Tuwah Pande
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran; menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan studi ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut : Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Biologi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan PKN, Pendidikan Agama, Pendidikan Seni Budaya, Psikologi Pendidikan.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran"
:
15 Documents
clear
ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT PERSUASIF PADA TEKSI PIDIATO SISIWA KELIAS XI SMIA NEGIERI 1 BAIDAR TAIHUN PEMBELAJARIAN 2022/2023
Ade Irma;
Najaruddin;
Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.472
Pidato merupakan salah satu retorika modern, teks pidato yang dibawakan siswa SMA Negeri 1 Badar kelas XI semester genap adalah objek dalam kajian penelitin ini. Berdasarkan teks pidato siswa diajukan masalah dasar sebagai berikut: Bagaimanakah kemampuan siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Badar Tahun Pembelajaran 2022/2023 dalam Penggunaan Kalimat Persuasif Pada..Teks Pidato. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui kemampuan siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Badar Tahun Pembelajaran 2022/2023 dalam Penggunaan Kalimat Persuasif Pada..Teks Pidato. Metode penelitian atau research method merupakan aspek aksiologi dari suatu paradigma. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kuanlitatif. Sesuai dengan rancangan penelitian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang merupakan bemberikan pernyataan, dan latihan atau alat yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensi, dan kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu. Tahap yang dilakukan yaitu memberikan tes. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan ditinjau dari hasil penganalisisan, data yang diperoleh menunjukkan bahwa Setelah melakukan serangkaian pembelajaran, pengolahan, penganalisisan dari penelitian yang peneliti lakukan kesimpulan penelitian ini, yaitu wujud formal, struktur, dan isi kalimat persuasif yang dianalisis oleh siswa pada teks pidato pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Badar dapat diambil keimpulan bahwa, kemampuan siswa dalam menganalisis kalimat persuasif pada teks pidato sudah dikategorikan baik.
KEMAMPUAN MENGANALISIS BUKU NONFIKSI MELALUI MEDIA SCRAPBOOK OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BADAR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
HandiahHandiah;
Irfan Johari;
Lusi Selvia Fitri
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.473
HANDIAH, 19317001011. Kemampuan Menganalisis Buku Nonfiksi Melalui Media Scrapbook Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Badar Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menganalisis Buku Nonfiksi Melalui Media Scrapbook Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Badar Tahun Pembelajaran 2023/2024. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 18 orang dan sampel berjumlah 18 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group test design. Dari pengelolahan data di peroleh nilai rata-rata tes Kemampuan Menganalisis Buku Nonfiksi oleh siswa sebesar 78,89 dan termasuk dalam kategori baik, dengan standar deviasinya sebesar 6,57. Berdasarkan hasil nilai tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika di kaitkan dengan nilai KKM mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SMA sebesar 75 maka Kemampuan Menganalisis Buku Nonfiksi siswa termasuk dalam kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Kemampuan Menganalisis Buku Nonfiksi Melalui Media Scrapbook Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Badar Tahun Pembelajaran 2023/2024.
KEMAMPUAN MENULIS PUISI BARU MELALUI PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
JayantiJayanti;
Najaruddin;
Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.474
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan menulis puisi baru melalui pendekatan outdoor learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 39 orang dan sampel berjumlah 39 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Dari pengelolahan data di peroleh nilai rata-rata tes kemampuan menulis puisi baru oleh siswa sebesar 80,13 dan termasuk dalam kategori baik, dengan standar deviasinya sebesar 80,34. Berdasarkan hasil nilai tes siswa tersebut dan jika di kaitkan dengan nilai KKM mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SMP sebesar 70 maka kemampuan menulis puisi baru melalui pendekatan outdoor learning siswa termasuk dalam kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada kemampuan menulis puisi baru melalui pendekatan outdoor learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023.
