cover
Contact Name
Muhamad Rudi Wijaya
Contact Email
rudiwijaya68@gmail.com
Phone
+6282175218558
Journal Mail Official
rudiwijaya68@gmail.com
Editorial Address
Dusun Rejo Agung Desa Rejo Agung Kecamatan Batanghari, Kab. Lampung Timur, Provinsi Lampung, 34181
Location
Kab. lampung timur,
Lampung
INDONESIA
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Published by CV Najah Bestari
ISSN : 29649633     EISSN : 2964965X     DOI : -
Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif dari filsafat pendidikan Islam, studi banding pendidikan Islam, kurikulum, proses belajar mengajar dalam pendidikan Islam, evaluasi, pendidikan Islam, dan pendidikan khusus yang relevan dengan isu-isu pendidikan Islam.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2: Maret 2024" : 9 Documents clear
PERAN ORANG TUA DAN GURU DI DALAM MENDISIPLINKAN IBADAH SALAT UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi di SMP Negeri 9 Metro) Heri Kristianto; Muhammad Yusuf; Jaenulloh
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 3 No. 2: Maret 2024
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran orang tua dan guru dalam membina ketaatn ibadah sholat peserta didik di SMPN 9 Metro, tentu perlu diketahui bahwasanya peran merupakan sebuah pembelajarn yang dilakuakn oleh orang tua dan guru terhadap murid dan anakanya, supaya anak tersebut mau menunaikan ibadah sholat, selain itu juga banyak siswa yang memiliki itikat yang baik tidak hanya meluakan ibadh sholat namun juga melakanakan kewajibanya sebagai pelajar yakni menuntut ilmu kemudian membantu antar sesama, membantu orang tua dan tentuny selalu menjalakan printah yang diinginkan oleh guru dan juga orang tua. Kemudian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait. Responden penelitian meliputi orang tua Peserta didik dan guru PAI di sekolah tersebut, seta dokumen- dokumen tentang hal-hal yang berkaitan dengan sekolahan, kegiatan serta data-data yang dibutuhkan guna sebagai dasar penelitian. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa kerjasama antara orang tua dan guru PAI sangat penting dalam membuat lingkungan yang mendukung kebiasaan sholat yang baik pada siswa. Hal-hal seperti komunikasi yang baik, konsistensi, dan dukungan timbal balik antara kedua belah pihak berkontribusi pada peningkatan ketaatan ibadah sholat siswa.Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana peran orang tua dan guru PAI dapat memengaruhi ketaatan ibadah sholat siswa di SMPN 9 Meteo. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan program dan kebijakan pendidikan agama yang lebih efektif untuk membina spiritualitas siswa di sekolah menengah.)
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI SMP KARTIKATAMA METRO Agus Susetyo; Jaenullah; Muhammad Syaifulloh
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 3 No. 2: Maret 2024
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelajaran agama islam di sekolah memainkan peran penting dalam memberikan nilai nilai agama kepada siswa dan meningkatkan akhlak mereka. Tujuan pendidikan agama islam adalah untuk membuat siswa religius, disiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, jujur, peduli terhadap lingkungan, dan peduli terhadap sesama. Menurut survei yang dilakukan oleh peneliti di SMP Kartikatama Metro, Banyak siswa yang dalam pembentukan karakter bagus dan baik kemudian ternyata guru agama islam tidak hanya mengajarkan agama secara resmi di kelas, tetapi juga mengadakan kegiatan yang membantu menumbuhkan akhlak, seperti membaca Al-Qur'an sebelum belajar, sholat dhuha, sholat berjamaah zuhur, hafalan surat pendek. Penelitian kualitatif ini menggunakan guru PAI, kepala sekolah, guru, dan siswa untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan agama islam dalam pembentukan akhlak siswa di SMP Kartikatama Metro dan untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaannya. Untuk mengumpulkan data, wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi digunakan. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa metode penyebaran efektif dan mudah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan implementasi pendidikan agama islam dalam pembentukan akhlak siswa yaitu melalui kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru PAI, dan juga kegiatan lainnya. Namun dalam kegiatan tersebut terdapat faktor pendukung penghambat, faktor pendukung seperti terdapat sarana dan prasarana yang mendukung yang mudah untuk dijangkau guru dalam mengimplementasikan pendidikan agama islam, adanya kerjasama antara siswa dan guru, sedangkan faktor penghambatnya yaitu terbatasnya waktu, kurangnya kesadaran siswa, kesulitan guru dalam menasihati siswa diluar jam pelajaran, guru terlalu sering membebankan tugas kepada siswa
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI PANGGIH MANTEN PADA UPACARA PERNIKAHAN ADAT JAWA (Studi Kasus Desa Tulung Itik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah) Erlin Wulandari; Jaenullah; Muhammad Saidun Anwar
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 3 No. 2: Maret 2024
