dalam studi Islam.
PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL PUTRI OKTAVIA; KHUSNUL KHOTIMAH
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 5: September 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Agama Islam sebagai bagian integral dari sistem pendidikan mengalami transformasi signifikan seiring dengan perkembangan teknologi di era digital. Pengembangan metode pembelajaran menjadi krusial untuk memastikan bahwa peserta didik dapat mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam dengan konteks kehidupan digital mereka. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan metode pembelajaran inovatif dalam pendidikan agama Islam di era digital. Melalui pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif, kami melakukan analisis terhadap perubahan perilaku dan kebutuhan belajar peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis teknologi, seperti penggunaan aplikasi mobile, platform daring, dan multimedia interaktif, dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya integrasi nilai-nilai etika dan moral Islam dalam desain pembelajaran digital. Dengan memadukan aspek keislaman dengan teknologi, metode pembelajaran ini tidak hanya memberikan pemahaman yang mendalam tentang agama Islam, tetapi juga mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan etika di era digital. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran pendidikan agama Islam. Dengan demikian, pendidikan agama Islam di era digital dapat menjadi wahana efektif untuk membentuk generasi yang tidak hanya kompeten secara teknologi, tetapi juga memiliki landasan moral yang kokoh sesuai dengan ajaran agama Islam.
Urgensi Pendidikan Karakter Sejak Dini Dalam Dunia Pendidikan Asmadewi
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 5: September 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya terencana dalam membantu seseorang untuk memahami, peduli, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai etika/prinsip moral yang dianut. Tulisan ini berupaya mengulas pendidikan karakter yang saat ini menjadi isu utama pendidikan nasional. Beberapa permasalahan penting yang dikaji dalam tulisan ini adalah tentang pengertian karakter dan pendidikan karakter, alasan mengapa pendidikan karakter penting dikembangkan, landasan dan sumber pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang perlu dikembangkan baik berupa nilai-nilai universal. dan nilai-nilai yang digali khas bangsa yaitu nilai agama, Pancasila, budaya bangsa dan tujuan pendidikan nasional. Tulisan ini juga menjelaskan implementasi strategi pendidikan karakter perlu dilakukan secara sistematis, holistik, dan berkelanjutan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat luas.
Strategi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Islami Siswa Ami Latifah
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 5: September 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi manajemen pendidikan Islam berbasis kearifan lokal dalam membangun karakter Islami siswa di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, siswa, dan orang tua, serta observasi langsung terhadap aktivitas pembelajaran dan kegiatan kesiswaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen yang mengintegrasikan kearifan lokal, seperti nilai-nilai gotong royong, kebersamaan, dan penghormatan terhadap budaya setempat, efektif dalam memperkuat karakter Islami siswa. Implementasi kurikulum yang mengadopsi kearifan lokal, partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan pendidikan, serta peran guru sebagai model teladan, terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan penghayatan siswa terhadap nilai-nilai Islami. Selain itu, dukungan dari keluarga dan komunitas juga memainkan peran penting dalam keberhasilan strategi ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengintegrasian kearifan lokal dalam manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin dapat secara signifikan berkontribusi pada pembentukan karakter Islami siswa yang kokoh dan berbudi pekerti luhur.

Page 1 of 1 | Total Record : 9