PEMANFAATAN AUTOBIOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN I UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BADAR TAHUN AJARAN 2022/2023
AisahAisah;
Najaruddin;
Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.475
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Autobiografi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Badar Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dapat terkendalikan. sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII A dan VII B yang berjumlah 46 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: Mentabulasi skor tes awal, Mentabulasi skor tes akhir, Menentukan skor tertinggi dan skor terendah dari hasil tes awal dan tes akhir, Menghitung rata-rata skor variabel hasil tes awal dan tes akhir dengan rumus. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan menulis teks narasi siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Badar sebelum penggunaan media Autobiografi dikategorikan sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dari perolehan persentase hasil belajar siswa yaitu baik yaitu 5% dan kurang baik 95%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara umum hasil belajar murid Kelas VII SMP Negeri 5 Badar setelah penggunaan media Autobiografi berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Badar. Hal ini ditunjukkan dari perolehan persentase hasil belajar siswa yaitu sangat baik 25%, baik 65%, cukup baik 10%, kurang baik 0%. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Autobiografi berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Badar setelah diperoleh nilai thitung sebesar 22.365 dan ttabel = 1.679. Maka diperoleh tHitung> tTabel atau 22.365 > 1.679.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BADAR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Rama wati;
Ati Rosmiati;
Ichwanul Ramdhan
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.476
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang berjumlah 25 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 yang berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan one group, tes serta rancang uji analisis dengan menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, standar error, modus dan median. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata tes pembelajaran Kemampuan Menulis Teks Cerita Imajinasi oleh Siswa Klas VII SMP Negeri 4 Badar Tahun Pembelajaran 2022/2023 sebesar 77,6 dan termasuk dalam kategori baik, dengan standar deviasi sebesar 2,50, dengan standar error sebesar 0,51, modus dari penelitian ini adalah 75, yaitu 12 orang siswa yang mendapatkan nilai 75, dan median dari penelitian ini adalah pada urutan 13 yaitu 75. Bedasarkan hasil nilai tes siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP Negeri 4 Badar sebesar 70. Maka pembelajaran Kemampuan Menulis Teks Cerita Imajinasi oleh Siswa termasuk dalam kategori baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Ada Kemampuan Pembelajaran Menulis Teks Cerita Imajinasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Badar Tahun Pembelajaran 2022/2023.
ANALISIS NILAI MORAL TEKS CERITA FABEL BUAYA YANG SERAKAH KARANGAN NAUFAL PRAKOSO
Yeni Angriani;
James Marudut;
Lusi Selvia Fitri
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.477
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Analisis Nilai Moral Teks Cerita Fabel “Buaya Yang Serakah“ karangan Naufal Prakosos. Urutan dari kegiatan awal sampai dengan penutup merupakan metode penelitian dengan menganalisis cerita fabel dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa buaya yang selalu merasa kuat dibandingkan tokoh lain sehingga muncul tabiat serakah, somboh, merasa kuat, ingin menguasai, dan tidak puas. Pesan moral dan pelajaran yang bisa kita ambil adalah kalau kita sudah menerima apapun meskipun kecil atau meskipun sedikit berterimakasihlah dan bersyukurlah dengan apa yang sudah kita dapat.
ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF DECISION MAKING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAWE BULAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Widia Astuti;
Rekaza Akbar;
Ati Rosmiati
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.478
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Analisis Kemampuan Menulis Teks Biografi Chairul Tanjung Menggunakan Model Kooperatif Decision Making Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jumlah Sampel dalam penelitian siswa 24 yaitu kelas X IPA 1. Urutan dari kegiatan awal sampai dengan penutup merupakan metode penelitian pre-eksperiment dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Metode tersebut menggunakan desain penelitian dengan melakukan pretes, perlakuan, dan postes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab terdahulu maka dapat disimpulkan bahwa Analisis Kemampuan Menulis Teks Biografi Chairul Tanjung Menggunakan Model Kooperatif Decision Making Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Hal itu terbukti dari nilai rata-rat tes awal Kemampuan Analisis Gaya Bahasa Teks Biografi Chairul Tanjung siswa adalah sebesar 59,79 dengan standar deviasinya sebesar 7,836dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rat-ratanya sebesar 83,75 dengan standar deviasinya sebesar 4,620 Berdasarkan data hasil tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM bahasa Indonesia untuk SMA sebesar 75, maka Kemampuan Analisis Gaya Bahasa Teks Biografi Chairul Tanjung untuk tes akhir siswa termasuk dalam Kemampuan baik. Selain itu, pada nilai tobservasi>ttabel yakni 15.35 > 2,06 maka dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis di atas diperoleh kesimpulan bahwa ada Pengaruh Model Kooperatif Decision Making terhadap Analisis Kemampuan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model Kooperatif Decision Making Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DESA LAWE SUMUR KECAMATAN LAWE SUMUR KABUPATEN ACEH TENGGARA
