cover
Contact Name
Muhammad Tahir
Contact Email
berbakti851@gmail.com
Phone
+62859106945583
Journal Mail Official
mifandimandiridigital@gmail.com
Editorial Address
Komplek Senda Residence Jln Payanibung Ujung D Dalu Sepuluh-B, Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang Sumatera Utara
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Berbakti
ISSN : -     EISSN : 30640814     DOI : https://doi.org/10.63401/berbakti
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah platform publikasi hasil praktik dan proses pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, dan masyarakat luas. Jurnal BERBAKTI bertujuan mengeksplorasi masalah dan solusi yang memfokuskan praktik yang berkaitan dengan layanan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal BERBAKTI adalah jurnal online yang didedikasikan untuk publikasi artikel pengabdian masyarakat berkualitas tinggi yang berfokus pada implementasi layanan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal BERBAKTI terbit selama 6 kali dalam setahun, yaitu Oktober, Desember, Februari, April, Juni, dan Agustus.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER" : 9 Documents clear
Pelatihan Penulisan Tugas Akhir Berbasis Synthesis Literature Review bagi Mahasiswa Dani, Rian; Helmina; Adhitama, Novri; Wiarta, Iqra; Tri Kurniasih, Endah
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Novelty atau keterbaruan dalam penelitian menjadi unsur yang menunjukan bahwa peneliti memiliki nilai tambah yang akan membedakan dengan penelitian sebelumnya. Penelitian yang memiliki nilai tambah akan menunjukkan temuan baru sehingga dapat berkontribusi bagi keilmuan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pelatihan penulisan tugas akhir pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jambi dalam bidang ilmu manajemen dengan mengunakan metode Synthesis Literature Review untuk menemukan Novelty atau keterbaruan dalam penelitian. Pelatihan ini diikuti oleh 25 orang mahasiswa semester akhir dan 7 orang dosen yang memberikan materi selama 1 hari. Hasil akhir dari pelatiahan penulisan ini berupa temuan keterbaruan atau Novelty yang menjadi landasan atau latar belakang penulisan tugas akhir dari mahasiswa dalam bidang ilmu ekonomi dan manajemen.
Pelatihan Penggunaan Teknologi Pengering Teh Berbasis IOT untuk Kelompok Tani semakin Berdikari: Pelatihan Penggunaan Teknologi Pengering Teh Berbasis IOT Muslim, Riyadi; Prasetyo, Ari; Harsito, Catur
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63401/berbakti.v1i02.69

Abstract

Pengentasan teknologi untuk sektor pertanian berperan vital dalam mendukung swasembada pangan pada era ini. Kelompok Tani (Poktan) Madusari 03 merupakan petani teh yang aktif dalam melakukan pengembangan dan elaborasi teknologi dalam pengelolaan hasil perkebunan. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengembangkan teknologi pengeringan daun teh menggunakan sistem IoT (Internet of Thing) dalam mendukung kualitas hasil produksi yang lebih cepat dan terkontrol. Pengabdian ini dilakukan 4 tahap: Persiapan pengabdian, pengembangan teknologi, sosialisasi IoT, dan evaluasi. Berdasarkan program yang telah dilaksanakan, ditemukan bahwa masyarakat dapat mempercepat proses pengeringan teh dibandingkan metode konvensional dan mudah untuk meramu komposisi pengeringan untuk menghasilkan produk yang beragam. Pengabdian ini diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui pengentasan teknologi kekinian untuk menjadi petani semakin berdikari.
Pelatihan Pemanfaatan Literasi Digital dengan Aplikasi Canva bagi Komunitas Perempuan Pembelajar: Meningkatkan Kreativitas Penulisan Konten Helda Jolanda Pentury; Anastasia Dewi Anggraeni
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era digital memberikan peluang besar bagi perempuan pembelajar untuk berkontribusi dalam dunia kreatif, khususnya dalam penulisan dan penyebaran konten. Namun, rendahnya penguasaan teknologi dan minimnya akses terhadap pelatihan yang relevan sering menjadi kendala. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak pelatihan pemanfaatan literasi digital menggunakan aplikasi Canva terhadap peningkatan kreativitas penulisan konten di kalangan perempuan pembelajar. Pelatihan ini dirancang untuk memperkenalkan Canva sebagai alat desain grafis yang mudah digunakan dalam menciptakan konten menarik, informatif, dan profesional. Metode yang digunakan adalah pelatihan langsung dan pendampingan secara daring kepada 30 peserta perempuan, yakni Komunitas Perempuan Pembelajar dengan berbagai latar belakang pendidikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 85% peserta merasa lebih percaya diri dalam memanfaatkan Canva untuk menulis dan memvisualisasikan konten, serta 78% di antaranya mampu menghasilkan konten kreatif yang sesuai dengan target audiens. Studi ini merekomendasikan pelaksanaan pelatihan serupa secara berkelanjutan untuk memberdayakan perempuan di era digital.
