cover
Contact Name
Sulistiyanto
Contact Email
sulistiyanto@polsri.ac.id
Phone
+628117888339
Journal Mail Official
jasisfo@polsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Sungai Sahang Lorong Pakjo Palembang Sumatera Selatan
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO)
ISSN : 27211614     EISSN : 27223418     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo
Core Subject : Science,
JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) merupakan Jurnal dalam bidang Sistem Informasi yang dikelola oleh Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya dengan bidang fokus pada Information System, E-Business, Data Warehouse, Data Mining, Accounting Information System, Supply Chain Management System, Industrial Information System, Business Intelligence, Smart Information System, Decision Support System, Expert System, dan keilmuan yang relevan.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2025): September" : 3 Documents clear
Implementasi Natural Language Processing untuk Analisis Sentimen Komentar YouTube: Studi Kasus Konflik Iran–Israel Pratama, Suprayuandi; Faturrahman, Faturrahman; Rumata, Arif; Haiyudi, Haiyudi; Sholeh, Achmad Nur
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 6 No. 2 (2025): September
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan Natural Language Processing (NLP) untuk klasifikasi sentimen komentar YouTube terkait konflik Iran–Israel. Perkembangan media sosial, khususnya YouTube, telah menjadikannya ruang publik di mana opini dan emosi masyarakat global diekspresikan secara bebas. Namun, sifat data komentar yang tidak terstruktur menghadirkan tantangan analisis. Untuk itu, penelitian ini memanfaatkan pendekatan text mining dan algoritma NLP dengan tahapan pra-pemrosesan seperti case folding, tokenisasi, stopword removal, dan stemming. Selanjutnya, analisis sentimen dilakukan menggunakan model berbasis transformer (RoBERTa/BERT) untuk mengelompokkan komentar ke dalam kategori positif, negatif, dan netral. Hasil penelitian menunjukkan dominasi sentimen positif, diikuti oleh komentar netral, serta sebagian kecil komentar bernuansa negatif. Analisis topik menggunakan Latent Dirichlet Allocation (LDA) mengungkap isu utama berupa kinerja pemerintah, kesejahteraan masyarakat, dan aspek pembangunan. Selain itu, ekstraksi kata kunci dengan TF-IDF memperkuat temuan dengan menampilkan kata yang mewakili persepsi publik. Penelitian ini menegaskan bahwa NLP dapat menjadi alat efektif untuk memahami opini masyarakat secara real-time. Temuan ini relevan tidak hanya dalam konteks konflik geopolitik, tetapi juga dalam kajian sosial-politik digital secara lebih luas..
The Use of Gamification in E-Learning to Enhance TOEIC Learning Motivation Nugroho, Feri; Maulidiah, Susi; Satriadi, Indra; Rini Susanti, Aisah; Ria Erika, Desta; Kusnandar, Maivi; Hapsari, Yulia
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 6 No. 2 (2025): September
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gamifikasi telah muncul sebagai strategi ampuh untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kinerja pelajar dalam lingkungan pembelajaran digital. Studi ini menerapkan kerangka kerja Gamifikasi Marczewski, yang menekankan tipe pengguna Achiever, untuk mengembangkan dan mengevaluasi platform persiapan TOEIC berbasis gamifikasi. Sistem ini menggabungkan poin pengalaman (XP), level, dan papan peringkat untuk mendorong kemajuan, menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Sebanyak 120 responden berpartisipasi dalam implementasi percontohan, dan persepsi mereka diukur menggunakan kuesioner skala Likert yang menilai motivasi intrinsik dan ekstrinsik, keterlibatan pengguna, dan kepuasan. Statistik deskriptif menunjukkan tingkat motivasi intrinsik (M = 4,42, SD = 0,63) dan ekstrinsik (M = 4,47, SD = 0,49) yang tinggi, serta kepuasan pengguna (M = 4,80, SD = 0,46) dan keterlibatan (M = 4,15, SD = 0,71). Analisis statistik mengonfirmasi peningkatan signifikan pada semua indikator (p<0,05). Analisis data log menunjukkan bahwa 95% pengguna mencapai Level 11 atau lebih tinggi, dengan 90% menyelesaikan semua 12 level. Pembaruan pada papan peringkat menunjukkan lonjakan aktivitas, yang menunjukkan bahwa penambahan elemen kompetitif mempertahankan keterlibatan pengguna. Temuan ini menggarisbawahi potensi gamifikasi yang disesuaikan untuk mengoptimalkan persiapan TOEIC.
APLIKASI PENGOLAHAN DATA INSTALASI KABEL INTERNET PADA PT. ARDHICON JAYA PERSADA CABANG PALEMBANG Syamsi, Nur; Sulistiyanto, Sulistiyanto; Kusmiati, Herlinda
Jurnal Sistem Informasi (JASISFO) Vol. 6 No. 2 (2025): September
Publisher : Politeknik Negeri Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut setiap perusahaan untuk mampu mengelola data secara cepat, akurat, dan terpusat. PT. Ardhicon Jaya Persada yang bergerak dibidang instalasi kabel internet masih menggunakan metode pengolahan data secara terpisah dan manual menggunakan Microsoft Word, tanpa sistem terintegrasi yang dapat menjamin keamanan serta efisiensi operasional. Laporan akhir ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pengolahan data instalasi kabel internet berbasis website yang dapat membantu pengelolaan data menjadi lebih terstruktur, mudah diakses, dan terdokumentasi dengan baik. Metode pengembangan yang digunakan yaitu metode waterfall, dengan tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan. Aplikasi dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL serta pemodelan sistem dengan Data Flow Diagram (DFD). Hasil akhir menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan efisiensi pencatatan data instalasi, mengurangi risiko kehilangan data, serta mempermudah proses pencarian dan pelaporan proyek. Aplikasi juga memungkinkan akses data real-time oleh berbagai pihak, sehingga mendukung proses pengambilan keputusan secara lebih cepat dan akurat.

Page 1 of 1 | Total Record : 3