Ari Purnama Eryan;
James Marudut;
Najaruddin
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.479
Ari purnama eryan, 2023. Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Lawe Sumur Kecamatan Lawe Sumur Kabupaten Aceh Tenggara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Usman Safri. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perolehan Bahasa pada anak usia 3-4 tahun bidang fonologi dan sintaksis dengan menggunakan tiga teori, yaitu: 1. Teori pemerolehan bahasa yang behaviorisme (Skinner), 2. Teori pemerolehan bahasa yang mentalistik (Chomsky), dan 3. Teori pemerolehan bahasa yang kognitivisme (Piaget) Penelitian meggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara teknik rekam menggunakan tape corder dan video tape. Hasil penlitian ini menyimpulkan bahwa pemerolehan bahasa anak usia 3- 4 tahun dalam bidang fonologi, anak dikatakan belum mampu mengucapkan konsonan /s/ menjadi fonem /c/, /j/ menjadi fonem /d/ atau /dz/, /r/ menjadi fonem /l/, dan penghilangan bunyi konsonan /h/, /p/, dan /k/, pada pemerolehan sintaksis anak sudah mampu menggunakan kalimat-kalimat satu kata, dua kata, dan multikata.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS RESENSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANOH ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
BasnahBasnah;
Irfan Johari;
Munandar Yori
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.480
Basnah, Nim.19317001005. Penerapan pembelajaran prediction guide terhadap kemampuan menulis teks resensi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanoh Alas Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan pembelajaran prediction guide terhadap kemampuan menulis teks resensi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanoh Alas Tahun Pembelajaran 2023/2024. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 22 orang dan sampel berjumlah 22 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group pretest and postest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Dari pengelolahan data di peroleh nilai rata-rata tes awal kemampuan menulis teks resensi oleh siswa sebesar 67,73 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviasinya sebesar 2,91 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-rata sebesar 81,14 dan termasuk dalam kategori baik, dengan standard deviasinya sebesar 2,10. Berdasarkan hasil nilai tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika di kaitkan dengan nilai KKM mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SMA sebesar 75 maka kemampuan menulis teks resensi siswa termasuk dalam kategori baik. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung = 17,64 dan di konsultasikan dengan nilai pada taraf signifikan 5% = 2,080 dengan demikian > atau 17,64> 2,080 maka hipotesis di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Penerapan pembelajaran prediction guide terhadap kemampuan menulis teks resensi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanoh Alas Tahun Pembelajaran 2023/2024.
THE APPLICATION OF DEBATE TEACHING TECHNIQUES TO IMPROVE STUDENT SPEAKING ABILITY AT CLASS XI ATPH OF SMK-PP NEGERI KUTACANE IN ACADEMIC YEAR 2022/2023
Miftahun Jannah;
RAJA FAUZIAH;
Abdul Halim
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/tuwahpande.v3i1.481
This study deal with the application of debate teaching techniques to improve student speaking ability at class XI ATPH of smk-pp negeri kutacane in academic year 2022/2023. Its objective is to find out whether the application debate teaching techniques can improve student speaking ability. Population used in this study of class xi ATPH and xi BUN were 64 student and sample used in this study of class XI ATPH were 33 student. The methode used in this study is an exsperimental method with a make pre-test and post-test design. This study carried on using quantitative method. The data was analysed by using t-test. The reseacher found the pre-test mean = 55,45, standart deviation = 7,21 and experienced an increase in the post-test mean = 73,33, standart deviation = 5,59. From this analysis, writer found that debate teaching techniques can improve student speaking ability. It can be proved by the result of the analysis showed that “to” observed about 33,74 was higher then “ttable” about 2,037 with level alpha 5%. Its implies that english teacher can application debate teaching techniques to improve student speaking ability. So that the teaching and learning process can be successfull.