Pelatihan Ilmu Tajwid dalam Mempelajari Al-Qur’an di FKIP Unsri Indralaya Abdul Gafur; Nurhasan, Nurhasan; Endang Switri; Apriyanti, Apriyanti
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian tentang baca al-qur’an dengan hukum bacaan mim & nun bertasydid dan Ha Dhamir. Hal ini dilakukan karena masih adanya mahasiswa mahasiswi yang belum memahami tentang hukum bacaan tajwid hal ini ketika MK Agama Islam materi BTA di lakukan seperti ketika ada mim atau nun bertasydid dan Ha Dhamir. Kegiatan merupakan program dari rektorat Unsri dalam hal memberantas buta aksara baca al-qur’an, hal ini sangat penting dilakukan. Karena belajar dan mengajarkan al-Qur’an merupakan kewajiban bagi kaum muslimin dan muslimat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi pengetahuan kepada masyarakat khusunya bagi mahasiswa mahasiswa program studi pendidikan bahasa indonesia FKIP Unsri bagaimana cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar menurut ilmu Tajwid, seperti bacaan nun & Mim bertasydid dan ha Dhamir. Metode yang di gunakan dengan ceramah, praktek dan simulasi mencari contoh yang ada dalam al-Qur’an. Hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka khususnya kepada mereka yang belum sama sekali pernah belajar membaca al-Qur’an menurut hukum bacaan ilmu tajwid serta bagi mereka yang pernah belajar untuk mengingatkan kembali pelajaran mereka. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata rata sebelum kegiatan yakni 50 dan rata rata nilai sesudah kegiatan 70.
Pembuatan Video Profil SD Negeri Beji II Pasuruan sebagai Media Promosi dan Branding Sekolah Handayani, Nuri Fitri; Rambu Ayu Eryani; Hasanah, Fitria Nur; Wiguna, Akbar
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era perkembangan digitalisasi yang sangat pesat, penggunaan teknologi berbasis multimedia di sektor pendidikan juga semakin meningkat, terutama dalam hal mempromosilkan kegiatan di sekolah. SD Negeri Beji II Pasuruan memiliki tantangan dalam menyebarkan informasi terkait kegiatan di sekolah terhadap seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, untuk meningkatkan transparansi serta menarik perhatian calon peserta didik baru dan orang tua, pembuatan video profil dapat dijadikan sebagai solusi untuk menjawab tantangan tersebut. Video profil SD Negeri Beji II Pasuruan dirancang untuk menampilkan beberapa aspek kegiatan yang ada di sekolah antara lain: KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), program unggulan, ekstrakulikuler, serta beberapa prestasi yang diraih oleh siswa. Metode yang diterapkan dalam pembuatan video ini mencakup beberapa tahap: pertama, tahap persiapan, yang melibatkan konfirmasi dengan Kepala Sekolah mengenai izin pengambilan gambar; kedua, pelaksanaan, di mana pengambilan gambar dan video dilakukan sesuai jadwal yang telah disepakati; dan ketiga, proses editing, di mana semua materi yang terkumpul diolah menggunakan aplikasi editing seperti CapCut dan VN. Akhirnya, video profil yang telah diselesaikan dipublikasikan di platform YouTube. Melalui langkah ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal SD Negeri Beji II, meningkatkan minat, dan membangun citra positif mengenai pendidikan yang diberikan di sekolah tersebut
Pelatihan Teknologi Digital: Sistem Manajemen Iuran Warga Berbasis Website untuk Paguyuban Fathur Rizal; Zainullah Multazam; Illiyah Ibnul Basit; Alvin, Alvin; Sulaiman, Sulaiman
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan iuran warga di lingkungan perumahan atau paguyuban adalah elemen kunci yang mempengaruhi kelancaran kegiatan sosial dan pembangunan fasilitas bersama. Namun, penggunaan sistem manual di Paguyuban De Tanjung Raya Residence menyebabkan proses pencatatan dan pelaporan yang memakan waktu, rentan kesalahan, dan sulit diakses oleh seluruh anggota. Oleh karena itu, pengenalan dan pelatihan teknologi digital melalui sistem manajemen iuran berbasis website diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan keuangan komunitas. Sistem ini memungkinkan pengelolaan iuran warga secara otomatis, real-time, dan transparan, yang mempermudah pengecekan status iuran dan meningkatkan partisipasi warga. Program pengabdian ini dilaksanakan dalam tiga tahap utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakukan koordinasi antara pengurus paguyuban, tim pelatihan, dan pihak terkait untuk merancang rencana kegiatan dan materi pelatihan. Tahap pelaksanaan dibagi menjadi dua sesi, yakni untuk pengurus paguyuban dan koordinator gang, dengan tujuan agar kedua kelompok memahami dan dapat mengimplementasikan aplikasi dengan baik. Evaluasi dilakukan untuk mengukur pemahaman peserta terhadap penggunaan aplikasi dan efektivitas program. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta dapat mengoperasikan aplikasi dengan baik, yang meningkatkan transparansi pengelolaan dana dan memperkuat solidaritas antarwarga. Program ini diharapkan memberikan dampak positif dalam meningkatkan pengelolaan keuangan komunitas yang lebih efisien dan inklusif
