cover
Contact Name
Khoirul Jazilah
Contact Email
khoirul@lecturer.uluwiyah.ac.id
Phone
+6285850536455
Journal Mail Official
amyta.amaliyatutadris@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Mojosari Mojokerto KM. 4. No. 10 Mojokerto.
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Amaliyatu Tadris (AMYTA)
ISSN : -     EISSN : 29649226     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Amaliyatu Tadris meliputi :1. Metodologi Pembelajaran, 2. Strategi Pembelajaran, 3. Penelitian Tindakan Kelas, 4. Literasi Media Pembelajaran. 6. Pengembangan Kurikulum, 7. Evaluasi Pembelajaran, 8. Pengembangan Profesi Guru, 9. Integrasi Teknologi dalam Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2025): Agustus" : 6 Documents clear
Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa dengan Menggunakan Model Siklus 5E Bastian, Achmad Fandi
Amaliyatu Tadris Vol. 4 No. 1 (2025): Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsentrasi dari permasalahan utama pada penelitian ini adalah masih didapati lemahnya keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI IPS MA Al Fatah Mojosari Mojokerto. Adapun indikasi kelemahan dalam menulis Arab adalah pembelajaran bahasa arab menitik beratkan kepada penguasaan pemahanan gramatikal Bahasa Arab dan pembelajaran yang teacher centered. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan keterampilan menulis bahasa arab siswa melalui penerapan model siklus belajar 5e. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model  Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI IPS MA Al Fatah Mojosari Mojokerto. Kelas ini dipilih berdasarkan hasil pra-observasi, memiliki kesulitan dalam menyusun kalimat bahasa arab Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi digunakan untuk memantau aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Tes keterampilan menulis diberikan di akhir setiap siklus guna mengukur tingkat peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun teks bahasa Arab. Angket disebarkan untuk mengetahui tanggapan dan tingkat kepuasan siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan. teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan persentase secara individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlibatan siswa mengikuti pembelajaran, serta keaktifan dalam pembelajaran yang ditunjukan dengan peningkatan respon dari siklus pertama sebesar 64% ke siklus kedua menjadi 89%. Adapun peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan model pembelajaran konstruktif dengan model siklus 5e adalah ditunjukan dengan peningkatan rata-rata nilai kelas dari pra siklus sebesar 69,3, pada siklus I 72 dan pada siklus II sebesar 80 dan 73% dari total siswa di atas nilai KKM, sehingga disimpulkan bahwa dengan penerapan siklus belajar 5e dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa arab.
Metode Pembelajaran Diskusi Anak-Anak, Penerapan Pembelajaran Inovatif di MI Roudlotul Ulum Mojokerto Listyawati, Muklisatum; Muzdaliva, Nadlifatul
Amaliyatu Tadris Vol. 4 No. 1 (2025): Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Learning is a process carried out by individuals to obtain a new change in behavior as an experience in interacting with their environment. The aim of this research is to find out the existence of children's discussion learning methods, the application of innovative learning in grade 4 MI Roudlotul Ulum Mojokerto is important. This study uses a qualitative method. Qualitative methods are methods that focus on in-depth observation. Therefore, the use of qualitative methods in research can produce a more comprehensive study of a phenomenon. Data collection techniques obtained from the results of observations and tests on the application of the discussion method have been proven to increase children's achievement, courage, expressing opinions, and children's argumentation. A teacher can be said to be successful in the learning process if a teacher is able to carry out the method according to the steps of the method effectively. According to Hamdani (2010: 55) the way to measure effectiveness is to determine the transferability of the principles being studied. To be able to properly assess the effectiveness of a method, researchers want to examine one method that is often used by teachers, namely the discussion method. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan individu memperoleh suatu perubahan tingkah laku baru sebagai pengalaman dalam interaksi dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya metode pembelajaran diskusi anak-anak, penerapan pembelajaran inovatif di MI Roudlotul Ulum Mojokerto kelas 4 itu penting adanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.  Metode kualitatif merupakan metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam Oleh karenanya, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif. Teknik pengumpulan data di peroleh dari hasil observasi dan tes penerapan metode diskusi terbukti dapat meningkatkan prestasi anak, keberanian, mengemukakakn pendapat, serta anak telah beragumentasi. Seorang guru dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran apabila seorang guru sudah mampu untuk menjalakan metode sesuai dengan langkah-langkah dari metode secara efektif. Menurut Hamdani (2010: 55) cara untuk mengukur efektivitas adalah dengan menentukan cara transferbilitas (kemampuan memindahkan) prinsip-prinsip yang dipelajari. Untuk dapat menetili efektivitas suatu metode dengan baik, peneliti ingin meneliti satu diantara metode yang sering digunakan oleh guru yaitu metode diskusi.