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Panggih Manten traditional ceremony is a local culture that is still preserved and maintained to this day, this is because it is a form of cultural acculturation. The aim of this research is to describe the value of religious education in the Panggih Manten tradition, describe the value of moral education in the Panggih Manten tradition, describe the value of worship education in the Panggih Manten tradition. This research uses a qualitative field research method with a phenomenological approach. The data collection technique uses observation, interviews and documentation. Inductive data analysis includes data reduction, data presentation, verification (conclusion). From the research results, it has been found (1) the value of aqidah education in the mijil, tanem jero, and balangan gantal (believing in the destiny of Allah SWT) processions. (2) the value of moral education, the procession of wiji dadi (responsibility, respect and loyalty towards one's partner), sinduran (filial piety towards parents, sincerity, courage), dulangan (love and respect for one's partner), sungkeman (respect and devotion to others old), (3) the educational value of worship includes the process of kacar kacur (responsibility), dulangan (serving one's partner, providing for one's life), sungkeman (devotion to one's parents).
AKTUALISASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN RELIGIUS MELALUI KEGIATAN ROTIB AL- ATTOS ( Studi di Pondok Pesantren Al- Huda Tulung Balak Kabupaten Lampung Timur) Fahrur rozi Fahrur; Jaenullah; Habib Sulton
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 3 No. 2: Maret 2024
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aktualisasi nilai-nilai Pendidikan Religius melalui kegiatan Rotib Al-Attos merupakan aspek penting dalam pendidikan agama Islam di berbagai Pondok Pesantren. Kegiatan ini menjadi sarana utama dalam membentuk karakter, moralitas, dan kesadaran spiritual para santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak aktualisasi nilai-nilai Pendidikan Religius melalui kegiatan Rotib Al-Attos terhadap perkembangan pribadi dan spiritual para peserta didik di Pondok Pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis konten terhadap dokumen terkait kegiatan Rotib Al-Attos. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Rotib Al-Attos memiliki dampak yang signifikan dalam pembentukan karakter Islami, peningkatan kesadaran spiritual, dan pengembangan kepribadian yang bermoral bagi para santri. Dengan melalui Rotib Al-Attos, para peserta didik tidak hanya memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap ajaran agama Islam, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika yang terkandung dalam praktik ibadah tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat ikatan sosial antarsantri dan membangun komunitas yang berbasis nilai-nilai agama. Dengan demikian, Rotib Al-Attos tidak hanya merupakan aktivitas keagamaan semata, tetapi juga merupakan instrumen efektif dalam mengembangkan pribadi yang berkualitas dan beretika bagi generasi Islam masa depan.
Memaknai Negara, Agama, dan Ideologi Politik dalam Kajian Fiqih Kontemporer Yudi Surono, Lc., MHI; Anita, M.Ag; Dr. Diana, M.Pd.I
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 3 No. 2: Maret 2024
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article discusses the meaning of the relationship between state, religion and political ideology in contemporary jurisprudence studies. By paying attention to evolving socio-political dynamics, this article explores the role and interaction of these three entities in the context of modern Muslim society. This research uses a qualitative approach with a library research method. The research design used is descriptive-analytical. The data sources in this research consist of two types, namely 1) Primary Data: Even though this research is library research, the primary data is in the form of writings. from contemporary fiqh scholars, relevant official state documents, and fatwas related to the research theme will be used. 2) Secondary Data: Secondary data includes books, journal articles, research reports, and other academic sources that have discussed related topics. Using a fiqh approach, this article analyzes how fiqh concepts influence views on the role of the state, the role of religion in politics, and the implementation of political ideology in government. Through a critical review of contemporary literature and discourse, this article aims to provide in-depth insight into how understanding of this relationship is developing in the context of changing times
TRANSFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL Ami Latifah
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 3 No. 2: Maret 2024
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi transformasi manajemen pendidikan Islam di era digital, dengan fokus pada strategi yang diimplementasikan dan tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam. Era digital membawa perubahan signifikan dalam pengelolaan pendidikan, di mana teknologi informasi dan komunikasi menjadi pilar utama dalam mendukung proses belajar mengajar dan administrasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada beberapa lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang telah mengadopsi teknologi digital dalam manajemennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi manajemen pendidikan Islam di era digital melibatkan berbagai strategi inovatif, seperti penerapan sistem manajemen pembelajaran berbasis daring (e-learning), digitalisasi kurikulum, dan pengembangan kompetensi digital bagi tenaga pendidik. Namun, tantangan yang dihadapi juga tidak kalah besar, termasuk keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya literasi digital di kalangan pendidik dan peserta didik, serta resistensi terhadap perubahan dari sebagian stakeholder pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan transformasi manajemen pendidikan Islam di era digital sangat bergantung pada kesediaan lembaga untuk beradaptasi dan berinovasi, serta dukungan yang memadai dari pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi berbagai tantangan yang muncul. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan bagi pengambil kebijakan pendidikan Islam dalam merumuskan strategi yang lebih efektif untuk menghadapi dinamika perubahan di era digital.