Pelatihan Efektifitas Manajemen Sekolah dengan Google Workspace Andi Wijaya; Hasyim Asy'ari; Mohammad Gufron; Muhammad Salman Al Farisy
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam era digital saat ini, banyak sekolah menghadapi tantangan dalam mengelola administrasi dan komunikasi secara efektif. Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh mitra kami, yaitu seluruh sekolah TK di wilayah Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso, adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan alat digital untuk manajemen sekolah. Hal ini berdampak pada efisiensi kerja dan kualitas layanan pendidikan yang diberikan. Untuk itu, kami mengadakan program Pelatihan Workshop Efektivitas Manajemen Sekolah dengan Google Workspace. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada para pengelola sekolah dalam memanfaatkan berbagai aplikasi Google Workspace, seperti Google Drive, Google Docs, Google Sheets, dan Google Meet. Pelatihan ini menggabungkan sesi interaktif, praktik langsung, serta pendampingan intensif untuk memastikan setiap peserta mampu mengaplikasikan solusi digital secara efektif dalam manajemen sekolah. Dengan integrasi teknologi ini, diharapkan efisiensi operasional sekolah meningkat, alur kerja lebih cepat, dan kualitas pendidikan lebih baik. Pelatihan ini tidak hanya membiasakan staf sekolah dengan berbagai alat digital, tetapi juga membantu mereka menjadi lebih produktif, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas administratif, serta lebih responsif terhadap kebutuhan siswa. Secara keseluruhan, program ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen sekolah.
Optimalisasi Pemanfaatan Canva dalam Meningkatkan Keterampilan Digital Siswa Wali Ja'far Shudiq; Desiyatul Husna; Subaidah, Subaidah; Musfiyatin Nabilah; Bambang, Bambang; Holifatul Juhro
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengoptimalkan pemanfaatan Canva sebagai platform desain grafis online untuk meningkatkan keterampilan digital siswa. Melalui pelatihan berbasis proyek, siswa belajar menciptakan berbagai konten visual, seperti poster, infografis, dan presentasi yang relevan untuk kebutuhan akademik dan profesional. Pelatihan ini menggunakan metode interaktif yang melibatkan pengajaran langsung, praktik lapangan, dan evaluasi hasil karya. Berdasarkan hasil evaluasi, siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan desain grafis, kreativitas, dan kepercayaan diri. Diskusi dengan pendidik juga mengungkapkan bahwa pelatihan ini meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis teknologi. Artikel ini menekankan pentingnya integrasi Canva dalam kurikulum sekolah untuk mendukung pengembangan keterampilan digital secara berkelanjutan.
Pengembangan Wisata Religi di Kabupaten Minahasa Utara Rogahang, Steven; Yovanca Y. F. Koondoko
BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): ISSUE DESEMBER
Publisher : PT. Mifandi Mandiri Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mengeksplorasi potensi, tantangan, dan strategi pengembangan wisata religi di Kabupaten Minahasa Utara, sebuah wilayah dengan kompleksitas historis dan spiritual yang kaya. Menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus ekstraktif, Kegiatan Pengabdian ini menganalisis data sekunder dari berbagai sumber dokumenter untuk memahami dinamika pengembangan pariwisata berbasis religi. Temuan menunjukkan bahwa Minahasa Utara memiliki warisan budaya unik yang melintasi transformasi kolonial dan pascakolonial, dengan situs-situs sakral seperti Waruga dan Kaki Dian sebagai pusat perhatian. Kegiatan ini mengidentifikasi lima dimensi kunci: konteks historis-sosiologis, potensi ekonomi, tantangan kelembagaan, strategi berkelanjutan, dan implikasi budaya-spiritual. Hasil analisis mengungkapkan perlunya pendekatan holistik yang menghormati kompleksitas budaya, melibatkan masyarakat lokal, dan memanfaatkan teknologi digital. Rekomendasi utama mencakup pengembangan infrastruktur, interpretasi budaya, dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berkontribusi pada pemahaman mendalam tentang pengembangan pariwisata berbasis religi yang berkelanjutan dan memberdayakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9