Inovasi Pembelajaran Berbasis Paper Quilling untuk Menumbuhkan Imajinasi dan Kreativitas Anak Usia Dini Al Mubarok , Ahmad Aly Syukron Aziz
Amaliyatu Tadris Vol. 4 No. 1 (2025): Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The creativity and imagination of early childhood need to be developed in a directed manner as an essential provision for facing future challenges. One of the efforts that can be made is through art activities using paper quilling media. This study aims to identify the form of learning innovation based on paper quilling and its application in fostering imagination and creativity among Group B children at RA Nurul Huda An-Nur Tunggalpager Pungging Mojokerto. This research is a Classroom Action Research (CAR) employing the Kemmis and Taggart model, conducted in two cycles. The subjects of the study were 14 children aged 5–6 years. Data were collected through interviews, observations, and documentation, and analyzed using descriptive quantitative and qualitative techniques. The results of the study indicate that: (1) Learning innovation based on paper quilling was carried out through activities such as creating caterpillar shapes in cycle I and butterfly shapes in cycle II, which successfully stimulated imagination and enhanced children's creativity. (2) There was an improvement in children’s creativity from 60.27% in the pre-cycle, to 76.79% in cycle I, and further increased to 83.48% in cycle II. (3) The effective use of paper quilling media was implemented through clear and repeated explanations and demonstrations, providing opportunities for independent exploration, and creating a pleasant and supportive learning atmosphere.
Digitalisasi Kurikulum Pendidikan Islam Wahyudi, Imam
Amaliyatu Tadris Vol. 4 No. 1 (2025): Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Digitalisasi kurikulum pendidikan Islam merupakan respons terhadap tuntutan zaman yang menuntut integrasi antara nilai-nilai keislaman dan teknologi digital. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep, implementasi, dan tantangan digitalisasi kurikulum pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi literatur dan analisis dokumen kebijakan. Hasil kajian menunjukkan bahwa digitalisasi kurikulum PAI meliputi transformasi konten, metode pembelajaran, dan media ajar berbasis teknologi. Tantangan utama meliputi kesiapan SDM, infrastruktur, dan resistensi budaya. Digitalisasi juga membuka peluang besar untuk memperluas akses pendidikan Islam yang inklusif, fleksibel, dan berbasis kompetensi abad 21. Artikel ini merekomendasikan penguatan literasi digital guru, pengembangan platform pembelajaran Islami, dan kebijakan kurikulum yang adaptif terhadap era digital sebagai langkah strategis menuju pendidikan Islam yang unggul dan berdaya saing global.
Krisis ontologi pendidikan islam Irmawansah, Ika
Amaliyatu Tadris Vol. 4 No. 1 (2025): Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas krisis ontologis dalam pendidikan Islam modern yang terjebak antara tuntutan religiusitas dan modernitas. Dengan menggunakan pendekatan filsafat Islam, penulis menegaskan bahwa akar persoalan pendidikan Islam terletak pada hilangnya kesadaran ontologis terhadap hakikat manusia, ilmu, dan tujuan hidup. Pendidikan Islam sering kali tereduksi menjadi aktivitas teknis yang menekankan aspek kognitif dan administratif, sementara dimensi spiritual, moral, dan eksistensial terabaikan. Melalui pembacaan kritis terhadap konsep tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib, tulisan ini menawarkan rekonstruksi paradigma pendidikan Islam yang berlandaskan tauhid dan integrasi antara akal, wahyu, dan realitas. Tujuan akhirnya ialah mengembalikan pendidikan Islam sebagai proyek peradaban yang melahirkan manusia beradab (insan kamil)—yakni manusia yang menyatukan ilmu, iman, dan amal dalam kesadaran ontologis menuju pengenalan diri dan Tuhan.
Pembiasaan Rukan Iman: Upaya Meningkatkan Karakter Siswa di RA Darul Ulum Desa Tinggarbuntut Bangsal Mojokerto Mustaqim , Moh
Amaliyatu Tadris Vol. 4 No. 1 (2025): Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembentukan karakter mulia sejak dini sangat penting dalam membangun kepribadian anak yang berlandaskan nilai-nilai keislaman. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pembiasaan Rukun Iman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembiasaan Rukun Iman dapat menjadi bagian dari pendidikan karakter dan berkontribusi dalam meningkatkan karakter siswa di RA Darul Ulum Desa Tinggarbuntut, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan Metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta kegiatan siswa di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan Rukun Iman diterapkan melalui kegiatan rutin seperti doa bersama, pengenalan cerita nabi, praktik sikap percaya kepada Allah, serta keteladanan dari guru dalam berperilaku. Pembiasaan ini memberikan pengaruh positif terhadap sikap dan perilaku siswa, seperti jujur, disiplin, menghormati orang lain, dan bertanggung jawab. Dengan integrasi nilai-nilai keimanan dalam pendidikan karakter, siswa tidak hanya memahami ajaran Islam secara teoritis, tetapi juga mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pembiasaan Rukun Iman sangat efektif sebagai strategi pembentukan karakter mulia pada anak usia

Page 1 of 1 | Total Record : 6