MODEL MANAJEMEN KUALITAS TERPADU DALAM PENINGKATAN STANDAR AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI ISLAM Rita Linda
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 3 No. 2: Maret 2024
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model Manajemen Kualitas Terpadu (Total Quality Management, TQM) dalam meningkatkan standar akademik di perguruan tinggi Islam. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengkaji proses implementasi TQM di beberapa perguruan tinggi Islam di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM telah berhasil meningkatkan kualitas proses akademik, termasuk pengembangan kurikulum berbasis kualitas, peningkatan kompetensi dosen, dan sistem penilaian yang lebih transparan dan adil. Selain itu, kepuasan mahasiswa, dosen, dan staf administrasi juga meningkat secara signifikan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi TQM, seperti resistensi terhadap perubahan, keterbatasan sumber daya, dan perluasan implementasi yang belum merata. Kesimpulannya, penerapan TQM di perguruan tinggi Islam memiliki potensi besar untuk meningkatkan standar akademik dan integrasi nilai-nilai Islam dalam seluruh proses pendidikan, meskipun memerlukan komitmen berkelanjutan dan upaya untuk mengatasi tantangan yang ada.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PROJECT-BASED LEARNING DI SMA ISLAM AL-AZHAR Iwan Setiawan
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 3 No. 2: Maret 2024
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Project-Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Al-Azhar, serta untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan dampaknya terhadap pemahaman dan pembentukan karakter Islami pada siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL di SMA Islam Al-Azhar dilakukan dengan langkah-langkah yang sesuai dengan prinsip PBL, seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek. Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dengan guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing mereka. Namun, beberapa tantangan diidentifikasi, termasuk keterbatasan waktu, kurangnya fasilitas teknologi, dan kesulitan dalam mengintegrasikan konten agama ke dalam proyek yang relevan. Meskipun demikian, PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI dan dalam pembentukan karakter Islami, seperti kolaborasi, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Penelitian ini menyarankan peningkatan dukungan fasilitas teknologi, penyesuaian kurikulum, dan pelatihan tambahan bagi guru untuk mengoptimalkan penerapan PBL dalam pembelajaran PAI. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa metode PBL dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam pendidikan agama, terutama dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan kontekstual.
DAMPAK PROGRAM PELATIHAN KEPEMIMPINAN ISLAMI BAGI KEPALA SEKOLAH TERHADAP IKLIM SEKOLAH Muhammad Fauzi, M.Pd
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 3 No. 2: Maret 2024
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak program pelatihan kepemimpinan Islami bagi kepala sekolah terhadap iklim sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen di beberapa sekolah yang telah mengikuti program pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang telah mengikuti pelatihan menunjukkan perubahan signifikan dalam praktik kepemimpinan mereka, dengan menerapkan nilai-nilai Islami seperti keadilan, amanah, dan kebijaksanaan. Perubahan ini berdampak positif pada iklim sekolah, yang terlihat dari peningkatan kerjasama antar guru, motivasi belajar siswa, dan partisipasi orang tua dalam kegiatan sekolah. Namun, implementasi kepemimpinan Islami juga menghadapi tantangan, seperti resistensi dari staf, keterbatasan sumber daya, dan perbedaan interpretasi nilai-nilai Islami. Dukungan dari komunitas sekolah sangat penting untuk keberhasilan implementasi ini. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa program pelatihan kepemimpinan Islami dapat menciptakan iklim sekolah yang lebih positif dan kondusif bagi perkembangan seluruh warga sekolah

Page 1 of 1 | Total Record : 9